Bacaterus / Panci / 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel

5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Panci merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Ketika menjerang air kita menggunakan panci, bahkan saat hendak memasak makanan berkuah pun kita juga mengandalkan panci. Singkatnya, panci adalah peralatan memasak yang fungsional.

Sayangnya, kadang-kadang kita menyalakan api kompor terlalu besar sehingga bagian dasar panci jadi berkerak gosong. Jika sudah seperti ini, kita pasti ingin membuang panci tersebut dan segera menggantinya dengan yang baru, ya? Jangan keburu dibuang karena Bacaterus akan berbagi cara menghilangkan kerak pada panci.

Cara Menghilangkan Kerak pada Panci

Kerak yang melekat pada panci memang tidak bisa hilang jika Anda hanya menggosoknya dengan spons cuci piring saja. Anda harus menggunakan beberapa bahan tambahan untuk mengangkat kerak pada panci yang gosong. Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan 5 bahan ampuh berikut ini.

1. Cairan Pencuci Piring

Cara Menghilangkan Kerak pada Panci

Anda pasti memiliki persediaan cairan pencuci piring di rumah, kan? Jika biasanya cairan pencuci piring dipakai untuk mencuci peralatan makan dan memasak, kini Anda dapat memanfaatkan cairan pencuci piring tersebut untuk menghilangkan kerak pada bagian dasar panci. Berikut adalah panduan cara menghilangkan kerak pada panci dengan memakai cairan pencuci piring:

  • Isi panci dengan air sampai semua bagian yang berkerak tertutup dengan air.
  • Tuangkan cairan pencuci piring ke dalam panci secukupnya.
  • Letakkan panci di atas kompor dan nyalakan kompornya untuk mendidihkan air di dalam panci.
  • Tutup panci dengan penutupnya agar suhu panasnya dapat bertahan lebih lama.
  • Setelah air mendidih, biarkan panci dalam keadaan tertutup selama 1-2 jam.
  • Lanjutkan dengan membuang air di dalam panci dan menggosok panci dengan abu gosok atau cairan pencuci piring. Gunakan sikat cuci piring, spatula kayu, atau sendok kayu untuk mengikis kerak yang berada di dasar panci.

2. Soda Kue

Soda Kue

Bahan lain yang dapat mengangkat kerak panci adalah soda kue. Tak dapat dipungkiri bahwa soda kue memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda minyak maupun kerak yang melekat di dasar panci. Yuk, langsung saja ikuti langkah-langkah menghilangkan kerak panci dengan soda kue ini:

  • Buatlah pasta soda kue dengan mencampur bubuk soda kue dengan air. Kemudian, aduk pasta ini sampai mengental seperti odol.
  • Oleskan pasta soda kue yang sudah dibuat ke bagian dasar panci yang berkerak. Bila perlu, oleskan soda kue ke seluruh bagian dalam panci yang nampak berkerak.
  • Diamkan selama 1-2 jam.
  • Gosok bagian dalam panci dengan spons cuci piring atau sabun pencuci yang aman dan tidak merusak bagian dalam panci.
  • Setelah itu, bilas panci dengan air bersih dan lanjutkan mencuci panci tersebut menggunakan cairan pencuci piring.

3. Cuka

Cuka

Sama seperti soda kue, cuka yang biasa Anda pakai untuk memasak ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kerak dan gosong pada panci. Bagaimana cara menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan cuka? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Isi panci yang berkerak dengan air bersih. Pastikan semua bagian panci yang berkerak tergenang dengan air.
  • Tambahkan beberapa tetes cuka ke dalam panci.
  • Diamkan larutan air cuka tersebut selama semalam suntuk.
  • Pagi harinya, buang air larutan cuka dan gosok bagian dalam panci dengan menggunakan cairan pencuci piring.

Jika kerak di panci tak kunjung hilang, Anda dapat mengulangi cara ini kembali dengan menambahkan tetesan cuka lebih banyak.

4. Minyak Goreng

Minyak Goreng

Untuk menghilangkan kerak pada panci, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur Anda, lho. Selain cuka dan soda kue, kali ini Bacaterus juga merekomendasikan minyak goreng untuk mengangkat kerak di dasar panci. Berikut adalah cara simpel menghilangkan kerak pada panci dengan memanfaatkan minyak goreng yang biasa dipakai untuk memasak.

  • Tuangkan minyak goreng ke bagian dalam panci berkerak.
  • Diamkan minyak goreng di dalam panci selama 1-2 jam.
  • Lanjutkan dengan menggosok bagian dalam panci menggunakan spatula kayu atau benda tumpul lainnya yang tidak merusak panci.
  • Cuci panci tersebut dengan cairan pencuci piring sampai sisa minyaknya benar-benar bersih.

Minyak goreng berfungsi untuk melunakkan kerak yang melekat pada dasar panci. Tak perlu memanaskan panci yang dioleskan dengan minyak goreng, cukup diamkan saja minyak goreng tersebut selama 1-2 jam.

5. Beras dan Lemon

Beras dan Lemon

Bagaimana bisa beras dan lemon menghilangkan kerak yang membandel pada panci? Tentu saja bisa. Bahan-bahan alami seperti beras dan lemon ternyata memiliki kemampuan untuk membersihkan kerak di dasar panci, lho. Berikut ini adalah cara mudah menghilangkan kerak pada panci menggunakan beras dan lemon:

  • Masukkan sedikit beras ke dalam panci yang berkerak (sedikit saja jangan terlalu banyak agar tidak mubazir).
  • Tambahkan air perasan lemon secukupnya ke dalam panci.
  • Tuangkan air panas yang baru saja mendidih ke dalam panci. Tidak perlu banyak-banyak, cukup sedikit saja.
  • Guncangkan panci berkali-kali agar kerak yang melekat di dasar panci dapat terangkat.

Metode menghilangkan kerak panci dengan beras dan lemon ini sangat patut untuk dicoba. Di samping bahan-bahannya mudah ditemukan, Anda juga tidak mencemari bagian dalam panci saat menggunakan lemon dan beras. Panci tetap dapat digunakan untuk memasak berbagai makanan secara aman bila Anda memakai bahan ini.

Tips Menghilangkan Kerak pada Panci

Tips Menghilangkan Kerak pada Panci

* sumber: selerasa.com

Berbagai cara mudah menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan bahan-bahan sederhana ini bisa mulai Anda coba di rumah. Akan tetapi, Anda juga harus memerhatikan beberapa tips penting berikut ini saat Anda mencoba menghilangkan kerak di bagian dasar panci:

  • Gunakan Benda Tumpul untuk Menggosok

Penggunaan pisau, gunting, garpu, atau logam tajam lainnya hanya akan merusak dasar panci Anda. Keraknya memang hilang, tapi dasar panci akan dipenuhi oleh goresan. Solusinya Anda bisa menggunakan spatula kayu atau spons cuci piring.

  • Hindari Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Maksud hati ingin mengikis kerak dengan cepat, maka Anda menggunakan bahan kimia seperti alkohol dan sebagainya untuk membersihkan kerak pada panci. Penggunaan bahan kimia hanya akan mengontaminasi panci. Alhasil, panci tersebut sudah tidak aman lagi jika dipakai untuk memasak air minum atau makanan.

  • Jangan Menggunakan Sabut Stainless

Sama dengan logam tajam, sabut stainless juga berpotensi merusak bagian dalam panci. Jika ingin membersihkan panci, cukup gunakan bagian kasar pada spons cuci piring. Alhasil, noda tersebut akan benar-benar hilang jika Anda menggosoknya sekuat tenaga.

Demikianlah tips dan cara menghilangkan kerak pada panci yang dapat kami bagikan. Semoga tips dan cara-cara ini bermanfaat untuk membuat panci berkerak dan gosong jadi terlihat seperti baru. Jadi, jangan keburu membuang panci yang berkerak dan gosong. Anda masih bisa menyelamatkannya dengan cara-cara di atas ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *