Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Januari 2019

Gejala satu ini pasti pernah Anda rasakan terutama saat kelelahan setelah beraktivitas seharian. Kaki sebagai penopang berat tubuh memang cenderung rentan terhadap cedera dan rasa sakit. Kaki merupakan jaringan tulang, ligamen, tendon, dan otot yang rumit. Cedera kaki dan aktivitas berlebihan atau kondisi yang menyebabkan peradangan di mana melibatkan tulang, ligamen, atau tendon di kaki, dapat menyebabkan sakit.

Pegal dan nyeri kaki dapat memengaruhi bagian mana pun dari kaki Anda, mulai dari jari kaki hingga tendon achilles di bagian belakang tumit Anda. Pada dasarnya, kaki Anda melakukan banyak pekerjaan, seperti kegiatan berjalan kaki, berdiri dalam rentang waktu yang terlalu lama, dan berolahraga.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan pegal dan sakit pada kaki. Biasanya, beberapa upaya yang dilakukan dapat membantu meremajakan kaki dan membuatnya terasa lebih baik.

7 Tips Meregakan Pegal di Kaki

1. Merendam Kaki

merendam kaki

Jika kaki Anda terasa pegal setelah beraktivitas dan melakukan kegiatan sehari-hari, rendam kaki dengan air hangat dalam bak mandi atau ember. Anda juga bisa menambahkan secangkir kecil garam inggris ke dalam air hangat untuk membantu merelaksasikan kembali kaki Anda.

Mungkin Anda akan tergoda untuk menambahkan produk lain ke dalam air hangat yang digunakan, seperti baking soda dan produk lainnya, namun bahan atau ramuan ini lebih dikhususkan untuk kecantikan kulit daripada pegal dan sakit kaki. Merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam dapat menghilangkan pegal dan bahkan mengurangi bengkak pada kaki. Anda bisa merendam kaki dalam campuran ini sekitar 20 menit.

2. Memijat Kaki

Memijat Kaki

* sumber: multiyasam.com

Anda bisa mencoba memijat kaki Anda sendiri untuk membantu meringankan pegal dan meningkatkan sirkulasi darah. Lotion atau oil bisa juga Anda gunakan untuk melicinkan kulit, agar memijat kaki menjadi lebih mudah. Anda dapat melakukan pijat ringan dengan menggunakan minyak tumbuhan, seperti minyak zaitun (Olive Oil) dan minyak cengkeh.

Gosok dan remas bagian bawah kaki Anda, tekuk dan lipat jari-jari kaki untuk memijatnya. Anda bisa menekukkan jari-jari tangan kanan dengan jari-jari kaki kiri untuk membuka tiap selah jari kaki dan memijatnya. Cobalah cari tempat yang nyaman, seperti sofa ataupun tempat tidur, sambil memberikan pijatan lembut pada kaki Anda.

Memijat kaki juga bisa dilakukan dengan cara meletakkan bola kecil di telapak kaki yang kemudian digelindingkan secara perlahan dengan tekanan kaki Anda. Anda dapat menggunakan foot rollers yang berbentuk silinder, Anda juga bisa menggunakan bola tenis untuk meringankan pegal di kaki.

3. Meninggikan Kaki

Meninggikan Kaki

* sumber: www.yogajournal.com

Berbaring atau berselonjor dengan menaruh kaki lebih tinggi dari posisi badan Anda. Anda bisa mencoba berbaring terlentang dengan bagian bawah tubuh yang terletak beberapa inci dari dinding dan rentangkan lengan Anda. Letakkan tumit pada dinding dengan kaki membentuk huruf V.

Otot-otot paha dalam yang terlalu ketat dapat membebani lengkungan di telapak kaki Anda. Jadi, dengan meninggikan kaki semacam ini, Anda akan merasakan tarikan lembut di paha bagian dalam. Sehingga kaki Anda akan terasa lebih rileks ketika kaki Anda mengalami pegal-pegal dan keram.

Anda juga bisa mencoba meninggikan kaki dengan cara mengganjal kaki dengan bantal saat hendak tidur, meninggikan kaki juga bisa mengurangi pembengkakkan pada kaki Anda lho.

4. Lakukan Stretching dan Gerak Badan

* sumber: www.blissfulyogini.com

Berjalan secara teratur sebagai gerak badan adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kaki lentur dan sehat. Karena menjaga kaki tetap lentur dan kuat adalah kunci untuk menghindari pegal dan nyeri pada kaki.

Anda juga bisa mencoba latihan daya tahan untuk menguatkan kaki dan mencegah terjadinya nyeri dan pegal-pegal. Latihan yang bisa Anda coba yaitu mengambil pensil yang tersebar di lantai dengan jemari kaki Anda, latihan kecil seperti ini dapat membantu mengurangi pegal dan nyeri pada kaki.

Anda juga bisa mencoba membelitkan rubber band tebal pada sekitar jari-jari kaki di satu kaki Anda, tahan dengan tangan dan rentangkan kaki Anda. Tahan selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali. Lakukan bergantian dengan kaki Anda dan cobalah membelitkanya pada tumit Anda juga.

5. Memakai Bantalan Sepatu atau Arch Supports

* sumber: www.groupon.com

Bantalan sepatu seperti sole selipan atau disebut juga orthotics dalam dunia kesehatan, bisa menjaga kaki Anda tetap stabil saat berdiri dan berjalan. Kegunaan lainnya yaitu dapat menghilangkan pegal kaki pada bagian telapak dan tumit.

Anda bisa membelinya di toko alat kesehatan atau membiarkan dokter ahli penyakit kaki (Podiatrist) membuatkan yang sesuai untuk Anda. Bahkan, arch support juga bisa didapatkan di Bukalapak lewat link ini. Penggunaan arch support telah menunjukkan hasil yang efektif untuk menghilangkan pegal kaki dan meningkatkan keseluruhan fungsi kaki.

6. Gunakan Pereda Nyeri Topikal

* sumber: www.everydayhealth.com

Menggunakan obat-obatan yang mengandung menthol, eucalyptus, turpentine, dan senyawa salicylate lainnya dapat membantu Anda menghilangkan pegal dan sakit kaki. Obat-obatan ini tersedia dalam bentuk topikal, seperti cream, lotion, ataupun larutan.

Di Apotek, ada beberapa obat OTC (Over The Counter) yaitu obat bebas dan obat bebas terbatas yang bisa Anda beli untuk menangani pegal-pegal, sakit, dan bengkak pada kaki. Produk topikal semacam ini biasanya memberikan efek atau sensasi dingin dan menghilangkan sakit.

7. Minum Pereda Nyeri atau Sakit

* sumber: blog.bulletproof.com

Obat-obatan OTC seperti parasetamol dapat digunakan untuk pegal kaki. Sedangkan obat anti inflamasi non-steroid seperti ibuprofen bisa Anda gunakan saat pegal-pegal dan juga jika ada pembengkakan pada kaki, atau yang biasa disebut inflamasi. Obat-obatan jenis ini mungkin perlu Anda minum dalam beberapa hari untuk menghilangkan sakit dengan sepenuhnya, terutama jika terdapat inflamasi.

Namun, akan lebih membantu jika Anda mengkonsultasikannya kepada dokter mengenai berapa lama sebaiknya Anda meminum obat-obatan ini, agar menghindari efek samping yang mungkin dapat terjadi.

Kombinasi beberapa metode pengobatan rumahan seperti di atas bisa Anda coba untuk menghilangkan pegal dan sakit kaki. Perlu diingat bahwa butuh waktu untuk dapat mengurangi dan menghilangkan rasa pegal dan sakitnya.

Namun, sebelum Anda mencoba pengobatan rumahan, pertimbangkan untuk menemui dokter jika Anda memiliki kondisi yang lebih serius. Seperti mungkin, cedera pada kaki yang mengakibatkan kondisi pengobatannya hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Anda juga sebaiknya mengunjungi dokter jika kaki Anda sudah bengkak dalam beberapa hari, tidak bisa berjalan karena kaki terlalu sakit, ada luka terbuka di kaki yang mungkin telah terinfeksi, dan jika diduga ada tulang yang patah pada bagian kaki. Anda juga harus langsung mengunjungi dokter jika pegal dan sakit kaki tidak kunjung sembuh dan membaik dalam beberapa minggu bahkan setelah mencoba pengobatan rumahan.

Selesai sudah pembahasan mengenai cara mengatasi pegal di kaki. Nah, kalau Anda biasanya menggunakan metode apa untuk menghilangkan rasa pegal di kaki? Atau pernah mencoba salah satu tips di atas? Ayo, berbagi cerita Anda di kolom komentar.

Namun, untuk Anda yang punya permasalahan pegal di bagian punggung, silakan kunjungi artikel 8 Tips Meredakan Pegal di Punggung ini agar bisa terbebas dari nyeri punggung.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .