Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Cara Menghilangkan Lem di Baju Secara Cepat dan Mudah

Cara Menghilangkan Lem di Baju Secara Cepat dan Mudah

Ditulis oleh

Saat sedang asyik membuat prakarya, si kecil tidak menyadari bahwa lem yang sedang dipakainya ternyata menodai baju. Alhasil, Anda pun baru mengetahuinya ketika lem sudah mengering di baju. Bagaimana cara menghilangkan lem di baju? Terlebih jika baju tersebut adalah seragam sekolah anak yang tidak mungkin dibiarkan begitu saja.

Tak perlu panik, Bacaterus akan memberikan panduan cara menghilangkan lem di baju tanpa merusak serat kain. Kami akan berbagi cara mengatasi noda lem berbahan dasar air sampai dengan noda lem super yang terlihat sulit untuk dibersihkan.

Cara Menghilangkan Lem Berbasis Air di Baju

Cara Menghilangkan Lem Berbasis Air di Baju

Lem berbasis air memiliki kandungan air di dalamnya. Jenis lem ini sangat mudah dibersihkan meskipun sudah mengering di baju. Jenis lem berbasis air ini merupakan lem yang biasa dipakai oleh anak-anak untuk membuat prakarya. Jadi, ketika baju si kecil ternoda lem saat mengerjakan prakarya, Anda tidak perlu khawatir karena nodanya bisa dibersihkan dengan mudah.

Inilah panduan cara menghilangkan lem di baju, khususnya untuk lem yang berbahan dasar air:

  • Gosok Sisa Lem di Baju

Lem yang sudah mengering akan menimbulkan bekas yang mencolok pada baju. Sebelum memulai proses pencucian, sebaiknya gosok dulu sisa lem di baju dengan jari atau benda tumpul seperti ujung bagian bawah sendok makan. Kikis bekas lemnya secara perlahan-lahan agar tidak merobek baju. Kalau masih ada sisa lem yang menempel di baju, biarkan saja karena nanti noda lemnya bisa bersihkan saat melalui proses lainnya.

  • Rendam di Air Bersih

Masih ada noda lem yang menempel pada baju kesayangan Anda? Jangan panik karena Anda hanya perlu merendam baju itu di dalam air bersih selama semalaman. Bila perlu, Anda boleh menambahkan sedikit deterjen ke dalamnya. Pasalnya, larutan deterjen ini dapat mengikis sisa lem yang masih lengket. Hindari penggunaan air hangat untuk merendam baju karena air hangat justru dapat membuat noda lem tidak kunjung terlepas.

  • Oleskan Deterjen Cair

Noda lem berbasis air sejatinya tidak terlalu sulit dibersihkan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah merendam baju semalaman adalah mengoleskan noda lem dengan deterjen cair.

Mengapa harus deterjen cair? Karena teksturnya yang cair memudahkannya masuk ke dalam serat pakaian untuk mengangkat sisa-sisa lem. Usai mengoleskan dengan deterjen, gosok baju dengan sikat gigi bekas untuk mengangkat noda lem yang membandel.

  • Cuci Seperti Biasa

Setelah melakukan rangkaian cara menghilangkan lem di baju, tiba saatnya untuk mencuci baju seperti biasa. Anda boleh mencuci baju dengan mesin cuci atau secara manual. Tambahkan kembali deterjennya saat mencuci. Proses pencucian ini biasanya benar-benar menghilangkan noda lem di baju.

Mengingat lem yang menodai baju Anda adalah lem berbasis air, maka tak sulit untuk membersihkan noda lem di baju itu. Beda jenis lem, beda pula cara membersihkannya. Sebelum mulai membersihkan, sebaiknya kenali dulu jenis lem yang menodai baju Anda agar tidak salah langkah.

Cara Menghilangkan Lem Super di Baju

Cara Menghilangkan Lem Super di Baju

Jika noda lem berbasis air lebih mudah dibersihkan, lem super seperti Alteco atau Fox cenderung lebih susah dibersihkan. Butuh kerja keras untuk bisa menghilangkan noda lem super yang melekat dan mengering di baju. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk membersihkan segala jenis noda.

Bingung mencari cara menghilangkan lem di baju, khususnya jenis lem super? Tak perlu panik, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Keringkan dan Gosok Nodanya

Cara menghilangkan lem di baju adalah dengan mengikis noda lemnya terlebih dahulu. Namun, jika lem tersebut belum kering maka sebaiknya keringkan lemnya terlebih dahulu sehingga Anda lebih mudah menggosok noda tersebut.

Setelah noda lem supernya kering, gosok noda dengan benda tumpul yang tidak merusak pakaian. Jika noda lemnya tetap tidak bisa hilang meskipun Anda sudah menggosoknya, hentikan menggosok pakaian itu dan beralihlah ke cara yang berikutnya.

  • Gunakan Aseton

Aseton adalah cairan pembersih cat kuku yang banyak dijual di apotek. Anda dapat memanfaatkan aseton untuk menghilangkan noda lem super yang sangat kuat menempel di baju. Cukup basahi kapas dengan aseton lalu gosokkan kapas tersebut ke bagian baju yang ternoda lem super.

Penggunaan aseton yang terlalu banyak dapat merusak kain, jadi sebaiknya gunakan secukupnya saja. Aseton kemungkinan besar tidak akan mengangkat seluruh noda lem, hanya lapisan lem paling atas saja yang terangkat oleh aseton.

  • Gunakan Air Lemon

Bahan alami lain yang lebih aman untuk menghilangkan noda lem super di baju adalah air lemon. Meskipun keampuhannya masih kalah dibanding aseton, setidaknya air lemon dapat melunturkan sedikit noda lem super yang membandel. Cukup tuangkan sedikit air lemon ke bagian baju yang ternoda, lalu gosok baju dengan sikat gigi bekas sampai nodanya benar-benar hilang.

  • Cuci Baju dengan Deterjen Anti Noda

Solusi terakhir untuk mengatasi noda lem super yang melekat di baju adalah mencuci baju tersebut dengan deterjen anti noda. Deterjen yang benar-benar bisa membersihkan segala jenis noda seharusnya bisa membersihkan noda lem super yang sangat kuat. Untuk memastikan bahwa noda lemnya benar-benar hilang ketika dicuci, sebaiknya cuci baju secara manual dengan tangan.

Proses menghilangkan noda lem pada baju ini memang cukup sulit. Apalagi jika noda lem tersebut adalah jenis lem super yang dapat melekat kuat hingga ke dalam serat kain. Jika noda lemnya tak kunjung hilang, Anda bisa membawanya ke binatu untuk meminta bantuan membersihkan noda lem super di baju.

Selain di baju, lem alteco juga terkadang melekat kuat di bagian tubuh, maka itu baca artikel Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco untuk menghilangkan bekas lem yang membandel di bagian tubuh Anda.

Tips Agar Baju Tidak Ternoda Lem

Tips Agar Baju Tidak Ternoda Lem

Mengingat noda lem sangat sulit dibersihkan alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan agar baju tidak ternoda lem. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan agar baju kesayangan tidak ternoda lem:

  • Gunakan Celemek Saat Beraktivitas dengan Lem

Tak peduli Anda menggunakan lem berbasis air atau lem super, gunakan celemek untuk melindungi baju dari noda lem. Gunakan celemek yang sudah usang agar Anda tidak merasa “sayang” jika celemeknya ternoda lem.

  • Gunakan Koran Bekas

Apabila Anda masih “sayang” dengan celemek, gunakan koran bekas untuk menutupi baju bagian depan. Pakai koran bekas seperti celemek dan rekatkan di baju dengan jepitan atau selotip agar tidak terlepas.

  • Pakai Baju yang Sudah Usang

Aktivitas dengan menggunakan lem memang rentan menodai baju. Oleh karena itu, gunakan saja baju yang sudah usang untuk merangkapi baju yang sedang Anda pakai. Setidaknya Anda tidak akan merasa sedih ketika baju usang tersebut ternoda lem.

Itulah cara menghilangkan lem di baju berdasarkan jenis lemnya. Selain cara ini, Bacaterus juga berbagai tips untuk menghindari noda lem di baju. Baca juga artikel seputar merk lem sepatu yang kuat untuk menjadi referensi Anda saat ingin memperbaiki sepatu yang rusak.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment