Bacaterus / Serba Serbi / Cara Menghilangkan Getah Nangka yang Cepat dan Mudah

Cara Menghilangkan Getah Nangka yang Cepat dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2018

Nangka adalah buah yang berukuran cukup besar. Buah ini juga menghasilkan getah yang cukup banyak ketika dipotong dari pohonnya. Getah nangka ini dapat mengotori tangan, baju, sampai dengan pisau yang dipakai untuk memotong buah tersebut. Kalau tidak segera dibersihkan, getahnya akan mengering dan semakin sulit untuk dihilangkan.

Bacaterus memiliki beberapa tips dan cara menghilangkan getah nangka yang benar. Jadi, apabila ada getah nangka di tangan, di baju, atau di pisau yang dipakai untuk memotong buah nangka, Anda tidak perlu bingung mencari cara untuk membersihkannya. Selain itu, kami juga akan berbagi cara mencuci buah nangka sampai bersih untuk menghilangkan getah dan kotorannya.

Cara Menghilangkan Getah Nangka di Tangan

Cara Menghilangkan Getah Nangka di Tangan

* sumber: www.jitunews.com

Saat Anda membawa buah nangka yang getahnya masih menetes, tentu saja tangan Anda akan terkena getahnya pula. Bahkan, ketika Anda memotong buah nangka dari pohonnya, potensi tangan terkena getah nangka juga semakin besar. Getah yang dibiarkan mengering di tangan bisa membuat kulit terasa lengket dan gatal.

Ada beberapa cara menghilangkan getah nangka di tangan yang benar. Sebaiknya, segera gunakan bahan-bahan berikut ini ketika tangan Anda tidak sengaja menyentuh getah nangka:

  • Minyak Goreng

Gunakan minyak goreng baru yang belum dipakai untuk menggoreng apapun untuk menghilangkan getah nangka di tangan. Tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu gosokkan di tangan yang terkena getah.

Minyak goreng juga bisa dipakai pada bagian tubuh lain yang tekena noda getah nangka. Setelah menggosok kulit yang terkena getah, bilas dengan air bersih dan cuci dengan sabun mandi. Lakukan langkah yang sama sampai getah nangkanya hilang.

  • Minyak Tanah

Minyak tanah

Walaupun aromanya sangat menyengat, minyak tanah dapat menghilangkan getah nangka di tangan maupun bagian tubuh lain secara cepat. Tuangkan sedikit minyak tanah ke telapak tangan, lalu gosok sampai getahnya hilang. Segera bilas tangan Anda dengan air bersih, lalu cuci kembali dengan sabun pencuci piring atau sabun colek sampai bau minyak tanahnya hilang.

Cara Menghilangkan Getah Nangka di Baju

Cara Menghilangkan Getah Nangka di Baju

Jangan keburu membuang baju yang ternoda getah nangka. Pasalnya, baju tersebut masih bisa diselamatkan asal Anda menggunakan bahan-bahan yang tepat untuk membersihkannya. Deterjen saja tidak cukup untuk menghilangkan noda getah di baju. Berikut ini adalah panduan cara menghilangkan getah nangka pada pakaian dengan menggunakan beberapa bahan yang tepat:

  • Tepung Kanji

Apabila ada pakaian yang ternoda getah nangka, segera rendam pakaian tersebut di dalam air agar getahnya tidak mengering. Buatlah adonan dari air dengan tepung kanji, lalu oleskan adonan tersebut ke bagian baju yang ternoda getah nangka.

Setelah itu, gosok baju dengan sikat gigi bekas sampai getah nangkanya benar-benar hilang. Ulangi cara yang sama apabila getah nangkanya masih menempel pada pakaian.

  • Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan noda getah nangka pada pakaian putih maupun berwarna, Anda bisa mengandalkan jeruk nipis. Buah yang satu ini juga dikenal ampuh untuk menghilangkan getah pisang pada pakaian.

Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada bagian baju yang ternoda getah. Apabila noda getahnya sudah mengering, bantu mengangkatnya dengan menggosoknya pakai sikat gigi bekas.

  • Mentega

Yang satu ini hanya bisa dipakai untuk menghilangkan getah nangka pada pakaian berwarna. Pasalnya, jika Anda menggunakan mentega untuk menghilangkan getah nangka pada pakaian putih, maka noda menteganya akan membekas pada pakaian putih.

Oleskan mentega pada noda getah nangka, lalu gosok dengan kuku atau sikat gigi bekas. Bilas dengan air bersih untuk sambil terus digosok agar nodanya terkikis.

  • Pemutih Pakaian

Apabila yang ternoda getah nangka adalah pakaian putih, Anda boleh menggunakan pemutih pakaian yang mengandung klorin. Pemutih dapat melunturkan noda getah nangka secara cepat dan efektif. Cukup rendam baju putih di dalam air bersih yang sudah dicampur dengan pemutih pakaian secukupnya, lalu tunggu sampai beberapa menit baru angkat baju tersebut.

Bahan-bahan di atas memang dapat menghilangkan noda getah nangka pada pakaian. Namun, baca kembali petunjuk perawatan pakaian yang tertera di baju. Ada pakaian yang tidak bisa dicuci atau tidak bisa diberi pemutih. Sebaiknya, ikuti petunjuk perawatan pakaian agar tidak merusak serat pakaian.

Cara Menghilangkan Getah Nangka di Pisau

Cara Menghilangkan Getah Nangka di Pisau

Bagaimana cara menghilangkan getah nangka yang melekat pada pisau? Apakah kita harus membuang pisau yang sudah ternoda getah nangka? Tak perlu membuang pisau tersebut karena sejatinya Anda bisa menghilangkan noda getah nangka tersebut meskipun sudah mengering. Berikut adalah panduan cara untuk menghilangkan getah nangka yang melekat di pisau:

  1. Nyalakan api kompor sedang.
  2. Letakkan mata pisau yang ternoda getah nangka di atas api kompor tersebut.
  3. Diamkan selama beberapa detik agar getah nangka yang sudah mengering dapat mencair karena dipanaskan di atas api.
  4. Ambil kain yang sudah tidak terpakai untuk mengelap pisau.
  5. Lanjutkan dengan merendam pisau di air bersih dan mencucinya dengan sabun cair pencuci piring.

Selain menggunakan api, Anda juga bisa menggunakan biji nangka untuk membersihkan getah nangka pada pisau. Biji nangka mengandung air dan minyak yang bisa mengangkat getah yang menempel pada pisau maupun talenan.

Cara Mencuci Buah Nangka yang Benar

Cara Mencuci Buah Nangka yang Benar

Buah nangka harus dicuci dulu untuk menghilangkan sisa kotoran dan getah yang masih menempel. Tujuannya agar saat dipotong, buah ini tidak mengotori talenan dan lantai. Ketika baru dipotong dari pohonnya, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu sebelum dipotong. Berikut adalah cara mencuci buah nangka yang benar sebelum dipotong dan dikupas:

  1. Siapkan air hangat yang sudah dicampur dengan 1-2 sendok makan minyak sayur.
  2. Rendam buah nangka di dalam larutan air dan minyak tersebut.
  3. Setelah itu, angkat buah nangka dan keringkan dengan kain yang sudah tidak terpakai.
  4. Jika ingin mencuci dengan sabun pencuci piring, pastikan bahwa tidak ada kulit yang berlubang agar residu sabunnya tidak masuk ke dalam daging buah. Setelah itu, bilas sampai bersih sebelum dipotong dan dikupas.

Apakah bagian isinya juga perlu dicuci? Jika bagian daging buahnya tidak terkena getah maka tidak perlu dicuci. Jika terkena getah, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat saja.

Panduan cara menghilangkan getah nangka dan cara mencuci buahnya ini sangat bermanfaat bagi Anda yang baru saja memanen buah nangka. Getah hanya akan menodai tangan dan baju ketika buahnya baru dipanen dari pohonnya. Jika Anda membeli nangka yang sudah lama dipanen atau sudah dipotong-potong, biasanya sudah tidak ada getah yang menempel.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment