bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 7 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan Secara Alami

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 29 Mei 2020

Bagaimana cara membuat warna nasi kuning? Apakah harus menggunakan pewarna makanan? Untuk mengubah nasi putih menjadi berwarna kuning, cukup gunakan kunyit.

Kunyit adalah pewarna kuning alami yang dapat dipakai untuk membuat aneka hidangan berwarna kuning, mulai dari nasi kuning, soto ayam, sampai dengan gulai. Penggunaan kunyit sebagai warna makanan ini tentu lebih aman, alami, dan dapat menambah cita rasa.

Akan tetapi, setelah memasak dengan kunyit biasanya tangan dan kuku akan ternoda warna kuning. Namun, Anda tidak perlu panik karena Bacaterus akan memberikan 7 cara menghilangkan noda kunyit di tangan secara alami. Yuk, langsung saja cari tahu cara-caranya berikut ini.

7 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan

1. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan

* sumber: beritaharian1010.blogspot.com

Minyak zaitun adalah bahan alami yang baik untuk melembabkan kulit. Manfaat minyak zaitun untuk kulit memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan noda kunyit di tangan.

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan dengan minyak zaitun adalah teteskan minyak ini secukupnya ke telapak tangan. Lakukan gerakan meremas tangan seperti ketika sedang mencuci tangan. Ketika di bagian kuku, gosok kuku dengan jari-jari Anda. Ulangi cara ini sampai noda kunyit di tangan dan kuku benar-benar hilang. Akhiri dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

2. Baking Soda

Baking Soda

Hampir semua noda bisa dibersihkan dengan baking soda, termasuk noda kunyit di tangan. Bukan hanya nodanya saja, baking soda juga bisa menghilangkan aroma kunyit yang masih melekat di telapak tangan Anda, lho.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat pasta baking soda terlebih dahulu. Bubuk baking soda dicampur dengan sedikit air lalu diaduk sampai teksturnya kental. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke telapak tangan. Gosokkan kedua telapak tangan Anda sampai noda kunyitnya benar-benar hilang.

3. Susu

Susu

Susu kok dipakai untuk menghilangkan noda kunyit di tangan?” Pertanyaan ini pasti muncul di dalam benak Anda lantaran susu yang harganya cukup mahal mustahil dipakai untuk menghilangkan noda kunyit di tangan. Namun, jika nodanya membandel dan susah dihilangkan, susu bisa menjadi alternatif penghilang noda kunyit yang efektif.

Kandungan asam laktat yang terdapat di dalam susu dapat mengangkat noda kunyit yang sudah terlanjur melekat di kulit tangan. Anda hanya perlu menyediakan susu murni atau full cream, lalu pakai untuk mencuci tangan.

Penggunaan susu untuk membersihkan noda kunyit di tangan ini dijamin aman. Anda tak perlu khawatir tangan menjadi lengket atau kasar karena susu adalah bahan alami yang sangat “ramah” pada kulit.

4. Gula Pasir

Gula Pasir

Salah satu cara menghilangkan noda kunyit di tangan secara alami adalah menggunakan scrub sederhana dari gula pasir. Tekstur gula pasir yang kasar dapat mengikis noda kunyit di kulit Anda secara perlahan tapi pasti.

Ambil saja gula pasir secukupnya, lalu letakkan gula di telapak tangan. Mulailah menggosok kedua telapak tangan Anda dengan gula pasir tersebut. Teksturnya yang kasar akan menjadi scrub alami untuk membersihkan tangan Anda. Jangan lupa untuk segera mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan treatment ini.

5. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Dari dulu sampai sekarang minyak kayu putih selalu dimanfaatkan untuk mengatasi pusing, perut kembung, bahkan bentol bekas gigitan nyamuk. Minyak kayu putih memang minyak serbaguna dengan aroma yang sangat khas.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa minyak kayu putih juga dapat dipakai untuk menghilangkan noda kunyit di tangan? Ya, Anda hanya perlu meneteskan 3-5 tetes minyak kayu putih di telapak tangan, lalu gosok kedua telapak tangan sampai noda kunyitnya luntur. Minyak kayu putih dapat melunturkan noda kunyit di tangan sehingga kulit tangan terlihat seperti sedia kala.

6. Air Lemon

Air Lemon

Air lemon dapat menjadi cara menghilangkan noda kunyit di tangan secara ampuh. Apalagi aroma air lemon ini sangat segar dan tidak mengganggu. Air lemon juga tidak menimbulkan kesan lengket seperti minyak zaitun atau minyak kayu putih. Jadi, Anda bisa menggunakan air lemon untuk menghilangkan noda kunyit di tangan secara praktis.

Siapkan wadah berisi air lemon, lalu masukkan tangan Anda ke dalam wadah tersebut. Sambil dicelup ke dalam air lemon, gosok seluruh bagian tangan dan kuku yang berwarna kuning karena noda kunyit. Kemudian, apabila warnanya sudah memudar segera gosok tangan dengan sabun cuci. Kandungan asam yang kiat di dalam air lemon akan mengangkat noda kunyit secara lebih cepat.

7. Cuka Apel

Cuka Apel

Bahan terakhir yang bisa dipakai untuk menghilangkan noda kunyit adalah cuka apel. Walaupun harganya sedikit mahal, tetapi cuka apel dapat mengangkat noda kunyit yang sudah melekat pada kulit.

Gunakan 3-4 tetes cuka apel di telapak tangan, lalu gosok kedua tangan Anda hingga membentuk gerakan seperti layaknya sedang mencuci tangan. Cuka apel tak hanya menghilangkan noda kunyit di kulit tangan saja, tapi juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda kuning di kuku-kuku Anda.

Tips Mencegah Tangan Ternoda Kunyit

Tips Mencegah Tangan Ternoda Kunyit

* sumber: www.grid.id

Ketika memasak kita tentu sering memotong, mengupas, dan mencuci dengan tangan tanpa menggunakan sarung tangan. Hal tersebut normal dan dapat mempercepat proses memasak. Sayangnya, memasak tanpa sarung tangan khusus dapat membuat tangan jadi tercemar, apalagi jika Anda memasak dengan memakai kunyit.

Nah, setelah mengetahui berbagai cara menghilangkan noda kunyit di tangan, kini saatnya Anda mengetahui tips memasak aman agar tangan tidak ternoda kunyit:

  • Kupas di Bawah Air Mengalir

Kesalahan sederhana yang membuat warna kunyit menempel di tangan adalah kebiasaan mengupas kunyit. Jika ingin terhindar dari noda kunyit sebaiknya kupas di bawah air mengalir. Air juga akan melunturkan warna kunyit sehingga warna kuningnya sedikit memudar.

  • Gunakan Sarung Tangan

Nah, yang satu ini adalah solusi tepat untuk mencegah tangan ternoda kunyit. Anda bisa menggunakan sarung tangan yang paling nyaman menurut Anda. Sarung tangan akan melindungi Anda dari noda kuning yang berasal dari kunyit.

  • Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata memiliki efektivitas untuk mencegah warna kunyit menempel pada tangan. Cara penggunaan minyak kelapa untuk mencegah noda kunyit sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di tangan Anda sebelum mulai mengupas. Dengan menggunakan minyak, noda kunyit tidak akan meresap ke dalam kulit tangan.

  • Segera Cuci Tangan Setelah Mengupas

Untuk mencegah noda kunyit di tangan, segeralah mencuci tangan dengan sabun usai Anda mengupas kunyit. Noda kunyit yang terlalu lama dibiarkan di tangan tentu akan jadi lebih sulit dibersihkan.

7 cara menghilangkan noda kunyit di tangan secara alami ini bisa mulai Anda coba untuk mengangkat noda kunyit di tangan. Tangan dan kuku akan kembali bersih dengan cara-cara di atas. Jika Anda punya masalah dengan noda kuning yang mencemari baju, coba baca artikel cara menghilangkan noda kuning di baju ini.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram