bacaterus web banner retina

10 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari yang Mudah & Praktis

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Bagaimana bisa jamur tumbuh di dalam lemari? Ya, jamur memang dapat tumbuh di lemari berbahan kayu. Kondisi lemari yang kotor dan terlalu lembab memang sangat rentan ditumbuhi oleh jamur. Perlu Anda ketahui bahwa jamur yang berada di dalam lemari dapat mencemari barang yang disimpan di dalam lemari, entah itu perabotan, pakaian, atau makanan.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena Bacaterus memiliki 10 cara menghilangkan jamur di lemari yang paling mudah dan praktis. Bukan sekedar menghilangkan jamur, tetapi cara-cara ini juga dapat dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur di dalam lemari.

10 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari

1. Letakkan Kamper di Dalam Lemari

Letakkan Kamper di Dalam Lemari Cara Menghilangkan Jamur di Lemari

Cara menghilangkan jamur di lemari yang paling sederhana adalah meletakkan kamper (kapur barus) di dalam lemari kayu. Kamper bukan hanya sekedar untuk mengharumkan bagian dalam lemari, tapi bisa juga untuk mencegah pertumbuhan jamur pada serat-serat kayu. Bersihkan dulu jamur di lemari Anda, lalu letakkan kamper baru di dalam lemari.

Untuk lemari pakaian atau makanan sebaiknya gunakan kamper yang dilapisi oleh kemasan, bukan kamper bulat yang tidak dilapisi kemasan. Selain mudah diperoleh di mana saja, harga kamper ini sangat murah.

2. Oleskan Alkohol pada Sisi Lemari

Oleskan Alkohol pada Sisi Lemari

Bagaimana cara menghilangkan jamur di lemari sekaligus mencegahnya datang kembali? Setelah Anda membersihkan jamur di lemari dengan kain lap kering, lanjutkan dengan mengoleskan alkohol ke seluruh sisi lemari yang berjamur. Alkohol dapat membasmi jamur dan mencegah jamur kembali bertumbuh pada lemari kayu Anda.

Siapkan alkohol 70-80%, lalu ambil kapas dan basahi kapas tersebut dengan alkohol. Usapkan kapas ke seluruh bagian lemari, baik yang berjamur maupun tidak berjamur. Jamur yang masih tersisa pada serat kayu akan langsung mati ketika bersentuhan dengan alkohol.

3. Lapisi Lemari dengan Pernis atau Melamin

Lapisi Lemari dengan Pernis atau Melamin

* sumber: www.klikteknik.com

Ketika Anda membeli lemari kayu, tentu saja lemari tersebut sudah melewati tahapan finishing dengan menggunakan pernis atau melamin. Sayangnya, hal tersebut tidak dapat mencegah pertumbuhan jamur ketika Anda mulai menggunakan lemari tersebut.

Saat lemari Anda dihinggapi oleh jamur, bersihkan jamurnya dengan kain kering, lalu segera lapisi setiap sisi lemari kayu dengan pernis atau melamin. Cara ini berguna untuk mematikan jamur dan mencegahnya datang kembali. Asalkan Anda merawat lemari kayu dengan baik, tentu saja lemari tersebut akan terhindar dari jamur.

4. Berikan Alas di Dalam Lemari

Berikan Alas di Dalam Lemari

Jamur bertumbuh pada serat-serat kayu lemari Anda. Cara menghilangkan jamur di lemari sebenarnya sangat mudah. Setelah Anda membersihkan jamur yang masih menempel di lemari, lanjutkan dengan melapisi bagian dalam lemari dengan koran atau plastik bening.

Alas dari koran atau plastik ini dapat mencegah pertumbuhan jamur secara efektif. Selain itu, alas ini juga mencegah kayu lemari bersentuhan langsung dengan barang-barang yang berpotensi untuk menimbulkan jamur, seperti cairan atau makanan. Gantilah alas di dalam lemari ini setiap beberapa waktu untuk memastikan bahwa bagian dalam lemari tetap bersih agar terhindar dari jamur.

5. Gunakan Penyerap Kelembaban

Gunakan Penyerap Kelembaban

Apakah itu artinya Anda harus memasang dehumidifier (alat pengatur kelembaban udara) di dekat lemari yang berjamur? Boleh saja jika Anda menginginkan seperti itu. Pasalnya, kelembaban adalah salah satu faktor penyebab timbulnya jamur pada lemari kayu.

Akan tetapi, jika Anda tidak ingin membeli dehumidifier karena harganya juga cukup mahal, Anda dapat membeli produk penyerap kelembaban yang sudah banyak dijual di supermarket maupun di toko online. Produk ini dapat menyerap kelembaban di dalam lemari sehingga menjaganya tetap kering.

Lemari yang kering akan terbebas dari jamur. Jadi, silakan pilih untuk membeli dehumidifier atau produk yang dapat menyerap kelembaban dengan harga terjangkau.

6. Pasang Lampu Neon di Dekat Lemari

Pasang Lampu Neon di Dekat Lemari

* sumber: www.antijamur.net

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab lemari berjamur adalah minimnya pencahayaan di dalam ruangan tempat lemari itu diletakkan? Nah, cara menghilangkan jamur di lemari yang paling mudah adalah memasang lampu neon di ruangan tempat Anda meletakkan lemari. Lampu neon akan memberikan pencahayaan yang dapat mengusir jamur yang tumbuh di serat kayu lemari.

Bersihkan dulu jamur di lemari Anda, lalu pasang lampu neon di lemari. Membeli lemari dengan lampu yang otomatis menyala ketika pintu lemarinya dibuka juga bisa menjadi solusi untuk mencegah pertumbuhan jamur. Meskipun lampu lemari bukan jenis lampu neon yang penting ada pencahayaan di dalam lemari Anda.

7. Oleskan Cairan Pembersih Kayu

Oleskan Cairan Pembersih Kayu

Dewasa ini, Anda sudah bisa menemukan cairan khusus pembersih perabotan kayu dengan mudah. Cairan ini dirancang untuk membersihkan kotoran pada kayu sekaligus mengilapkan tampilan kayu hingga terlihat seperti baru. Namun cairan pembersih kayu ini juga dapat membasmi jamur yang tumbuh pada lemari.


Anda hanya perlu mengusap bagian lemari yang berjamur dengan cairan pembersih kayu. Kemudian angin-anginkan lemari agar cairan tersebut mengering dan tidak meninggalkan kelembaban. Setelah itu, jamurnya hilang dan lemari kayu Anda bebas dari jamur yang mengganggu.

8. Gosok dengan Jeruk Nipis dan Garam

Gosok dengan Jeruk Nipis dan Garam

* sumber: satriabajahitam.com

Salah satu cara menghilangkan jamur di lemari secara alami adalah menggunakan jeruk nipis dan garam sebagai bahan utamanya. Anda harus membuat larutan dari air perasan jeruk nipis dan garam dapur.

Setelah Anda membuat larutan alami ini, siapkan sikat gigi bekas dan celupkan sikat tersebut ke dalam larutan air jeruk nipis dan garam. Lanjutkan dengan menggosok bagian lemari yang berjamur dengan sikat gigi tersebut. Dijamin, jamurnya akan mati dan hilang serta tidak akan tumbuh lagi di area tersebut.

9. Oleskan Air dan Cuka

Cuka Cara Membersihkan Kerak di Kamar Mandi

Selain menggunakan jeruk nipis dan garam, Anda juga dapat memanfaatkan cuka. Sejatinya, Anda bisa langsung mengaplikasikan cuka ke seluruh bagian lemari. Akan tetapi, kandungan asam pada cuka sangat tinggi sehingga air dapat mengurangi keasaman cuka.

Usapkan larutan air dan cuka ini ke bagian lemari yang berjamur. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih yang kering. Perlu Anda ketahui bahwa cara ini mungkin dapat memudarkan warna lemari. Namun cuka dikenal sebagai bahan yang ampuh membasmi jamur dan mencegahnya datang kembali.

10. Bersihkan Lemari Secara Berkala

Bersihkan Lemari Secara Berkala

Kelembaban dan kurangnya pencahayaan merupakan faktor penyebab lemari kayu berjamur. Selain kedua hal tersebut, faktor kebersihan juga mempengaruhi pertumbuhan jamur di serat kayu. Lemari yang jarang dibersihkan akan berpotensi tinggi ditumbuhi jamur. Jadi, bersihkan lemari setidaknya sebulan sekali.

Gunakan kain kering untuk membersihkan bagian dalam lemari. Jika ingin menggunakan kain basah, angin-anginkan lemari sampai kering sebelum Anda menutup pintu lemarinya.

10 cara menghilangkan jamur di lemari ini bisa mulai Anda coba sekarang juga. Miliki lemari yang bersih dan bebas jamur agar Anda dapat meletakkan barang di dalamnya dengan aman.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram