Bacaterus / Serba Serbi / Cara Menghilangkan Getah Pisang dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Getah Pisang dengan Mudah dan Cepat

Getah pisang dapat mencemari kulit dan pakaian ketika kita menebang batang pohon pisang. Tak hanya di kulit dan pakaian saja, getah juga akan melekat di pisau yang dipakai untuk menebang pohon pisang. Jika dibiarkan begitu saja, getah pisang akan mengering di pakaian atau di benda lain yang tidak sengaja terpapar. Alhasil, getah yang sudah kering akan jadi semakin sulit untuk dibersihkan.

Anda tak perlu khawatir karena getah pisang yang menempel di kulit, baju, dan benda lainnya bisa dibersihkan. Bahkan, sekalipun getah pisang yang sudah mengering, kita tetap dapat membersihkannya. Kali ini, Bacaterus akan memberikan tips dan cara menghilangkan getah pisang yang paling ampuh.

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Kulit

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Kulit

Ketika sedang panen buah pisang atau menebang batang pohonnya, tangan kita juga berisiko terkena getah pisang. Getah ini akan terasa lengket dan pekat pada kulit sehingga lama kelamaan akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Cara menghilangkan getah pisang pada tangan atau bagian tubuh lain sebenarnya sangat mudah. Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk segera menghilangkan getah pisang di kulit:

  1. Oleskan segala jenis minyak yang biasa dipakai untuk memasak (boleh minyak sayur, minyak zaitun, minyak canola, sampai dengan margarin) pada bagian yang terkena getah.
  2. Gosok minyak di bagian kulit yang terkena getah.
  3. Setelah itu, bilas kulit dengan menggunakan air hangat.
  4. Cuci kembali bagian tubuh yang terkena getah pisang dengan sabun pencuci tangan.
  5. Gosok sabun di bagian kulit yang terkena getah sampai rasa lengket akibat getah tersebut hilang.
  6. Bilas tangan dengan menggunakan air bersih.

Segera bersihkan getah pisang yang menempel pada kulit agar tidak menyebabkan rasa gatal. Selain menggunakan minyak yang biasa dipakai untuk memasak, Anda juga bisa menggunakan alkohol atau aseton (cairan untuk menghilangkan cat kuku). Alkohol memiliki kemampuan untuk melunturkan getah yang sudah mengering di kulit Anda.

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju Putih

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju Putih

Getah pisang yang mencemari baju putih akan meninggalkan noda yang lama kelamaan bisa menjadi noda permanen. Zat-zat di dalam getah yang masuk ke serat pakaian akan membuatnya semakin sulit untuk dibersihkan. Berikut adalah panduan cara menghilangkan getah pisang di baju putih yang bisa segera Anda coba di rumah:

  1. Sebelum mencuci baju putih yang terkena getah, teteskan sabun pencuci tangan (kalau bisa yang tidak berwarna) pada bagian baju yang ternoda getah.
  2. Gosok noda tersebut dengan sikat gigi bekas sampai nodanya benar-benar hilang.
  3. Setelah itu, bilas baju dengan air untuk mengetahui apakah nodanya sudah luntur.
  4. Apabila noda belum luntur, tuang air perasan jeruk nipis ke atas bagian baju yang ternoda getah. Gosok dengan sikat gigi bekas dan bilas dengan air hangat.
  5. Lanjutkan mencuci pakaian dengan menggunakan deterjen anti noda untuk memastikan bahwa noda getah di baju putih benar-benar terangkat.

Untuk kasus baju putih yang ternoda getah, dapatkah kita menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda getah tersebut? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa merendam baju putih yang ternoda getah pada larutan air dan pemutih pakaian.

Akan tetapi, perhatikan petunjuk perawatan pakaian yang biasa tertera pada baju. Pasalnya, ada beberapa jenis baju yang tidak bisa direndam di dalam cairan pemutih.

Cara Menghilangkan Getah Pisang pada Pakaian Berwarna

Cara Menghilangkan Getah Pisang pada Pakaian Berwarna

Tahukah Anda bahwa cara menghilangkan getah pisang pada pakaian berwarna cenderung lebih sulit ketimbang menghilangkan noda di baju putih. Pakaian berwarna lebih mudah luntur, sehingga kita harus ekstra hati-hati saat membersihkan noda getah pisang yang membandel.

Apabila pakaian berwarna kesayangan Anda ternoda getah pisang, cobalah untuk menghilangkan getahnya dengan bahan-bahan berikut ini sebelum dicuci dengan deterjen:

  • Cuka dan Garam

Bahan yang satu ini hanya bisa untuk mengangkat getah pisang yang baru menodai baju berwarna Anda. Jika nodanya sudah mengering lama, maka Anda tidak bisa menggunakan bahan-bahan ini.

Tuangkan cuka dan garam secukupnya ke bagian baju yang ternoda, lalu kucek atau gosok dengan sikat gigi bekas sampai noda getahnya benar-benar hilang. Setelah itu, bilas dengan air untuk memastikan noda getahnya sudah hilang.

  • Jeruk Nipis

perasan jeruk nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang bisa menghilangkan noda di baju. Gunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda getah pisang pada pakaian berwarna. Caranya cukup mudah, potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Peras air jeruknya langsung di atas baju yang terkena noda. Setelah itu, gosokkan bagian dalam jeruk nipis yang sudah dipotong itu ke bagian yang terkena noda.

Setelah menghilangkan getah dengan bahan-bahan di atas, Anda bisa langsung mencuci pakaian berwarna dengan deterjen anti noda. Usahakan untuk memakai deterjen cair karena bentuknya yang cair lebih mudah terserap dalam serat pakaian sehingga dapat mengangkat getah yang mengendap pada serat pakaian.

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Pisau dan Lantai

Cara Menghilangkan Getah Pisang di Pisau dan Lantai

Getah pisang juga berpotensi menetes pada lantai jika Anda membawa pisang yang baru dipanen dan getahnya masih segar. Selain itu, pisau atau golok yang Anda pakai untuk menebang pisang dan batang pohonnya juga pasti terkena getah pisang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan getah pisang di pisau dan lantai yang efektif. Simak cara selengkapnya berikut ini:

  • Pisau

Pisau

Untuk menghilangkan getah pisang yang menempel pada pisau, Anda bisa memanaskan sedikit minyak sayur atau minyak zaitun. Kemudian, tuangkan minyak pada pisau yang terkena getah pisang tersebut.

Diamkan selama beberapa saat agar getah pisang yang sudah mengering dapat luntur. Setelah itu, rendam pisau di dalam air panas yang mendidih selama beberapa menit. Apabila sudah selesai, angkat pisau dan siram dengan air dingin, lalu cuci kembali pisau dengan sabun cair pencuci piring.

  • Lantai

Lantai

Getah pisang menetes dan mengering di lantai sejatinya bisa dibersihkan dengan menggunakan karbol wangi. Bahan kimia yang cukup keras di dalam karbol dapat menghilangkan getah pisang yang mengering di lantai seketika. Setelah disiram dengan karbol wangi, bilas dengan air bersih, lalu lanjutkan dengan mengepel lantai menggunakan cairan pembersih lantai.

Berbagai tips dan cara menghilangkan getah pisang pada kulit, baju, dan benda-benda lainnya ini bisa langsung Anda praktikan segera. Jangan tunggu sampai getah pisangnya mengering dan lebih sulit untuk dibersihkan.

Tips agar getah pisang tidak menetes ke mana-mana adalah, setelah Anda memotong batang atau pisang dari pohonnya, siapkan air panas dan 1 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, celupkan buah pisang atau batang yang masih mengeluarkan getah ke dalam air panas.

Setelah itu, keluarkan dan keringkan segera dengan kain bekas yang sudah tidak terpakai. Untuk mencegah getah pisang menodai baju, sebaiknya gunakan celemek saat memotong pisang dari pohonnya. Beri jarak sedikit antara tubuh dan pohon pisang agar getahnya tidak terciprat ke tubuh Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment