Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Menghilangkan Dagu Berlipat alias Double Chin

10 Cara Menghilangkan Dagu Berlipat alias Double Chin

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Setujukah Anda kalau ¼ dari tubuh kita adalah lemak? Pasalnya, lemak tersebar di mana-mana. Lemak ada di lengan, tangan, betis, paha, bahkan leher dan wajah. Lemak tentu dibutuhkan oleh tubuh kita. Tapi, kalau berlebihan, lemak dapat menimbulkan penyakit dan bentuk tubuh jadi tidak ideal. Begitu pula dengan lemak berlebih pada area wajah, khususnya dagu.

Orang yang gemuk wajar jika memiliki pipi tembam. Tapi, ada juga yang chubby-nya beralih ke dagu, sehingga menciptakan dagu berlipat atau lebih dikenal dengan sebutan double chin. Tentu saja lipatan di dagu sangat mengganggu penampilan. Rasanya jadi tidak percaya diri mau pakai pakaian berleher rendah.

Tapi, tenang saja, karena ada cara menghilangkan dagu berlipat. Bacaterus akan menjelaskan semuanya di bawah ini.

10 Cara Menghilangkan Dagu Berlipat

1. Senam Wajah

Olahraga, yuk! Cara menghilangkan dagu berlipat yang pertama adalah dengan melakukan exercise dagu. Ada beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan. Pertama-tama, bukalah mulut selebar yang Anda bisa. Kedua, julurkan lidah Anda sepanjang-panjangnya sampai mentok. Tahan gerakan ini selama 10 hitungan. Lakukan ulang gerakan ini sebanyak 10X setiap harinya.

Ada juga gerakan pout and tilt. Berbeda dari gerakan sebelumnya yang mengharuskan Anda membuka mulut selebar-lebarnya, kali ini Anda harus mengerucutkan mulut sekecil-kecilnya. Lalu, simpan satu jari Anda di bawah dagu. Sambil melakukan gerakan ini, tarik dagu Anda turun hingga menyentuh leher. Tahan gerakan ini sebanyak 10 hitungan. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti gerakan yang ada di video di atas.

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet

* sumber: greatist.com

Selain senam wajah, mengunyah permen karet termasuk juga dalam cara menghilangkan double chin. Ketika mengunyah sesuatu yang chewy seperti permen karet, otot rahang Anda akan tertarik sehingga jadi area rahang akan jadi lebih kencang.

Tapi, ada yang perlu Anda perhatikan. Jangan pernah mengunyah permen karet lebih dari 10 menit dalam sehari. Apalagi jika permen karetnya yang itu-itu saja. Selain dapat membuat otot rahang lelah, tidak berhenti dalam waktu kurang dari 10 menit dan dengan tidak mengganti permen karet tidak bagus untuk kesehatan mulut.

3. Makan Melon

Makan Melon

Melon adalah buah yang agak keras namun berair, jadi tekstur dalamnya lembut. Dengan mengunyah melon, otot rahang Anda bisa sekalian olahraga. Lalu, kelebihan buah melon adalah kadar airnya yang tinggi. Kandungan air dalam melon dapat membuang racun dan lemak berlebih dari tubuh.

Selain dimakan, Anda bisa juga membuat masker melon lalu diaplikasikan pada area dagu. Anda cukup mem-blender melon dan langsung menempelkannya pada dagu dan leher. Tunggu masker melon mengering (mungkin sekitar 30 menit), lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker melon sebanyak 2X dalam seminggu.

4. Minum Air Putih

Minum Air Putih cara menghilangkan dagu berlipat

Kurang minum air putih dapat mengarahkan Anda pada berbagai macam masalah, baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan. Jika Anda punya lemak berlebih, yang kebetulan nyangkut juga di dagu, minum air putih merupakan jawabannya.

Air putih dapat menurunkan bobot tubuh dengan cara menghancurkan lemak dan membuangnya bersamaan dengan urine. Jadi, minimal Anda harus minum 8 gelas air putih setiap harinya untuk mendapatkan dagu V-shape seperti artis-artis Korea Selatan.

5. Masker Putih Telur

 Masker Putih Telur

* sumber: www.youtube.com

Gelambir di bawah dagu dapat dikurangi bahkan dihilangkan dengan menggunakan putih telur. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa putih telur berguna untuk mengencangkan kulit. Gunakanlah masker putih telur di area dagu untuk membuatnya jadi lebih kencang.

Campur putih telur + susu + madu + perasan lemon atau jeruk nipis + minyak kecantikan (tea tree oil, dll), aduk rata. Gunakan campuran masker ini selama 15 menit atau sampai masker terasa kencang di kulit. Jika sudah, bilas dagu Anda dengan air dingin. Masker ini dapat Anda gunakan sebanyak 3X dalam satu minggu.

6. Tidur Tanpa Bantal

Tidur Tanpa Bantal

Terapi juga termasuk dalam cara menghilangkan lemak di dagu. Terapi di sini adalah dengan membiasakan diri tidur tanpa bantal. Ya, cara menghilangkan lemak di dagu yang selanjutnya adalah dengan tidur di bidang datar. Bantal, walaupun ukurannya tidak terlalu tebal, akan membuat kepala menekuk yang menjadi pemicu terjadinya gelambir pada dagu. Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk tidur tanpa bantal.

7. Tertawa

Tertawa

Haha-hihi merupakan kegiatan kita setiap hari. Ternyata, hal simpel seperti tertawa juga berpengaruh dalam bentuk dagu kita, loh. Tertawa akan membakar lemak dalam tubuh, terutama lemak pada area wajah dan leher. Tertawa juga menarik otot rahang ke atas dan ke bawah, sehingga double chin akan menyusut dengan sendirinya jika Anda sering tertawa.

8. Facial

Facial

Facial merupakan perawatan wajah yang paling sering dilakukan orang-orang. Dalam gerakan facial, kulit wajah dan leher akan ditarik ke atas. Lalu, gerakan-gerakan lainnya dalam facial juga berguna untuk meremajakan, mengencangkan, mengenyalkan, dan menutrisi kulit. Peredaran darah juga akan jadi lebih lancar. Pokoknya, facial merupakan hal yang penting Anda lakukan kalau ingin menghilangkan dagu berlipat.

Tapi, Anda tidak boleh sering-sering melakukan facial, karena dalam facial, kulit Anda akan dikikis (scrubbing) dan pori-pori kulit akan dibuka dan ditutup. Jadi, Anda harus memberi waktu kulit Anda “bernapas” sebelum melakukan facial yang selanjutnya. Paling banyak Anda hanya boleh facial 2X dalam sebulan.

9. V-Shaper

 V-Shaper cara menghilangkan dagu berlipat

Cara menghilangkan dagu berlipat yang ke-9 adalah dengan menggunakan V-shaper. Produk ini menargetkan pasar orang-orang yang ingin punya wajah V-shape seperti standar kecantikan warga Korea Selatan. Anda bisa membeli produk serupa secara online di Lazada melalui link ini.

10. Injeksi Kybella

Injeksi Kybella

* sumber: secretmedspa.com

Cara menghilangkan dagu berlipat yang terakkhir adalah injeksi kybella. Treatment ini belum terlalu ngetren di Indonesia, tapi di luar negeri banyak orang yang sudah mengetahui dan memilih cara ini. Kybella dapat membantu Anda mengurangi gelambir pada dagu. Cara kerja injeksi kybella adalah menghancurkan membran sel lemak yang akan dikeluarkan secara normal oleh metabolisme tubuh.

Karena hanya berupa injeksi, kybella merupakan treatment penghancur lemak tanpa prosedur operasi. Walaupun begitu, Anda harus melakukan injeksi kybella hingga 4 – 6 tahapan untuk mendapatkan hasil yang mendekati sempurna.

Walaupun begitu, perlu Anda ketahui kalau hasil injeksi kybella berbeda setiap individu. Jika Anda ingin melakukan prosedur kybella, Anda harus pergi ke tempat profesional demi kesehatan Anda juga.

Penyebab dagu berlipat di antaranya adalah faktor usia, obesitas, tubuh kelebihan air, diet yang tidak sesuai, kebiasaan buruk seperti merokok, hingga bobot tubuh yang menurun drastis. Dengan 10 cara menghilangkan dagu berlipat di atas, Bacaterus harap Anda bisa menghilangkan double chin dengan segera. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment