Bacaterus / Parenting / Moms, Ini 10 Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan pada Anak

Moms, Ini 10 Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan pada Anak

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Bau badan tidak hanya dialami oleh remaja dan orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa memiliki bau badan tak sedap. Kondisi ini tentu saja membuat si anak menjadi minder, apalagi jika ia menjadi bahan olok-olok temannya karena bau badannya ini.

Untuk membuat anak kembali merasa percaya diri, Anda harus segera membantunya untuk menghilangkan bau badan. Bagaimana sih cara yang tepat untuk mengatasi bau badan pada anak? Yuk, simak panduan dari Bacaterus ini.

1. Ajarkan Anak untuk Mandi yang Bersih

Ajarkan Anak untuk Mandi yang Bersih

Sejak dini ajarkan anak untuk menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Bila tiba saat di mana anak harus mandi sendiri, orang tua wajib mengajarkan anak cara mandi yang bersih. Ajarkan anak untuk mencuci rambut dengan shampo dan menggosok kulit kepalanya untuk membersihkan kotoran. Setelah selesai, bimbing anak untuk membilas rambutnya agar bersih dari busa shampo.

Untuk bagian badan, selalu ajarkan anak untuk membersihkan lipatan tubuh, mulai dari ketiak, jari-jari, bagian belakang siku, bagian belakang lutut, leher, area kemaluan, dan bagian belakang daun telinga. Tanamkan mindset bahwa mandi yang bersih bukan hanya menggunakan sabun sebanyak mungkin, tetapi membersihkan seluruh bagian tubuh dan menggosok daki di kulit.

2. Mandi Dua Kali Sehari

Mandi Dua Kali Sehari

* sumber: www.rd.com

“Ma, aku capek. Mandinya besok pagi saja, ya..” Setelah beraktivitas atau bepergian anak-anak mungkin merasa malas untuk membersihkan tubuhnya sendiri. Padahal, mandi setelah beraktivitas sangat penting untuk menjaga kesegaran tubuh.

Biasakan anak untuk mandi dua kali sehari. Jika tidak terdesak jangan biasakan anak untuk malas mandi. Ajarkan anak untuk mandi dua kali sehari agar kebersihan tubuhnya selalu terjaga. Anda bisa memberi penjelasan bahwa malas mandi bisa membuat tubuhnya gatal-gatal dan dipenuhi bakteri.

3. Jaga Kebersihan Pakaian dan Sepatu

Jaga Kebersihan Pakaian dan Sepatu

* sumber: www.understood.org

Tahukah Anda bahwa bau badan tidak hanya disebabkan oleh mandi yang kurang bersih. Pakaian dan sepatu yang kotor juga bisa menjadi penyebab bau badan. Sebagai orang tua, sudah menjadi tugas Anda untuk membiasakan anak menjaga kebersihan pakaian dan sepatunya sendiri.

Mulailah dari hal sederhana seperti selalu mengganti pakaian setelah ia beraktivitas di luar rumah atau pulang dari sekolah. Kemudian, biasakan anak untuk meletakkan pakaiannya yang kotor di tempat cucian. Untuk bagian sepatu, anak harus berganti kaus kaki setiap hari. Selain itu, ketika sepatu sedang tidak dipakai, dorong anak untuk mencuci sepatunya sendiri atau sekadar membersihkannya dengan lap.

4. Berendam dengan Jus Tomat

Berendam dengan Jus Tomat

* sumber: www.foodandwine.com

Bau badan pada anak bisa diatasi dengan cara alami, lho. Manfaatkan tomat untuk menghilangkan bau badan si kecil. Tomat akan mengatasi bau badan secara efektif jika dipakai secara teratur.

Haluskan buah tomat segar hingga menjadi dua cangkir jus. Kemudian, sediakan ember atau tempat agar anak bisa berendam. Setelah tempat berendamnya diisi dengan air bersih, tuangkan jus tomat yang sudah dibuat. Minta anak untuk berendam dalam air jus tomat itu secara beberapa saat.

Treatment ini sebaiknya dilakukan setelah mandi dengan sabun. Lakukan perawatan ini sehari sekali selama satu minggu untuk memastikan bau badan anak benar-benar hilang.

5. Oleskan Jus Lemon

Oleskan Jus Lemon

* sumber: www.cookinglight.com

Selain tomat, lemon juga bisa menjadi bahan alami yang ampuh untuk menyingkirkan bau badan di tubuh anak. Sifat asam alami pada jus lemon mampu membunuh bakteri penyebab bau badan di tubuh manusia.

Sediakan satu sendok makan air perasan lemon, lalu campur ke dalam satu cangkir air. Ambil kapas dan celupkan ke dalam larutan air lemon tersebut, oleskan kapasnya ke area ketiak anak, dan diamkan selama 10 menit. Lakukan perawatan sederhana ini setiap hari sebelum anak mandi.

Jus lemon juga bisa dipakai untuk berendam, lho. Berendam dalam air yang sudah dicampur dengan jus lemon juga bisa menghilangkan bau badan secara bertahap.

6. Terapi dengan Cuka Apel

Terapi dengan Cuka Apel

* sumber: www.bicycling.com

Satu lagi cara terbaik untuk mengatasi bau badan anak, yakni dengan memberi terapi menggunakan cuka apel. Sama seperti lemon, kandungan asam pada cuka apel juga terbilang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab bau badan.

Penggunaan cuka apel untuk menghilangkan bau badan ini sangat mudah. Cukup oleskan cuka apel pada ketiak anak sebelum mandi. Diamkan cuka apel ini selama 30 menit. Anda juga bisa mengoleskan cuka apel di bagian tubuh lain yang dirasa mengeluarkan keringat lebih banyak, seperti leher misalnya.

7. Mandi dengan Rebusan Air Daun Sage

Mandi dengan Rebusan Air Daun Sage

* sumber: hellosehat.com

Daun sage adalah herbal yang kaya manfaat. Salah satu manfaat daun sage adalah untuk menghilangkan bau badan pada tubuh si kecil. Bahkan, para orang tua tidak perlu khawatir karena air rebusan daun sage ini dijamin aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Rebus beberapa lembar daun sage yang sudah dicuci terlebih dahulu. Gunakan dua cangkir air untuk merebus daun sage tersebut. Campurkan dalam air mandi yang akan dipakai oleh anak. Campuran air dengan rebusan daun sage juga bisa dipakai untuk berendam.

8. Pakai Deodorant Khusus Anak

Pakai Deodorant Khusus Anak

* sumber: kids.lovetoknow.com

Siapa bilang deodorant hanya diciptakan untuk remaja dan dewasa saja? Ada juga deodorant yang memang diformulasikan untuk anak, lho. Deodorant khusus anak-anak ini terbilang aman untuk kulit anak-anak yang cenderung lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa.

Deodorant anak bisa dipakai sehabis mandi atau sebelum anak beraktivitas. Jika Anda kesulitan menemukan referensi deodorant khusus anak, silakan cari rekomendasinya melalui internet.

9. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Anak

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Anak

* sumber: parade.com

Bau badan juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari, lho. Jadi, coba perhatikan makanan yang dikonsumsi anak. Ada sejumlah makanan yang memang bisa menimbulkan bau badan, seperti daging merah, ikan, telur, dan susu yang proteinnya terlalu tinggi.

Lantas, apakah orang tua harus melarang anak mengonsumsi makanan-makanan tersebut? Tentu saja tidak. Anak tetap boleh mengonsumsi makanan tersebut, tapi kurangi porsinya saja. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, makanan-makanan yang disebutkan itu tidak akan menimbulkan bau badan berlebih kok.

10. Konsultasikan ke Dokter Spesialis Kulit

Konsultasikan ke Dokter Spesialis Kulit

* sumber: aadermatology.com

Selain karena kebersihan tubuh dan makanan yang dikonsumsi, bau badan ternyata bisa berasal dari kondisi kesehatan tertentu. Sejumlah penyakit ternyata berkontribusi dalam menimbulkan bau badan.

  • Fenilketonuria yang disebabkan karena gangguan metabolisme saat bayi sehingga tubuhnya tidak memiliki fenilalanin hidroksilas, enzim untuk memecah asam amino. Akibatnya bau apek akan timbul dari kulit, kotoran telinga, nafas, dan urine.
  • Hiperhidrosis adalah kondisi yang menyebabkan tubuh anak memproduksi keringat berlebih karena infeksi atau ketidakseimbangan hormon.
  • Adrenarche merupakan sebuah kondisi di mana anak mengalami pubertas dini sehingga ia harus mengalami tanda-tanda pubertas lebih cepat, seperti tumbuhnya rambut di area ketiak dan kemaluan, serta keringat menjadi lebih banyak.

Nah, segera tangani masalah bau badan pada anak ini sebelum terlambat. Cara-cara di atas bisa membantu Anda menghilangkan bau badan anak secara efektif. Akan tetapi, jika bau badan tetap berlanjut maka segera konsultasikan masalah ini kepada dokter.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *