Bacaterus / Sayuran / 6 Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya Sebelum Dimasak

6 Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya Sebelum Dimasak

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2019

Sayur daun pepaya memiliki rasa pahit yang khas. Jika langsung dimasak, rasa pahit ini sebenarnya cukup mengganggu ketika daun pepaya ini dikonsumsi. Alhasil, banyak orang yang tidak menyukai sayur daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal, sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengontrol tekanan darah sampai meredakan nyeri saat haid.

Rasa pahit di daun pepaya ternyata bisa dihilangkan dengan cara-cara yang cenderung alami. Bacaterus akan membagikan 6 cara menghilangkan pahit daun pepaya sebelum dimasak. Yuk, segera pilih cara yang paling mudah bagi Anda.

6 Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya

1. Rebus Berkali-kali dengan Baking Powder

Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya

* sumber: sajiansedap.grid.id

Cara menghilangkan pahit daun pepaya adalah merebusnya berkali-kali. Setelah rebusan pertama, buang air rebusannya dan ganti dengan air yang baru. Setelah direbus berkali-kali, rasa pahit pada daun pepaya ini akan menghilang.

Sayangnya, merebus daun pepaya berkali-kali dapat membuat warna daunnya menjadi pudar. Daun pepaya tidak lagi berwarna hijau tua setelah direbus beberapa kali. Solusi agar warna daun pepaya tidak memudar adalah menambahkan baking powder saat merebus daun pepaya. Tambahkan baking powder pada air rebusan pertama, kedua, dan seterusnya.

Cukup rebus daun pepaya sebanyak tiga kali agar rasa pahitnya hilang. Setelah tiga kali merebus daun pepaya dengan tambahan baking powder, bilas daun pepaya dengan air matang dan tiriskan sampai airnya benar-benar hilang.

2. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Selain baking powder, ada bahan yang lebih alami untuk menghilangkan pahit dari daun pepaya. Bahan alami tersebut adalah daun jambu biji. Selain berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan, daun jambu biji juga bermanfaat untuk melunturkan pahit dari daun pepaya. Cara menghilangkan pahit daun pepaya dengan daun jambu biji adalah:

  • Cuci 6-7 lembar daun jambu biji sampai bersih, lalu remas daunnya dengan tangan Anda.
  • Masukkan daun pepaya yang sudah dicuci ke dalam air mendidih.
  • Tambahkan juga remasan daun jambu biji.
  • Rebus sampai 3 menit, lalu tiriskan airnya.
  • Sisihkan daun pepaya dengan remasan daun jambu biji tadi. Masak daun pepaya sesuai selera Anda.

3. Daun Singkong

Daun Pepaya

Siapa yang pernah menyantap lalapan atau olahan makanan daun singkong? Rasa daun singkong tidak sepahit daun pepaya. Namun, jika keduanya direbus dalam air mendidih, maka rasa daun pepayanya tidak akan sepahit sebelumnya, lho. Berikut adalah panduan cara menghilangkan pahit daun pepaya dengan merebusnya bersama daun singkong:

  • Rebus daun singkong terlebih dahulu selama 2 menit.
  • Setelah itu, masukkan daun pepaya ke dalam air yang sama.
  • Biarkan kedua daun ini terebus di dalam air selama 3-5 menit lagi.
  • Tiriskan airnya dan pisahkan daun singkong dengan daun pepaya.

Setelah meniriskan air dan menyisihkan kedua jenis daun ini. Anda dapat langsung memasak daun pepaya. Sementara daun singkongnya bisa dijadikan lalapan atau diolah juga menjadi hidangan yang lezat.

4. Garam Kasar

Garam Kasar

Tak perlu khawatir dengan rasa pahit daun pepaya karena Anda dapat menghilangkan rasa pahit tersebut dengan beberapa cara yang sederhana, seperti dengan menggunakan garam kasar. Garam yang terkenal karena rasa asinnya akan menghilangkan rasa pahit di daun pepaya. Ikuti panduan cara menghilangkan pahit daun pepaya sebelum dimasak dengan memanfaatkan garam pasir berikut ini:

  • Rebus daun pepaya di dalam air sampai mendidih.
  • Sebelum mendidih, masukkan garam kasar secukupnya ke dalam air.
  • Setelah tekstur daun sedikit empuk, matikan api dan tiriskan air daun pepaya.
  • Daun pepaya yang sudah disisihkan bisa langsung dimasak menjadi hidangan yang enak.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan garam untuk menghilangkan rasa pahit di daun pepaya ini tidak akan membuat rasa daunnya menjadi asin. Jadi, tak ada salahnya Anda mencoba cara ini jika ingin menghilangkan pahit daun pepaya secara lebih cepat.

5. Asam Jawa

Asam Jawa

Selain memberikan rasa asam pada setiap masakan, asam juga berfungsi untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya sehingga lebih enak ketika dikonsumsi. Namun, apakah rasa daun pepaya akan berubah menjadi asam? Tentu saja tidak, karena asam jawa tidak akan mengubah rasa daun pepaya menjadi asam.

Bagi Anda yang belum tahu tips dan trik menghilangkan pahit daun pepaya dengan memanfaatkan asam jawa, silakan baca petunjuknya di bawah ini:

  • Cuci daun pepaya sampai bersih, lalu rebus daun pepaya di dalam air.
  • Sebelum airnya mendidih, tambahkan asam jawa yang sudah dikupas kulitnya.
  • Kecilkan api dan biarkan keduanya direbus dalam selama 5 menit.
  • Setelah 5 menit, jangan langsung mengeluarkan daun pepaya dari air, rendam dengan asam jawa selama 15 menit lagi.
  • Pisahkan daun pepaya dan asam jawa, lalu masak daun pepayanya menjadi hidangan yang Anda sukai.

6. Tanah Liat

Tanah Liat

Tips dan trik menghilangkan pahit daun pepaya dengan metode yang satu ini memang nampak unik. Pasalnya, daun pepaya akan direbus dengan menggunakan tanah liat. Usut punya usut, tanah liat memang dapat memudarkan rasa pahit pada daun pepaya. Penasaran bagaimana cara menggunakan tanah liat untuk menghilangkan pahit daun pepaya? Simak panduannya berikut ini:

  • Rebus air dengan tanah liat atau tanah lempung.
  • Masukkan daun pepaya dan rebus selama 3 menit.
  • Setelah selesai direbus, tiriskan air dan angkat daun pepaya.
  • Rebus kembali daun pepaya di air yang bersih selama 1 menit.
  • Apabila sudah selesai direbus, angkat daun pepaya dan bilas dengan air matang untuk menghilangkan sisa tanah liatnya.

Percaya atau tidak, tanah liat memang sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa pahit di daun pepaya. Tak perlu khawatir daun pepaya menjadi kotor dan mengganggu pencernaan ketika dikonsumsi, daun pepaya jadi kembali higienis setelah direbus dengan air bersih dan dibilas dengan air matang.

Ide Memasak Daun Pepaya

Daun Pepaya Mentah

Dengan trik menghilangkan pahit daun pepaya ini, Anda bisa memasak daun pepaya menjadi makanan yang lezat dan rasanya pun tidak terlalu pahit ketika disantap. Bagi Anda yang masih bingung mengenai ide memasak daun pepaya, coba cek 3 inspirasi hidangan olahan daun pepaya ini.

  • Tumis Daun Pepaya

Tumis Daun Pepaya

Ingin memasak daun pepaya dengan cara yang sederhana? Tumis saja dengan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tumisan daun pepaya akan terasa lebih sedap jika Anda menambahkan garam dan gula secukupnya.

  • Daun Pepaya Kuah Santan

Daun Pepaya Kuah Santan

Daun pepaya juga bisa dimasak menjadi makanan berkuah. Daun pepaya kuah santan ini adalah salah satu hidangan yang mirip gulai. Penggunaan santan asli dengan rempah-rempah pilihan akan membuat hidangan ini semakin lezat.

  • Buntil

Buntil

Makanan tradisional Jawa yang satu ini memang selalu menjadi lauk sederhana yang nikmat. Buntil merupakan yang terdiri dari parutan daging kelapa, teri, dan bumbu-bumbu yang dibungkus dengan daun pepaya lalu direbus dalam santan.

Gunakan 6 cara menghilangkan pahit daun pepaya ini untuk membuat makanan olahan daging pepaya menjadi lebih lezat. Ketahui juga cara mengatasi rasa pahit pada lobak putih dengan membaca artikel cara memasak lobak putih agar tidak pahit.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *