Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2019

Kutu beras adalah hama yang biasanya berada di tumpukan beras. Keberadaan kutu ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu karena kutu beras akan hilang saat Anda mencuci beras. Namun, keberadaan hama ini dapat menyebabkan alergi atau membuat nutrisi beras jadi berkurang. Selain itu, kualitas rasa beras juga berkurang jika ditinggali oleh kutu ini.

Sebelumnya, Bacaterus sempat membahas seputar cara menghilangkan tungau di kasur. Kini, Bacaterus ingin berbagi cara menghilangkan kutu beras yang sangat ampuh. Lakukan cara berikut ini agar Anda memperoleh kualitas beras yang lebih baik.

10 Cara Menghilangkan Kutu Beras yang Sangat Ampuh

1. Kopi

Kopi

Cara menghilangkan kutu beras dengan kopi adalah cara yang paling mudah. Namun, Anda tidak disarankan untuk menaburkan bubuk kopi langsung di atas besar. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat beras jadi beraroma kopi dan merusak citarasa beras itu sendiri.

Caranya adalah dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik. Kemudian, lubangi beberapa bagian plastik dan letakkan plastik berisi kopi ini di atas beras Anda. Aroma kopi yang sangat pekat tidak disukai kutu sehingga mereka akan kabur dan menyingkir dari beras Anda.

2. Bawang putih

bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini memang terkenal dengan aromanya yang khas dan menyengat. Anda bisa memanfaatkan aroma bawang putih ini untuk mengusir kutu beras di dalam karung.

Sediakan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian, letakkan bawang putih di dalam karung. Untuk mengeluarkan aroma bawang, geprek bawang terlebih dahulu sebelum diletakkan di dalam karung. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa kandungan air di dalam bawang putih berisiko merusak beras.

3. Cabe kering

Cabe kering cara menghilangkan kutu beras

Apa yang Anda lakukan ketika melihat cabe kering di dapur? Mungkin Anda akan segera membuang cabe kering tersebut, bukan? Nanti dulu, jangan buang cabe kering tersebut jika Anda memiliki masalah dengan kutu beras. Cabe kering adalah bahan alami yang dapat mengusir kutu beras.

Anda hanya perlu meletakkan cabe di atas beras, maka kutu-kutu tersebut akan pergi dengan sendirinya karena tidak tahan terhadap aroma cabe tersebut. Bila aroma cabe sudah tak tercium, segera ganti dengan cabe kering yang baru untuk memastikan beras Anda bebas dari kutu-kutu hama tersebut.

4. Kayu manis

Kayu Manis

Aroma kayu manis memang terasa harum di indra penciuman manusia. Namun, kutu beras tidak menyukai aroma dari kayu manis tersebut. Manfaatkan hal tersebut untuk membuat kutu beras kabur dari pundi-pundi beras Anda.

Cukup letakkan kayu manis di dalam tempat penyimpanan beras atau di dalam karung beras. Aroma pekat yang berasal dari kayu manis ini akan membuat kutu-kutu beras tersebut pergi. Cara menyimpan beras bebas kutu ini sangat mudah, bukan? Aroma dari kayu manis ini tidak akan merusak citarasa dan kualitas beras itu sendiri kok.

5. Daun pandan atau daun jeruk nipis

Daun pandan atau daun jeruk nipis

Tak perlu bingung mencari cara menghilangkan kutu beras tanpa menggunakan bahan kimia. Pasalnya, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk mengatasi hama yang bersarang pada persediaan beras Anda. Baik daun pandan maupun daun jeruk purut adalah jenis daun yang sering dipakai untuk keperluan memasak.

Tidak hanya itu saja, ternyata kedua daun yang harum tersebut amat tidak disukai oleh kutu beras. Jadi, Anda dapat memanfaatkan salah satu daun ini untuk diletakkan di atas beras Anda. Dijamin kutu-kutu akan langsung kabur hanya dalam hitungan jam saja.

6. Daun asam jawa

Daun asam jawa

Pohon asam adalah jenis tumbuhan liar yang bisa kita jumpai dengan mudah. Pada umumnya, buah dari pohon tersebut akan diambil dan biasa dimanfaatkan untuk keperluan memasak. Kali ini, Bacaterus tidak akan meminta Anda untuk mengambil buah asamnya. Anda hanya perlu mengambil daun asam jawa.

Aroma daun asam jawa juga sangat ditakuti oleh kutu beras. Selipkan beberapa lembar daun asam di tempat penyimpanan beras, termasuk di dalam beras. Selanjutnya, tunggu sampai beberapa jam atau beberapa hari, maka kutu beras akan keluar dengan sendirinya dan meninggalkan timbunan beras Anda.

7. Lada kering

Lada kering

Selanjutnya, ada cara menyimpan beras bebas kutu dengan memanfaatkan salah satu bumbu dapur. Adalah lada hitam kering yang masih berupa butiran-butiran kecil yang belum dihaluskan. Sudah menjadi rahasia umum jika lada kering memiliki aroma menyengat dan tahan lama.

Ambil sebuah wadah kecil, lalu letakkan lada kering di dalam wadah tersebut. Selanjutnya, letakkan wadah berisi lada kering ini di dalam tempat penyimpanan beras. Cara menghilangkan kutu beras yang lebih ampuh adalah dengan menaburkan lada kering langsung di dalam beras, tetapi hal ini akan merepotkan Anda dan membuat Anda harus memilih biji lada kering satu persatu sebelum memasak beras.

8. Daun salam

Daun salam

Masih membahas seputar menghilangkan kutu beras dengan bahan alami, kali ini Bacaterus menyarankan Anda untuk mengusir kutu beras dengan daun salam. Sebelum digunakan, jemur daun salam terlebih dahulu sampai kering.

Apabila daunnya sudah tampak kering, segera masukkan daun ini ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma yang dipancarkan oleh daun salam ini akan sangat mengganggu kutu-kutu tersebut dan membuat mereka cepat pergi dari penyimpanan beras Anda.

9. Masukkan beras ke dalam freezer

Masukkan beras ke dalam freezer

Tips yang satu ini sebenarnya tidak terlalu disarankan bagi Anda yang selalu membeli beras lebih dari 10 kilogram. Akan tetapi, bila Anda ingin membasmi kutu beras berserta dengan telurnya, Anda dapat mengikuti tips yang satu ini.

Yang harus Anda lakukan adalah menempatkan beras dalam satu wadah, seperti panci atau mangkuk. Kemudian, masukkan wadah berisi beras tersebut ke dalam freezer selama 3 hari. Kutu beras dan telur-telurnya akan mati pada suhu yang sangat dingin.

Setelah 3 hari, keluarkan wadah dari dalam freezer dan cuci beras dengan air. Ketika mencuci, bangkai kutu tersebut akan terbilas dengan air sehingga beras sudah kembali bersih sebelum dimasak.

10. Jemur beras di bawah sinar matahari

Jemur beras di bawah sinar matahari

Kebalikan dengan cara yang sebelumnya, Anda bisa menjemur beras di bawah sinar matahari yang sangat terik. Dijamin kutu-kutu tersebut akan segera pergi karena tidak tahan terhadap panas sinar matahari.

Namun, untuk mewaspadai hama ini berlindung di bawah tumpukan beras tambahkan saja cabe kering yang sudah dipotong menjadi dua atau tiga saat menjemur beras. Niscaya hama tersebut akan pergi karena disinari dengan sinar matahari yang panas dan mencium aroma cabe kering yang sangat menyengat.

Dengan 10 cara menghilangkan kutu beras ini, Anda bisa mengatasi hama tersebut dan membuat beras Anda bebas dari kutu beras. Apabila Anda memiliki tips dan cara lain untuk mengusir kutu-kutu beras, silakan bagikan tips dan cara tersebut dengan menulisnya di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.