bacaterus web banner retina

10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Aman

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 29 Mei 2020

Gigitan nyamuk dapat membuat kita merasa gatal. Bahkan, sekali pun kita sedang tidur, kita akan terbangun bila bagian tubuh digigit nyamuk dan menimbulkan rasa gatal. Sudah menggunakan berbagai cara mengusir nyamuk, tapi hewan yang satu ini masih saja berhasil menggigit kita. Bukan hanya sekedar gatal, gigitan nyamuk bisa meninggalkan bekas yang lama-lama menjadi seperti flek hitam di kulit.

Bekas gigitan nyamuk dapat mengganggu penampilan Anda. Apalagi jika bekas gigitan nyamuk itu berada di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Wah, apakah ada cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk? Tentu saja ada. Bacaterus akan berbagi seputar cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang aman karena kali ini kita akan menggunakan bahan-bahan alami.

10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

1. Cuka Apel

cuka apel

Apabila Anda sedang mencari cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan bahan alami, cobalah untuk memakai cuka apel. Bahkan, setelah digigit segera oleskan cuka apel agar rasa gatalnya segera mereda. Bekas gigitan nyamuk ditimbulkan oleh kebiasaan menggaruk.

Cuka apel akan segera mengurangi rasa gatal sehingga Anda tidak lagi ingin menggaruk bekas gigitan nyamuk tersebut. Ambil bola kapas, lalu tuangkan cuka apel secukupnya ke bola kapas. Selanjutnya, kompres bekas gigitan nyamuk itu dengan bola kapas sampai rasa gatal dan nyerinya hilang.

2. Kulit Pisang

Kulit Pisang Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Setelah makan pisang sebaiknya jangan langsung membuat kulitnya. Pasalnya, kulit pisang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, sekalipun jika itu adalah bekas yang sudah lama dan menghitam.

Usapkan bagian dalam kulit pisang ke bekas gigitan nyamuk selama beberapa menit. Kemudian, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain kulit pisang, Anda juga bisa menggunakan bagian dalam kulit semangka untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk secara alami.

3. Madu

madu

Madu merupakan antiseptik alami yang tidak akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Kandungan antiseptik alami di dalam madu murni terbukti ampuh untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk. Tak perlu menunggu lama, proses menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan madu terbilang sangat cepat.

Gunakan madu ini saat Anda sedang berada di rumah seharian. Pasalnya, madu akan meninggalkan kesan lengket di kulit. Belum lagi aroma dan rasa madu yang manis bisa mengundang hewan lain untuk mendekati Anda. Oleskan madu secukupnya di bekas gigitan nyamuk, lalu tutupi dengan kain perban atau tisu dan diamkan selama semalaman.

4. Pare

pare

Pernah mendengar nama sayur pare? Sayuran hijau yang rasanya agak pahit ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang cukup efektif. Namun, Anda harus mencampur pare dengan tepung beras terlebih dahulu untuk membuat krim penghilang bekas gigitan nyamuk yang alami.

Tumbuk pare sampai halus, lalu ambil sari parenya. Campurkan air perasan pare ini dengan tepung beras, lalu olesan pasta pare ini ke bekas gigitan nyamuk. Setelah didiamkan selama beberapa jam, basuh bekas gigitan nyamuk dengan air hangat. Ramuan pare dan tepung beras ini juga dipercaya dapat mencerahkan kulit tubuh.

5. Putih Telur

Putih Telur

Sudah menjadi rahasia umum jika telur memiliki sejumlah manfaat positif untuk kulit. Kali ini, kita akan memanfaatkan putih telur dari telur ayam kampung untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk yang sudah cukup lama. Anda bisa langsung mengoleskan putih telur ke bekas luka gigitan nyamuk.

Bila ingin cara yang lebih efektif, tambahkan madu murni pada putih telur tersebut. Ramuan putih telur ini sangat aman untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit tubuh maupun wajah. Diamkan selama semalaman untuk hasil yang lebih efektif dan bersihkan sisanya pada saat Anda mandi pagi.

6. Lemon

Lemon

Untuk Anda yang baru saja digigit nyamuk, Anda tidak perlu menggunakan krim atau lotion khusus. Jika ada lemon di rumah Anda, peras saja lemon ini lalu gunakan airnya untuk mengobati bekas gigitan nyamuk. Kandung citric acid di dalam air perasan lemon dapat menjadi pereda rasa gatal sekaligus pencegah timbulnya ruam pasca kulit digigit nyamuk.

Dengan mengoleskan lemon di bekas gigitan nyamuk, maka dijamin bekas tersebut tidak akan melekat dan menjadi flek hitam di kulit Anda. Tidak perlu khawatir menggunakan lemon sebagai solusi untuk mengatasi gigitan nyamuk karena ini merupakan bahan alami yang dijamin aman.

7. Teh Hijau

Teh Hijau

Apakah Anda berpikir bahwa teh hijau hanya dapat memberikan khasiat pada saat diminum saja? Faktanya, teh hijau dapat mendukung cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang aman. Air seduhan teh hijau dapat langsung dipakai untuk membilas bekas gigitan nyamuk.

Jika Anda punya teh hijau yang sudah dipakai, ambil daun teh hijau bekas tersebut dan aplikasikan di bagian kulit yang terdapat bekas gigitan nyamuknya. Gunakan daun teh hijau ini sebagai masker selama kurang lebih 30-60 menit. Anda bisa langsung memakai teh hijau setelah digigit nyamuk karena bahan alami ini dapat menghilangkan rasa gatal.

8. Bawang Putih

Bawang Putih Hardneck

* sumber: m.gurneys.com

Nyamuk tidak menyukai aroma yang sangat menyengat. Oleh karena itu, Anda bisa memakai bawang putih sebagai lotion alami yang dapat mencegah gigitan nyamuk. Akan tetapi, bahan alami yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat meredakan gatal karena gigitan nyamuk sekaligus menghilangkan bekasnya.

Ambil 1 siung bawang putih, lalu belah menjadi 2 bagian. Oleskan bagian dalam bawang putih ini ke bekas gigitan nyamuk. Untuk mencegah rasa perih, sebaiknya gunakan bawang putih ketika bekas gigitan nyamuk sudah agak mengering.

9. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Manfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami yang benar-benar aman untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk. Kandungan di dalam lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel kulit mati pada bekas gigitan nyamuk. Oleskan lidah buaya sesaat setelah Anda digigit nyamuk.

Meskipun rasa gatalnya sudah hilang, usahakan untuk tetap memakai gel lidah buaya ini sampai bekas gigitan nyamuk benar-benar hilang. Untuk memperoleh hasil yang optimal, usahakan untuk menggunakan gel lidah buaya setiap hari.

10. Air Garam dan Es Batu

Air Garam dan Es Batu

Meskipun kedua bahan ini terlihat sederhana, tapi perpaduan antara air garam dan es batu dapat menenangkan kulit yang gatal karena bekas gigitan nyamuk serta mencegah bekasnya menjadi noda hitam di kulit.

Garam berperan sebagai desinfektan alami dan zat anti radang untuk mengatasi gatal karena gigitan nyamuk. Campurkan dengan es batu agar rasa gatal cepat mereda. Untuk perawatan agar gigitan nyamuk tidak membekas, basuh kulit Anda setiap hari dengan air garam saja tanpa es batu.

Cobalah menggunakan 10 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk secara alami ini. Hasilnya mungkin tidak secepat Anda memakai krim penghilang bekas nyamuk. Akan tetapi, cara ini dijamin aman dan tidak memberikan efek samping pada kulit Anda.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram