Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Desember 2018

Ketika membeli kendi baru, bau tanah pada kendi tersebut masih sangat menyengat. Akibatnya, air minum yang berada dalam kendi akan tercemar dengan bau tanah tersebut. Bahkan, bau tanah pada kendi bisa awet hingga berbulan-bulan. Tentu saja bau tanah akan mengurangi kesegaran dari air minum yang akan dikonsumsi.

Bau tanah yang melekat pada kendi disebabkan oleh tanah liat yang menjadi bahan dasar pembuatan kendi. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan memberikan cara menghilangkan bau tanah pada kendi air minum. Yuk, langsung cari tahu cara selengkapnya!

Cara Mencuci Kendi yang Baru Pertama Dibeli

Cara Mencuci Kendi yang Baru Pertama Dibeli

Sebelum mencari cara menghilangkan bau tanah pada kendi, Anda harus mencuci dulu kendi yang baru saja dibeli. Sejak pembuatannya, kendi tersebut tidak pernah dicuci. Jadi, untuk membuat bagian dalam kendi lebih steril dan higienis, cuci kendi tanah liat ketika baru pertama kali dibeli. Berikut ini adalah cara mencuci pertama kali untuk kendi yang baru dibeli:

  1. Isi bagian dalam kendi dengan air, lalu buang air tersebut.
  2. Gosok bagian luar kendi dengan spons yang sudah dicelup ke dalam sabun pencuci piring. Sementara itu, untuk bagian dalamnya tuangkan sedikit sabun pencuci piring, lalu isi separuh kendi dengan air.
  3. Tutup lubang kendi dengan tangan, lalu kocok kendi perlahan-lahan agar sabun yang dituang ke dalam kendi menghasilkan busa. Cara ini dilakukan karena spons tidak bisa menjangkau bagian dalam kendi. Hati-hati saat mengocok karena kendi basah sangat mudah tergelincir dari tangan Anda.
  4. Gunakan sikat khusus botol bayi, jika Anda memilikinya, untuk menggosok bagian dalam kendi.
  5. Untuk membilas bagian dalam kendi, isi kendi dengan air lalu buang air tersebut. Lakukan cara ini sampai 5 kali untuk memastikan bahwa residu sabun di bagian dalam kendi sudah terbuang.
  6. Usai mencuci, keringkan bagian luar kendi dengan kain lap kering. Untuk mengeringkan bagian dalamnya, Anda harus menjemur kendi semalaman. Jika bau tanah dari kendi masih menyengat, lakukan beberapa cara menghilangkan bau tanah pada kendi setelah Anda mencuci kendi untuk pertama kali.

Cara Menghilangkan Bau Tanah pada Kendi

Bau tanah yang berasal dari kendi memang sangat mengganggu. Air minum yang disimpan di dalam kendi yang berbau tanah juga bisa tercemar. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau tanah pada kendi?

Untuk menghilangkan bau tanah pada kendi, silakan coba beberapa cara berikut ini. Cara-cara ini dijamin ampuh untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi bau tanah yang menyengat pada kendi atau kerajinan gerabah lainnya.

1. Bunga Jantung Pisang

Bunga Jantung Pisang Cara Menghilangkan Bau Tanah pada Kendi

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa jantung pisang bisa menjadi solusi salah satu cara menghilangkan bau tanah pada kendi. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Letakkan kendi di dalam ember berisi air. Tenggelamkan kendi di dasar ember dan biarkan semalaman.
  2. Pada pagi harinya, angkat kendi dari dalam ember, lalu ambil sebuah jantung pisang. Potong jantung pisang menjadi 2-5 bagian, lalu gosokkan jatung pisang ke seluruh permukaan kendi. Berikan tekanan saat menggosok agar getah jantung pisang ini keluar dan meresap ke dalam pori-pori kendi.
  3. Setelah digosok dengan jantung pisang, bilas kendi dan rendam kembali di dalam ember berisi air bersih semalaman.
  4. Ulangi cara ini hingga 4-5 kali sampai bau tanah pada kendi benar-benar hilang. Setidaknya lakukan cara ini setiap hari agar bau tanahnya lebih cepat hilang.

2. Gunakan Kendi untuk Merebus Air

Gunakan Kendi untuk Merebus Air

Jika Anda ingin menghilangkan bau tanah dengan cara ini, sebaiknya hati-hati. Mengapa? Karena Anda akan merebus kendi di atas kompor gas. Di zaman dahulu kala, nenek moyang kita merebus kendi atau wadah yang terbuat dari gerabah di atas tungku yang apinya berasal dari kayu bakar.

Namun, saat ini Anda hanya bisa merebus kendi di atas kompor gas. Gunakan api yang paling kecil agar tidak membuat bagian bawah kendi menjadi gosong.

  1. Isi kendi dengan air sebanyak 80%.
  2. Nyalakan api kecil pada kompor gas, lalu letakkan kendi secara perlahan di atas kompor.
  3. Rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih, segera matikan api kompor, tapi jangan terburu-buru mengangkat kendi. Biarkan kendi berada di atas kompor sampai panasnya hilang.
  4. Buang air rebusan di dalam kendi, lalu isi kendi dengan air minum. Buang kembali air minum tersebut, barulah kendi siap untuk digunakan.
  5. Untuk mempercepat proses menghilangkan bau tanah pada kendi, campurkan daun teh kering saat merebus air di dalam kendi. Aroma teh bisa mengurangi bau tanah pada kendi.

3. Isi Kendi dengan Air Hangat

Isi Kendi dengan Air Hangat

Cara menghilangkan bau tanah pada kendi yang selanjutnya ini lebih mudah ketimbang harus merebus air di dalam kendi. Setidaknya cara ini tidak membuat kendi Anda jadi gosong. Isi kendi dengan air hangat (ingat, air hangat bukan air panas yang baru mendidih). Pastikan bahwa suhu air yang akan mengisi kendi berkisar antara 40-50oC.

  1. Tuang air hangat ke dalam kendi melalui lubang yang berada di atas kendi.
  2. Isi kendi dengan air hangat sampai hampir penuh.
  3. Kocok kendi secara perlahan agar tidak tergelincir dari tangan Anda.
  4. Buang air hangat dan ulangi dari langkah pertama sebanyak 3 kali atau sampai bau tanahnya hilang.

4. Isi dengan Air Minum

Isi dengan Air Minum

Dari semua cara di atas, cara terakhir ini tergolong paling mudah. Ya, Anda hanya perlu mengisi kendi dengan air minum. Diamkan air mineral di dalam kendi selama 1×24 jam. Setelah itu, buang air di dalam kendi dan isi kembali dengan air mineral.

Ulangi cara ini sampai 1 minggu. Pada hari keempat atau kelima, Anda bisa mengecek kualitas air di dalam kendi dengan cara mencium atau meminumnya. Di samping itu, Anda juga bisa mengisi kendi dengan air teh supaya bau tanahnya lebih cepat hilang.

Tips Merawat Kendi dan Peralatan Gerabah

Tips Merawat Kendi dan Peralatan Gerabah

Setiap orang tentu menggunakan kendi untuk keperluan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan kendi untuk diisi air minum, ada juga yang diisi dengan minuman lain. Apapun jenis minuman atau makanan yang disimpan di dalam kendi atau peralatan gerabah lainnya, Anda harus melakukan perawatan agar kendi dan peralatan gerabah selalu bersih dan higenis.

Inilah tips merawat kendi dan peralatan gerabah yang benar:

  • Setelah dipakai, cuci bersih kendi atau peralatan gerabah dengan sabun pencuci piring. Pastikan tidak ada sisa minyak atau minuman yang masih menempel.
  • Bilas kendi dengan air hangat dengan suhu sekitar 70oC untuk mensterilkan bagian dalam kendi dan membersihkan sisa makanan atau minuman yang menempel pada pori-porinya.
  • Jemur kendi dan peralatan gerabah yang baru dicuci di bawah sinar matahari agar air yang berada di dalam pori-pori peralatan gerabah ini mengering.

Nah, seperti itulah cara menghilangkan bau tanah pada kendi. Cara-cara ini bisa Anda coba di rumah. Tidak hanya kendi, Anda juga bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan bau tanah pada kerajinan gerabah lainnya. Selamat mencoba!