Bacaterus / Fashion / Aksesoris / 10 Cara Menghilangkan Karat pada Kalung Imitasi dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Karat pada Kalung Imitasi dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2018

Perhiasan tak harus dibuat dari batu dan logam mulia untuk terlihat cantik dan jadi bermakna. Banyak perhiasan yang dibuat dari bahan lainnya (disebut sebagai perhiasan imitasi) tapi sama-sama indah. Justru perhiasan imitasi bentuk dan modelnya lebih beragam daripada perhiasan asli. Salah satu perhiasan imitasi yang paling digemari adalah kalung.

Tentu, kalung imitasi dapat membuat penampilan jadi lebih menarik. Tapi, kalung imitasi harus dijaga dengan benar supaya tetap terlihat memesona. Soalnya kalung imitasi tidak memiliki ketahanan yang sama dengan perhiasan asli. Warna bahkan tekstur kalung imitasi dapat berubah jadi berkarat jika sering terkena udara, air, kosmetik, body lotion, dan parfum.

Untuk itu, Bacaterus akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara menghilangkan karat pada kalung imitasi dengan langkah sederhana. Biar kalung imitasi Anda kembali cantik seperti dulu, lakukanlah langkah-langkah berikut.

10 Cara Menghilangkan Karat pada Kalung Imitasi

1. Kumpulkan Kalung

Kumpulkan Kalung

Sebelum mulai membersihkan, Anda harus mengumpulkan dan mengategorikan semua kalung yang mau dicuci. Pisahkan kalung yang sudah berkarat dengan yang hanya kotor saja. Lalu, lihatlah pada kalung tersebut, apakah ada hiasan batunya atau tidak. Jika ada, pisahkan dengan kalung yang polos tanpa hiasan. Soalnya cara membersihkannya akan berbeda.

Kalung imitasi yang ada hiasan batunya lebih baik tidak dibersihkan pakai pembersih berbentuk cairan, karena bisa merembes ke bawah batu dan menghilangkan kekuatan lemnya. Akhirnya hiasan batu pun longgar dan bisa lepas.

Lalu, berapa kali sebaiknya Anda membersihkan kalung? Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti. Anda pakai perasaan saja, mana kiranya kalung yang sering dipakai. Atau lebih mudah lagi jika kalung tersebut sudah berkarat dan kehilangan kilaunya, berarti sudah waktunya Anda membersihkahnnya.

2. Sikat Gigi

Sikat Gigi

* sumber: chourishi.co

Cara menghilangkan karat pada kalung imitasi yang pertama adalah dengan menggunakan sikat gigi. Kenapa sikat gigi? Soalnya benda ini dibuat dari plastik yang tipis, lancip, namun kuat untuk membersihkan noda dari celah yang sulit dijangkau. Tapi, jangan pakai sikat gigi bekas, ya! Pakailah sikat gigi baru kalau tidak mau bakteri dari sikat gigi bekas pindah ke kalung Anda.

Gosok kalung dengan sikat gigi berbulu lembut. Anda bisa melakukannya dalam keadaan kering atau pun basah. Tapi membersihkan kalung imitasi dengan sikat gigi dalam keadaan kering jauh lebih bagus karena kotoran dapat terkikis dengan sempurna. Anda bisa juga menggunakan cotton bud, sapu lidi, atau tusuk gigi sebagai pengganti sikat gigi.

3. Lemon

Lemon

* sumber: chourishi.co

Jika sikat gigi saja tak cukup untuk menghilangkan karat dan kotoran dari kalung imitasi Anda, cobalah gunakan lemon. Buah yang satu ini sejak dulu sudah digunakan sebagai agen pembersih. Lapisan oksida pada material logam seiring waktu dapat terkikis. Jika begitu, logam pun akan mudah berkarat. Nah, Anda bisa memanfaatkan lemon untuk membersihkan karat tersebut.

Caranya, campurkan air perasan lemon dan garam. Rendam kalung semalaman, lalu lihatlah kalung Anda keesokan harinya. Pasti karatnya sudah hilang atau berkurang. Anda bisa juga menggosok kalung menggunakan potongan lemon yang ditaburi sedikit soda kue. Anda bisa juga mengelap kalung dengan perasan air lemon saja tanpa tambahan apapun lagi. Gunakan kain yang kasar atau sabun cuci piring ketika melakukannya.

4. Cuka

Cuka

Sama-sama zat masam, Anda bisa membersihkan kalung imitasi dengan cuka kalau tidak ada lemon. Cara menghilangkan karat pada kalung imitasi menggunakan cuka adalah dengan membuat campuran air dan cuka putih. Setelah itu, rendam kalung imitasi di dalam larutan tersebut selama beberapa jam. Siapkan sikat gigi berbulu lembut, lalu sikat bagian kalung yang sulit dijangkau.

Kalung Anda yang tadinya berkarat dan terlihat kusam akan langsung kinclong seperti baru. Selain cara di atas, Anda bisa juga menuangkan cuka pada spons untuk mencuci piring. Lalu, gosok kalung seperti biasa.

5. Pasta Gigi

 Pasta Gigi

Cara menghilangkan karat pada kalung imitasi yang ke-5 adalah dengan menggunakan pasta gigi. Jika pada cara sebelumnya kita hanya menggunakan sikat giginya saja, sekarang ditambah dengan odolnya. Kalau tidak mau pakai pasta gigi, Anda bisa menyemprotkan pembersih lensa kacamata dan menggosok kalung menggunakan kain atau sikat gigi.

Tapi, kalau Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya pilih pasta gigi saja karena lebih aman. Juga, pasta gigi ini bisa Anda manfaatkan untuk cara membersihkan perhiasan emaslho!

6. Sabun Tangan

Sabun Tangan

Masih menggunakan barang yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah, cara menghilangkan karat pada kalung imitasi yang ke-6 adalah dengan pakai sabun tangan. Larutkan sabun tangan secukupnya dengan sedikit air hangat. Kenapa airnya sedikit saja? Karena perhiasan imitasi tidak bagus terkena air terlalu banyak dan lama.

Sebab, kilau dari perhiasan dapat terkikis. Belum lagi kalau kalungnya ada hiasan seperti bebatuan yang dilem. Air dapat masuk meresap dan menghilangkan daya rekat lem tersebut. Anda bisa juga menggunakan alumunium foil sebagai alas, lalu menambahkan garam dan soda kue ke dalam larutan air dan sabun tadi. Tapi, kali ini airnya menggunakan air panas. Rendam kalung selama 10 menit, lalu bilas kalung dengan air dingin.

7. Sampo Bayi

Sampo Bayi

* sumber: parisgolds.blogspot.com

Selain sabun tangan, sampo bayi juga termasuk dalam cara menghilangkan karat pada kalung imitasi dengan mudah. Sampo bayi dibuat dari material yang ramah lingkungan serta lembut, sehingga tidak akan merusak kalung Anda. Langkah ini bisa diaplikasikan juga pada kalung mutiara (baik asli maupun imitasi).

8. Alkohol Gosok

Alkohol Gosok

* sumber: considerthewldflwrs.com

Noda karat yang membandel pada kalung bisa ditaklukkan dengan rubbing alcohol alias alkohol gosok. Benda ini dapat Anda beli di apotek atau swalayan. Cara menggunakannya, rendam kalung imitasi di dalam alkohol gosok selama 30 menit. Angkat kalung lalu lap hingga kalung setengah kering. Biarkan alkohol mengering dengan sendirinya selama 15 menit. Selesai!

Tapi, kalau kalung masih terlihat berkarat, usap bagian yang kotor tersebut dengan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol. Atau, Anda bisa melakukan perendaman dari awal lagi. Selain alkohol gosok, Anda bisa menggunakan peroksida dan rendam kalung selama 3 menit. Jangan kaget kalau ada suara mendesis dari peroksida, itu tandanya kalung Anda sangat kotor dan harus direndam agak lebih lama lagi dari yang seharusnya cuma 3 menit.

9. Pemoles

Pemoles cara menghilangkan karat pada kalung imitasi

Tidak hanya tas saja yang punya produk pemoles, aksesoris juga punya. Anda bisa membeli pemoles kalung di toko perhiasan atau di Bukalapak dengan klik link ini. Perlu diperhatikan, biasanya produk pemoles perhiasan dibuat untuk memoles perhiasan asli, sehingga bisa jadi terlalu keras untuk perhiasan imitasi.

Jadi, sebaiknya Anda cuma merendam kalung imitasi selama 30 detik saja, tidak lebih. Angkat dan keringkan segera kalung supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

10. Pemeliharaan

Pemeliharaan

* sumber: hubpages.com

Nah, tadi itu beberapa cara menghilangkan karat pada kalung imitasi dengan langkah sederhana. Mudah sekali, bukan, cara melakukannya? Bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit dicari. Untuk ke depannya, bersihkan kalung Anda setiap hari atau setidaknya setiap habis dipakai dengan menggunakan kain berserat mikro.

Dan, letakkan kalung Anda dengan benar. Misalnya menggunakan plastik klip, boks kalung, atau gantungan. Sebaiknya simpan kalung secara terpisah (jangan disatukan). Dengan begitu, kalung Anda akan selalu bersih dan tidak akan karatan lagi. Sebagai pencegahan, ke depannya Anda dandan dulu sebelum menggunakan kalung, sehingga makeup Anda tidak mengenai kalung tersebut.

Selesai sudah pembahasan Bacaterus kali ini tentang cara menghilangkan karat pada kalung imitasi. Nah, untuk Anda yang punya permasalahan aksesoris menghitam, silakan baca artikel cara membersihkan aksesoris yang menghitam ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment