Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Desember 2018

Berbicara soal serangga menjijikkan, nama kecoa pasti langsung terbesit dalam benak Anda. Kecoa memang termasuk jenis serangga yang sering membuat orang bergidik jijik dan lari tunggang langgang ketika bertemu dengannya. Meskipun tidak menggigit, keberadaan kecoa di dalam mobil memang cukup mengganggu dan bisa menimbulkan kesan kotor.

Ada kecoa seliweran di dalam mobil? Bacaterus akan memberikan panduan cara menghilangkan kecoa di mobil. Cara ini dapat membasmi kecoa yang berkeliaran di dalam mobil Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan tips untuk mencegah kecoa kembali masuk ke dalam mobil.

7 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil

1. Insektisida

Semprotan Anti Serangga Cara Mengusir Kecoa Terbang

* sumber: www.selasar.com

Cara menghilangkan kecoa di mobil yang paling ampuh adalah dengan menggunakan insektisida alias obat nyamuk semprot. Obat nyamuk aerosol yang dijual di pasaran sejatinya dapat membunuh kecoa dengan cepat. Nah, bagaimana cara menggunakan insektisida ini untuk membasmi kecoa yang berkeliaran di dalam mobil?

Langkah pertama adalah tutup semua lubang yang ada di mobil, baik itu jendela maupun pintu. Jika Anda melihat kecoanya, semprot insektisida langsung tepat di tubuhnya. Akan tetapi, jika Anda tidak melihat kecoanya, semprotkan saja insektisida di mobil Anda sebanyak mungkin, lalu keluarlah dan pastikan pintu maupun jendela mobil tertutup rapat.

Setelah disemprot dengan insektisida, hindari masuk ke dalam mobil selama kurang lebih 12 jam. Kecoa yang terperangkap di dalam mobil bersama dengan udara yang mengandung insektisida pasti akan mati seketika.

2. Kapur Barus

Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil

Solusi lain untuk mengusir kecoa yang bersarang di dalam mobil adalah dengan mengandalkan kapur barus. Aroma kapur barus sangat tidak disukai oleh kecoa. Jika Anda meletakkan beberapa potong kapur barus dan membiarkan pintu dan jendela mobil dalam keadaan tertutup, maka kecoa akan berusaha keluar meninggalkan mobil Anda.

Untuk hasil yang lebih cepat, gunakan kapur barus dan semprotkan insektisida secara bersamaan. Jika ada celah, kecoa akan langsung keluar dari mobil Anda. Namun, jika tak ada sirkulasi udara di dalam mobil maka kecoanya akan mati secara perlahan-lahan.

3. Bunga Melati

Bunga Melati

Ingin mobil jadi harum sekaligus bebas kecoa? Gunakan saja bunga melati! Cara menghilangkan kecoa di mobil dengan bunga melati ini cukup praktis meskipun tidak dapat membasmi kecoa secara instan.

Anda hanya perlu mengambil beberapa bunga melati yang masih segar. Kemudian, taburkan kelopak bunga melati di karpet mobil atau celah-celah mobil yang biasa menjadi tempat persembunyian kecoa. Aroma bunga melati memang harum di hidung kita, tapi aroma bunga ini sangat mengganggu kecoa.

Agar kecoa dapat langsung menyingkir dari dalam mobil sebaiknya berikan celah untuk jalan keluar kecoa, misalnya dengan membuka jendela. Kecoa yang mencium aroma melati akan segera meninggalkan mobil Anda.

4. Daun Pandan

Daun Pandan

Selain bunga melati, Anda juga diperbolehkan untuk memanfaatkan daun pandan ketika Anda ingin menghilangkan kecoa dari mobil. Daun pandan juga memiliki aroma harum yang cukup ramah di hidung kita. Sayangnya, kecoa tidak menyukai aroma daun ini.

Nah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan daun pandan untuk menghilangkan kecoa, potong daun pandan menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, selipkan daun pandan ke celah atau tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kecoa.

Apabila Anda sedang tidak menggunakan mobil, buka saja sedikit kaca mobilnya agar kecoa bisa keluar meninggalkan mobil Anda. Aroma daun pandan tentu sangat mengganggu kecoa sehingga serangga ini akan berusaha mencari jalan keluar untuk meninggalkan mobil Anda yang beraroma daun pandan.

5. Air Serai

Air Serai

Banyak orang yang takut memanfaatkan insektisida sebagai cara menghilangkan kecoa di mobil. Mereka khawatir bahwa aroma insektisidanya bisa mengendap di dalam mobil sehingga menjadikan udara di dalamnya beracun.

Jika Anda termasuk salah seorang yang takut menggunakan insektisida di dalam mobil, Anda boleh mencoba air serai untuk mengusir kecoa. Daun serai yang masih segar direbus sampai aromanya menjadi harum atau air rebusannya berubah kekuningan. Setelah direbus, masukkan air serai ini ke dalam botol semprot.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menyemprotkan air serai ini ke setiap sudut dan celah mobil. Kecoa sangat tidak tahan dengan aroma serai sehingga dapat dipastikan mereka akan mencari jalan keluar dari mobil Anda.

Penggunaan air serai untuk mengusir kecoa ini dijamin aman karena air serai tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Tapi, air serai hanya bisa mengusir kecoa saja, tidak bisa membasmi kecoa seperti ketika Anda memakai insektisida.

6. Lem Perangkap Kecoa

Lem Perangkap Kecoa

Tidak semua orang mau repot-repot mencari cara menghilangkan kecoa di mobil. Ada sejumlah orang yang tidak ingin repot tapi juga ingin membasmi kecoa yang berada di dalam mobilnya. Solusi bagi Anda yang tidak ingin direpotkan dengan sejumlah cara mengusir kecoa adalah memasang lem perangkap kecoa di mobil.

Lem perangkap kecoa sangat ampuh untuk menjebak kecoa yang berkeliaran di dalam mobil Anda. Cukup letakkan lem perangkap ini di karpet mobil, maka kecoa yang akan melewatinya akan langsung terjebak dan tidak bisa kabur. Lama kelamaan kecoa akan mati karena kelaparan dan Anda hanya perlu membuang bangkai dan lem perangkapnya.

7. Baking Soda

Baking Soda

Bagi Anda yang kesulitan menemukan lem perangkap kecoa, Anda dapat membuat perangkap sendiri untuk menjebak kecoa. Kali ini, Bacaterus menyarankan Anda untuk menggunakan baking soda.

Baking soda adalah perangkap bagi kecoa. Untuk membuat baking soda ini menarik perhatian kecoa, campurkan baking soda dengan sirup atau gula. Setelah itu, letakkan campuran baking soda dan gula ini di dalam mobil Anda.

Kecoa akan tertarik dengan aroma gula atau sirup. Namun, ketika menyantapnya maka kecoa akan mati keracunan karena mereka turut memakan baking sodanya. Cara menghilangkan kecoa di mobil dengan baking soda ini cukup kreatif dan bisa Anda coba sekarang juga.

Tips Mencegah Kecoa Masuk ke Mobil

Tips Mencegah Kecoa Masuk ke Mobil

Kecoa yang berada di dalam mobil memang meresahkan. Konsentrasi mengemudi juga dapat terganggu kala Anda melihat kecoa melintas di dashboard. Nah, agar kecoa dari luar tidak masuk ke dalam mobil, lakukan beberapa cara ini:

  • Selalu Tutup Jendela dan Pintu Rapat-rapat

Kecoa masuk ke dalam mobil melalui celah yang terbuka. Misalnya, ketika Anda selalu menutup jendela dan pintu rapat-rapat maka kecoa atau serangga lain yang dari luar tidak akan masuk. Kalau sedang memarkir mobil sebaiknya tutup jendela dan pintunya.

  • Bersihkan Mobil Secara Teratur

Kecoa senang berada di tempat yang kotor. Jika bagian dalam mobil Anda kotor, sudah pasti kecoa akan betah bersarang di sana. Bersihkan mobil Anda secara teratur agar kecoa tidak mau berasang di dalam mobil Anda.

  • Jangan Letakkan Sisa Makanan dan Minuman

Sering makan di dalam mobil dan tiba-tiba Anda baru menyadari bahwa selama ini mobil Anda jadi sarang kecoa? Saatnya untuk tidak meninggalkan sisa makanan dan minuman di dalam mobil karena kebiasaan ini akan mengundang kecoa bersarang.

7 cara menghilangkan kecoa di mobil ini bisa Anda pakai untuk membasmi kecoa yang sudah mulai meresahkan. Anda juga boleh membaca artikel cara membasmi kecoa terbang jika Anda menemukan serangga ini terbang berseliweran di mana-mana.