Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / 10 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tas dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tas dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 November 2018

Banyak orang yang menganggap mengoleksi tas sebagai investasi yang bagus. Makanya, tak jarang orang yang rela merogoh kocek agak dalam untuk mendapatkan tas-tas yang cantik dan memiliki nilai jual. Tapi, jangan cuma tahu membeli dan memakai saja, Anda juga perlu tahu cara merawat tas. Terutama ketika tas kesayangan terkena noda tinta.

Noda tinta di tas biasanya agak sulit dihilangkan, apalagi kalau noda tersebut didiamkan hingga lama sekali sebelum dibersihkan. Tapi, no need to panic, karena Bacaterus akan membahas berbagai cara menghilangkan noda tinta di tas.

Sebelum itu, ketahuilah ada dua jenis tinta, yaitu tinta tidak permanen dan tinta permanen. Kedua jenis tinta ini memerlukan bahan dan cara yang berbeda untuk bisa dibersihkan. Tapi, di sini Bacaterus akan membahas keduanya, cara menghilangkan noda tinta yang permanen maupun tinta tidak permanen dari tas Anda. Yuk, disimak!

10 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tas

1. Air

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tas

* sumber: www.aeimages.co

Cara menghilangkan noda tinta di tas yang pertama adalah dengan menggunakan air. Jika tinta yang menodai tas Anda bersifat non permanent, biasanya tinta tersebut berbahan dasar air. Contoh tinta yang water based adalah seperti pena tulis dan spidol anak-anak, pokoknya tinta yang digunakan sehari-hari. Nah, tinta yang dibuat dari air bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan air juga.

Pertama-tama siapkan kain handuk, serbet, atau kain lainnya yang berserat lembut. Kedua, basahi kain dengan air. Jika tas Anda berbahan kulit, gunakan air sesedikit mungkin supaya tidak merusak tas. Ketiga, tepuk-tepuk kain basah ke area tas yang terkena noda.

Jangan gosok kain karena dapat memperlebar area noda, tapi tepuk-tepuk saja. Jangan pula menggunakan lap berbahan kertas seperti tisu karena dapat meninggalkan serpihan serat pada tas. Ulangi langkah tadi hingga noda benar-benar menghilang.

2. Alkohol

Alkohol cara menghilangkan noda tinta di tas

* sumber: www.shefinds.com

Alkohol di sini merupakan rubbing alcohol alias alkohol isopropil alias alkohol gosok, ya. Alkohol gosok merupakan cara menghilangkan noda tinta di tas yang bagus untuk tinta permanen. Biasanya, yang tintanya permanen adalah spidol yang bukan untuk papan tulis. Tinta permanen biasanya dibuat dari bahan dasar minyak, makanya tidak akan berpengaruh kalau dibersihkan dengan air saja.

Jadi, gunakanlah alkohol gosok untuk menghilangkan noda tinta permanen pada tas kesayangan Anda. Tuangkan sedikit alkohol pada kain bersih atau q-tip (korek kuping). Lalu, sebelum langsung menuju noda, sebaiknya Anda tes di blind spot terlebih dahulu.

Karena siapa tahu tas Anda tidak cocok jika terkena alkohol. Setelah menggunakan metode ini, jika tas Anda dari kulit, sebaiknya lapisi tas dengan conditioner karena alkohol bersifat mengeringkan.

3. Cuka Putih

Cuka PutihMetode cara menghilangkan noda tinta di tas yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cuka putih. Distilled vinegar atau white vinegar sering digunakan untuk membuat makanan jadi terasa segar, seperti bakso dan rujak misalnya. Tapi, ternyata cuka putih bisa dijadikan pengganti alkohol kalau Anda tidak mau tas tercinta terkena alkohol.

Cuka putih dapat digunakan untuk menghapus noda tinta dari tas. Caranya sama, gunakan kain atau korek kuping, teteskan cuka putih secukupnya. Sebelum langsung menuju noda, tes dulu di area tas yang tidak terlihat untuk melihat kecocokan. Lalu, tepuk-tepukkan kain yang sudah ditetesi cuka pada area noda.

4. Hairspray

Hairspray cara menghilangkan noda tinta di tas

Siapa bilang kegunaan hairspray cuma untuk menjaga tatanan rambut saja? Anda bisa juga, kok, menghapus noda tinta di tas pakai hairspray. Soalnya, hairspray biasanya mengandung alkohol, jadi bisa melunturkan tinta. Dalam menggunakan hairspray untuk menghilangkan noda tinta pada tas harus berhati-hati, soalnya kalau terlalu banyak justru akan memudarkan warna tas atau parahnya membuat tas jadi terkelupas.

Jadi, sebaiknya Anda menyemprotkan hairspray pada kain terlebih dahulu, jangan langsung pada tas. Caranya sama, yaitu tepuk-tepukkan kain pada area tas yang ternoda. Sama seperti penggunaan alkohol, jika tas Anda dari kulit, langsung aplikasikan leather conditioner setelah proses pembersihan selesai.

5. Sabun Cuci

Sabun Cuci

* sumber: www.mrright.in

Untuk tas kanvas dan kulit, Anda bisa menghapus noda tinta dengan mencuci tas tersebut. Selain sabun cuci (detergen), Anda bisa menggunakan sampo bayi juga. Setelah selesai dicuci, jangan jemur tas di bawah sinar matahari langsung supaya tekstur dan bentuk tas tidak berubah.

6. Garam + Lemon

Garam + Lemon

Cara menghilangkan noda tinta di tas yang ke-6 ini menggunakan bahan-bahan alami, yaitu garam dan lemon. Anda bisa mengganti lemon dengan jeruk nipis. Buatlah campuran air perasan lemon dan garam. Kedua bahan ini merupakan pembersih alami yang bisa digunakan untuk membersihkan apa saja.

Celupkan kain/korek kuping pada larutan lemon dan garam, lalu aplikasikan pada noda. Jika sudah selesai, bilas area tersebut dengan air dan sabun supaya lemon dan garamnya menghilang sempurna.

7. Magic Eraser

Magic Eraser

* sumber: www.thebirchcottage.com

Magic Eraser adalah sebuah spons ajaib yang dapat menghapus noda minyak, kosmetik, makanan, dan noda apapun juga. Kalau sudah punya Magic Eraser, Anda tinggal membasahinya saja dengan air, lalu langsung aplikasikan pada noda.

Spons ini berbeda dengan spons mencuci biasa. Soalnya, Magic Eraser dibuat dari busa melamin yang dapat membantu menghilangkan noda yang membandel sekalipun. Jika noda tinta masih sulit diangkat, Anda bisa menambahkan sabun cuci piring. Mau mencoba pakai Magic Eraser? Anda bisa membelinya di Bukalapak melalui link ini.

8. Lotion

Lotion

* sumber: www.mrright.in

Hand & body lotion, hand cream, losion anti nyamuk, pokoknya losion apapun juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda tinta dari tas. Anda hanya perlu mengoleskan losion ke area tas yang terkena tinta, gosok perlahan menggunakan jari, lalu angkat sisa losion dengan tisu.

9. Baking Soda

Baking Soda

* sumber: www.mrright.in

Cara menghilangkan noda tinta di tas kali ini menggunakan baking soda. Bahan ini dapat menyerap noda tinta dengan baik dari tas Anda, mau tasnya terbuat dari bahan kanvas, denim, atau pun kulit. Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan bubuk baking soda di atas noda. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan dengan kain. Anda bisa juga menggunakan tepung kanji atau jagung (maizena) sebagai ganti baking soda.

10. Nail Polish Remover

Nail Polish Remover

Cara menghilangkan noda tinta di tas yang ke-10 adalah dengan menggunakan nail polish remover. Kalau di Indonesia produk ini lebih familiar disebut sebagai aseton, padahal justru aseton adalah zat yang sebaiknya tidak ada dalam larutan pembersih cat kuku.

Jadi, dalam menghapus noda tinta dari tas juga sebaiknya Anda pakai pembersih cat kuku yang tidak ada kandungan aseton-nya. Selain pembersih cat kuku, Anda bisa juga menggunakan makeup remover.

Nah, itulah sepuluh cara menghilangkan noda tinta di tas dengan mudah versi Bacaterus. Sebenarnya ada, loh, produk pembersih noda tas. Ada yang berupa pembersih saja tapi ada juga yang sudah sekaligus mengandung kondisioner. Ketahui merk pembersih tas yang bagus di sini.

Untuk dapat menghilangkan noda tinta dari tas dengan mudah, ketahuilah bahwa penanganan yang lebih cepat itu lebih baik. Sebelum noda terserap lebih jauh ke dalam tas, langsung tindak supaya lebih mudah dihilangkan.

Dan, sebelum Anda mencoba menghapus noda pada tas berbahan dasar apa pun, selalu baca petunjuk perawatan dari tas itu (jika ada) dan ikuti juga petunjuk pemakaian produk pembersih yang Anda gunakan. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment