Bacaterus / Kesehatan / 10 Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

10 Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

Hei, semalam kamu mengigau tuh!” Pernahkah keluarga, pasangan, atau teman sekamar menegur lantaran Anda mengigau saat tidur? Seseorang yang mengigau saat tidur pasti tidak sadar bila telah melakukannya. Yang menyadari tentu saja orang yang berada di dekat Anda saat tidur.

Mengigau tidak hanya meracau saat tidur, tapi bisa juga disertai dengan berjalan saat tidur (sleepwalking) atau menggertak gigi secara terus menerus. Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, tapi bisa berbahaya karena bisa mengganggu orang lain. Bahkan, jika Anda memiliki kebiasaan berjalan saat tidur, hal tersebut bisa membahayakan keselamatan diri Anda sendiri.

Buat Anda yang memiliki kebiasaan mengigau, Bacaterus memiliki 10 cara menghilangkan mengigau saat tidur. Anda harus berusaha menghentikan kebiasaan mengigau ini agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan aman.

10 Cara Menghilangkan Mengigau Saat Tidur

1. Coba Mengatasi Stres

Coba Mengatasi Stres

Kebiasaan mengigau bisa disebabkan oleh faktor stres. Oleh karena itu, cara menghilangkan mengigau saat tidur adalah mengatasi stres yang Anda alami.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres, mulai dari refreshing, melakukan yoga dan meditasi, atau mencari jalan keluar atas permasalahan yang membuat Anda stres. Apabila stres yang Anda alami sudah teratasi, maka hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Alhasil, kebiasaan mengigau akan berkurang dengan sendirinya.

2. Olahraga di Siang Hari

Rajin Berolahraga

Apakah selama ini Anda termasuk seseorang yang malas berolahraga? Kurang berolahraga dapat menimbulkan berbagai permasalahan saat tidur, salah satunya mengigau. Untuk mengatasi kebiasaan mengigau saat tidur, cobalah rutin berolahraga setiap hari.

Olahraga dapat mengatur pikiran dan tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Tak perlu melakukan olahraga ekstrem, cukup berjalan kaki saja selama 10-15 menit setiap hari. Namun, perlu Anda ingat bahwa jangan sekali-sekali melakukan olahraga sebelum tidur. Pasalnya, olahraga sebelum tidur akan membuat Anda insomnia.

3. Buat Tubuh Terkena Cahaya Matahari

Buat Tubuh Terkena Cahaya Matahari

Di siang hari usahakan tubuh Anda terkena sinar matahari. Hal ini akan membantu otak untuk mendeteksi bahwa “cahaya” membuat Anda terjaga dan “gelap” membuat Anda tidur. Mengigau adalah suatu gejala bahwa tidur Anda tidak nyenyak.

Dengan melakukan pengaturan tubuh terkena cahaya ini, otak Anda akan menangkap sinyal jika malam hari adalah waktu Anda tidur. Minimalkan pencahayaan di dalam ruangan tidur Anda agar tidak mengacaukan proses ini. Terapi sederhana ini akan membuat tidur jadi lebih nyenyak dan kebiasaan mengigau akan hilang dengan sendirinya.

4. Istirahat yang Cukup

Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan akut. Nah, kelelahan ini dapat berujung pada kebiasaan mengigau saat tidur. Tubuh membutuhkan istirahat minimal 6 jam setiap hari. Waktu ideal untuk tidur setiap malam adalah 6-8 jam. Kurang dari jam tersebut, tubuh Anda akan merasa kelelahan akut.

Jika ingin mencari cara menghilangkan mengigau saat tidur, mulailah memperbaiki jam tidur Anda. Usahakan untuk tidur minimal 6-8 jam setiap malam. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh terasa bugar dan bersemangat untuk menjalani berbagai aktivitas sehari-hari, lho.

5. Tenangkan Diri Sebelum Tidur

Tenangkan Diri Sebelum Tidur

Suasana hati yang kacau akan membuat tidur terasa tak nyenyak. Tidur yang tidak nyenyak akan menyebabkan seseorang jadi lebih mudah mengigau. Alangkah baiknya jika Anda menenangkan diri sendiri sebelum tidur. Cara menenangkan diri adalah berdoa, membaca buku, atau mendengarkan musik-musik pelan yang dapat menentramkan jiwa.

Di samping itu, memasang aromatherapy di dalam kamar tidur juga bisa membuat diri Anda jadi tenang. Lakukan apapun yang bisa membuat Anda merasa tenang dan damai sebelum tidur. Suasana hati yang baik akan membuat tidur lebih nyenyak dan terbebas dari mengigau.

6. Hindari Konsumsi Kafein atau Alkohol

Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Pernah mendengar orang yang meracau saat tidur lantaran sebelumnya dia tidur dalam kondisi mabuk karena minuman beralkohol? Hal tersebut terbukti bahwa minuman beralkohol memang dapat merusak kualitas tidur Anda. Baik alkohol maupun kafein sebaiknya tidak diminum saat menjelang tidur.

Minuman berkafein dapat membuat Anda terjaga dan sulit tidur. Sementara alkohol dapat membuat tidur terlampau pulas. Tidur tak nyenyak atau terlampau pulas akan menimbulkan masalah mengigau. Bila Anda benar-benar ingin menghentikan kebiasaan mengigau, kurangi konsumsi minuman berkafein atau beralkohol, terutama sebelum tidur.

7. Atur Jadwal Tidur

Atur Jadwal Tidur Cara Menghilangkan Mengigau Saat Tidur

Cara menghilangkan mengigau saat tidur yang paling ampuh adalah berusaha tidur sesuai dengan jadwal. Pertahankan konsistensi jam tidur Anda saat malam hari. Misalnya, sehari-hari Anda terbiasa tidur pukul 10 malam. Usahakan untuk selalu tidur pada pukul 10 malam, termasuk saat hari libur atau akhir pekan.

Konsistensi jam tidur ini akan membuat kualitas tidur Anda jadi lebih baik. Jika jadwal tidur sudah lebih baik, kebiasaan mengigau pun akan berkurang dengan sendirinya. Hindari juga kebiasaan begadang di malam hari karena hal tersebut akan semakin memperburuk kualitas tidur Anda.

8. Kenali Kondisi Kesehatan Diri Sendiri

Kenali Kondisi Kesehatan Diri Sendiri

Mengigau biasa dialami oleh seseorang yang sedang demam tinggi. Demam yang tinggi dapat membuat seseorang meracau saat tidur tanpa mereka sadari. Jika dibiarkan begitu saja, Anda akan terus mengigau saat demam dan terbawa terus meskipun demam sudah turun.

Kenali kondisi kesehatan diri sendiri. Apabila Anda mengalami demam tinggi, segera konsumsi obat penurun panas. Jangan mengharapkan demam akan turun dengan sendirinya saat Anda tidur. Yang ada, justru Anda akan mengigau dalam keadaan tidur.

9. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Terkadang kebiasaan mengigau muncul karena perasaan tidak nyaman atau gelisah di dalam hati. Misalnya, ketika tidur di suatu tempat yang baru atau Anda merasa nyaman karena sesuatu hal, tubuh Anda akan memberi sinyal dengan mengigau.

Selain menenangkan diri sebelum tidur, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Bersihkan kamar tidur Anda dan ganti tempat tidur dengan yang lebih empuk agar Anda selalu merasa nyaman. Selain itu, mengubah desain interior kamar juga perlu dilakukan jika Anda merasa tidak nyaman dengan desain yang saat ini. Buat kamar tidur Anda menjadi tempat untuk beristirahat yang nyaman bagi diri sendiri.

10. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi dengan Dokter

Tidur sambil berjalan adalah aktivitas mengigau saat tidur yang membahayakan keselamatan diri sendiri. Apabila Anda sudah melakukan sembilan cara di atas tapi kebiasaan mengigau saat tidur tak kunjung hilang, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Ingat-ingat sudah berapa lama kebiasaan mengigau ini berlangsung dan sampaikan kepada dokter Anda. Dokter akan berusaha mengidentifikasi penyebab Anda mengigau dan membantu untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Pada umumnya, seseorang mengigau dilakukan secara tidak sadar. Anda baru sadar jika Anda memiliki kebiasaan ini jika orang lain yang memberitahukannya kepada Anda. Cara menghilangkan mengigau saat tidur ini bisa Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan mengigau. Pada anak-anak, biasanya kebiasaan mengigau akan hilang seiring bertambahnya usia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment