Bacaterus / Cabe / 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah

6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Jika kamu hobi memasak pastinya kamu pernah atau sering berhubungan dengan sayuran atau bumbu masak yang bernama cabe atau cabai. Bahan masakan tersebut dikenal memiliki rasa yang sangat pedas (level berbeda-beda tergantung jenis cabai) dan berguna sebagai penguat rasa pada masakan yang disajikan.

Indonesia adalah salah satu negara di mana banyak masyarakatnya gemar mengkonsumsi cabai. Beberapa jenis cabai umumnya diolah menjadi sambal dan beberapa lainnya dijadikan bumbu atau pelengkap masakan (seperti tumis). Beberapa jenis cabai yang sangat populer di Indonesia adalah cabai rawit, cabai hijau dan merah, cabai keriting, dan cabai gendot.

Nah, cabai ini selain memiliki aroma pedas juga dapat menimbulkan rasa panas pada kulit saat dipegang secara langsung dalam keadaan terbuka. Bagi yang suka mengulek sambal secara manual pasti pernah merasakan hal ini. Rasa panas cabai ini biasanya sulit dihilangkan sehingga membuat kulit menjadi tidak nyaman.

Meskipun demikian, kamu masih dapat menghilangkannya dengan cepat menggunakan beberapa cara di bawah ini. Rasa panasnya mungkin tidak hilang dalam waktu singkat, tapi hal ini diharapkan mampu meminimalisir rasa panas pada kulit (utamanya kulit tangan) yang diakibatkan oleh cabai.

1. Sabun Cuci Piring

Umumnya sabun cuci piring dapat melarutkan minyak dan lebih efektif daripada sabun tangan biasa. Kamu bisa mencoba mencuci tanganmu yang terasa panas karena cabai dengan sabun cuci piring. Zat-zat atau minyak cabai penimbul panas memang tidak langsung hilang setelah dicuci dengan sabun ini, tetapi penulis pernah mencobanya dan hal ini cukup efektif.

Kamu mungkin perlu berkali-kali mencuci bagian tubuh yang terkena panas cabai. Dari pengalaman yang pernah dirasakan penulis, hal itu membutuhkan waktu sekitar seharian hingga rasa panas mereda. Perlu dicatat bahwa setiap cabai memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Jadi, kemungkinan rasa panas yang ditimbulkannya juga tidak sama.

2. Minyak Kelapa atau Zaitun

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Minyak juga disebut-sebut mampu melarutkan zat cabai yang menimbulkan panas. Minyak yang digunakan untuk meredakan rasa panas tersebut biasanya adalah minyak kelapa atau minyak zaitun. Keduanya mungkin sudah tersedia di dapur sehingga kamu tinggal mengaplikasikannya.

Caranya adalah dengan meneteteskan beberapa tetes minyak pada tangan atau bagian tubuh lainnya yang terkena panas cabai, lalu gosok secara perlahan hingga panas mereda. Kamu juga mungkin perlu melakukan proses ini berkali-kali hingga gejala panas pada kulit hilang sepenuhnya. Tidak memiliki stok minyak zaitun di rumah? Tidak perlu khawatir, kamu bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

3. Alkohol

Jika kamu mempunyai alkohol di rumah yang biasa digunakan untuk membersihkan luka pada tubuh, kamu juga dapat memanfaatkan cairan tersebut untuk menghilangkan gejala panas akibat cabai. Minyak cabai dan capsaicin umumnya lebih mudah larut dalam alkohol daripada dalam air biasa sehingga dalam hal ini alkohol bisa cukup membantu.

Caranya pengaplikasiannya hampir sama dengan minyak kelapa atau zaitun. Cukup teteskan beberapa tetes alkohol pada bagian tangan (hindari kontak langsung dengan mata) yang terkena panas cabai, lalu gosok-gosok secara perlahan hingga rasa panas hilang.

Jika kamu menggunakan metode lainnya untuk mendinginkan tangan yang terasa panas, kamu bisa memulai dengan alkohol untuk membersihkannya terlebih dahulu.

4. Garam

Manfaatkan Garam

Bahan dapur lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan sengatan cabai di tangan adalah garam. Jadi, selain sangat berguna untuk memberikan rasa pada masakan, garam juga dianggap mampu menghilangkan rasa panas akibat bahan masakan yang bernama cabai saat minyaknya terkena kulit kita.

Cara penggunaanya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan garam dengan air hangat lalu oleskan secara merata pada bagian tangan yang terasa panas. Setelah itu gosok secara perlahan selama beberapa saat hingga panas mereda dan selanjutnya cuci dengan air bersih. Kehabisan stok garam? Kamu bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

5. Baking Soda

Jika kamu suka membuat kue di rumah pasti kenal dengan baking soda. Nah, ternyata baking soda juga mempunyai manfaat lainnya seperti dapat menghilangkan gejala panas akibat cabai. Sebelum siap menggunakan baking soda untuk hal ini, pertama-tama kamu harus membuat pasta dari baking soda terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, yaitu kamu tinggal mencampur baking soda dengan air dingin secukupnya hingga membentuk pasta kental. Setelah itu kamu tinggal mengoleskan baking soda tersebut pada bagian kulit yang terasa panas secara merata. Tunggu beberapa saat hingga pasta mengering dan selanjutnya kamu tinggal membilasnya dengan air bersih. Mudah, bukan? Temukan baking soda secara online di situs Bukalapak lewat link ini.

6. Susu Cair atau Yogurt

Low-Fat Yogurt

Susu cair atau yogurt mengandung senyawa alami yang mampu menetralkan kadar asam dan pedas dari cabai. Lemak dan minyak dalam produk susu dipercaya mampu mengurangi sensasi terbakar akibat cabai dengan melarutkan capsaicin yang menempel pada kulit.

Seperti yang kita ketahui bahwa cabai adalah sejenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga kadar asamnya cukup besar. Oleh karena itu, susu cair atau yogurt dapat dimanfaatkan untuk meredakan gejala panas yang diakibatkan oleh cabai. Terdapat protein yang ditemukan dalam susu yang disebut kasein yang bertindak seperti deterjen terhadap capsaicin.

Untuk mengaplikasikan hal ini kamu hanya perlu mengolesi bagian kulit yang terkena sengatan cabai dengan susu cair atau yogurt, lalu tunggu hingga rasa panas tersebut mereda. Jika sudah, kamu bisa langsung mencuci kulitmu dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa susu dan yogurt yang menempel.

Jika cara pengolesan dirasa kurang maksimal, maka kamu dapat merendam tangan dalam susu atau yogurt hingga sensasi terbakar berhenti. Cukup tuangkan susu (yang dingin lebih baik) atau yogurt pada mangkok, lalu rendam tanganmu beberapa saat hingga sensasi terbakar mereda. Setelahnya kamu dapat mencuci tanganmu dengan air bersih. Tidak perlu repot cari yogurt, karena kamu bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan gejala panas pada tangan yang diakibatkan oleh cabai. Saat tanganmu terkena sengatan cabai, sebaiknya hindari menggosok-gosok bagian mata dan bagian tubuh lainnya agar panas tidak menyebar.

Beberapa cabai mungkin dapat menimbulkan sensasi panas yang sangat menyengat dan bertahan hingga belasan jam jika minyaknya terkena kulit kita. Untuk menghindari hal ini terjadi pada dirimu, kamu dapat menggunakan sarung tangan khusus memasak jika harus berurusan dengan cabai-cabai saat di dapur, apalagi jika cabai yang harus diolah berjumlah sangat banyak.

Metode di atas mungkin memberikan khasiat yang berbeda-beda. Kamu dapat mencoba salah satu metode yang kamu anggap paling efektif dan mudah. Jika kamu mempunyai metode lain yang lebih baik dan belum disebutkan di sini silakan sebutkan di kolom komentar.

Dan sebagai informasi, barang-barang di atas dapat kamu beli dengan mudah di warung-warung yang dekat dengan rumah. Jika kamu ingin membeli produk-produk ini secara online, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak dengan klik link-link yang sudah kami berikan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar