Bacaterus / Presentasi / Inilah 10 Cara Menghilangkan Gemetaran Saat Gugup

Inilah 10 Cara Menghilangkan Gemetaran Saat Gugup

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah tidak Anda merasa gemetar hebat pada tangan atau sekujur tubuh ketika sedang gugup menghadapi suatu hal? Gemetar yang Anda rasakan adalah bentuk rasa cemas yang berlebihan atau grogi saat harus melakukan hal yang mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Biasanya, gemetar ini tidak hanya dirasakan pada tubuh, tapi juga bisa membuat suara gemetar.

Kondisi gemetar saat presentasi, menulis, atau ketika harus tampil di depan umum memang dapat mengganggu. Gemetar tersebut juga dapat berimbas pada kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba 10 cara menghilangkan gemetaran saat gugup yang direkomendasikan oleh Bacaterus ini.

10 Cara Menghilangkan Gemetaran Saat Gugup

1. Tarik dan Buang Nafas Berkali-kali

Cara Menghilangkan Gemetaran Saat Gugup

Cara menghilangkan gemetaran saat gugup yang paling sederhana adalah menarik dan membuang nafas berkali-kali. Ini adalah cara terbaik untuk menenangkan perasaan Anda yang grogi, cemas, atau takut dalam menghadapi suatu hal.

Dengan menarik dan membuang nafas beberapa kali, kondisi jiwa Anda akan lebih tenang. Ketika perasaan sudah mulai tenang, gemetar yang Anda rasakan pasti akan hilang secara perlahan-lahan. Lakukan cara ini setiap kali Anda merasa gemetar karena gugup.

2. Bicara dengan Orang Terdekat Anda

Bicara dengan Orang Terdekat Anda

Gemetar yang terjadi saat Anda harus mengahadapi situasi yang membuat Anda gugup bisa diredakan dengan berbicara kepada orang terdekat Anda. Berbicara hal-hal ringan bisa menghilangkan rasa grogi Anda. Sejenak, Anda akan melupakan penyebab gugup yang membuat tangan jadi gemetar hebat.

Bila perlu bicaralah dengan orang yang Anda percaya agar Anda bisa berterus terang mengenai hal-hal yang membuat Anda menjadi gugup. Jika orang terdekat Anda memberikan support kepada Anda, tentu itu akan lebih efektif menghilangkan gemetar pada tubuh Anda.

3. Alihkan pada Suatu Hal

Alihkan pada Suatu Hal

Apakah Anda merasa gugup saat presentasi di depan banyak orang? Hal tersebut sangat wajar, terutama jika Anda memang belum terbiasa tampil di hadapan banyak orang. Apalagi perasaan khawatir bahwa presentasi Anda tidak dapat diterima oleh audience juga bisa membuat tangan semakin gemetar dan berkeringat.

Yuk, alihkan pada suatu hal yang berhubungan dengan penampilan Anda. Misalnya, pikirkan saja materi presentasi yang akan ditampilkan nanti. Buat otak Anda berpikir keras menghafal materi yang akan dipresentasikan.

Cara ini juga berlaku bagi Anda yang merasa gugup ketika harus bertemu dengan seseorang. Anda bisa mengalihkan perasaan gugup Anda dengan menyusun pembicaraan dan sikap saat Anda hendak bertemu dengan seseorang tersebut.

4. Ubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Ubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Pernahkah Anda merasa grogi saat mengerjakan suatu hal yang menurut orang lain sepele? Misalnya, tangan Anda gemetar saat menulis karena Anda panik tidak bisa mengerjakan soal ujian. Sudah saatnya untuk menerapkan cara menghilangkan gemetaran saat gugup, terutama ketika menulis atau presentasi.

Ubah pikiran negatif dan segala bentuk kekhawatiran Anda menjadi pikiran yang positif. Misalnya, ketika Anda berpikir “Aku tidak bisa melakukannya” atau “Aku tidak pantas” segera ubah pikiran tersebut menjadi “Akulah yang terbaik” atau “Aku bisa menangani hal ini.” Mengubah pikiran negatif menjadi positif bisa meredakan rasa gemetar yang Anda rasakan ketika gugup.

5. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Tremor atau gemetar yang Anda rasakan karena gugup bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan pada saraf-saraf tubuh Anda. Sementara, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat memberikan efek negatif pada sistem saraf pusat dan mengakibatkan tubuh menjadi gemetar.

Menurut studi yang terdapat dalam Journal of Neurology Neurosurgery and Psychiatry, konsumsi minuman beralkohol setiap hari dapat melipatgandakan risiko tremor esensial. Jadi, jika Anda sering gemetar ketika sedang gugup, sebaiknya mulailah mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Alih-alih menenangkan, minuman alkohol justru membuat gemetar yang Anda rasakan jadi semakin hebat.

6. Terima Diri Sendiri dan Tidak Menjadi Perfeksionis

Terima Diri Sendiri dan Tidak Menjadi Perfeksionis

Tahukah Anda bahwa rasa gugup terkadang datang karena perasaan yang belum menerima kekurangan diri sendiri dan selalu ingin menjadi yang terbaik? Boleh saja jika Anda ingin menjadi yang terbaik, tetapi alangkah lebih baik jika Anda berdamai dengan diri sendiri dan menerima semua kekurangan yang terdapat dalam diri Anda.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencapai target tertinggi, pastikan Anda mencapai target minimalnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih tenang ketika mengerjakan segala sesuatu hal.

7. Perbanyak Latihan Meditasi

Perbanyak Latihan Meditasi

Yoga dan meditasi adalah kombinasi latihan yang paling cocok sebagai cara meredakan rasa gugup. Cara menghilangkan gemetaran saat gugup adalah Anda harus menghilangkan rasa gugupnya terlebih dahulu. Dengan melakukan latihan yoga dan meditasi, maka Anda bisa lebih tenang dalam menghadapi segala hal, termasuk hal yang selama ini Anda takutkan dan khawatirkan.

Duduklah bersila di tempat yang tenang, pusatkan pikiran pada satu titik (lebih baik memikirkan hal yang bisa membuat bahagia). Latihan meditasi seperti ini dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga risiko mengalami tremor saat gugup juga berkurang.

8. Tidak Mengkonsumsi Kafein Berlebihan

Tidak Mengkonsumsi Kafein Berlebihan

Ada yang mengatakan bahwa minuman yang mengandung kafein, seperti teh, bisa membuat suasana hati jadi lebih tenang. Ya, kafein memang dapat meningkatkan produksi dopamin, zat neurotransmitter yang mengaktifkan pusat kesenangan di dalam otak.

Akan tetapi, konsumsi kafein berlebihan juga dapat menghasilkan hormon adrenalin. Terlalu banyak hormon adrenalin juga dapat membuat seseorang jadi sulit tidur dan sistem koordinasi tubuh jadi terganggu. Salah satu gejala yang dirasakan ketika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi kafein adalah tangan jadi gemetar.

9. Atur Waktu Tidur yang Baik

Atur Waktu Tidur yang Baik

Apa hubungan antara gemetar saat gugup dengan memiliki waktu tidur yang lebih baik? Rasa lelah yang dikombinasikan dengan kurangnya waktu tidur dapat melemahkan kemampuan Anda dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stres. Akibatnya, Anda menjadi cepat merasa gugup dan tidak membawa diri Anda sendiri.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda memiliki waktu tidur sebanyak 7-8 jam setiap malam. Tubuh yang lebih segar akan memudahkan Anda dalam menghadapi masalah tanpa rasa cemas.

10. Hindari Kebiasaan Merokok

Hindari Kebiasaan Merokok

Pernah melihat orang yang stres atau gugup justru menghisap rokoknya dalam-dalam? Lalu, apakah mereka memperoleh ketenangan? Jawabannya adalah tidak. Alih-alih memperoleh ketenangan, justru tubuh jadi semakin gemetar tidak karuan.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan nikotin yang menumpuk pada jaringan tubuh sehingga menyebabkan aliran darah menjadi terhambat. Selain itu, nikotin juga merangsang produksi hormon adrenalin yang membuat tubuh jadi gemetar semakin hebat. Cara menghilangkan gemetaran saat gugup yang paling ampuh adalah dengan menghindari kebiasaan merokok.

Itulah sejumlah cara menghilangkan gemetaran saat gugup yang bisa Anda coba. Sejatinya, gemetar yang Anda rasakan ketika gugup disebabkan karena emosi dalam diri Anda. Seharusnya Anda tidak perlu berkonsultasi ke psikiater atau dokter karena Anda bisa menghilangkan gemetar akibat perasaan gugup atau cemas itu sendiri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

12 Responses

  1. Knpa yh kalau mau disuruh maju sma guru badan dan tangan ku bergetar hebat

    1. Mungkin karena belum terbiasa. Jika sudah terbiasa, pasti tidak akan gemetaran lagi. Terima kasih. 🙂

    2. Trimakasih.atas pemberitahuannya nya,
      Trus Trang saya tadi idul Fitri sampe tidak mengerjakan shalat id karena banyak orang yang tidak saya kenal.karna itulah badan saya gemetar tidak bisa berdiri ,mudah2an dengan cara ini saya bisa menghilangkan kebiasaan buruk saya

      1. Semoga berhasi ya. ?

  2. Kenapa ya setiap aq melakukan pekerjaan tanganku selalu gemetaran terus? Terimakasih

    1. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit untuk diperiksa penyebabnya. Terima kasih.

  3. Ini masalah saya semua badan rasanya begetar kalo di duru tampil

  4. Kenapa yah setiap mau mengumandangkan adzan tubuh sllu bergetar

  5. terus terang gw lebih benci dengan gerogi, di banding kemampuan saya, karena di saat gerogi semua kemampuan saya hilang,dan itu membuat saya susah berkembang.dan nggk tau kenapa saya sangat mudah gerogi. apa saya perlu ke psikolog ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *