Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2018

Ketika memasak dengan rempah-rempah yang memiliki warna pekat, Anda harus menggunakan celemek agar baju Anda tidak ternoda oleh rempah-rempah. Pasalnya, ada beberapa jenis rempah yang warnanya sangat pekat dan susah dibersihkan jika sudah menodai baju, salah satunya adalah kunyit.

Jika baju Anda terlanjur ternoda kunyit, Anda tidak perlu resah. Bacaterus akan memberikan panduan cara menghilangkan noda kunyit di baju putih maupun berwarna. Cara ini dapat membantu Anda untuk memudarkan noda kunyit agar baju Anda kembali terlihat bersih seperti semula.

Pertolongan Pertama Menghilangkan Noda Kunyit

Kunyit

Ketika noda kunyit menempel pada baju Anda, lakukan pertolongan pertama untuk membuat noda kunyit tidak kering dan semakin sulit dibersihkan. Pertolongan pertama ini harus segera dilakukan kurang dari 60 menit setelah baju ternoda kunyit. Berikut ini adalah panduan pertolongan pertama untuk mengatasi noda kunyit di baju:

  • Apabila noda kunyit menggumpal pada baju, bersihkan gumpalan noda kunyit dengan cara mengambil gumpalannya dengan tisu. Jangan menggosok noda tersebut agar tidak mencemari bagian lain.
  • Bilas baju yang ternoda di bawah air yang mengalir.
  • Siapkan sebuah ember berisi air bersih, lalu tuangkan deterjen ke dalam ember tersebut.
  • Rendam baju yang ternoda kunyit ke dalam ember tersebut.

Pertolongan pertama ini berguna untuk membuat noda kunyit lebih mudah dibersihkan. Sebelum Anda sempat membersihkan noda kunyit di baju, lakukan pertolongan pertama ini sesegera mungkin.

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju Putih dan Berwarna

Noda kunyit yang menempel pada baju memang sangat mengganggu. Bahkan, nodanya pun terbilang sulit dibersihkan, tidak seperti noda bahan makanan lainnya yang lebih mudah dibersihkan. Bagi Anda yang kesulitan membersihkan noda kunyit, Bacaterus akan memberikan panduan cara menghilangkan noda kunyit di baju sekaligus mencucinya. Cek langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kikis noda kunyit yang menempel di baju dan lakukan pertolongan pertama menghilangkan noda kunyit seperti yang sudah kami berikan di atas.
  • Oleskan deterjen cair ke bagian baju yang ternoda. Gosok nodanya dengan menggunakan sikat gigi bekas. Deterjen cair adalah pilihan terbaik untuk membersihkan noda kunyit di baju karena dapat diserap oleh serat kain sehingga noda kunyit akan terangkat dengan mudah.
  • Masukkan baju ke dalam mesin cuci dan jalankan siklus mencuci seperti pada umumnya. Sementara, jika Anda tidak memiliki mesin cuci, baju dapat dicuci secara manual dengan cara mengucek menggunakan kedua tangan Anda.
  • Apabila Anda mencuci di dalam mesin cuci, tambahkan 1 sdm cuka putih untuk mengangkat noda kunyit secara lebih sempurna.
  • Keringkan baju yang sudah dicuci tepat di bawah sinar matahari. Konon, sinar matahari dapat memudarkan noda kunyit pada baju putih. Yuk, coba buktikan apakah baju Anda benar-benar terbebas dari noda kunyit bila dijemur di bawah matahari.

Cara ini merupakan cara sederhana yang banyak digunakan oleh masyarakat. Deterjen anti noda sejatinya dapat mengangkat semua jenis noda, termasuk noda kunyit. Jadi, tak perlu mencari bahan-bahan lainnya untuk bisa membuat baju yang ternoda kunyit kembali bersih dan layak untuk dipakai.

Bahan Lain untuk Menghilangkan Noda Kunyit di Baju

Berbagai cara menghilangkan noda kunyit di baju sudah dicoba, tetapi noda kunyitnya tidak kunjung hilang. Selain memerlukan waktu, Anda pun membutuhkan bantuan bahan-bahan lainnya untuk mengangkat noda kunyit di baju. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa Anda pakai untuk membersihkan noda kunyit di baju:

  • Baking Soda
rendam kaki baking soda

* sumber: www.livestrong.com

Pengembang adonan yang satu ini memang terkenal sebagai bahan ajaib untuk membersihkan segala jenis noda. Kali ini, kita akan memanfaatkan baking soda untuk membersihkan noda kunyit. Buat pasta yang terdiri dari bubuk baking soda dan air. Oleskan pasta ini ke bagian yang ternoda. Biarkan pasta melekat pada baju semalaman dan gosok keesokan harinya. Ulangi cara yang sama jika noda kunyitnya masih ada.

  • Air Soda

Air Soda

Soda yang dimaksud di sini adalah air soda bening yang tidak mengandung gula. Air soda ini biasanya dipakai untuk membuat minuman soda gembira. Apabila Anda berhasil menemukan air soda tanpa gula, segera rendam baju yang ternoda kunyit di dalam air soda ini. Rendam selama semalaman agar noda kunyitnya berhasil luntur. Keesokan harinya segera cuci baju dengan deterjen.

  • Cuka Putih

Amonia and Cuka

Cara menghilangkan noda kunyit di baju adalah mencuci baju tersebut dengan deterjen dan sedikit tambahan cuka putih. Akan tetapi, cuka putih tidak hanya bisa ditambahkan saat mencuci, Anda pun dapat menggunakan cuka putih untuk merendam baju yang ternoda kunyit. Rendam baju di dalam larutan cuka selama 2-3 jam, maka noda kunyit yang membandel akan memudar secara perlahan.

  • Pemutih

Pemutih Pakaian

Apabila semua bahan sudah dicoba tetapi noda kunyit tak kunjung hilang, saatnya menyerahkan proses pembersihan noda dengan pemutih. Produk pemutih pakaian hanya dapat dipakai untuk baju berwarna putih saja. Bahan kimia yang kuat di dalam produk pemutih dapat mengangkat noda kunyit yang sangat sulit dibersihkan.

Setelah menghilangkan noda kunyit dengan bahan-bahan ini, sebaiknya Anda segera mencuci baju dengan deterjen. Setelah selesai mencuci, jemur baju di bawah sinar matahari. Sinar matahari yang terik akan membantu proses pembersihan noda kunyit di baju secara alami.

Mengapa Noda Kunyit Susah Dibersihkan?

Mengapa Noda Kunyit Susah Dibersihkan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa noda kunyit sangat sulit dibersihkan? Berbeda dengan noda tomat, kecap, atau getah yang mungkin bisa dibersihkan dengan sangat mudah. Nah, Bacaterus akan memberikan penjelasan singkat mengenai alasan noda kunyit lebih sulit hilang dibanding jenis noda lainnya.

Kandungan zat curcumin di dalam kunyit yang menyebabkan rempah ini menghasilkan warna kuning yang sangat pekat. Curcumin merupakan zat yang tidak dapat larut dengan air, sama seperti tinta spidol permanen yang tidak larut di dalam air. Oleh karena itu, mencuci baju yang ternoda kunyit dengan air saja tidak cukup mampu untuk menghilangkan noda tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan air panas akan membuat noda kunyit semakin melekat sehingga sulit dibersihkan. Kami menyarankan untuk mencuci baju yang ternoda kunyit dengan air biasa. Jangan lupa gunakan deterjen anti noda untuk mempercepat proses menghilangkan noda kunyit.

Itulah berbagai cara menghilangkan noda kunyit di baju putih dan berwarna secara efektif. Ingat, penggunaan pemutih hanya berlaku untuk menghilangkan noda kunyit di baju putih saja. Jika noda kunyit juga melekat pada tangan atau bagian tubuh lainnya baca artikel cara menghilangkan noda kunyit di tangan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment