Bacaterus / Kasur / 10 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2019

Anak-anak di bawah usia 5 tahun biasanya masih mengalami yang namanya ngompol di kasur. Hal ini tentunya akan membuat kasur menjadi bau, bukan? Lalu apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya? Yang pertama kali Anda lakukan pastinya mengganti seprei yang terkena ompol tersebut dengan seprei yang baru.

Tetapi bagaimana dengan kondisi kasur yang basah? Sekalipun kasur sudah kering, bau pesing akan tetap menempel di kasur jika Anda tidak membersihkannya dengan benar. Karena kasur biasanya tidak bisa dicuci seperti kita mencuci pakaian, maka Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bau pesing di kasur seperti berikut ini.

10 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur

1. Menggunakan Soda Kue dan Deterjen

Soda Kue baking soda

Ambilah beberapa sendok makan bubuk soda kue, lalu taburkan ke area yang terkena ompol. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bersihkan sisa bubuk soda kue. Lalu, buatlah larutan sabun dengan takaran 1 sendok makan deterjen cair yang dicampur dengan 1 liter air bersih.

Kemudian, masukan kedalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan di area yang terkenal ompol tadi, lalu diamkan selama 10-30 menit, biarkan meresap sampai ke bagian dalam kasur. Jika sudah selesai, gunakan handuk atau lap kering yang bersih, lalu tekan-tekan pada permukaan yang basah.

Usahakan tidak menyekanya supaya tidak memperluas area yang basah. Berikutnya, taburkan kembali soda kue, lalu biarkan kasur kering dengan sendirinya. Atau Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Setelah kasur kering, bersihkan bubuk soda kue yang tersisa dengan mengunakan vacuum cleaner atau sapu khusus kasur.

2. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida biasanya bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan medis atau apotik, juga Anda bisa menggunakan cairan pemutih pakaian yang biasanya mengandung hidrogen peroksida. Untuk menghilangkan bau pesing di kasur, pertama Anda bisa basahi area yang terkena ompol dengan larutan hidrogen peroksida.

Biarkan selama 5-10 menit, lalu gunakan handuk kering atau lap bersih untuk menyerap basah di area ompol tadi dengan cara ditekan-tekan. Lalu, jemur kasur sampai bagian basah tadi benar-benar kering atau Anda biarkan sampai kering dengan sendirinya.

Setelah itu, Anda taburkan bubuk soda kue di area yang terkena ompol tadi dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan sisa bubuk soda kue dengan menggunakan vacuum cleaner atau sapu khusus kasur, dan selesai sudah, kasur pun akan terbebas dari bau pesing.

3. Menggunakan Cuka

Cuka putih

Cuka memiliki bau yang tajam, karena baunya itu, maka cuka bisa Anda gunakan untuk mengalahkan bau pesing di kasur. Jika Anda berencana untuk menghilangkan bau pesing di kasur dengan cuka, maka perhatikan langkah-langkahnya.

Pertama, campurkan 1 sendok makan cuka dengan segelas air bersih. Lalu, masukan ke dalam botol semprotan. Kemudian, semprotkan pada area yang terkena ompol dan biarkan selama 5-10 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan handuk kering atau lap bersih dengan cara ditekan-tekan.

Jika Anda tidak bisa menjemurnya di bawah sinar matahari, maka biarkan kasur kering dengan sendirinya. Bau cuka biasanya memang akan menempel berhari-hari, tapi setelah bau cuka menghilang maka bau pesing pun akan teratasi.

4. Manfaatkan Obat Kumur

Obat Kumur cara menghilangkan bau pete

Obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau pesing di kasur lho. Dan juga, cara menggunakannya mudah, Anda bisa memulainya dengan menuangkan sedikit obat kumur di area yang terkenal ompol, lalu sikat menggunakan sikat gigi bekas.

Kemudian, Anda bisa membiarkannya selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan handuk kering atau kain lap bersih untuk menyerap basah dari area ompol tersebut. Jika Anda tidak menjemur kasur di bawah sinar matahari langsung, Anda juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya.

5. Gunakan Alkohol 70%

Gunakan Alkohol 70%

Alkohol dengan kadar 70% juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau pesing di kasur. Alkohol jenis ini mudah Anda dapatkan di apotek terdekat. Cara menggunakannya juga mudah, tuangkan alkohol ke area yang terkena ompol dan biarkan alkohol meresap ke bagian dalam kasur selama 10-30 menit. Lalu, jemur kasur di bawah sinar matahari atau Anda juga menggunakan hair dryer.

6. Menggunakan Tepung Maizena

Tepung maizena

Jika Anda mempunyai stok tepung maizena di dapur, maka Anda bisa menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan bau pesing di kasur. Cukup dengan menaburkan tepung maizena di area yang terkena ompol, lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, bersihkan sisa tepung maizena dengan menggunakan lap basah sampai bersih maka bau pesing pun hilang dari kasur.

7. Manfaatkan bedak bayi

bedak bayi

Bedak bayi biasanya memiliki aroma harum yang khas. Bedak ini digunakan pada bayi untuk menyerap keringat dan tentunya membuat tubuh bayi menjadi wangi. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan bedak bayi untuk mengatasi bau pesing di kasur.

Yang Anda lakukan adalah hanya perlu menaburkan bedak bayi di area kasur yang terkena ompol, lalu biarkan selama 30-60 menit. Kemudian, bersihkan bedak bayi menggunakan vacuum cleaner atau sapu khusus kasur.

8. Koran Bekas

Koran Bekas

Anda bisa juga menggunakan koran bekas untuk menyerap basah ompol. Pertama, Anda bisa menaruh lembaran koran di atas kasur yang terkena ompol. Tekan-tekan sampai basah di kasur pindah ke lembaran koran. Lakukan berulang-ulang sampai kasur terasa tidak terlalu basah. Lalu, simpan lembaran koran yang masih kering di atas area ompol tadi dan biarkan semalaman.

Jika kasur masih belum benar-benar kering, sedangkan kasur harus digunakan, maka Anda bisa menutup koran dengan menggunakan perlak atau plastik, lalu tutup dengan mengunakan seprei. Keesokan harinya, buka kembali perlak atau plastik yang menutupi koran, lalu angin-anginkan kasur dengan cara membuka jendela dan pintu kamar sampai kasur kering dengan sendirinya.

9. Tabur Kapur Barus

Kapur barus

Ompol di kasur bisa Anda serap dengan menggunakan kapur barus. Caranya, manfaatkan spons kering dan tekan-tekan spons pada permukaan kasur yang basah karena ompol. Lalu, gunakan spons yang baru dan celupkan ke dalam air deterjen cair, kemudian tekan-tekan pada area ompol tadi. Keringkan dengan menggunakan hair dryer atau Anda juga bisa menggunakan setrikaan.

Jika Anda ingin mengeringkan permukaan yang basah di kasur, alasi terlebih dahulu supaya setrikaan tidak lengket dengan kain pembungkus kasur. Setelah kasur kering, taburkan kapur barus, yang sudah dihaluskan, ke area yang terkena ompol tadi. Biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner atau sapu khusus kasur.

10. Semprotkan Pewangi Pakaian

Jangan lupa menggunakan pewangi pakaian

Jika Anda ingin menggunakan cara yang ini, maka Anda harus mengeringkan ompol di kasur terlebih dahulu, lalu buatlah campuran cairan pewangi pakaian dengan air yang dimasukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke area kasur yang terkena ompol tadi. Setelahnya, Anda bisa membiarkan kasur kering dengan sendirinya atau Anda bisa menggunakan kipas angin atau hair dryer.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau pesing di kasur, baik itu kasur kapuk, busa, spring bed, atau yang lainnya. Jika bau pesing masih tercium, Anda bisa mengulangi cara yang sama seperti yang sudah Anda lakukan sebelumnya sampai bau pesing benar-benar hilang.

Jangan lupa untuk membuka jendela dan pintu untuk sirkulasi udara. Anda juga bisa menyemprotkan pewangi ruangan atau menaruh bubuk kopi di sudut kamar untuk menyerap bau pesing tersebut, apalagi jika ompolnya juga berceceran ke lantai.

Atau, Anda juga bisa memanggil jasa cuci kasur supaya kasur Anda juga bersih dari kuman ataupun tungau. Jika Anda memiliki pengalaman berbeda, silakan berbagi di kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar