Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 8 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dengan Mudah

8 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 November 2018

Bau pesing yang tertinggal di lantai disebabkan karena urin hewan peliharaan (khususnya kucing atau anjing) dan anak-anak. Terkadang, bau pesing tersebut tak kunjung hilang meskipun Anda sudah mencoba mengepel lantai dengan cairan pembersih. Mau tak mau Anda harus mencari cara lainnya untuk menghilangkan bau pesing di lantai.

Ada sejumlah bahan ampuh yang dapat membantu Anda menghilangkan bau pesing di lantai. Bacaterus akan memberikan cara menghilangkan bau pesing di lantai dengan memanfaatkan beberapa bahan yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, pilih cara dan bahan yang tepat untuk mengatasi bau pesing membandel di lantai.

8 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai

1. Gunakan Ekstraktor atau Pengisap Debu Basah

Cara Menghilangkan Bau Pesing di Lantai

Cara menghilangkan bau pesing di lantai bisa menggunakan ekstraktor atau alat pengisap debu basah. Tidak semua rumah tangga memiliki alat pengisap debu jenis ini karena harganya cukup mahal. Namun, ada persewaan ekstraktor yang bisa Anda pertimbangkan jika membutuhkan alat ini.

Ekstraktor dapat mengisap penyebab bau pesing di lantai. Jika Anda sudah menemukan titik baunya, siram dengan air dan gunakan ekstraktor untuk mengisapnya. Alat ini juga bisa dipakai jika Anda menemukan urin di karpet atau keset. Hindari menambahkan cairan kimia atau cairan pembersih apapun saat menghilangkan bau pesing, cukup siramkan air bersih saja agar bau pesingnya dapat dihisap oleh alat ini.

2. Taburkan Soda Kue

Taburkan Soda Kue

* sumber: www.jogjamarmergranit.com

Sejak dulu sampai sekarang soda kue selalu dipercaya sebagai bahan yang dapat mengatasi berbagai bau tak sedap. Selain itu, harganya yang murah meriah juga membuat soda kue selalu diandalkan untuk menyerap bau, termasuk bau pesing.

Cara menghilangkan bau pesing di lantai dengan menggunakan soda kue adalah dengan menaburkan bubuk soda kue ini ke lantai yang berbau pesing. Apabila penyebab bau pesingnya sudah mengering, tuangkan air terlebih dahulu, lalu taburkan soda kue ini. Soda kue akan menyerap bau pesing sebelum Anda membersihkan lantai tersebut.

3. Buat Larutan Penghilang Bau Pesing

Buat Larutan Penghilang Bau Pesing

Ketika ada bau pesing yang bersumber di lantai, beberapa orang akan berusaha mencari cara menghilangkan bau pesing di lantai tersebut, termasuk dengan menyemprotkan parfum. Parfum memang dapat meredam bau pesing untuk sementara waktu. Namun, bau pesing yang tercampur dengan aroma parfum lama-lama akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Mau tidak mau, Anda harus mencari cara untuk menghilangkan bau pesing tersebut, bukan hanya sekedar meredamnya.

Solusi untuk menghilangkan bau pesing di lantai adalah dengan membuat larutan kimia sendiri. Bahan-bahan yang Anda butuhkan antara lain adalah:

  • 140 gram Hidrogen Peroksida
  • 1 sdt Soda Kue
  • ½ sdt Sabun Cair Pencuci Piring
  • 3 tetes Minyak Esensial (disarankan aroma jeruk)

Campur semua bahan sampai menyatu, lalu tuangkan larutan buatan ini ke lantai yang berbau pesing. Diamkan selama beberapa jam atau sampai larutan ini mengering dan menjadi bubuk. Setelah itu, bersihkan dengan air dan larutan pembersih lantai. Dijamin, aroma pesing yang menyengat akan hilang dengan menggunakan larutan kimia buatan.

4. Taburkan Bubuk Kopi Hitam

Taburkan Bubuk Kopi Hitam

Selain soda kue, kopi hitam juga menjadi bahan favorit untuk menghilangkan berbagai jenis bau tak sedap. Aroma kopi hitam yang sangat kuat membuatnya mampu menghisap bau pesing yang membandel. Di samping itu, kopi hitam merupakan bahan favorit untuk menghilangkan bau pesing karena mudah diperoleh dan aman bagi hewan peliharaan atau anak-anak.

Setelah Anda menemukan titik sumber bau pesing di lantai, segera taburkan kopi hitam ke atasnya. Kopi hitam akan menyerap bau pesing yang biasanya berasal dari urin anak-anak atau hewan peliharaan. Setelah ditaburkan, diamkan bubuk kopi hitam itu semalam suntuk. Keesokan harinya, segera bersihkan lantai dan sisa kopi hitamnya. Bila perlu, gunakan cairan pembersih lantai untuk membersihkan sisa-sisa bau pesing yang masih melekat.

5. Semprotkan Larutan Cuka

Semprotkan Larutan Cuka

Dari sejumlah cara menghilangkan bau pesing di lantai yang sudah kami bahas di sini, cara yang satu ini nampaknya adalah cara yang paling ampuh dan mudah. Ya, Anda akan memanfaatkan cuka putih yang juga terkenal memiliki aroma yang sangat kuat untuk menghilangkan bau pesing.

Yang harus Anda lakukan adalah melarutkan 3-5 sdm cuka putih dengan 500 ml air. Setelah itu, masukkan larutan cuka ini ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan cuka ke lantai yang berbau pesing dan diamkan selama beberapa jam.

Dalam hitungan jam, cuka akan menyerap sumber bau pesing tersebut. Kemudian, Anda dapat melanjutkan ke proses pembersihan dengan cairan pembersih lantai untuk mengangkat penyebab bau pesing tersebut.

6. Aplikasikan Produk Penghilang Bau Pesing

Aplikasikan Produk Penghilang Bau Pesing

Tahukah Anda bahwa saat ini sudah banyak produk penghilang bau pesing yang memang diformulasikan untuk mengenyahkan aroma pesing di lantai dan sejumlah tempat di rumah Anda? Produk penghilang bau pesing ini bisa Anda dapatkan di toko yang menjual perlengkapan hewan peliharaan. Produk penghilang bau pesing ini memang diciptakan untuk mengatasi bau urin hewan peliharaan.

Bila Anda sudah berhasil menemukan produk seperti ini, segera aplikasikan produk ke lantai yang berbau pesing. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk, lalu lanjutkan dengan membersihkan lantai menggunakan cairan pembersih untuk memastikan bau pesingnya benar-benar hilang.

7. Siram dengan Karbol Wangi

Siram dengan Karbol Wangi

Bagi Anda yang masih bingung mencari cara menghilangkan bau pesing di lantai, cobalah untuk membeli karbol wangi. Karbol memiliki kekuatan yang lebih besar untuk mengatasi bau pesing bila dibandingkan dengan cairan pembersih lantai yang biasa dipakai untuk mengepel. Aroma karbol yang sangat kuat dapat menghilangkan bau pesing di lantai.

Siramkan karbol wangi secukupnya pada lantai yang berbau pesing. Diamkan selam 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selanjutnya, keringkan lantai atau pel lantai tersebut agar bau pesingnya tidak tercium kembali.

8. Tuangkan Alkohol

Bau Pesing di Lantai

Alkohol adalah bahan kimia yang sejatinya berbau tidak terlalu menyengat. Namun, alkohol bisa dipakai untuk membersihkan bau pesing di lantai, lho. Anda hanya perlu membeli alkohol dengan kadar minimal 70%.

Selanjutnya, tuangkan alkohol secukupnya ke sumber bau. Setelah itu, diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan lantainya dengan cairan untuk mengepel. Alkohol memiliki kemampuan untuk mengangkat dan menghilangkan urin.

Beragam cara menghilangkan bau pesing di lantai ini bisa Anda coba terapkan di rumah. Anda hanya perlu memilih cara yang sesuai dan bahan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan. Bagaimana jika bau pesingnya berasal dari tempat tidur? Kunjungi artikel cara menghilangkan pesing di kasur ini agar tempat tidur kembali nyaman dan tidak berbau.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment