Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / 5 Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju dengan Mudah

5 Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2018

Lipstik merupakan salah satu benda yang sering menodai baju. Ketika sedang ganti baju, tanpa sengaja lipstik kita menodai baju tersebut. Noda lipstik adalah jenis noda yang cukup sulit dibersihkan. Pasalnya, beberapa jenis lipstik mengandung minyak di dalamnya. Anda butuh cara menghilangkan noda lipstik di baju yang paling ampuh dan efektif.

Sebelum mencuci baju yang ternoda lipstik dengan deterjen, cobalah 5 cara menghilangkan noda lipstik di baju versi Bacaterus ini. Dijamin, noda lipstik di baju akan hilang seketika tanpa perlu dibawa ke binatu.

5 Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju

1. Sabun Mandi Batangan

Sabun Mandi Batangan Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju

Cara menghilangkan noda lipstik di baju sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan sabun mandi batangan yang biasa dipakai sehari-hari. Sabun mandi dapat mengangkat noda lipstik yang berminyak dari baju Anda.

Sediakan sabun mandi batangan terlebih dahulu. Setelah itu, gosokkan sabun mandi tersebut ke bagian baju yang ternoda lipstik. Apabila sudah mengeluarkan busa, kucek baju tersebut sampai nodanya benar-benar hilang. Namun, jika nodanya masih melekat di baju maka Anda bisa mengulangi cara yang sama sampai noda lipstiknya benar-benar hilang.

2. Hair Spray

Hair Spray

Selama ini hair spray dikenal sebagai produk untuk menata rambut. Padahal, hair spray juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda lipstik membandel yang terlanjur melekat di baju. Hal tersebut dikarenakan hair spray memiliki kandungan alkohol yang dapat melunturkan noda lipstik.

Pertama-tama, gantung baju yang ternoda lipstik dan biarkan nodanya berada di bagian depan. Semprotkan hair spray langsung pada bagian yang ternoda lipstik dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, usapkan tisu kering ke bagian yang ternoda dan bilas bajunya dengan air bersih.

Lanjutkan aktivitas membersihkan noda lipstik ini dengan langsung mencuci baju yang ternoda lipstik itu. Gunakan deterjen anti noda untuk menghilangkan noda lipstik secara tuntas dan menyeluruh.

3. Alkohol

Alkohol

Selain kedua bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan alkohol untuk menghapus noda lipstik di baju. Bahan kimia yang terkandung di dalam alkohol dapat mengangkat noda lipstik yang mengandung minyak atau lipstik matte yang bebas minyak.

Cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan menggunakan alkohol adalah letakkan handuk atau kain kering di bawah baju yang ternoda lipstik. Setelah meletakkan baju yang ternoda di atas handuk atau kain, ambil kapas atau kain lalu celupkan ke dalam alkohol.

Kemudian, tekan-tekan kapas di bagian yang ternoda agar noda lipstiknya tidak meluber ke mana-mana. Apabila treatment ini sudah selesai, silakan bilas baju dengan air. Anda pun boleh langsung mencuci baju tersebut dengan deterjen.

4. Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring

Bahan lain yang bisa diandalkan untuk membersihkan noda lipstik adalah sabun cair pencuci piring. Sabun cuci piring memiliki kandungan yang dapat mengangkat minyak. Oleh karena itu, bahan yang satu ini sangat tepat untuk mengangkat noda lipstik dari baju kesayangan Anda.

Sama seperti ketika menggunakan alkohol, Anda harus meletakkan baju yang ternoda di atas kain atau handuk kering. Setelah itu, teteskan sabun cuci piring di bagian yang ternoda. Lanjutkan dengan menekan-nekan noda itu menggunakan kapas atau kain bersih. Apabila sudah selesai, kucek baju dengan menggunakan sedikit tenaga agar nodanya benar-benar hilang.

5. Bedak Tabur

Bedak Tabur

Bedak tabur yang biasa dipakai untuk bayi juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan noda lipstik di baju, terutama jika noda lipstik tersebut mengandung minyak. Bedak akan menyerap lipstik dan kandungan minyak lebih banyak sehingga kita tidak perlu repot saat membersihkan noda lipstik yang membandel.

Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan bagian yang ternoda di atas. Kemudian, taburkan bedak secukupnya dan diamkan selama 10 – 15 menit. Sesudah itu, gunakan amonia untuk melakukan pembersihan terhadap noda lipstik secara menyeluruh.

Setelah proses menghilangkan noda selesai, lanjutkan dengan mencuci baju Anda dengan deterjen. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi noda lipstik yang sudah terlanjur melekat di baju, sekalipun lipstik tersebut mengandung minyak di dalamnya.

Cara Mencuci Baju yang Ternoda Lipstik

Cara Mencuci Baju yang Ternoda Lipstik

Setelah melakukan cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan bahan-bahan di atas, kini tiba saatnya mencuci baju yang ternoda lipstik. Perlu Anda ketahui bahwa sebaiknya Anda mencuci baju yang ternoda lipstik secara terpisah dengan baju-baju lainnya. Berikut adalah panduan cara mencuci baju yang ternoda lipstik secara manual:

  • Rendam baju di dalam air bersih yang sudah dicampur dengan deterjen.
  • Pada bagian yang ternoda, oleskan deterjen cair. Meskipun nodanya sudah hilang, tetap lakukan langkah ini.
  • Kucek bagian yang ternoda dengan tangan. Lanjutkan dengan mengucek seluruh bagian agar baju benar-benar bersih.
  • Bilas baju dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa busanya.
  • Setelah proses mencuci selesai, jemur baju sampai kering.

Cara mencuci ini bisa dipakai untuk mencuci baju yang noda lipstiknya masih membekas atau benar-benar hilang. Hindari penggunaan pemutih berbahan klorin untuk merendam baju yang ternoda lipstik. Pasalnya, pemutih pakaian dapat imerusak serat kain.

Tips Mencegah Baju Ternoda Lipstik

Tips Mencegah Baju Ternoda Lipstik

Setelah mengetahui berbagai cara menghilangkan noda lipstik di baju dan cara mencuci bajunya, Anda harus mengantisipasi beberapa hal untuk mencegah lipstik menodai baju Anda lagi. Nah, berikut adalah tips mencegah baju ternoda lipstik:

  • Gunakan Lipstik Setelah Berpakaian

Sebagian wanita lebih suka make up lebih dulu baru ganti baju kemudian. Untuk mencegah baju Anda ternoda lipstik untuk yang kedua kalinya, sebaiknya gunakan lipstik setelah berpakaian saja. Hal ini dilakukan agar lipstik yang sudah melekat di bibir Anda tidak tergesek oleh baju yang hendak Anda pakai.

  • Pakai Lipstik Matte

Solusi lain bagi Anda yang sering mengalami kasus baju ternoda lipstik, cobalah ganti lipstik Anda ke produk lipstik matte. Lipstik jenis ini tidak mudah menempel pada baju dan tidak mengandung minyak.

  • Gunakan Baju yang Longgar

Baju yang terlalu sempit akan sulit masuk ke kepala Anda. Akibatnya, baju akan bergesekan dengan bibir yang sudah memakai lipstik. Untuk mencegah lipstik menodai Anda maka gunakan baju yang longgar, terutama di bagian lubang kepala. Namun, Anda tetap harus hati-hati agar lipstik tidak terkena ke bagian baju lainnya.

Inilah cara menghilangkan noda lipstik di baju secara efektif. Anda bisa mencobanya ketika ada noda lipstik yang mengotori baju kesayangan Anda. Tak perlu membawa baju ke binatu karena Anda bisa menghilangkan noda tersebut sendiri.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment