Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Inilah 7 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen di Baju

Inilah 7 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen di Baju

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Oktober 2018

Beberapa jenis noda yang menempel di baju sangat susah dibersihkan, seperti salah satunya adalah noda spidol permanen. Noda spidol yang terlanjur melekat pada baju tentu tidak bisa hilang meskipun Anda mencuci baju tersebut dengan deterjen. Mau tidak mau, Anda harus menggunakan bahan-bahan tambahan untuk membersihkan noda spidol di baju.

Bingung mencari cara menghilangkan noda spidol di baju? Kini Anda tidak perlu bingung karena Bacaterus akan berbagi cara menghilangkan noda spidol permanen di baju dengan menggunakan bahan-bahan yang ampuh. Jadi, Anda hanya perlu memilih cara dan bahan yang tepat untuk membersihkan noda spidol di baju kesayangan Anda.

7 Cara Menghilangkan Noda Spidol di Baju

1. Hair Spray

Cara Menghilangkan Noda Spidol di Baju

Bukankah hair spray digunakan untuk memperkuat tatanan rambut? Ya, memang benar jika hari spray digunakan untuk menata rambut, tetapi Anda juga bisa memanfaatkan hair spray untuk menghapus noda spidol yang menempel pada baju. Cara menghilangkan noda spidol di baju dengan hair spray adalah sebagai berikut:

  • Letakkan baju yang ternoda spidol di atas kain kering atau handuk kering.
  • Semprotkan hair spray tepat di bagian baju yang ternoda.
  • Tekan-tekan bagian yang ternoda dengan menggunakan kapas. Langkah ini dilakukan agar noda spidol di baju dapat diserap oleh kain kering yang sudah diletakkan di bawah baju.
  • Setelah noda berhasil dipindahkan ke kain kering, segera cuci baju tersebut untuk menghilangkan residu spidol dan hair spray.

Perlu Anda ketahui bahwa metode mentransfer noda ini terbilang cukup ampuh. Hanya saja Anda harus menggunakan kain yang sudah tidak terpakai lagi untuk menyerap noda spidol di baju Anda.

2. Spiritus

Spiritus

Frustasi dengan noda spidol permanen yang tak kunjung hilang dari baju Anda? Saatnya Anda mencoba bahan yang lebih ampuh untuk mengangkat noda spidol di baju. Spiritus adalah bahan kimia yang dipercaya dapat membersihkan noda spidol pada baju. Penggunaan spiritus secukupnya tidak akan membuat serat kain baju Anda menjadi rusak kok.

Nah, bagaimana cara menghilangkan noda spidol di baju dengan memanfaatkan spiritus? Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini:

  • Letakkan beberapa lembar tisu di bawah baju yang ternoda spidol.
  • Gunakan spons atau kain bersih untuk membersihkan noda spidol. Celupkan kain ke dalam spiritus.
  • Gosokkan kain tersebut ke bagian yang ternoda. Tekan-tekan nodanya agar berpindah ke tisu yang sudah diletakkan di bawah baju.
  • Apabila nodanya hilang, silakan lanjutkan mencuci baju dengan deterjen agar sisa noda dan spiritusnya benar-benar hilang.

Aroma spiritus yang kuat ini mungkin akan sedikit mengganggu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena aroma spiritus bisa hilang setelah baju tersebut dicuci dengan deterjen. Jika baunya masih belum hilang, rendam baju di dalam larutan air dan pewangi pakaian.

3. Susu

Noda Spidol

Susu yang biasa Anda minum atau makan bersama dengan sereal juga bisa menjadi bahan ampuh untuk menghilangkan noda spidol permanen. Menariknya, susu tidak akan merusak serat kain pakaian. Jenis susu terbaik untuk mengatasi noda spidol permanen di baju adalah susu full cream cair atau susu sapi murni.

Apabila susunya telah tersedia, ikuti panduan cara menghilangkan noda spidol di baju berikut ini:

  • Tuang susu ke dalam mangkuk atau wadah.
  • Rendam baju di dalam mangkuk berisi susu. Jika Anda tidak bisa merendam seluruh bagian baju, cukup rendam bagian yang ternoda saja. Biarkan baju yang ternoda ini terendam dalam susu semalam suntuk
  • Pada pagi hari, cek noda spidol di baju Anda. Jika nodanya masih menempel, gosok baju tersebut dan kembali rendam di dalam susu selama semalaman. Namun, jika noda spidolnya sudah hilang, lanjutkan mencuci baju dengan deterjen.

Metode menghilangkan noda spidol dengan menggunakan susu ini sangat aman untuk semua jenis pakaian. Jadi, Anda tidak perlu khawatir serat kain pakaian menjadi rusak setelah direndam susu semalaman.

4. Aseton

Aseton

Aseton yang bermanfaat untuk menghapus cat kuku juga bisa Anda pakai untuk menghapus noda spidol permanen di baju, lho. Bahkan, Anda bisa mendapatkan aseton dengan mudah ketimbang harus membeli spiritus di toko bahan bangunan. Cara menghilangkan noda spidol di baju dengan menggunakan aseton ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini:

  • Letakkan tisu kering atau kain kering yang sudah tidak terpakai.
  • Atur posisi baju yang ternoda spidol jadi berada di atas tisu atau kain kering yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Tuangkan aseton secukupnya pada kain lap bersih.
  • Gosok noda dengan kain yang sudah dibasahi dengan aseton. Tekan nodanya agar berpindah ke tisu atau kain kering di bawah baju.
  • Sama seperti ketika Anda menggunakan bahan-bahan lain untuk menghapus noda spidol, Anda juga harus segera mencuci baju dengan deterjen ketika noda spidolnya berhasil dihapus dengan aseton.

5. Garam

Noda Spidol Permanen

Garam adalah bahan memasak yang sangat serbaguna. Tak hanya untuk memperkaya rasa, garam juga bisa menjadi campuran yang ajaib saat Anda mencuci baju yang ternoda spidol. Pasalnya, garam dapat melunturkan noda spidol yang membandel pada baju Anda.

Cukup tambahkan beberapa sendok makan garam ketika Anda mencuci baju dengan mesin cuci. Namun, saat mencuci dengan garam, Anda tidak diperkenankan untuk menambahkan deterjen. Proses ini hanya untuk menghilangkan noda spidol, bukan untuk mencuci pakaian secara keseluruhan.

6. Air Lemon

rendam dalam lemon

* sumber: www.rte.ie

Noda spidol permanen di baju memang tidak bisa dianggap remeh. Bila kita tidak segera membersihkannya, noda tersebut akan semakin susah hilang. Bagi Anda yang sudah stuck mencari cara menghilangkan noda spidol di baju, cobalah menggunakan air lemon.

Air perasan lemon dapat menjadi bahan alami yang ampuh untuk melunturkan noda spidol permanen. Jika masih bingung bagaimana cara menggunakannya, simak panduannya berikut ini:

  • Peras air lemon terlebih dahulu. Jika tidak ada lemon maka boleh diganti jeruk nipis. Namun, keampuhan dua bahan-bahan alami ini berbeda.
  • Tuangkan air lemon ke bagian yang ternoda.
  • Tekan noda spidol dengan kapas sampai nodanya hilang.

Penggunaan air lemon untuk membersihkan noda spidol di baju ini juga merupakan pilihan yang tepat. Namun, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, sebaiknya letakkan kain kering di bawah baju yang ternoda agar noda spidol di baju dapat berpindah ke kain kering di bawahnya.

7. Boraks

Boraks

* sumber: www.batamxinwen.com

Satu lagi bahan yang dapat dipakai untuk menyerap noda spidol permanen, yaitu boraks. Untuk menggunakan bahan yang satu ini, Anda pun harus mencampurnya dengan susu, cuka, dan air lemon. Perpaduan antara bahan-bahan ini dapat membersihkan noda spidol pada kain satin.

  • Campur 1 sdt boraks, 1 sdt air lemon, 1 sdm susu, dan 1 sdm cuka dalam satu wadah yang sama.
  • Oleskan pasta ini ke bagian yang ternoda dan diamkan selama 10 menit.
  • Ambil spons lembab dan tekan spons pada bagian yang ternoda agar noda spidolnya dapat terserap.

Dengan 7 cara menghilangkan noda spidol di baju ini Anda tidak perlu panik ketika ada baju yang ternoda spidol. Cara-cara ini akan membantu Anda membersihkan noda spidol permanen tanpa merusak serat kain. Kalau ada noda lipstik yang menempel pada baju, cari tahu mengatasinya dalam artikel cara menghilangkan noda lipstik di baju.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment