Bacaterus / Anjing / Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Medis dan Alami

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Medis dan Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Juli 2019

Kutu anjing tak hanya sekadar membuat pemiliknya merasa jijik, tetapi anjingnya sendiri juga pasti merasa tersiksa. Pasalnya, kutu yang menempel di tubuhnya ini akan membuatnya merasa gatal. Apakah pengobatan kutu anjing ini harus ditangani oleh dokter hewan? Selama kutunya belum terlalu banyak dan parah, kamu bisa mengobatinya sendiri kok.

Pengobatan kutu anjing bisa menggunakan dua cara, yakni cara medis dengan menggunakan obat-obatan atau produk perawatan khusus dan ada juga yang menggunakan cara alami. Untuk lebih jelasnya, Bacaterus akan menjelaskan semuanya di sini. Yuk, segera temukan cara untuk membebaskan anjing kesayanganmu dari kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Medis

Dewasa ini, ada banyak produk penghilang kutu anjing yang sudah dijual di pasaran. Jadi, kamu tak perlu repot membawa doggy kesayanganmu ke dokter hewan. Coba dulu perawatan medis di rumah agar lebih hemat. Nah, berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu anjing secara medis:

1. Mandikan Pakai Shampo Anti Kutu

Mandikan Pakai Shampo Anti Kutu

* sumber: www.thebalancecareers.com

Untuk mengatasi kutu anjing, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan shampo. Meskipun hampir semua shampo anjing bisa menghilangkan kutu, tetapi jika kondisi kutunya sudah terlalu banyak sebaiknya gunakan shampo anti kutu khusus anjing yang banyak dijual di pet shop.

  • Basahi tubuh anjing dengan air hangat, terutama di area yang berkutu.
  • Usapkan shampo anti kutu secukupnya dan gosok di bagian yang berkutu.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas sisa shampo dengan air hangat.

Mengapa harus menggunakan shampo anjing anti kutu? Shampo tersebut umumnya mengandung piretrin, bahan kimia yang memang efektif untuk membasmi kutu anjing.

2. Semprot dengan Anti Kutu

Semprot dengan Anti Kutu

* sumber: drfoxmag.com

Tak sempat memandikan anjing? Tidak masalah karena kamu bisa menggunakan semprotan anti kutu yang juga bisa ditemukan dengan mudah di pet shop. Dalam memilih semprotan anti kutu sebaiknya pilihan yang mengandung adulticide dan penghambat pertumbuhan serangga agar kutu dan telurnya bisa dibasmi dengan cepat.

  • Bawalah anjing ke ruangan terbuka agar cairan semprotan ini tidak terkena matanya.
  • Gunakan sarung tangan dan masker sebelum kamu menyemprotkan produk ini. Semprot di bagian tubuh anjing, terutama yang berkutu.
  • Jika kutunya berada dekat dengan bagian sensitif seperti mata, hidung, mulut, dan telinga, maka semprotkan ke sarung tanganmu terlebih dahulu lalu usapkan ke bagian tubuhnya secara hati-hati.

3. Taburkan Bedak Anti Kutu

Taburkan Bedak Anti Kutu

Selain produk shampo dan semprotan, ternyata anti kutu juga ada yang berbentuk bedak. Namun, bedakan bedak anti kutu untuk manusia dan anjing, ya. Kamu harus memilih bedak yang memang diformulasikan untuk kutu anjing agar lebih ampuh.

  • Taburkan bedak secukupnya ke tubuh anjing, mulai dari kepala hingga ekornya. Bedaknya tidak perlu terlalu tebal, cukup tipis-tipis saja agar bulu anjing tidak berdebu.
  • Di tempat tidur anjing, kamu juga harus menaburkan bedak ini secukupnya.
  • Pemakaian bedak anti kutu ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, melainkan 2-3 hari sekali.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami

Kutu anjing bisa diatasi dengan berbagai cara alami, lho. Jika kamu tidak ingin menggunakan obat-obatan medis, coba gunakan sejumlah cara dan bahan alami ini untuk membebaskan anjing kesayangan dari serangan kutu.

1. Gunakan Sisir Kutu

Gunakan Sisir Kutu

* sumber: transgroom.com

Sisir kutu adalah jenis sisir bergigi rapat yang bisa merontokkan kutu yang melekat erat pada bulu anjing. Ketika menyisir bulu dengan sisir kutu, pastikan kamu menyisir hingga menyentuh kulit anjing agar kutu dan telurnya rontok. Lakukan berkali-kali sampai kamu melihat sendiri kutu dan telurnya rontok satu persatu.

Usai menggunakan sisir kutu, rendam sisi tersebut dalam larutan air dan sabun cair pencuci piring. Kutu yang masih menempel di sisir akan mati setelah direndam dalam larutan ini.

2. Taburkan Tanah Diatom

Taburkan Tanah Diatom

* sumber: anadhif.com

Bagi kamu yang belum tahu apa itu tanah diatom, ini merupakan sejenis batu sedimen silika (kieselgur). Sedimen ini berasal dari cangkang diatom (alga satu sel yang ditemukan di plankton) yang memfosil. Bentuknya sendiri berupa bubuk seperti bedak.

Cara membasmi kutu dengan tanah diatom ini tidak langsung diaplikasikan ke tubuh anjing. Kamu harus menaburkan tanah diatom ini ke tempat tidur atau kandang anjing. Sebaiknya, kamu mengombinasikan cara membasmi kutu ini dengan cara lainnya agar kutu di tubuh anjing juga segera mati.

3. Buat Larutan Cuka Apel

Buat Larutan Cuka Apel

* sumber: www.rd.com

Satu lagi cara menghilangkan kutu anjing secara alami yang aman, yakni dengan menggunakan sari cuka apel. Campurkan sari cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 1:1. Kemudian, balurkan larutan ini ke seluruh tubuh dan beri tambahan lebih banyak pada bagian tubuhnya yang berkutu.

Biarkan larutan cuka apel ini membasmi kutu anjing secara efektif. Akan tetapi, jika kulit anjing menjadi sangat kering setelah melakukan perawatan ini maka kamu harus menghentikan penggunaan sari cuka apel.

4. Semprotkan Air Lemon

Semprotkan Air Lemon

* sumber: www.popsugar.com

Tingkat keasaman yang tinggi pada buah lemon ternyata bisa membuat kutu yang melekat pada tubuh anjing jadi mati seketika. Oleh karena itu, buatlah larutan air lemon dari air perasan lemon yang dicampur dengan air panas mendidih.

Setelah larutan ini menjadi dingin, masukkan ke dalam botol semprot. Mulailah menyemprotkan larutan air lemon ini ke tubuh si doggy, termasuk bagian di mana kutu bersarang. Aroma lemon yang harum juga membuat tubuh anjing jadi wangi dan segar. Namun, hati-hati dalam menyemprotkan cairan ini supaya tidak mengenai matanya.

5. Rendam di Air Rosemary

Rendam di Air Rosemary

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Vxy-XPSVPgk

Tahu tanaman Rosemary? Tanaman ini ternyata cukup efektif untuk mencegah sekaligus membasmi kutu anjing, lho. Kamu hanya perlu merebus 500gram daun Rosemary di dalam air mendidih selama 30 menit. Kemudian, air rebusan Rosemary ini dicampur dalam 4 liter air hangat.

Nah, nantinya anjing yang terserang kutu harus berendam dalam campuran air Rosemary ini. Jaga suhu air agar tetap hangat, tapi jangan terlalu panas agar tidak melukai anjing. Setelah berendam biarkan tubuhnya mengering dengan sendirinya.

6. Buat Air Larutan Cuka

Buat Air Larutan Cuka

* sumber: www.leaf.tv

Cuka adalah bahan yang sangat ampuh untuk mematikan kutu di tubuh anjing. Bukan hanya kutu, cuka juga mampu membunuh telur kutu. Cuka juga tergolong murah dan bisa diperoleh di mana saja.

Buatlah larutan air cuka dari 1 liter air bersih dan 1 sendok makan cuka putih. Masukkan larutan cuka ke dalam botol semprot dan semprotkan di tubuh anjing. Hati-hati saat menyemprot jangan sampai terkena mata, hidung, dan telinganya.

Beragam cara menghilangkan kutu anjing ini bisa membantumu mengatasi kutu yang menyerang anjing kesayanganmu secara cepat. Namun, jika cara-cara ini tidak berhasil atau jumlah kutu semakin banyak, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter hewan. Dokter akan meresepkan obat oral atau obat luar untuk segera membasmi kutu dan telur pada tubuh si doggy.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *