Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / 4 Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih dengan Mudah

4 Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Agustus 2018

Ketika membeli baju baru yang berwarna, sebaiknya pada cucian pertama dan kedua Anda tidak mencampurnya dengan cucian lain. Pasalnya, baju baru lebih mudah luntur sehingga dapat menodai baju lainnya yang dicuci bersamaan dengan baju tersebut. Noda luntur pada baju biasanya cukup sulit untuk dibersihkan hanya dengan deterjen saja.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan memberikan solusi cara menghilangkan luntur di baju putih. Cara ini akan membantu untuk mengembalikan warna baju putih yang sebelumnya kelunturan oleh baju berwarna. Yuk, langsung ikuti petunjuk dan panduan menghilangkan noda luntur pada baju putih kesayangan Anda,

Panduan Penting Sebelum Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Sebelum memulai cara menghilangkan luntur di baju putih, Anda harus membaca beberapa panduan yang harus Anda lakukan agar proses pembersihan noda luntur ini tidak merusak baju tersebut. Panduan penting ini meliputi:

  • Baca Label Petunjuk Perawatan Pakaian

Baca Label Petunjuk Perawatan Pakaian

Di setiap pakaian, pasti terdapat label petunjuk perawatan yang menjadi panduan agar perawatan dan pembersihan yang Anda lakukan tidak merusak kain. Cermati label tersebut sebelum Anda memilih bahan untuk menghilangkan luntur di baju putih kesayangan Anda.

Pada umumnya, label ini berisi petunjuk mengenai aturan penggunaan bahan kimia dan pemutih. Ada baju yang tidak bisa direndam dalam larutan pemutih meskipun baju tersebut juga berwarna putih.

  • Hindari Memasukkan Baju yang Kelunturan ke Dalam Pengering

Hindari Memasukkan Baju yang Kelunturan Ke Dalam Pengering

Fungsi pengering (dryer) yang terdapat di mesin cuci adalah untuk mengeringkan baju. Meskipun tidak dapat mengeringkan secara tuntas, tapi keberadaan pengering pada mesin cuci ini dapat mempercepat proses pengeringan.

Akan tetapi, hindari memasukkan baju putih yang kelunturan ke dalam mesin pengering. Proses pengeringan hanya akan menyebabkan lunturan warna semakin meresap ke dalam baju sehingga nodanya akan menyatu permanen pada baju Anda. Alhasil, baju yang tadinya putih jadi berwarna sesuai dengan warna noda luntur dari baju yang lain.

  • Pisahkan Pakaian Saat Mencuci

Pisahkan Pakaian Saat Mencuci

Jangan sesekali mencoba untuk mencuci baju yang mudah luntur atau baju yang sudah kelunturan dengan baju lainnya. Noda luntur dapat mencemari baju Anda yang sebelumnya nampak bersih dan bebas dari kelunturan. Untuk proses pencucian selanjutnya, sebaiknya cuci baju berdasarkan warnanya, yakni baju warna putih dicuci secara terpisah dengan baju yang berwarna. Dengan begini, risiko kelunturan pun akan semakin kecil.

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Menyedihkan jika baju yang sebelumnya putih bersih jadi berwarna abu-abu karena kelunturan baju berwarna hitam. Apalagi jika baju putih tersebut terbilang baru dan menjadi salah satu favorit Anda. Apakah Anda harus membawa baju itu ke binatu untuk melakukan pembersihan noda luntur?

Anda tidak perlu repot-repot ke binatu karena Bacaterus akan memberikan cara menghilangkan luntur di baju putih. Bahan-bahan yang akan kami rekomendasikan ini ada yang bahan kimia, ada pula yang bahan alami. Anda cukup memilih bahan yang sesuai dengan keinginan Anda.

1. Cuka

Cuka

Cuka memang dikenal sebagai bahan aktif untuk membersihkan segala jenis noda. Kini, kita menggunakan cuka sebagai bahan ampuh untuk menghilangkan noda luntur di baju putih.

  • Larutkan 3 sdm cuka putih dengan 1 tutup botol deterjen cair.
  • Campur larutan cuka dan deterjen ini ke dalam satu ember berisi air bersih.
  • Rendam baju putih yang kelunturan ke dalam ember tersebut selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, kucek baju secara perlahan dan bilas dengan air bersih sampai residu deterjennya benar-benar hilang.
  • Jemur baju di tempat yang teduh dan berangin tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

Perpaduan antara cuka dan deterjen cair anti noda dapat menghilangkan noda luntur pada baju putih dengan sangat cepat. Hanya dalam waktu 30 menit saja, kedua bahan ini dapat membuat baju putih yang tadinya kelunturan jadi kembali bersih dan putih.

Perlu Anda ingat bahwa cara ini hanya berlaku pada baju putih yang baru saja kelunturan, dengan kadar kelunturannya terjadi beberapa jam sebelumnya. Jika kelunturannya sudah berhari-hari maka noda luntur itu sudah terserap ke dalam baju dan sulit untuk dibersihkan.

2. Vetsin

Vetsin

Selain cuka, vetsin yang biasa digunakan untuk memasak dapat menjadi cara menghilangkan luntur di baju putih, lho. Sama seperti ketika menggunakan cuka, Anda harus mencampur vetsin ini dengan deterjen terlebih dahulu.

  • Campurkan 2 sdm deterjen cair dengan 3 sdm vetsin (dari merk apapun).
  • Tuangkan larutan deterjen dan vetsin ini ke dalam air bersih. Untuk takaran air bersih tidak diatur, hanya saja pastikan baju bisa terendam secara keseluruhan di dalam air tersebut.
  • Rendam baju putih yang kelunturan di dalam ember itu selama 30 menit.
  • Sesudahnya, angkat baju untuk memeriksa apakah noda lunturnya masih ada atau tidak.
  • Jika sudah tidak ada noda luntur, silakan cuci bajunya dengan deterjen. Namun, apabila nodanya masih ada, silakan mencoba cara menghilangkan luntur di baju putih dengan bahan lainnya.

Pembersihan noda luntur dengan vetsin ini cukup ampuh. Meskipun terkadang vetsin hanya dapat memudarkan noda lunturnya saja, tapi setidaknya Anda harus mencoba terlebih dahulu.

3. Baking Soda

Baking Soda

* sumber: www.healthline.com

Bagi baju putih yang noda lunturnya tidak terlalu banyak, maka Anda dapat memanfaatkan baking soda yang memang sudah dipakai untuk membersihkan berbagai jenis noda dari tahun ke tahun. Inilah cara menghilangkan luntur di baju putih dengan baking soda.

  • Campur baking soda dengan air bersih dengan perbandingan yang secukupnya saja sampai baking sodanya nanti mengental seperti pasta.
  • Oleskan pasta baking soda ke seluruh bagian pakaian, gosok pakaian dengan sikat berbulu halus (bisa pakai sikat gigi bekas).
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan lakukan kembali langkah-langkah di atas jika masih ada noda luntur yang menempel di baju Anda.

4. Pemutih Tanpa Klorin

Pemutih Tanpa Klorin

Solusi paling ampuh untuk memutihkan kembali baju yang kelunturan adalah pemutih. Akan tetapi, pilih pemutih tanpa klorin agar tidak merusak serat pakaian. Produk pemutih tanpa klorin akan membuat baju putih yang kelunturan jadi berwarna putih bersih dan nampak seperti baru.

  • Rendam baju putih yang kelunturan di dalam satu ember air bersih.
  • Tuangkan 1 tutup botol pemutih tanpa klorin ke dalam ember.
  • Diamkan selama 1-2 jam sampai noda lunturnya benar-benar hilang.
  • Ikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan pemutih yang Anda pakai untuk mengikuti langkah selanjutnya.

Ingat, tidak semua baju putih bisa direndam dalam larutan pemutih. Sebaiknya baca dulu petunjuk perawatan baju sebelum memutuskan untuk memakai pemutih.

Panduan dan 4 cara menghilangkan luntur di baju putih ini dapat menjadi panduan yang aman untuk mengembalikan warna baju putih yang kelunturan. Jika baju Anda ternoda kunyit, baca artikel cara menghilangkan noda kunyit di baju putih dan berwarna ini untuk menemukan solusinya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment