Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Mata / 10 Cara Menghilangkan Maskara Waterproof dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Maskara Waterproof dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2018

Waterproof mascara alias maskara anti air merupakan kosmetik holy grail yang wajib dimiliki siapa saja. Tipe maskara ini merupakan yang paling populer karena semua orang pasti butuh maskara yang tidak akan luntur. Secara, maskara berada sangat dekat dengan mata yang dapat mengeluarkan kelenjar air kapan saja.

Akan tetapi, tentu saja di mana ada kelebihan di situ ada kekurangan juga. Maskara anti air cukup sulit dihapus jika dibandingkan dengan maskara yang biasa (tidak anti air). Makanya, kalau Anda cuma membersihkannya dengan cara cuci muka, dijamin maskaranya bakal tetap bersisa di bulu mata Anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Bacaterus mau memberi tahu Anda 10 cara menghilangkan maskara waterproof dengan mudah dan cepat. Cara-cara di bawah ini menggunakan produk komersial dan ada juga yang pakai bahan natural. Penasaran? Let’s check it out!

10 Cara Menghilangkan Maskara Waterproof

1. Eye Makeup Remover

Kiehl's Supremely Gentle Eye Makeup Remover

Cara menghilangkan maskara waterproof yang pertama adalah dengan menggunakan eye makeup remover. Bagi para makeup geek pasti sudah tahu dengan benda yang satu ini. Eye makeup remover didesain khusus untuk menghapus riasan mata, karena seringkali produk makeup remover biasa tidak mampu mengangkat riasan mata secara tuntas.

Ada banyak sekali macam eye makeup remover di pasaran, mulai dari brand lokal hingga internasional. Tapi, pastikan untuk menggunakan eye makeup remover yang dapat menghapus makeup anti air, ya!

Jika Anda menggunakan pembersih riasan mata yang tepat, maka semua lapisan maskara dapat terangkat dengan cepat dan aman. Perhatikan pula kandungan dari eye makeup remover tersebut. Selalu gunakan produk yang hypoallergenic walaupun Anda tidak memiliki kulit yang sensitif. Soalnya pembersih ini mau tidak mau akan kontak langsung dengan area mata, yang mana sangat sensitif dari sananya.

Jadi, daripada mata dan sekitar mata Anda iritasi, lebih baik cari aman dengan menggunakan hypoallergenic eye makeup remover. Ingin tahu merk pembersih riasan mata yang bagus? Baca di artikel Eye & Lips Makeup Remover yang Bagus.

2. Micellar Water

Simple Water Boost Micellar Cleansing Water

Micellar water merupakan produk pembersih makeup teknologi terbaru yang disukai orang-orang. Banyak sekali makeup enthusiast yang beralih menggunakan micellar water daripada produk pembersih makeup yang biasa mereka gunakan. Kenapa bisa begitu?

Pertama-tama, micellar water itu praktis. Anda tidak perlu melakukan pembersihan yang ber-step-step. Cukup sekali pulasan saja, dan makeup Anda akan terangkat dengan sangat baik. Kedua, micellar water ramah terhadap kulit, bahkan yang super kering, berminyak, berjerawat, dan sensitif sekalipun. Dan terakhir, tentunya micellar water dapat membersihkan eye makeup juga termasuk maskara anti air.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan oil-infused micellar water daripada micellar water biasa. Itu loh, micellar water yang ada kandungan minyaknya. Sebelum digunakan, kocok dulu botol micellar water supaya minyak dan airnya menyatu. Tuangkan micellar water ke kapas, lalu tempelkan pada kelopak mata Anda. Diamkan selama 10 detik sebelum Anda mulai menyapukannya dengan lembut.

Ulangi langkah tadi jika maskara belum terhapus sempurna. Dan, sama seperti eye makeup remover, sebaiknya Anda memilih micellar water yang telah teruji klinis hypoallergenic juga.

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: gestaosul.com.br

Nah, tadi itu cara menghilangkan maskara waterproof menggunaka produk pabrikan. Sekarang, Bacaterus mau memberi tahu Anda cara-cara menghapus maskara anti air dengan bahan alami dan bahan yang mudah Anda temukan di rumah. Pertama, ada minyak zaitun.

Karena maskara Anda anti air, maka gunakanlah pelarut lainnya selain air, yaitu minyak. Karena, minyak dapat menghancurkan formula waterproof dari maskara Anda. Makanya tadi kami merekomendasikan micellar water yang mengandung minyak. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghapus maskara adalah:

  • Tuangkan minyak zaitun di jari Anda.
  • Tutup kelopak mata Anda, lalu gosok bulu mata Anda menggunakan jari telunjuk dan ibu jari hingga seluruhnya terlapisi dengan minyak.
  • Selagi menggosok bulu mata, seharusnya maskara Anda sudah mulai luntur.
  • Jika dirasa sudah luntur, angkat maskara menggunakan kapas atau tisu facial.

4. VCO

VCO

* sumber: www.lisabronner.com

Masih di perminyakan, kini ada VCO alias virgin coconut oil. Ini bukan minyak kelapa yang biasa dipakai untuk menggoreng dan memasak, ya! Minyak kelapa murni ini biasanya dipakai untuk urusan kecantikan kulit. Tapi, VCO juga bisa langsung dikonsumsi atau dipakai untuk memasak (walaupun jarang).

Sama seperti minyak zaitun, VCO juga mampu meluruhkan maskara anti air dengan baik. Kelebihan lainnya dari VCO adalah dapat melembabkan kulit area mata Anda. Ingin membeli VCO? Silakan baca rekomendasinya di artikel Merk VCO yang Bagus untuk Kecantikan.

Siapkan VCO berbentuk cair maupun yang dingin (cold-pressed VCO, teksturnya seperti lilin yang diparut). Tuangkan VCO secukupnya pada kapas. Lalu, sapukan kapas pada bulu mata Anda untuk mengangkat maskara.

5. Almond Oil

Almond Oil cara menghilangkan maskara waterproof

* sumber: www.thedailymeal.com

Minyak zaitun sudah, minyak kelapa murni sudah, sekarang ada sweet almond oil atau minyak almond. Minyak yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti ini merupakan cara menghilangkan maskara waterproof yang paling aman sekaligus efektif.

Tidak ada lagi yang namanya gosokan kasar yang bisa melukai kulit kelopak mata dan membuat bulu mata rontok, Anda cukup menyapukan kapas yang sudah dituangi minyak almond ke area mata dengan lembut. Selain dapat membersihkan maskara anti air, minyak almond dan minyak-minyak di atas dapat menutrisi bulu mata agar jadi lebih sehat, hitam, dan tebal.

6. Baby Oil

Baby Oil cara menghilangkan maskara waterproof

Kalau minyak yang satu ini merupakan produk pabrikan, tapi tetap aman digunakan untuk menghapus maskara anti air juga. Adalah baby oil, minyak yang biasa digunakan sebagai pelembab kulit dan untuk memijat bayi.

Biasanya baby oil hadir dalam kemasan yang cukup besar, sehingga Anda bisa berhemat dengan sangat baik jika menggunakan produk ini untuk menghapus waterproof mascara. Walaupun aman, baby oil biasanya mengandung petroleum jelly yang di mana bisa membahayakan mata. Jadi, berhati-hatilah ketika menggunakan baby oil untuk menghapus maskara, ya.

7. Witch Hazel

Witch Hazel

* sumber: blog.freepeople.com

Witch hazel adalah genus tanaman berbunga yang tersebar di Amerika Utara, Jepang, dan Cina. Bunga ini disebut juga sebagai winterbloom di Amerika Utara. Witch hazel sering sekali dimasukkan dalam skin care maupun makeup. Mengapa demikian? Soalnya witch hazel memiliki manfaat anti iritasi, anti inflamasi, anti jerawat, dan dapat memberikan proteksi lebih baik untuk kulit.

Cara menghilangkan maskara waterproof menggunakan witch hazel berbeda dengan cara-cara di atas, soalnya sekarang Anda perlu meraciknya terlebih dahulu. Siapkan masing-masing 2 sendok makan air, witch hazel, dan minyak almond/minyak jojoba/minyak lainnya yang sudah kami bahas di atas.

Masukkan semua bahan ke dalam tempat tertutup, lalu kocok agar larutannya tercampur rata. Larutan pembersih riasan mata home made ini bisa langsung Anda pakai dan memiliki masa expired 6 bulan. Selalu kocok botol larutan sebelum digunakan, ya! Ingin membeli witch hazel? Anda dapat menemukannya di Bukalapak melalui link ini.

8. Sampo Bayi

Sampo Bayi cara menghilangkan maskara waterproof

* sumber: www.bustle.com

Selain baby oil, ternyata sampo bayi juga bisa dipakai untuk menghapus maskara anti air. Kenapa harus sampo bayi? Soalnya sampo ini dibuat dari bahan-bahan yang sangat lembut, bebas wewangian, bebas pewarna, dan hypoallergenic, sehingga sampo bayi cukup aman untuk digunakan di area mata.

Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan sampo bayi sedikit saja pada kapas atau korek kuping yang basah, lalu sapukan dengan lembut pada bulu mata Anda. Pastikan sampo bayi yang Anda gunakan ada no tears formula-nya, ya!

9. Cold Cream

Cold Cream

Cold cream adalah emulsi (air di dalam minyak), biasanya termasuk beeswax dan berbagai scent agent, yang dirancang untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan riasan wajah. Produk ini diberi nama cold cream karena sensasi dingin yang ditinggalkan ketika dipakai pada kulit.

Penggunaan cold cream sudah ada sejak tahun 2000 yang lalu, tapi mungkin memang tidak terlalu populer di Indonesia. Cold cream biasanya digunakan untuk perawatan kulit, seperti masker, lip balm, tapi bisa juga dipakai sebagai makeup remover dan krim cukur.

Kesimpulannya, cold cream termasuk dalam cara menghilangkan maskara waterproof juga. Jika tidak ada cold cream, face moisturizer (pelembab) bisa menjadi gantinya. Perlu diketahui kalau cara ini membutuhkan sedikit effort daripada cara-cara di atas.

Siapkan cold cream atau pelembab dan waslap hangat. Gosokkan cold cream secara perlahan-lahan pada bulu mata Anda, lalu bilas dengan waslap hangat. Jika Anda mau menggunakan cold cream atau pelembab, pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat membahayakan mata Anda, ya.

10. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Cara menghilangkan maskara waterproof yang terakhir adalah dengan menggunakan petroleum jelly. Merk yang paling terkenal adalah Vaseline. Petroleum jelly mungkin merupakan cara yang paling hemat biaya dan mudah untuk menghilangkan maskara tahan air.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, Anda cukup menggosokkan petroleum jelly pada bulu mata dengan lembut. Diamkan selama beberapa saat sebelum Anda mengangkat petroleum jelly menggunakan kapas atau waslap lembab.

Akan tetapi, penggunaan petroleum jelly sebagai penghapus maskara kurang direkomendasikan. Kenapa? Karena petroleum jelly merupakan produk sampingan dalam pembuatan bahan bakar minyak, sehingga menjadi bahan yang kurang ideal untuk digunakan di sekitar mata. Jadi, penggunaan petroleum jelly sebagai penghapus maskara harus berada di list paling terakhir yang Anda pilih.

Selesai sudah sharing tips dari Bacaterus kali ini tentang cara menghilangkan maskara waterproof dengan mudah. Ternyata Anda tidak harus selalu pakai produk komersial, tapi bisa juga melakukannya dengan bahan-bahan alami. Yuk, coba sekarang juga!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment