Bacaterus / Serba Serbi / 9 Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco dengan Mudah

9 Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 November 2018

Alteco merupakan sebuah merk untuk lem dengan kekuatan perekat yang cukup tangguh. Makanya, tak heran jika Alteco ini sering digunakan sebagai salah satu lem untuk merekatkan sepatu. Namun sayangnya, saking kuatnya lem Alteco maka terkadang lem Alteco sering kena tangan dan membekas di tangan. Jika sudah begitu, maka untuk menghilangkan bekasnya sangat sulit.

Tapi tenang saja, Anda tidak perlu khawatir dengan bekas lem Alteco di tangan atau di tubuh lainnya. Sebab, kali ini Bacaterus akan memberikan beberapa tips dan juga cara menghilangkan bekas lem Alteco dengan mudah. Berikut simak beberapa caranya di artikel ini, ya!

9 Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco

1. Air Sabun

Sabun cair pencuci piring

Cara menghilangkan bekas lem Alteco yang pertama adalah dengan mengandalkan sabun. Ya, Anda bisa menggunakan jenis sabun apapun, baik sabun mandi, sabun cair, sabun cuci piring, hingga sabun untuk membersihkan pakaian (sabun colek, deterjen, dan sabun cair khusus pakaian). Namun, yang paling efektif adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Nah, sebelum memulai membersihkan lem Alteco maka siapkan dulu beberapa bahan yang dibutuhkan, yakni air hangat di dalam wadah dan sabun. Jika bahan sudah didapat, ikuti beberapa langkah ini untuk menghilangkan bekas lem Alteco:

  • Campur air hangat dan sabun hingga berbusa.
  • Celupkan bagian tubuh yang terkena lem Alteco.
  • Diamkan bagian tubuh tersebut di dalam cairan sabun tadi selama beberapa detik hingga lem melunak.
  • Setelah mulai melunak, gosokan bagian tubuh yang terkena lem Alteco dengan busa di dalam cairan sabun. Lakukan hingga semua sisa lem rontok.
  • Terakhir, langsung bilas tangan Anda hingga bersih.

2. Aseton

Aseton

* sumber: www.abuazmashare.id

Suka menggunakan cat kuku? Kalau begitu Anda pasti sudah familiar dengan aseton, kan? Ya, aseton merupakan cairan untuk membersihkan cat kuku (kutek). Nah, Anda bisa manfaatkan pembersihan cat kutek ini sebagai salah satu cara menghilangkan bekas lem Alteco, lho.

Bahkan, bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah, hanya memerlukan wadah dan aseton saja. Setelahnya, ikuti beberapa langkah ini:

  • Pertama, Anda bisa menuangkan cairan aseton ke dalam mangkok atau wadah apapun. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting cukup untuk merendam bagian tubuh yang terkena lem Alteco.
  • Setelah itu, celupkan bagian tubuh yang terkena lem Alteco.
  • Lalu, gosoklah bagian tubuh yang kena lem Alteco secara perlahan.
  • Jika lem Alteco sudah rontok, barulah bilas dengan air dan cuci dengan sabun.

Tips tambahan: Tidak disarankan untuk merendam bagian tubuh terlalu lama di dalam cairan Aseton, maksimal 5 menit saja.

3. Minyak Zaitun dan Garam

Minyak Zaitun

* sumber: gestaosul.com.br

Meskipun Anda tidak melakukan cara apapun untuk menghilangkan bekas lem Alteco, sebenarnya bekasnya akan hilang sendiri karena hadirnya minyak alami dan keringat yang dikeluarkan dari tubuh kita. Tapi, memang sih agak ‘gemas’ ketika melihat lem Alteco yang mengering di tangan atau bagian tubuh lainnya. Jadi, pasti kita akan mencari berbagai cara menghilangkan bekas lem Alteco.

Nah, salah satu cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan garam. Cara ini cenderung efektif dan tidak terlalu ribet, Anda hanya perlu menyediakan minyak zaitun, garam, dan air hangat saja. Jika sudah menyiapkan bahannya, maka Anda bisa perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Rendam bagian tubuh yang terkena lem Alteco di air hangat.
  • Jika lem mulai melunak maka langsung teteskan minyak zaitun dan taburkan garam, sedikit saja.
  • Lalu, gosokan bagian tubuh yang terkena lem Alteco dengan menggunakan minyak zaitun dan garam secara perlahan.
  • Langkah terakhir, segera basuh bagian tubuh tadi dengan air bersih dan cuci dengan sabun.

4. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Yap, salah satu gel kecantikan ini memang ajaib, bukan hanya untuk melembabkan bibir atau mengatasi masalah kulit gosong saja. Pasalnya, petroleum jelly ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas lem Alteco yang membandel. Caranya mudah, ikuti cara ini, ya:

  • Oleskan petroleum jelly ke bagian tubuh yang terkena lem.
  • Pijat-pijat pelan bagian tubuh yang terkena lem dengan petroleum jelly.
  • Ketika lem sudah mulai lembek dan melunak, barulah tarik bekas lem tersebut secara perlahan.
  • Oleskan petroleum jelly lagi di bagian kulit yang terkena lem agar kulit tetap terjaga kelebabannya.
  • Jika sudah selesai, Anda boleh membilasnya dengan air dan sabun.

5. Mentega

Mentega

Kalau Anda punya mentega di rumah, cobalah memanfaatkannya untuk membersihkan dan menghilangkan bekas lem Alteco. Cara menggunakannya sangat simpel, Anda hanya perlu mengoleskan mentega ke bagian tubuh yang terkena lem.

Lalu, silakan Anda lanjutkan dengan menggosok dan juga memijat-mijat bagian yang terkena lem secara perlahan hingga lem tersebut mengelupas. Jika sudah mengelupas, barulah basuh dengan air hangat dan sabun agar bersih. Mudah dan sangat simpel, kan?

6. Menggunakan Air Mata

jenis air mata

* sumber: ehealth.eletsonline.com

Nah, kalau cara yang satu ini khusus untuk Anda yang terkena lem Alteco di bagian kelopak mata. Memang, sangat jarang yang terkena lem Alteco di bagian mata. Namun, jika Anda mengalami hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk coba menghilangkannya dengan menggunakan air mata.

Caranya, Anda bisa memaksakan diri untuk menangis. Nah, saat menangis maka air mata yang keluar akan melewati kelopak mata yang terkena lem Alteco. Nantinya, lem yang melekat di kelopak mata akan melunak sedikit demi sedikit. Ketika sudah melunak, barulah Anda bisa mengelupasnya perlahan dan membasuhnya dengan menggunakan air hangat.

Tapi, kalau lem sudah kena bagian dalam mata, maka sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter. Biarkan dokter yang menanganinya agar tidak menyebabkan masalah yang serius pada mata Anda.

7. Congkel dengan Benda Tajam

cara menghilangkan bekas alteco Congkel dengan Benda Tajam

Untuk cara yang satu ini tidak boleh dipraktikan pada bagian tubuh yang terkena lem. Cara ini hanya berlaku pada lem yang membekas di barang, misalnya tas. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencongkel bagian barang yang terkena lem Alteco yang sudah mengering dengan menggunakan benda tajam. Jangan congkel terlalu keras, karena nanti akan merusak barang Anda.

8. Cuka

Bersihkan Dengan Larutan Cuka

* sumber: www.wikihow.com

Kalau mencongkel barang terlalu ekstrem, maka cobalah untuk menambahkan cuka pada barang yang terkena lem Alteco. Ingin tahu caranya? Begini cara menghilangkan bekas lem Alteco dengan mengandalkan cuka:

  • Pertama, Anda bisa langsung meneteskan cuka pada barang yang terkena lem Alteco, cukup 1 – 3 tetes saja, jangan terlalu banyak.
  • Lalu, Anda diamkan barang yang sudah diteteskan cuka.
  • Jika lem sudah mulai melunak, barulah Anda congkel lem yang sudah melunak tersebut dengan menggunakan tangan.

Selesai, kini barang kesayangan Anda sudah terbebas dari rekatan lem Alteco. Gimana, nih, lebih aman dibandingkan mencongkel secara langsung, bukan?

9. Gunakan Sikat Gigi Bekas

Sikat Gigi

* sumber: rsudmwm.minutkab.go.id

Ada lagi cara menghilangkan bekas lem Alteco yang cukup jitu dan ampuh, yakni menggosok dengan menggunakan sikat gigi. Cara ini juga hanya berlaku untuk barang-barang yang terkena lem alteco. Jadi, jangan lakukan cara ini ketika salah satu tubuh Anda terkena lem Alteco, ya.

Caranya sangat simpel, Anda hanya perlu merendam barang yang terkena lem di dalam wadah berisi air cuka, rendam sekitar 3 menit. Setelah itu, gosok-gosokan bagian barang yang terkena lem dengan menggunakan sikat gigi. Jangan menggosok terlalu keras agar barang tidak rusak.

Kalau bekas lem Alteco mulai luntur dan mengelupas, barulah Anda cuci dengan air dan sabun seperti Anda mencuci pakaian. Tapi, kalau Anda merasa ragu untuk membersihkannya sendiri maka cobalah datang ke ahlinya. Misalnya, sepatu Anda terkena lem Alteco maka mintalah bantuan Shoes Laundry untuk membersihkannya.

Memang, sangat menyebalkan ketika jari atau bagian lainnya terkena lem Alteco. Rasanya sangat kering dan kasar. Tapi, dengan 10 cara menghilangkan bekas lem Alteco tadi, Anda bisa mengatasi dan menghilangkan bekas lem Alteco dengan mudah. Bahkan, bahan-bahan untuk menghilangkan lem Alteco pun mudah ditemukan. Nah, kalau Anda biasanya menggunakan cara yang mana?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini Ajeng Purvashti, penulis aktif sejak tahun 2017. Selain aktif menulis di carisinyal.com dan bacaterus.com, juga menjadi penulis lepas untuk review.bukalapak.com. Saat ini, bidang yang digeluti adalah tema penulisan seputar aplikasi, game, gadget, laptop, hardware, software, tutorial, dan entertainment. Selain menulis, Saya juga tertarik untuk mempelajari hal baru terutama mempelajari budaya-budaya dari negara lain. Salah satu budaya yang digemari adalah Korean Culture sehingga menjadikan Saya seorang KPOPers sejak zaman kuliah.

Leave A Comment