Bacaterus / Daging / 7 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Mudah

7 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daging kambing memang dikenal sebagai salah satu jenis bahan makanan yang memiliki bau yang sangat menyengat. Apabila Anda tidak berusaha mencari cara menghilangkan bau daging kambing sebelum memasaknya, maka aroma daging kambing tidak akan hilang meskipun sudah dimasak. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menghilangkan bau daging kambing dulu sebelum mulai memasaknya.

Bacaterus memiliki beberapa cara untuk menghilangkan bau daging kambing tidak hanya pada dagingnya saja, tetapi juga di berbagai tempat. Hilangkan bau daging kambing di mulut, ruangan, atau bahkan kulkas dengan cara yang mudah berikut ini, yuk!

7 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

1. Cara menghilangkan bau prengus daging kambing

Cara menghilangkan bau daging kambing

Sebelum membahas beragam cara menghilangkan bau daging kambing di berbagai tempat, yang paling penting adalah menghilangkan bau prengus pada daging kambing itu sendiri. Tujuan untuk menghilangkan bau prengus ini adalah agar hidangan yang disajikan dapat lebih menggugah selera.

Cukup sediakan buah nanas yang sudah diparut secara halus. Kemudian, usapkan parutan buah nanas itu ke seluruh bagian daging. Setelah itu, biarkan nanas meresap ke dalam daging dengan mendiamkan daging kambing selama 30 menit. Setelah itu, Anda diperkenankan untuk memasak daging kambing yang bau prengusnya sudah hilang ini sesuai dengan selera.

2. Cara menghilangkan bau kambing di rumah

Cara menghilangkan bau kambing di rumah

Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana ketika memasak daging kambing, satu ruangan atau satu rumah jadi beraroma prengus yang tidak sedap? Bau kambing yang sangat menyengat memang dapat menyebar dengan cepat melalui udara. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pembersihan secara menyeluruh di dapur atau lokasi Anda memasak.

Semprotkan cairan pembersih pada perabotan di ruangan tersebut. Kemudian, cuci semua peralatan masak dengan cairan pencuci piring. Buang sampah yang berisi sisa daging agar baunya tidak mengendap di dalam rumah. Yang paling penting adalah mematikan AC untuk beberapa saat dan buka jendela rumah agar udara dari dalam rumah bisa tergantikan dengan sirkulasi udara dari luar.

3. Cara menghilangkan bau kambing di kulkas

Cara menghilangkan bau kambing di kulkas

Sudah membeli daging kambing tapi belum memiliki rencana untuk segera memasaknya? Nah, mungkin Anda akan menyimpan daging itu di kulkas terlebih dahulu. Itu ide yang baik, tapi mungkin Anda perlu waspada bahwa kulkas Anda akan berbau tak sedap dan bisa saja aroma daging kambing ini mencemari makanan lain yang ada di dalam kulkas.

Ada cara yang tepat untuk menyimpan daging kambing tanpa meninggalkan bau tak sedap di kulkas. Simpan daging dalam wadah yang tertutup rapat. Akan tetapi, jika sudah terlanjur menyimpan daging dalam keadaan terbuka, Anda dapat menggunakan baking soda untuk menyerap bau prengus yang melekat di kulkas.

Letakkan baking soda dalam sebuah wadah, lalu masukkan wadah tersebut di dalam kulkas. Biarkan wadah berisi baking soda itu berada berhari-hari dalam kulkas sampai bau kambingnya hilang.

4. Cara menghilangkan bau kambing di peralatan masak

Cara menghilangkan bau kambing di peralatan masak

Bukan Cuma memberikan cara menghilangkan bau daging kambing di ruangan maupun kulkas saja, Bacaterus juga akan berbagai tips untuk menghilangkan bau kambing pada peralatan memasak. Terkadang bau kambing tidak mau hilang meskipun peralatan memasak sudah dicuci berulang kali.

Jika bau kambing masih melekat di panci atau wajan, Anda bisa merebus air dan kopi di dalam alat masak tersebut. Kemudian, lanjutkan dengan mencuci panci atau wajan itu dengan sabun pencuci piring.

Akan tetapi, jika bau kambing tertinggal pada pisau, talenan, atau wadah plastik, maka sediakan beberapa potong jeruk nipis. Gosokkan bagian dalam jeruk nipis ke pisau, talenan, dan wadah plastik itu. Bila perlu rendam saja di dalam air campuran jeruk nipis semalaman.

5. Cara menghilangkan bau kambing di tangan

Cara menghilangkan bau kambing di tangan

Usai memotong daging kambing, tangan Anda jadi berbau tak enak? Hal itu sudah biasa jika Anda sedang memotong daging kambing. Pasalnya, kambing memang memiliki bau yang lebih menyengat dari daging sapi.

Solusi untuk menghilangkan bau kambing di tangan adalah menggosokkan jeruk nipis ke telapak tangan. Bila perlu ambil daun kemangi, lalu genggam daun kemangi itu sampai hancur di telapak tangan Anda. Terakhir, cucilah kembali tangan Anda dengan sabun pencuci tangan.

6. Cara menghilangkan bau kambing di mulut

Cara menghilangkan bau kambing di mulut

Setelah menikmati makanan yang terbuat dari daging kambing, bau nafas Anda mungkin menjadi tak sedap. Bila Anda tidak sempat menggosok gigi atau mencari obat kumur, maka Anda dapat menghilangkan bau kambing di mulut dengan mengonsumsi beberapa makanan atau minuman tertentu.

Minuman yang mengandung daun mint dapat menyegarkan nafas Anda. Selain itu, teh hijau tanpa gula juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi bau daging kambing di mulut. Pun begitu dengan yogurt, makanan sehat yang satu ini mencegah lambung mengeluarkan gas dengan aroma kambing yang menyengat, sehingga gas lambung tersebut tidak sampai ke mulut Anda.

7. Cara menghilangkan bau kambing di baju

Cara menghilangkan bau kambing di baju

Selanjutnya, ada cara menghilangkan bau daging kambing pada baju yang Anda pakai untuk memasak. Saat membersihkan, memotong, dan membumbui daging kambing, tidak menutup kemungkinan jika baju yang Anda pakai ikut terkontaminasi dengan bau prengus kambing. Apabila aromanya tidak terlalu menyengat, maka Anda dapat menghilangkan bau prengus di baju ini dengan satu kali pencucian memakai deterjen.

Lantas, bagaimana jika baunya sangat melekat pada baju sehingga tidak hilang meskipun dicuci berkali-kali? Mungkin sudah saatnya untuk menggunakan pewangi pakaian. Rendam baju setelah dicuci dengan deterjen ke dalam air yang sudah dicampur dengan pewangi pakaian. Jemur di bawah sinar matahari agar baunya terangkat.

Daging Kambing

Aroma daging kambing memang sangat menyengat. Bahkan, tak hanya mencemari dapur saja aroma daging kambing bisa menyebar ke rumah Anda. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya tutup jendela dan pintu kamar atau ruangan lain pada saat Anda memasak daging kambing. Tujuannya agar bau kambing ini tidak menyebar ke ruangan lain.

Tak hanya itu saja, Anda pun harus mematikan AC dan membuka jendela selebar-lebarnya pada saat memasak kambing. Hal ini dilakukan agar aroma daging kambing tidak terus menerus mengendap di dapur. Di samping itu, Anda pun dapat menggunakan penghisap asap dapur (cooker hood) ketika memasak. Alat ini akan menghisap aroma kambing yang berada di dalam dapur agar baunya tidak melekat lama pada dapur Anda.

Cooker hood

Nah, sudah siap untuk mulai memasak daging kambing sesuai dengan selera Anda? Kambing bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat khas nusantara, seperti sop kambing atau nasi kebuli.

Anda tidak akan kehabisan inspirasi untuk mengolah daging kambing menjadi hidangan khas nusantara. Khawatir rumah, tangan, atau peralatan memasak Anda tercemar oleh bau prengus dari daging kambing? Kini, Anda tidak perlu takut lagi karena Anda bisa menggunakan cara-cara yang kami bagikan di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Terimakasih kak atas infonya, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *