Bacaterus / Tikus / Aneka Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus yang Mengganggu

Aneka Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus yang Mengganggu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keberadaan bangkai tikus di rumah bisa mengganggu pernafasan kita. Apalagi jika baunya dekat dengan ruang makan atau kamar tidur, pasti makan pun jadi tidak berselera dan mau tidur pun juga sulit karena aroma bangkai tikus yang sangat menyengat. Kalau sudah diketahui keberadaan bangkai tikusnya, kita bisa langsung membuang bangkai itu secepatnya. Namun, bagaimana jika bangkai tikus belum terdeteksi?

Aroma busuk dari bangkai tikus bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Belum lagi keberadaan bangkainya sendiri dapat menimbulkan bakteri dan kuman. Nah, Bacaterus punya tips dan cara menghilangkan bau bangkai tikus yang bisa Anda coba sendiri.

Cara Menemukan Bangkai Tikus yang Tak Terlihat

cara mengusir tikus kucing

Sebelum membahas cara menghilangkan bau bangkai tikus, kita harus menemukan bangkai tersebut terlebih dahulu. Pasalnya, kita bisa saja menghilangkan bau bangkai tikus untuk sementara waktu, tetapi jika sumber baunya tidak ditemukan dan disingkirkan, maka bau busuk tersebut akan kembali lagi.

Tak perlu bingung atau memanggil ahli pengusir hama, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menemukan bangkai tikus yang tidak terlihat:

1. Cium Baunya

Kerahkan indra penciuman Anda untuk mengendus asal muasal bangkai tikus. Aroma bangkai tikus yang sangat kuat bisa menuntun Anda untuk menemukan sumber baunya. Ikuti saja baunya dan periksa sudut-sudut atau berbagai tempat yang kadang tidak terjangkau oleh kita.

2. Perhatikan Lalat

Lalat adalah hewan yang suka mengerumuni bangkai. Jika di rumah terdapat lebih banyak lalat yang menuju ke satu tempat, periksa tempat tersebut siapa tahu bangkai tikus berada di sana.

3. Belatung

Bangkai tikus akan menimbulkan belatung. Terkadang belatung ini akan bergerak ke arah lain. Bila Anda menemukan belatung di rumah, cek tempat-tempat terdekat dari lokasi Anda menemukan belatung tersebut.

4. Noda

Cari noda pada plafon rumah Anda karena bangkai tikus biasanya akan membentuk noda kekuningan atau seperti noda air. Jika Anda menemukan noda ini di plafon, itu tandanya bangkai tikus terletak pada plafon rumah Anda.

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Cara Menemukan Bangkai Tikus yang Tak Terlihat

Apabila Anda sudah menemukan sumber bau bangkai tikus, maka langkah yang harus Anda lanjutkan setelahnya adalah membuang bangkai tersebut dan menghilangkan baunya. Ikuti cara menghilangkan bau bangkai tikus berikut ini untuk menghilangkan baunya:

  1. Pakai sarung tangan dan masker untuk mengambil bangkai tikus. Masukkan bangkai ke dalam kantong plastik dan kubur di dalam tanah. Jika tak ingin terlalu repot, buang saja bangkai tikus di tempat sampah depan rumah.
  2. Siram lokasi bangkai tikus dengan karbol wangi. Selain untuk menghilangkan bau busuk bangkai, karbol wangi juga dapat membersihkan bakteri yang tersisa dan membunuh belatung yang masih tertinggal.
  3. Ambil kain yang sudah tidak terpakai dan sikat WC. Gosok tempat penemuan bangkai tikus dengan karbol wangi dan sikat, lalu keringkan dengan lap. Setelah itu, rendam sikat di dalam campuran air dan karbol, sedangkat kainnya lebih baik dibuang saja.
  4. Ulangi lagi cara di atas jika bau bangkai tikus masih tercium oleh hidung Anda.
  5. Langkah terakhir adalah pel tempat penemuan bangkai tikus dengan cairan pembersih lantai dan tambahkan cuka di dalamnya untuk menyerap bau bangkai tikus yang tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Plafon

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Plafon

Cara di atas berlaku jika Anda menemukan bangkai tikus di lantai. Lantas, bagaimana jika ternyata bangkai tikus berada di atas plafon? Berikut adalah cara menghilangkan bau bangkai tikus di plafon:

  • Apabila tangan bisa menjangkau plafon, ambil bangkai tikus dan masukkan ke dalam kantong plastik. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat mengambilnya.
  • Semprot plafon dengan karbol wangi untuk menghilangkan bau bangkai tikus.
  • Apabila aromanya masih tertinggal, semprotkan dengan air cuka yang dapat menyamarkan bau bangkai tikus.

Bau bangkai tikus dapat hilang dalam hitungan hari apabila Anda sudah berhasil membuang bangkainya. Jadi, meskipun hari pertama setelah membuang bangkai aromanya masih tercium, semprotkan saja dengan karbol dan tunggu baunya menghilang sendiri dalam beberapa hari ke depan.

Bagaimana Jika Bangkai Tikus Tidak Ditemukan?

Bagaimana Jika Bangkai Tikus Tidak Ditemukan

Terkadang bangkai tikus tidak terlihat atau sulit dijangkau dengan tangan, seperti di atap atau plafon yang sulit dilalui. Bangkai tikus memang mengundang penyakit, tapi bangkai tikus dapat terurai sendirinya. Hanya saja baunya akan semakin menyengat dari hari ke hari.

Apabila Anda tidak bisa membuang bangkai tikus, semprot saja sumber baunya dengan karbol wangi. Jangan lupa untuk turut menyemprotkan cuka agar dapat menyamarkan baunya yang sangat menyengat. Untuk menjaga kebersihan udara dan rumah, letakkan alat penjernih udara. Di samping itu, Anda juga harus mengepel lantai rumah setiap hari dengan cairan pembersih lantai.

Bahan-Bahan Lain untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Cara menghilangkan bau bangkai tikus di atas merupakan cara sederhana yang paling mudah dilakukan. Akan tetapi, jika bangkai tikusnya tidak terjangkau tangan dan Anda terpaksa membiarkan bangkai tersebut berhari-hari, maka sebaiknya Anda mencari cara lain untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan bau bangkai tikus.

Gunakan bahan-bahan berikut ini untuk menghilangkan bau bangkai tikus yang tidak ditemukan:

1. Minyak wangi

Minyak wangi

Solusi paling mudah untuk menyamarkan bau bangkai tikus adalah dengan menyemprotkan minyak wangi. Parfum memiliki aroma yang kuat untuk menyamarkan bau bangkai. Jika tidak ada parfum, beli saja produk pengharum ruangan. Semprotkan setiap beberapa waktu sekali untuk menghilangkan bau bangkai tikus.

2. Soda kue

Soda kue

Usut punya usut, ternyata soda kue memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap. Anda hanya perlu meletakkan mangkok berisi soda kue ini di ruangan berbau bangkai tikus. Walaupun tidak langsung menghilangkan baunya, setidaknya bahan ini dapat meredakan bau bangkai tikus agar tidak terlalu mengganggu pernafasan.

3. Aromatherapy

Aromatherapy

Kami mengerti bahwa bau bangkai tikus dapat mengganggu pernafasan dan membuat kita mual. Untuk meredakan bau bangkai yang tidak dapat ditolerir, pasang saja aromatherapy di ruangan tersebut. Aromatherapy memang tidak 100% menghilangkan bau bangkai, tapi setidaknya bisa meredakan bau bangkai yang bisa membuat kepala pusing.

4. Bubuk kopi

Kopi

Bubuk kopi adalah bahan alami untuk mentralisir segala jenis bau, termasuk bau bangkai tikus. Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi ke dalam kain tipis atau plastik yang dilubangi. Kemudian, gantung bubuk kopi ini di langit-langit rumah di posisi yang diduga menjadi tempat bangkai tikus.

Inilah berbagai cara menghilangkan bau bangkai tikus yang sudah sangat mengganggu. Intinya, Anda harus menemukan sumber baunya terlebih dahulu dan menyingkirkan bangkai tikusnya. Setelah itu, Anda dapat menghilangkan bau bangkai dengan karbol wangi atau bahan-bahan lainnya.

Jika Anda ingin mengetahui cara yang ampuh untuk memancing tikus untuk keluar dari persembunyiannya, Anda dapa membaca artikel ini. Memancing tikus dan mengusirnya keluar rumah lebih baik ketimbang membiarkannya di rumah hingga mati dengan sendirinya menjadi bangkai.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *