Bacaterus / Tidur / 10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Ileran saat Tidur

10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Ileran saat Tidur

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kebiasaan ngiler saat tidur tidak hanya dialami oleh anak kecil. Orang dewasa juga bisa memiliki kebiasaan ngiler saat tidur. Sebenarnya, kebiasaan ini tidak berbahaya. Namun, coba pikirkan jika Anda tertidur di transportasi umum? Pasti memalukan kalau Anda ngiler dan dilihat banyak orang, bukan?

Buat Anda yang sering ngiler saat tidur, kebiasaan tersebut bisa dihilangkan kok. Bacaterus akan berbagi 10 cara menghilangkan ileran saat tidur yang paling ampuh. Dengan menerapkan 10 cara ini, kebiasaan ngiler saat tidur akan hilang seiring berjalannya waktu.

10 Cara Menghilangkan Ileran Saat Tidur

1. Atur Posisi Tidur

Atur Posisi Tidur Cara Menghilangkan Ileran Saat Tidur

Tidur menyamping atau tengkurap bisa menyebabkan Anda terus menerus mengiler. Gravitasi adalah salah satu pemicu kebiasaan ileran saat tidur. Cara menghilangkan ileran saat tidur adalah dengan mengubah posisi tidur menjadi telentang. Tidur telentang akan meminimalisir risiko mengiler saat tidur. Sekalipun mulut Anda terbuka saat tidur, air liur tidak akan menetes jika Anda tidur dengan posisi telentang.

2. Bernapas dari Hidung

Bernapas dari Hidung

Bagaimana bisa kita mengatur napas saat tidur? Bisa. Sebelum tidur, oleskan wewangian di bawah hidung Anda. Cara sederhana ini akan membuat Anda terbiasa bernapas dari hidung saat tidur. Ingat, bernapas dari mulut bukan kebiasaan yang baik.

Ketika mulut terbuka saat tidur, bagian dalam mulut bisa menjadi kering dan tenggorokan menjadi tidak nyaman saat bangun. Mulut yang terbuka dapat menyebabkan air liur terus menetes tanpa Anda sadari. Selain itu, bernapas dari mulut juga menimbulkan kebiasaan mendengkur, lho.

3. Tambah Ketinggian Bantal

Tambah Ketinggian Bantal

 

Mengiler disebabkan oleh genangan air liur yang terlalu penuh di dalam mulut. Secara tidak langsung, air liur yang sudah memenuhi mulut akan menetes ketika Anda tidur. Tidur dengan posisi telentang pun bisa membuat air liur tetap keluar dari mulut.

Satu-satunya cara menghilangkan ileran saat tidur adalah menambah ketinggian bantal. Tidur di atas bantal yang tinggi akan membuat posisi kepala jadi lebih tinggi. Nah, posisi kepala yang tinggi akan membuat air liur tertelan ke dalam tenggorokan sehingga tidak menggenang di dalam mulut. Alhasil, kebiasaan mengiler akan berkurang dengan sendirinya saat Anda berbaring di atas bantal yang tinggi.

4. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Minum air hangat sebelum tidur

Tahukah Anda bahwa bagian dalam mulut yang kering akan merangsang produksi air liur lebih banyak? Akibatnya, air liur yang telah menggenangi mulut akan keluar dengan sendirinya pada saat tidur. Solusi untuk mengurangi kebiasaan ngiler saat tidur adalah membiasakan diri untuk minum segelas air putih sebelum tidur.

Apabila Anda melakukan kebiasaan ini secara teratur, produksi air liur menjadi normal karena kelembaban bagian dalam mulut tetap terjaga. Tak hanya itu saja, segelas air putih yang Anda minum sebelum tidur juga dapat mengencerkan air liur. Tekstur air liur yang encer tentu lebih mudah ditelan ke dalam tenggorokan sehingga tidak menggenang di dalam mulut.

5. Latih Pernapasan

Latih Pernapasan

Cara menghilangkan ileran saat tidur bisa dimulai dengan melatih pernapasan. Pernapasan yang terganggu akan membuat mulut terbuka saat tidur. Selain itu, pernapasan yang buruk akan mengganggu produksi air liur. Mulailah untuk berlatih pernapasan setiap hari dengan cara berolahraga secara teratur.

Jika Anda menyukai olahraga berenang, tahan napas di dalam air selama beberapa detik juga bisa melatih pernapasan Anda, lho. Meditasi juga bisa membantu Anda untuk memiliki sistem pernapasan yang baik. Pernapasan yang baik tidak hanya menghilangkan kebiasaan ngiler, tapi juga mengurangi kebiasaan ngorok saat tidur.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Asam

Kurangi Konsumsi Makanan Asam

Suka makan manisan yang asam? Tak ada salahnya jika Anda menggemari makanan asam, tetapi sebaiknya kurangi kebiasaan konsumsi makanan asam sebelum tidur. Makanan asam dapat meningkatkan produksi air liur. Hal tersebut tentu saja memicu kebiasaan ileran saat tidur.

Kalau ingin menghilangkan kebiasaan ileran, sebaiknya konsumsi makanan asam maksimal tiga jam sebelum tidur. Setelah itu, minumlah air putih sebanyak mungkin untuk menghilangkan tingkat keasaman di dalam rongga mulut.

7. Kenali Kondisi Kesehatan Diri Sendiri

Kenali Kondisi Kesehatan Diri Sendiri

Kesehatan tubuh juga mempengaruhi produksi air liur. Saat Anda sakit dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, bisa jadi obat tersebut memiliki efek samping meningkatkan produksi air liur. Coba perhatikan kebiasaan ngiler Anda setelah berhenti minum obat. Jika Anda tidak lagi ileran setelah berhenti minum obat, maka obat yang dulu Anda konsumsi merupakan penyebab Anda ileran saat tidur.

Selain obat, kondisi kesehatan Anda juga mempengaruhi produksi air liur. Misalnya, ketika Anda mengalami infeksi gusi atau gigi, alergi hidung, dan gangguan di sekitar tenggorokan maupun telinga maka produksi air liur semakin meningkat. Apabila Anda mengalami sejumlah gangguan kesehatan tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter yang tepat agar Anda memperoleh pengobatan yang terbaik.

8. Istirahat Teratur

Istirahat Teratur

Kelelahan juga merupakan faktor penyebab seseorang memiliki kebiasaan ngiler saat tidur. Cara menghilangkan ileran saat tidur adalah istirahat yang cukup dan pastikan Anda tidur sebanyak 7-8 jam setiap hari.

Tubuh yang terlalu lelah akan membuat tidur jadi terlalu nyenyak. Tidur yang terlampau nyenyak bisa membuat mulut terbuka dan air liur yang menggenang di dalam mulut menetes keluar. Istirahat bukan hanya sekedar menghilangkan kebiasaan ileran, lho. Dengan istirahat teratur, tubuh Anda menjadi lebih bugar dan bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas.

9. Terapi Uap Panas

Terapi Uap Panas

Ileran juga dapat disebabkan karena sinus tidak bersih. Akibatnya, tanpa disadari, saat tidur Anda bernapas melalui mulut dan meningkatkan risiko ileran. Cobalah terapi dengan uap panas untuk membersihkan sinus Anda. Saluran sinus yang bersih akan membuat Anda terbiasa bernapas melalui hidung saat tidur dan meminimalkan risiko ngiler.

Sediakan baskom berisi air hangat. Teteskan minyak esensial jika Anda ingin menghirup uap panas yang harum. Tutupi kepala dengan handuk bersih dan dekatkan wajah ke arah baskom berisi air panas. Hirup uap panas yang keluar secara dalam-dalam untuk membersihkan sinus. Lakukan terapi ini setiap malam sebelum tidur.

10. Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas Sebelum Tidur

Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas Sebelum Tidur

Makanan pedas memiliki efek yang sama dengan makanan asam, di mana keduanya berpotensi meningkatkan produksi air liur. Makanan pedas akan merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak air guna menghilangkan rasa pedas yang membakar di dalam mulut.

Apabila Anda ingin menghentikan kebiasaan ileran saat tidur, berhentilah mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur. Anda boleh makan yang pedas-pedas setiap hari, tapi hindari konsumsi makanan pedas kurang dari tiga jam sebelum waktu tidur Anda.

10 cara menghilangkan ileran saat tidur ini bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Walaupun tidak berbahaya, ileran saat tidur cukup mengganggu jika terjadi di tempat umum atau saat tidur bersama keluarga, sahabat, atau pasangan. Jika ingin menghilangkan kebiasaan ngorok saat tidur, silakan baca artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *