Bacaterus / Peralatan Dapur / Inilah 6 Cara Menghilangkan Karat Pada Sendok dengan Mudah

Inilah 6 Cara Menghilangkan Karat Pada Sendok dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Mungkin di antara kita ada yang pernah mendapati sendok atau peralatan makan besi lainnya berkarat akibat jarang digunakan dan disimpan di tempat yang salah. Hal itu bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki peralatan makan berbahan metal di rumahnya. Jika kamu sedang membaca tulisan ini berarti kamu sedang atau telah mengalaminya. Benar, kan?

Bagaimana karat muncul pada peralatan makan? Dari sudut pandang ilmiah karat adalah Iron Oxide, senyawa yang terbentuk ketika zat logam apa pun yang mengandung besi dan baja bersentuhan dengan air atau uap dari atmosfer. Reaksi ini menyebabkan pembentukan zat cokelat, yang kita sebut karat.

Karat dapat muncul ketika peralatan makan tidak dikeringkan dengan benar, atau dicuci dengan cara yang tidak cocok.  Jika kamu melihat karat pada sendok atau alat-alat makan lainnya, jangan terburu-buru membeli pembersih dan penghilang karat yang harganya mahal. Semua yang kamu butuhkan mungkin saja terdapat di dalam rumah.

Berikut ini kami akan menyajikan bahasan mengenai beberapa metode murah dan alami untuk menghilangkan karat pada sendok. Segera cek apakah bahan-bahan di bawah ini sudah tersimpan di dalam lemari dapurmu. Jika belum, keluar dan belilah di warung-warung terdekat. Jika di warung tidak ada, klik saja link di bagian bawah bahasan ini.

1. Jus Lemon

* sumber: pixabay.com

Kamu pasti sudah tahu kalau buah lemon memiliki banyak manfaat, yang salah satunya dapat menghilangkan noda karat pada sendok dan peralatan makan metal lainnya. Kok bisa? Kadar asam yang tinggi pada lemon mampu merontokan banyak noda termasuk karat yang menempel pada sendok.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memeras beberapa buah lemon ke dalam wadah kecil atau wadah yang mampu memuat sendok-sendok yang ingin dihilangkan karatnya. Agar perasan air lemonnya banyak, kamu bisa menaruh buah lemon terlebih dahulu pada microwave dan memanaskannya selama 20 detik. Baru setelah itu peras lemon tersebut.

Setelah sejumlah air lemon terkumpul dalam wadah, selanjutnya kamu cukup merendam sendok-sendok berkarat di dalam larutan air lemon selama beberapa menit, lalu angkat dan bersihkan. Zat asam dalam jus lemon mampu melunturkan karat sehingga lebih mudah untuk digosok.

2. Kentang

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/joncutrer/

Selain lemon yang menyegarkan, sayuran kentang yang lezat juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada sendok loh. Mengapa bisa? Di dalam kentang terdapat sebuah zat asam bernama oksalat yang dapat membantu menghilangkan karat. Hanya saja metode ini paling baik diaplikasikan pada sendok yang berukuran kecil.

Caranya juga cukup mudah. Ambil saja kentang yang panjangnya sama atau hampir sama dengan sendok berkaratmu. Lalu tusukkan sendok tersebut ke dalam kentang dan pastikan bagian berkaratnya masuk semua. Kemudian biarkan selama seharian penuh atau semalaman sebelum melepas sendok tersebut. Jika sudah, kamu tinggal menggosok sendok berkarat tersebut hingga bersih.

Bagaimana? Merasa sayang dengan kentangnya? Jika menurutmu hal ini cukup merugikan, mari gunakan cara lainnya di bawah ini. Tapi iya juga sih kentang-kentang ini baiknya dibikin perkedel atau kentang goreng khas kedai ayam goreng tepung. Dicocol dengan saus sambal pedas pasti lebih nikmat.

3. Cuka

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/jeepersmedia/

Nah, metode yang ini mungkin lebih terjangkau dibandingkan dengan dua metode di atas yang mengharuskan kita mengorbankan bahan-bahan makanan yang nikmat. Siapa di sini yang tidak mengenal cuka? Yang doyan makan mie bakso pasti sudah sangat akrab dengan cairan yang bernama cuka ini.

Cuka yang rasanya asam ini cukup umum ditemukan di dapur-dapur rumah tangga. Selain digunakan sebagai pelengkap beberapa makanan, cuka juga dapat berguna sebagai penghilang karat yang baik. Selain tidak beracun, cuka juga murah dan mudah didapatkan di warung-warung.

Cukup tuangkan cuka ke dalam wadah yang sesuai dengan ukuran sendok berkarat dan biarkan hal itu direndam selama beberapa jam atau semalaman. Setelah perendaman selesai, kamu bisa dengan mudah menggosok karat yang menempel pada sendok. Cuka putih memang bisa diandalkan dalam hal ini, tetapi cuka sari apel diklaim dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik pada karat yang keras.

4. Soda Kue

Baking Soda

* sumber: www.mrright.in

Jika kamu mempunyai soda kue di dapur, kamu juga dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengangkat noda karat pada sendok dan berbagai peralatan makan lainnya. Jika belum punya, kamu bisa membeli soda kue di toko bahan-bahan kue dekat rumah. Harganya juga tidak mahal alias terjangkau.

Untuk membersihkan sendok dari karat dengan soda kue, kamu hanya perlu membuat pasta sederhana dengan cara mencampurkan soda kue dengan air. Tidak ada takaran pasti berapa jumlahnya, namun cukup tambahkan air ke dalam beberapa sendok makan soda kue hingga menghasilkan pasta yang cukup kental.

Setelah itu oleskan pasta tersebut pada bagian sendok yang berkarat menggunakan spons atau kain lembut. Kemudian gosok secara perlahan hingga noda karat rontok dan bilas dengan air jika sudah selesai. Sebagai catatan penting, hindari penggunaan spons metal dalam proses ini.

5. Garam dan Jeruk Nipis atau Lemon

Lemon dan Garam

* sumber: sukansentral.com

Cara yang kelima ini hampir sama dengan cara yang pertama. Hanya saja di sini kamu mendapat bantuan garam untuk menghilangkan karat pada sendok. Sama seperti zat asam dalam lemon yang mampu membasmi karat, zat asam pada jeruk nipis juga cukup handal untuk melakukan tugas bersih-bersih ini.

Dengan bantuan garam yang lembut-lembut kasar, karat pada sendok dapat dengan mudah dihilangkan. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan larutan lemon atau jus jeruk nipis dengan taburan garam dan biarkan sendok berkaratmu terendam dalam cairan asam asin tersebut selama beberapa jam.

Kemudian kamu bisa menggosok sendok-sendok tersebut menggunakan sikat gigi bekas atau sejenisnya. Fokuskan gosokan pada area berkarat, lalu setelahnya bilas dengan air bersih dan periksa hasilnya. Jika sendokmu kembali kinclong dengan metode ini kami ucapkan selamat.

6. Amplas

Amplas

Jika karat yang menempel pada sendok sudah sangat tebal dan ekstrim, atau kamu tidak bisa menggunakan metode-metode di atas untuk menghilangkannya, maka pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan amplas. Produk sejenis kertas atau kain yang kasar ini bisa kamu beli di toko-toko bahan bangunan terdekat.

Jika kamu terpaksa melakukan cara ini, maka kamu harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Sifat amplas yang kasar bisa saja merusak sendok atau alat makanmu sehingga tampilannya tidak elok lagi alias banyak goresan-goresan. Cukup gosok bagian sendok berkaratmu dengan lembut, lalu bilas dengan air secara teratur selama proses pembersihan berlangsung.

Nah, itulah beberapa metode menghilangkan karat pada sendok atau peralatan makan lainnya yang dapat kamu coba aplikasikan di rumah. Jika barang-barang di atas tidak ada di lemari dapur atau rak warung-warung, kamu masih bisa membelinya secara online di Bukalapak. Klik saja link ini dan temukan semua yang kamu butuhkan di sana.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar