Bacaterus / Kulkas / Aneka Cara Menghilangkan Bau Kulkas yang Mudah & Praktis

Aneka Cara Menghilangkan Bau Kulkas yang Mudah & Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah mengalami masalah di mana kulkas berbau busuk atau tidak sedap ketika dibuka? Bau tak sedap yang berasal dari kulkas tentu akan sangat mengganggu. Apalagi bau tersebut berpotensi untuk mencemari makanan yang disimpan di dalam kulkas. Jika hal seperti ini sudah terjadi pada Anda, maka segeralah mencari cara menghilangkan bau kulkas yang mudah.

Bacaterus akan memberikan beberapa bahan alami yang diklaim dapat menghilangkan bau kulkas. Namun, sebelum Anda meletakkan bahan-bahan tersebut di dalam kulkas, sebaiknya bersihkan kulkas terlebih dahulu karena siapa tahu bau tak sedap bisa berasal dari makanan yang Anda simpan di dalamnya.

Bersihkan kulkas terlebih dahulu

Bersihkan kulkas terlebih dahulu

Sebelum  mengetahui bahan-bahan yang dapat menghilangkan bau pada kulkas, sebaiknya pastikan kulkas Anda sudah dalam keadaan bersih terlebih dahulu. Berikut adalah cara membersihkan kulkas yang benar:

  1. Cabut sambungan listrik pada kulkas sebelum memulai proses pembersihan. Kemudian, keluarkan semua barang yang ada di dalam kulkas, sisihkan makanan yang sudah kedaluwarsa untuk dibuang
  2. Sediakan wadah berisi air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit baking soda dan cairan pencuci piring, lalu celupkan spons cuci piring ke dalam larutan yang ada di dalam wadah tersebut
  3. Gosok spons ke seluruh bagian kulkas, apabila ada rak yang bisa dikeluarkan dari dalam kulkas sebaiknya keluarkan saja untuk dicuci dengan cairan cuci piring dan air
  4. Keringkan sisa busa di dalam kulkas dengan lap yang sudah dicelup di dalam air dan keringkan dengan memakai handuk bersih yang sudah tidak terpakai
  5. Jemur rak kulkas yang dicuci sampai benar-benar kering, lalu pasang kembali rak tersebut pada tempatnya

Gunakan Bahan Alami Pengusir Bau Kulkas

Cara menghilangkan bau kulkas dengan metode pembersihan kulkas memang cukup ampuh. Akan tetapi, terkadang ada bau yang membandel dan tidak kunjung hilang meskipun kita sudah membersihkan bagian dalam kulkas dengan benar. Apabila masalah seperti ini terjadi pada Anda, maka siapkan bahan-bahan alami yang dapat menetralisir bau tak sedap pada kulkas.

1. Kopi bubuk

Kopi bubuk

 

Sejak dulu kopi memang dikenal sebagai bahan terbaik untuk menghilangkan bau tak sedap. Bahkan, kopi bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Nah, kali ini Bacaterus ingin merekomendasikan kopi hitam bubuk sebagai pendukung cara menghilangkan bau kulkas.

Caranya sangat sederhana karena Anda hanya perlu meletakkan satu cangkir kopi hitam bubuk (lebih bagus jika kopi yang baru digiling) di dalam kulkas. Tutup kulkas dan biarkan cangkir kopi ini berada di dalam kulkas berhari-hari sampai baunya benar-benar hilang.

2. Karbon aktif

Karbon aktif

Banyak yang menyangka bahwa karbon aktif ini adalah arang hitam yang biasa dipakai untuk membakar sate. Keduanya memang memiliki tampilan yang sama, tetapi karbon aktif memiliki pori-pori yang lebih banyak untuk dapat menyerap apa pun, termasuk bau tak sedap pada kulkas.

Cara penggunaan karbon aktif ini hampir sama dengan ketika Anda menggunakan kopi untuk menghilangkan bau kulkas. Namun, perhatikan penggunaan wadah untuk menampung karbon aktif. Jangan gunakan wadah yang mudah terbakar. Letakkan wadah berisi karbon aktif di dalam kulkas dan tutup kulkas sampai berhari-hari.

Jangan lupa untuk mengatur suhu kulkas menjadi lebih rendah. Karbon aktif ini bisa Anda peroleh di toko yang menjual perlengkapan hewan atau toko obat. Jika Anda ingin memakai karbon aktif lagi, panaskan saja karbon aktif di dalam oven dengan temperatur 180 derajat celcius selama 20 menit.

3. Cuka

Cuka putih

Selama ini cuka dikenal sebagai bahan alami untuk membantu membersihkan noda. Cuka sering sekali dicampur dengan larutan baking soda untuk menghilangkan noda pada pakaian. Namun, ternyata cuka juga bisa dipakai untuk menghilangkan aroma tak sedap pada tempat tertutup, salah satunya adalah kulkas.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur sedikit cuka dengan air hangat di dalam sebuah wadah. Kemudian, celupkan kain bersih ke dalam larutan cuka dan gosokkan kain itu di seluruh dinding kulkas.

4, Vanili

Vanili

Jika bahan-bahan lainnya menjadi cara menghilangkan bau kulkas dengan cara kerja menyerap bau tersebut, vanili dapat menghilangkan aroma tak sedap dengan cara yang berbeda. Ya, vanili akan berfungsi sebagai pengharum alami pada kulkas. Aroma vanili yang khas dan begitu lembut akan membuat kulkas yang sebelumnya berbau busuk menjadi harum kembali.

Ambil sebuah bola kapas, lalu basahi kapas tersebut dengan cairan vanili. Letakkan kapas di dalam kulkas yang aktif selama 12 – 24 jam. Tunggu saja maka kulkas Anda akan beraroma vanili yang menyegarkan.

5. Biji gandum

Biji gandum

Anda pasti tak menyangka bahwa biji gandum yang ukurannya lebih kecil-kecil dibanding beras ini memiliki manfaat untuk mengatasi bau tak sedap pada kulkas. Ya, biji gandum memang cukup efektif untuk menyerap bau tak sedap pada kulkas.

Meskipun agak sulit ditemukan, tetapi bahan alami yang satu ini sangat worth untuk dicoba. Selain itu, biji gandum ini sangat praktis karena kita hanya perlu meletakkan wadah berisi biji gandum ini di dalam kulkas, sama seperti ketika memakai kopi atau karbon aktif untuk menghilangkan bau busuk dalam lemari es.

6. Garam

Garam

Bau tak sedap bisa saja menempel pada dinding-dinding kulkas. Meskipun Anda sudah melakukan sejumlah langkah pembersihan di atas, tidak ada salahnya jika kali ini kita melakukan pembersihan ekstra dengan menggunakan air garam.

Larutan air garam dan air hangat dapat dipakai untuk membersihkan dinding-dinding kulkas. Pakain spons cuci piring atau kain untuk membersihkan dinding kulkas dengan menggunakan air garam hangat ini.

7. Lemon

Jus lemon

Butuh pewangi alami yang dapat mendukung cara menghilangkan bau kulkas? Selain kopi, ternyata ada juga buah lemon yang sudah terkenal dengan aromanya yang begitu segar. Mengapa kali ini Anda tak memanfaatkan buah ini untuk menjadi pewangi penghilang bau busuk pada kulkas?

Peras air lemon secukupnya, lalu letakkan wadah tersebut di dalam kulkas. Idealnya, Anda harus menyimpan air perasan lemon di dalam kulkas selama 30 menit saja. Akan tetapi, Anda juga tidak masalah bila Anda meletakkan air lemin ini untuk waktu yang lebih lama.

Tips menjaga kulkas agar tidak bau

Tips menjaga kulkas agar tidak bau

Sebenarnya bau di dalam kulkas ini bisa dicegah dengan cara-cara tertentu. Bahkan dengan pembersihan kulkas secara rutin, sekurang-kurangnya sebulan sekali, maka dapat dipastikan bahwa kulkas Anda terhindar dari bau yang tak sedap.

Selain itu, usahakan untuk menyimpan makanan yang menebarkan bau menyengat, seperti daging, ikan, dan ayam di dalam freezer agar aromanya tidak mencemari makanan lain yang ada di kulkas Anda. Periksa makanan secara berkala karena makananan tetap bisa kedarluwarsa meskipun di simpan di dalam kulkas.

Cara menghilangkan bau kulkas ini sangat mudah, bukan? Bila Anda punya tips ampuh lain untuk menghilangkan bau di kulkas, segera bagikan kepada kami dan pembaca lain di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *