Bacaterus / Rumah / 6 Cara Menghilangkan Bau Karpet dengan Mudah dan Murah

6 Cara Menghilangkan Bau Karpet dengan Mudah dan Murah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2019

Karpet di rumah Anda bau karena jamur, hewan peliharaan yang buang air sembarangan atau bau yang lainnya? Jangan khawatir karena hal ini pasti dialami oleh banyak orang. Karpet di rumah tidak akan selamanya bersih, jadi suatu saat Anda pasti harus membersihkannya.

Meskipun saat ini sudah terdapat produk pembersih karpet komersial yang ampuh untuk menghilangkan noda dan bau pada karpet, Anda masih dapat melakukan hal tersebut hanya dengan memanfaatkan produk-produk rumah tangga yang murah meriah. Apa saja contohnya? Yuk, langsung dapatkan saja informasinya berikut ini.

1. Soda Kue

Soda kue adalah salah satu bahan dapur yang sering dimanfaatkan untuk mengangkat berbagai noda dan menghilangkan bau. Tidak hanya bau karpet, kandungan natrium karbonat pada soda kue juga mampu menghilangkan bau hewan peliharaan yang menyengat, bau jamur, bau bawang pada tangan, bau sepatu dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda ingin mengangkat bau pada karpet kesayangan dengan soda kue, caranya juga sangat mudah kok. Cukup taburkan soda kue langsung pada serat karpet yang berbau secara merata dan biarkan hal itu menyerap bau karpet selama beberapa jam. Soda kue akan bekerja menetralisir bau yang terperangkap di karpet.

Selanjutnya gunakan penyedot debu untuk mengangkat butiran-butiran soda kue dari karpet Anda. Hasilnya karpet Anda bisa beraroma segar kembali. Jika bau karpet benar-benar tajam, sebaiknya diamkan karpet selama semalaman dalam proses ini sebelum siap divakum.

2. Cuka Putih

Cuka

 

Karpet di rumah Anda mengeluarkan bau jamur? Untuk menghilangkannya Anda dapat memanfaatkan cuka putih. Kadar asam yang tinggi pada cuka putih dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau karpet. Bahkan jika hewan peliharaan Anda buang air di atas karpet, cuka putih juga bisa diandalkan dengan baik untuk menghilangkan bau air seni.

Jika cara pertama dengan soda kue Anda harus menaburkannya, sekarang dengan cuka putih Anda hanya perlu menyemprotkannya. Berikut adalah langkahnya:

  • Campurkan dua gelas air hangat (jangan menghangatkan air di atas kompor) dan satu gelas cuka putih dalam sebuah botol semprot dan kocok-kocok hingga tercampur rata.
  • Semprotkan larutan tersebut pada bagian karpet yang bau dengan seksama hingga cukup lembab.
  • Taburkan baking soda di atas karpet yang basah hingga merata. Soda kue pasti bereaksi terhadap cuka encer.
  • Biarkan karpet mengering hingga selama beberapa jam atau semalaman. Anda dapat menggunakan kipas untuk proses pengeringan yang lebih cepat.
  • Setelah kering, bersihkan sisa soda kue dengan penghisap debu dan buang hal itu pada tempat sampah.
  • Nyalakan kipas angin untuk mencegah kembalinya bau berjamur dan mempercepat waktu pengeringan. Buka jendela rumah untuk mencegah ruangan menjadi pengap.

3. Lemon

* sumber: pixabay.com

Zat asam yang terkandung dalam lemon juga adalah senjata yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau karpet. Untuk menggunakannya sebagai pembersih karpet, Anda hanya perlu mencampur jus lemon segar dengan sedikit air hangat di dalam botol semprot atau wadah. Lalu sediakan handuk atau kain kering yang bersih.

Selanjutnya semprot atau oleskan larutan ke area karpet yang berbau. Setelahnya gosok area karpet tersebut dengan selembar kain atau handuk kering, lalu bilas dengan air sabun. Jika sudah selesai biarkan mengering lalu setelah itu Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan beberapa kotoran yang menempel.

4. Tea Tree Oil

Body Shop Tea Tree Skin Clearing Face Wash

Selain berguna untuk mengobati masalah kesehatan dan kulit ringan, Tree Tea Oil juga populer karena manfaatnya sebagai agen pembersih. Produk ini juga bisa digunakan untuk membuat penyegar alami yang dapat Anda semprotkan pada karpet sehingga bau-bau yang masih menempel bisa dihilangkan. Berikut adalah caranya.

  • Siapkan dulu bahan-bahan larutannya, yaitu segelas air, sekitar 16 tetes Tree Tea Oil, dan boraks secukupnya.
  • Campurkan air dan Tree Tea Oil dalam botol semprot dan kocok hingga tercampur rata.
  • Semprotkan larutan tersebut pada karpet yang berbau hingga cukup lembab.
  • Taburkan boraks di atas karpet hingga menutupi seluruh area yang berbau.
  • Diamkan selama beberapa jam hingga karpet mengering.
  • Selanjutnya vakum karpet untuk mengangkat sisa-sisa boraks yang menempel, lalu buang hal itu ke tempat sampah.

Sebagai informasi tambahan, Tree Tea Oil yang dicampur dengan tepung jagung dan soda kue lalu menaburkannya ke sepatu yang bau mampu menghilangkan bau sepatu dalam waktu yang singkat.

5. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida

Jika Anda merasa penggunaan soda kue kurang maksimal dalam menghilangkan bau karpet, Anda masih dapat memaksimalkannya dengan cara mencampurkan hidrogen peroksida dengan soda kue. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

  • Gunakan sarung tangan sebelum memulai treatment ini.
  • Siapkan dua sendok makan hidrogen peroksida, 1/4 gelas soda kue, satu sendok teh sabun cuci piring, dan satu liter air.
  • Campurkan semua bahan dalam WADAH TERBUKA.
  • Tuang atau semprotkan larutan di atas karpet. Penyemprotan lebih baik karena lebih merata, tetapi ingat untuk membiarkan NOZZLE TETAP TERBUKA dan hindari meninggalkan larutan yang tidak digunakan dalam botol semprot tertutup.
  • Saat menuang, berhati-hatilah agar karpet tidak terlalu basah.
  • Ingatlah untuk mengenakan sarung tangan saat melakukan proses ini.
  • Biarkan karpet selama 24 jam dan jangan disentuh. Jaga agar treatment karpet ini tetap aman dari hewan peliharaan dan anak-anak saat Anda menginginkan ventilasi ruangan.
  • Gunakan handuk untuk menyerap cairan berlebih. Jika ada area basah yang tersisa, gunakan handuk atau kain yang sudah tidak terpakai untuk mengeringkannya. Selebihnya biarkan sisa udara basah mengering.

Jika proses ini sudah selesai dan karpet sudah mengering, Anda bisa memvakumnya agar tidak ada sisa-sisa soda kue yang tertinggal.

6. Sabun Cuci Piring

Jika misalnya hewan peliharaan Anda buang air di atas karpet, Anda dapat menggunakan campuran sabun cuci piring, cuka putih, hidrogen peroksida, dan soda kue untuk menghilangkan noda dan bau pada karpet. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan bau dan noda urin hewan peliharaan pada karpet.

  • Gunakan kain atau tisu toilet untuk membersihkan bercak urin. Jika sudah mengering, basahi dulu dengan air bersih lalu serap dengan tisu.
  • Siapkan handuk atau kain basah lalu oleskan sabun cuci piring secukupnya. Gosok dan Bersihkan karpet yang ternoda karena urin dengan hal ini.
  • Saat karpet masih basah, taburkan baking soda di atasnya secara merata.
  • Biarkan soda kue dan sabun bekerja selama semalaman. Jika area treatment kecil, Anda dapat melapisi karpet yang sedang dibersihkan dengan tisu toilet.
  • Semprotkan cuka putih ke area karpet yang terkena air seni. Jangan menghilangkan soda kue yang masih menempel di atas karpet. Jika area karpet yang disemprot dengan cairan cuka putih berbusa, itu berarti soda kue dan cuka bereaksi satu sama lain.
  • Reaksi antara kedua zat ini membantu menghilangkan bau tak sedap pada karpet. Biarkan cuka putih bekerja selama 5 menit. Pantau dan pastikan hal ini jauh dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak (Jika Anda menggunakan hidrogen peroksida, biarkan hal itu bekerja selama 10-15 menit)
  • Serap cairan pembersih dengan kain lembut dan seka sisa soda kue dan bersihkan area tersebut. Setelah kering, cium karpet untuk menentukan apakah baunya tetap ada. Jika ya, maka Anda mungkin harus menggunakan pembersih karpet uap.

Anda juga bisa membersihkan area karpet yang berbau dengan campuran air, cuka putih, dan soda kue. Campurkan satu gelas air, satu gelas cuka putih, dan dua sendok makan baking soda ke dalam botol semprot kosong. Semprotkan cairan pada area karpet yang berbau. Cairan pembersih ini memiliki masa simpan 2-3 bulan.

Jika aroma bau pada karpet masih melekat, hidrogen peroksida dapat dioleskan area karpet yang berurin. Akan tetapi, Anda harus menguji hal ini area karpet yang tersembunyi terlebih dahulu karena dapat menghitamkan karpet.

Jika tidak ingin menggunakan metode ini untuk menghilangkan bau urin hewan peliharaan pada karpet, Anda dapat menggunakan produk penghilang bau komersial yang tidak memerlukan pembersihan tambahan lagi.

Nah, itulah beberapa tips membersihkan dan menghilangkan bau karpet menggunakan produk sehari-hari yang dapat Anda beli dengan mudah di toko-toko. Barang-barang ini tidak mahal dan aman untuk digunakan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan (walaupun sebaiknya anak-anak dan hewan peliharaan dijauhkan saat proses treatment).

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar