Bacaterus / Kesehatan / 5 Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak dengan Cepat

5 Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Agustus 2018

Pegal di leher dan pundak adalah masalah yang umum dialami oleh masyarakat. Pasalnya, kebiasaan bekerja menghadap laptop dan postur tubuh yang kurang baik dapat menyebabkan masalah pegal di area leher dan pundak. Apakah masalah ini akan selesai hanya dengan menjemur bantal di bawah sinar matahari yang terik? Jawabannya adalah tidak.

Masalah pegal di leher dan pundak nyatanya tidak sesederhana itu. Cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bukan hanya sekedar menjemur bantal, Anda perlu pengobatan yang lebih serius untuk mengatasi pegal di leher dan pundak.

Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, maka Anda tidak perlu khawatir. Bacaterus akan memberikan informasi mengenai penyebab sekaligus cara menghilangkan pegal di leher dan pundak.

Penyebab Pegal di Leher dan Pundak

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai penyebab pegal di leher dan pundak? Apakah benar masalah ini hanya disebabkan karena posisi tidur yang salah? Sebelum mendalami cara menghilangkan pegal di leher dan pundak, mari kenali penyebab dari rasa pegal tersebut.

1. Otot Kaku

Otot Kaku Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak

Masalah otot kaku seolah menjadi “penyakit” bagi milenial di era digital. Leher yang terlalu menunduk atau dipakai bekerja menatap komputer selama berjam-jam dapat menjadi kaku. Selain itu, kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur atau membaca di tempat tidur juga menjadi faktor penyebab otot kaku. Lama kelamaan, kekakuan otot ini akan bermanifestasi menjadi rasa pegal di area leher dan juga pundak.

2. Saraf Terjepit

Saraf Terjepit

Kondisi ini disebabkan karena salah satu diskus di antara ruas tulang belakang bagian atas terbuka dan gel yang berada di dalamnya menonjol keluar hingga menyentuh saraf yang berada di dekatnya. Di dalam dunia medis, saraf terjepit juga dikenal dengan radikulopati servikal.

3. Kerusakan Sendi

Kerusakan Sendi

Pegal di leher dan pundak yang biasa dialami oleh lansia umumnya disebabkan karena osteoartritis. Manusia yang memasuki usia lanjut memiliki tulang rawan yang berperan sebagai bantalan di antara ruas tulang belakang. Jika bantalan ini memburuk atau menipis, maka akan terbentuk taji tulang. Sekedar informasi, taji tulang dapat menyebabkan pergerakan sendi leher sehingga menimbulkan nyeri.

4. Frozen Shoulder

Frozen Shoulder

Kondisi yang dikenal dengan istilah medis adhesive capsulitis ini membuat seseorang tidak bisa menggerakkan bahu. Frozen shoulder disebabkan karena ada penebalan, pembengkakan, dan pengetatan di jaringan fleksibel yang mengelilingi bahu. Penyebab frozen shoulder adalah cedera atau penyakit stroke atau diabetes.

5. Cedera

Cedera

Seseorang yang mengalami kecelakaan saat berkendara, olahraga, atau pukulan di area pundak dan leher pasti akan mengalami cedera. Cedera ini menimbulkan rasa pegal karena tendon atau ligamen leher mengalami kerusakan.

Kondisi Medis Lainnya

Meningitis

Pegal pada area leher dan pundak juga disebabkan oleh beberapa kondisi medis lainnya, seperti:

  • Meningitis
  • Flu
  • Rheumatoid Arthritis
  • Infeksi di sekitar leher
  • Penyempitan jalur saraf tulang belakang
  • Fibromialgia
  • Kanker dan HIV

Dari sekian banyaknya penyebab pegal di leher dan pundak, penyebab yang paling umum adalah otot kaku karena postur tubuh yang buruk. Cari tahu cara menghilangkan pegal di leher dan pundak agar Anda terlepas dari masalah ini.

Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak

Sudah mencoba krim atau salep untuk meredakan pegal-pegal, tapi kok leher dan pundak tetap sakit dan pegal? Mungkin saja rasa pegal tersebut sudah terlalu lama dibiarkan sehingga tidak bisa reda hanya dengan menggunakan krim untuk penyakit otot. Cobalah 5 cara menghilangkan pegal di leher dan pundak dari Bacaterus berikut ini:

1. Lakukan Peregangan

Lakukan Peregangan

Tak dapat dipungkiri bahwa peregangan adalah cara paling efektif untuk meredakan pegal di leher dan pundak. Lakukan peregangan berikut ini jika pundak Anda terasa pegal:

  • Berdiri tegak lurus, angkat bahu dan tahan pada posisi ini selama 8 detik.
  • Rentangkan kedua tangan ke samping secara lurus, lalu putar kedua tangan Anda selama 8 detik.
  • Tarik kedua bahu ke bawah dengan posisi kedua tangan lurus menghadap ke bawah tubuh, tahan posisi selama 8 detik.
  • Istirahat sejenak dan ulangi peregangan ini selama 10 menit. Untuk menuai hasil yang efektif, lakukan peregangan bahu sebanyak 3-4 kali sehari.

Sementara, jika yang pegal adalah leher, ikuti langkah-langkah peregangan ini:

  • Buat gerakan mematahkan leher ke kiri, tahan posisi selama 8 detik.
  • Lanjutkan dengan melakukan gerakan mematahkan leher ke kanan dan tahan selama 8 detik.
  • Angkat kepala menghadap ke atas sebanyak dua kali dan tundukkan kelapa ke bawah sebanyak 2 kali. Ulangi sampai 8 repetisi.
  • Peregangan leher sebaiknya dilakukan setiap 1 jam sekali jika Anda adalah pekerja yang selalu bekerja di depan komputer selama berjam-jam.

2. Pijat

Pijat

Pijat adalah metode untuk mengendurkan otot yang kaku dan kencang sekaligus dapat melancarkan sirkulasi darah. Tentu saja terapi pijat dapat menjadi cara menghilangkan pegal di leher dan pundak yang tak kunjung sembuh.

Sebelum memutuskan untuk pijat, pastikan Anda menggunakan tenaga pijat profesional agar tidak salah urut. Pemijatan dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak aromatherapy dapat membuat Anda jadi lebih rileks.

3.Terapi Panas

Terapi Panas

Sejatinya, terapi panas bisa dijumpai di tempat fisioterapi. Namun, Anda juga bisa membuat terapi panas sendiri yang lebih hemat biaya. Terapi panas yang bisa Anda lakukan di mana saja ini mengandalkan kantong berisi air panas. Bisa juga menggunakan botol bekas air mineral yang diisi dengan air panas.

Kompres leher dan pundak menggunakan air panas ini selama 10 menit. Lakukan sebanyak 3 kali sehari agar pegal-pegal di leher dan pundak segera hilang. Di samping itu, imbangi juga terapi panas ini dengan mandi air hangat dua kali sehari.

4. Kompres Dingin

Kompres Dingin

Ada terapi panas, ada juga tips menghilangkan pegal di leher dan pundak dengan metode kompres dingin. Ini merupakan metode pengobatan menggunakan suhu dingin untuk mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Cara melakukan kompres dingin ini adalah dengan membungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk tipis. Kemudian, letakkan handuk tipis ini di area yang pegal selama 10-15 menit. Ulangi metode ini setiap 2 jam sekali selama 48 jam penuh (kecuali saat tidur).

5. Gunakan Bantal Keras dan Rendah Saat Tidur

Gunakan Bantal Keras dan Rendah Saat Tidur

Satu lagi tips menghilangkan pegal di leher dan pundak yang paling ampuh. Ganti bantal yang biasa Anda pakai dengan bantal yang lebih keras dan rendah. Pasalnya, bantal yang terlalu tinggi akan membuat leher membungkuk.

Selain cara-cara di atas, Anda juga harus istirahat selama beberapa hari dari aktivitas yang menjadi faktor pemicu timbulnya pegal di leher dan pundak, seperti menatap layar komputer selama berjam-jam. Cara menghilangkan pegal di leher dan pundak juga bisa melalui pengobatan medis dengan melakukan fisioterapi, suntikan steroid, dan konsumsi jenis obat pengendali rasa sakit, yaitu ibuprofen dan paracetamol.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment