Bacaterus / Bawang / 8 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dengan Mudah

8 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Bawang adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan untuk menambah aroma masakan sehingga lebih menggugah selera. Bawang mengandung asam amino dalam bentuk senyawa yang disebut alliin. Bau bawang yang kadang cukup mengganggu jika terkena kulit disebabkan oleh senyawa alliin ini dan senyawa lain yang disebut thioallyl.

Ketika kamu mengiris-ngiris bawang, senyawa ini akan dikeluarkan dan mereka bebas bereaksi dengan zat lain di udara. Reaksi enzimatik mengubah alliin menjadi allicin, yang pada gilirannya diubah menjadi senyawa sulfida. Senyawa sulfida inilah yang mengeluarkan aroma yang sangat menyengat setelah memotong bawang.

Meskipun bawang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan, tapi bau bawang bisa sangat mengganggu seseorang. Di bawah ini kami akan membahas beberapa tips untuk membantumu menghilangkan bau bawang di tangan setelah aktivitas memasak yang melelahkan di mana di dalamnya kamu harus bersentuhan langsung dengan bawang-bawang.

1. Peralatan Stainless Steel

* sumber: www.pexels.com

Mungkin hal ini terdengar aneh bagimu, tetapi peralatan-peralatan berbahan stainless steel dipercaya mampu menghilangkan bau bawang yang menempel di tangan. Contoh peralatan makan di dapur yang biasanya terbuat dari stainless steel adalah sendok. Lalu, bagaimana cara pengaplikasiannya? Susah, kah?

Mudah sekali loh caranya, kamu tinggal menggosok-gosokkan tangan yang berbau bawang ke peralatan stainless steel selama beberapa menit (hindari penggunaan alat yang dapat melukai kulit dan tangan), di bawah air mengalir.

Sebagai informasi, aroma kuat pada bawang itu dihasilkan oleh molekul belerang di dalamnya, dan hal itu bereaksi dengan logam dan dinetralkan, sehingga bau bawang pada tangan bisa hilang. Kamu bisa mencoba cara yang tidak biasa ini, tetapi lakukanlah dengan sangat hati-hati ya. Jika tidak ingin melakukan hal ini, yuk coba tips-tips selanjutnya!

2. Cuka

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/jeepersmedia/

Metode lain yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bau bawang di tangan adalah dengan cuka. Bahan memasak ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di warung-warung jika kamu tidak memilikinya di rumah. Cuka sari apel dianggap lebih baik dalam hal ini, tetapi jika hanya cuka putih yang kamu miliki, coba saja dengannya.

Caranya adalah cukup tuangkan beberapa tetes cuka ke telapak tangan dan gosok dengan cukup kuat secara perlahan. Setelahnya kamu bisa mencuci tangan dengan air bersih. Kamu mungkin perlu melakukan hal ini beberapa kali hingga aroma bawang benar-benar hilang dari tanganmu. Jika cuka tidak memungkinkan, coba cara lain di bawah ini.

3. Obat Kumur

Obat Kumur

Jika kamu sudah menyantap makanan-makanan berbawang atau yang menghasilkan bau lainnya seperti jengkol dan petai, biasanya kamu langsung pergi ke kamar mandi untuk sikat gigi dan kumur-kumur dengan obat kumur, bukan? Nah, hal ini juga berlaku untuk menghilangkan bau bawang di tangan.

Jika kamu memiliki obat kumur di lemari kamar mandi, cobalah tuangkan beberapa tetes cairan obat kumur pada tangan dan gosok hingga baunya hilang. Aroma obat kumur ini sangat menyegarkan dan zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu menghilangkan bau mulut. Jadi, mengapa tidak kita mencobanya untuk menghilangkan bau yang sama pada tangan?

4. Garam atau Gula Pasir

Manfaatkan Garam

Garam adalah salah satu bahan dapur yang banyak sekali manfaatnya. Jika kamu tidak memiliki bahan-bahan di atas untuk menghilangkan senyawa bau bawang pada tangan, cobalah dengan garam yang pastinya selalu tersimpan di lemari-lemari dapur. Jika habis, beli dulu ke warung terdekat dengan rumah.

Untuk menggunakannya, basahi dulu tanganmu yang bau bawang kemudian ambil sejumput garam, lalu gosok secara perlahan. Garam bisa membuat tanganmu menjadi kering, jadi pastikan kamu melembabkan tangan setelahnya. Cara yang sama juga berlaku untuk gula pasir.

5. Soda Kue

Selain sebagai bahan membuat makanan, soda kue juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan berbagai noda, seperti noda karat pada peralatan makan metal dan noda hitam pada peralatan masak. Begitu pula dengan dengan bau bawang di tangan, soda kue bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkannya.

Cara menggunakannya hampir sama dengan garam. Basahi dulu tanganmu dengan air bersih, lalu taburkan soda kue secukupnya pada tangan dan gosok-gosok secara perlahan. Setelah itu bilas dengan air bersih dan sebaiknya hindari menggunakannya berkali-kali. Soda kue dapat dibeli dengan harga terjangkau di toko-toko bahan kue yang dekat dengan rumah atau di pasar.

6. Jus Lemon atau Jeruk Nipis

* sumber: pixabay.com

Kedua buah-buahan ini memiliki kadar asam yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan banyak noda, seperti noda lemak dan karat. Sabun cuci piring juga banyak yang dibuat berdasarkan dua jenis buah ini dan hasilnya bisa kita buktikan, yaitu piring-piring dan alat makan lainnya jadi lebih bersih dan tentu saja wangi.

Nah, kamu juga dapat memanfaatkan jus lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau bawang di tangan. Jika memeras jus lemon dianggap terlalu berlebihan, kamu bisa membuat potongan-potongan kecil buah tersebut lalu menggosokannya pada tangan. Setelahnya cuci dengan air bersih dan periksa hasilnya. Kulit jeruk nipis bisa cukup keras sehingga kamu harus hati-hati dalam menggunakannya.

7. Hand Sanitizer yang Mengandung Alkohol

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Hand Sanitizer

 

Kamu juga dapat menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) untuk menghilangkan bau bawang pada tangan. Tapi pastikan cairan pembersih tangan tersebut mengandung alkohol, karena jika tidak mungkin hal itu tidak akan bekerja secara efektif. Beberapa warung dan toko mungkin menjual produk ini dan harganya pun tidak terlalu mahal. Hand sanitizer juga dapat digunakan berkali-kali sebelum atau setelah makan.

8. Sabun Cuci Piring

Sabun Pencuci Piring

Sabun cuci piring yang ada saat ini sangat efektif untuk menghilangkan lemak-lemak dan bau yang menempel pada peralatan makan dan masak, baik yang berbahan metal maupun plastik. Aroma sabun cuci piring umumnya berbau lemon atau jeruk nipis yang menyegarkan sehingga banyak bau bisa dihilangkan.

Jika tanganmu berbau tidak sedap setelah mengiris-ngiris bawang, segera cuci tangan dengan menggunakan sabun cuci piring hingga bau bawangnya hilang. Kalau cara ini dinilai kurang efektif, kamu masih bisa melakukan cara-cara lainnya yang telah dibahas di atas.

Nah, itulah beberapa cara atau metode yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau bawang di tangan. Jika tanganmu sedang terluka, sebaiknya hindari melakukan hal-hal karena bisa sangat berbahaya dan menyakitkan. Hal ini berlaku saat kondisi tanganmu sedang baik-baik saja.

Bau bawang mungkin tidak sepenuhnya hilang setelah dibersihkan dengan metode-metode ini, tetapi setidaknya aroma yang dikeluarkan bisa berkurang. Bau bawang pada tangan juga akan hilang dengan sendirinya seiring kita mencuci tangan dalam beberapa kesempatan.

Produk-produk dapur di atas kini bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online. Kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak yang menawarkan banyak pilihan barang dengan harga yang kompetitif. Yuk, langsung dapatkan barang-barang di atas sekarang juga melalui link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar