Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Menghilangkan Noda Slime di Pakaian dengan Mudah

Cara Menghilangkan Noda Slime di Pakaian dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2018

Slime adalah salah satu mainan yang sudah populer sejak puluhan tahun lalu. Belakangan ini, mainan kenyal yang diklaim dapat membantu mengatasi stress kembali meraih popularitasnya di kalangan masyarakat, baik anak-anak hingga dewasa. Memainkan slime yang memiliki bentuk unik, yakni mirip dengan lender atau bahkan permen karet ini, memang memberikan kepuasan tersendiri.

Namun sayang, terkadang kita terlalu asyik memainkan benda yang terbuat dari bahan kimia seperti polivinil alkohol serta ion borat sampai mengenai pakaian, karpet, atau bahkan furnitur di rumah. Slime memang sangat lengket, sehingga membersihkannya juga membutuhkan usaha tersendiri.

Nah, Bacaterus akan membagikan informasi tentang cara menghilangkan noda slime yang membandel dari pakaianmu. Mau tahu caranya? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

Cara Menghilangkan Noda Slime

1. Mencuci Dengan Cuka

menghilangkan noda slime vinegar (C

* sumber: parenting.firstcry.com

Cara mencuci noda slime dengan cuka terbilang cukup mudah. Pertama, bersihkan dahulu noda slime yang mengering dengan sendok, stik es krim, atau kuku tangan. Jika noda slime basah, kamu bisa gunakan handuk kertas untuk menghilangkannya. Es batu juga bisa membantu mengurangi noda slime yang ada pada baju, walaupun begitu, menggunakan es batu tidak bisa membersihkan noda slime dari baju secara keseluruhan.

Selanjutnya, rendam bagian pakaian yang terkena slime dengan menggunakan cuka. Biarkan selama kurang lebih lima menit, namun pastikan untuk tidak membiarkan cuka mengering atau menguap, ya. Nah, jika sudah selesai, kamu dapat mencuci bagian yang terkena slime tadi dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya, kamu bisa mencuci pakaianmu dengan deterjen dan menjemurnya seperti biasa.

2. Mencuci Dengan Deterjen

homemade-laundry-detergent-750x422 (Copy)

* sumber: divascancook.com

Selain dengan menggunakan cuka, mencuci pakaian yang terkena noda dari slime juga dapat dilakukan menggunakan deterjen. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan noda slime dari pakaian terlebih dahulu.

Kamu bisa gunakan cara seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, yakni dengan menggunakan sendok, kuku jari, stik es krim atau es batu. Ingat, hati-hati dalam membersihkan noda slime-nya, ya. Jangan sampai kamu merusak kain dari pakaianmu. Setelah noda dari pakaian berkurang, tambahkan deterjen ke area pakaian yang terkena noda slime. Oh ya, kami sarankan agar kamu menggunakan deterjen dalam bentuk cair.

Nah, setelah itu, pijat secara perlahan di area yang terkena noda, kemudian biarkan deterjen berada di sana selama kurang lebih sekitar sepuluh menit. Jika sudah selesai, siapkanlah sebuah ember dengan ukuran yang sesuai dan dapat menampung pakaianmu secara keseluruhan. Taruh pakaianmu di dalam ember, kemudian siram dengan air hangat. Sebagai alternatif dari ember, kamu bisa menggunakan tempat pencuci piring atau tempat mencuci lainnya.

Biarkan pakaian tadi terendam selama tiga puluh menit lamanya di dalam ember berisi air hangat. Kalau tiga puluh menit sudah terlewatkan, kamu bisa mengeluarkan pakaian yang sudah direndam dalam ember, kemudian peras air yang ada pada pakaian. Nah, kamu bisa mencuci pakaianmu seperti biasa, baik dengan menggunakan mesin cuci atau dicuci secara manual menggunakan tangan. Mudah, bukan?

3. Mencuci dengan Sabun Cuci Piring

dishsoap (Copy)

* sumber: theheartysoul.com

Selain cuka dan deterjen, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan pakaian yang terkena noda slime dari sisa noda yang masih menempel. Seperti biasa, bersihkan dahulu noda slime yang membandel menggunakan alat-alat yang sudah disebutkan di kedua poin sebelumnya, atau menggunakan kuku jari tangan. Nah, selanjutnya, tuangkan sabun cuci piring ke area yang terkena noda slime.

Lalu aliri bagian yang terkena slime dan sudah diberi sabun cuci piring tadi dengan air, sembari dikucek menggunakan tangan. Setelah bersih, kamu bisa menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian yang sudah dibersihkan dari noda slime. Atau, kamu juga bisa mencuci langsung menggunakan tangan jika tidak punya mesin cuci di rumah. Gampang banget, kan, cara mencuci noda slime dengan sabun cuci piring ini?

Cara Menghilangkan Noda Slime Lainnya

Selain cara mencuci slime dari pakaian, Bacaterus juga telah merangkum ragam cara membersihkan noda slime dari benda lainnya seperti tembok rumah hingga karpet. Penasaran? Simak langsung saja langkah-langkah membersihkan slime lainnya di bawah ini.

1. Menghilangkan Noda Slime di Dinding

wallsofa (Copy)

* sumber: unsplash.com

Untuk bisa membersihkan noda slime dari tembok atau dinding rumah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah sama seperti ketika hendak membersihkan noda slime yang menempel pada pakaian, yakni dengan cara mengelupas noda slime yang mongering dengan beragam alat, salah satunya sendok.

Atau, kamu juga bisa gunakan pisau mentega sebagai alternatif. Pastikan kamu membersihkan noda-nya dengan hati-hati, supaya tidak merusak lapisan cat pada dinding rumahmu. Setelah selesai mengerik atau mengelupas sisa noda slime di dinding, raciklah campuran antara air dengan baking soda yang telah dicampur dengan sedikit cuka. Aduk campuran baking soda tersebut hingga mengental.

Kemudian, taruh koran atau benda lainnya di lantai tempat dimana kamu membersihkan noda slime di tembok, agar lantai tidak kotor. Nah, jika sudah, kamu bisa mulai mengaplikasikan campuran baking soda tadi ke bagian dinding atau tembok yang terkena noda. Jangan lupa gunakan sarung tangan, ya.

Setelahnya, tunggu selama satu sampai dua jam hingga campuran pasta baking soda tadi mengering. Kalau sudah kering, kamu bisa menghapus sisa-sisa campuran pasta baking soda yang menempel di dinding rumah dengan menggunakan koran atau handuk kertas. Dan, voila! Dinding rumahmu dapat kembali cantik dan bersih seperti sedia kala.

2. Menghilangkan Noda Slime di Lantai

Carlisle-Versallia-Luxury-Vinyl- (Copy)

* sumber: www.kingofmaids.com

Nah, selanjutnya kami akan membahas cara membersihkan noda slime dari lantai. Menurut howtocleanstuff, kamu harus mempersiapkan baking soda bubuk dan selotip atau plastic wrap. Cara membersihkan noda slime-nya sendiri terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menaburkan baking soda bubuk ke area lantai yang terkena noda slime, tutuplah area tersebut dengan selotip atau plastic wrap dan biarkan selama dua jam.

Setelahnya, kamu bisa gunakan vacuum cleaner atau sapu untuk membersihkan sisa bubuk baking soda dari lantai. Jika kamu tidak memiliki baking soda bubuk di rumah, kamu bisa menggunakan bedak bayi sebagai penggantinya.

3. Menghilangkan Noda Slime di Karpet

Commercial-Carpet-Cleaning-1024x625 (Copy)

* sumber: www.hdclean.co.uk

Pasti galau, kan, kalau kamu baru saja membeli karpet baru, tapi adik atau anakmu yang masih kecil secara tidak sengaja mengotori karpet barumu dengan slime mainannya?

Nah, tenang, kamu bisa membersihkan karpet barumu dari noda slime dengan mudah. Caranya, kamu hanya perlu mempraktikkan metode membersihkan noda slime pada pakaian, seperti yang sudah dijelaskan di muka. Yup, kamu bisa menggunakan cara yang sama untuk membersihkan noda slime pada karpetmu.

Itulah beberapa cara membersihkan noda slime dari pakaian yang ampuh dan mudah, serta beberapa cara membersihkan noda slime dari benda lainnya, seperti dinding hingga karpet. Bagaimana, mudah sekali bukan? Kamu bisa langsung mempraktikkan ragam cara ini di rumah. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain tentang cara membersihkan slime, silakan beri komentar di kolom komentar yang tersedia, ya.

Selain cara membersihkan slime, kamu juga bisa membuat slime sendiri di rumah lho. Ingin coba? Yuk, langsung cari tahu caranya di artikel Cara Membuat Slime yang Aman ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment