Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam Potong

10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam Potong

Ketika membeli ayam potong, kadang-kadang kita tidak tahan dengan bau amisnya. Berbeda dengan ayam hidup yang dipotong sebelum dimasak, ayam potong sudah disembelih sejak beberapa jam atau hari yang lalu. Alhasil, aroma yang dikeluarkan ayam potong memang tidak segar seperti ayam yang baru saja disembelih.

Bau amis pada ayam potong bukan sebuah penghalang untuk dapat memasak hidangan ayam yang lezat. Jika bau amis tersebut sangat mengganggu, maka sebaiknya lakukan cara menghilangkan bau amis pada ayam dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bacaterus akan memberikan tips dan cara menghilangkan bau amis ayam secara mudah.

10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam

1. Jeruk Nipis dan Garam

Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam

Jeruk nipis dan garam adalah kombinasi terbaik untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Aroma yang kuat dari jeruk nipis dan meminimalisir bau amis pada ayam secara efektif. Sebelum melakukan cara menghilangkan bau amis pada ayam dengan jeruk nipis dan garam, cuci ayam sampai bersih terlebih dahulu.

Untuk menghilangkan bau amis dengan jeruk nipis, lumuri ayam dengan 1 sendok teh garam terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan 2-3 sendok makan jeruk nipis pada 1 kg ayam. Aduk jeruk nipis dan garam agar meresap hingga ke dalam kulit ayam. Setelah itu, bilas ayam dengan air bersih lalu masak sesuai selera.

2. Asam Jawa

Asam Kawak

Banyak yang tidak mengetahui bahwa asam jawa juga dapat dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Bau amis yang tercium dari ayam biasanya berasal dari lendir-lendir yang dihasilkan oleh ayam potong.

Apabila ayam yang akan dimasak sudah dicuci sampai bersih, kini tiba saatnya Anda merendam ayam di dalam air asam jawa. Diamkan ayam di dalam air asam jawa selama 30-60 menit. Setelah selesai, angkat ayam dari air rendaman dan bilas air asam jawa yang masih menempel pada ayam sampai bersih. Kemudian, ayam siap dimasak sesuai dengan selera Anda.

3. Tomat

Tomat

Siapa sangka jika buah manis seperti tomat bisa menjadi cara penghilang bau amis ayam yang ampuh selain jeruk nipis? Tomat yang dipakai untuk cara ini harus tomat merah yang segar agar bau amisnya bisa hilang lebih cepat.

Cincang buah tomat sampai halus dan tambahkan 1 sendok makan garam pada ayam yang akan dimasak. Setelah ditaburi garam, tuangkan tomat cincang ke atas ayam. Langkah selanjutnya adalah meratakan tomat maupun garam agar terserap hingga ke dalam kulit ayam. Remas-remas seluruh bagian ayam untuk menghilangkan bau amis ayam sebelum dimasak.

4. Cuka

Amonia and Cuka

Salah satu cara menghilangkan bau amis pada ayam yang cukup ampuh adalah dengan menggunakan cuka. Cuka adalah bahan masakan dengan rasa dan aroma asam yang sangat kuat. Jadi, aroma asam dari cuka ini mampu menyamarkan bau amis pada ayam.

Tuangkan 1 sendok makan cuka ke 1 kg ayam, lalu remas-remas daging ayam agar cuka tercampur ke seluruh bagian ayam. Setelah didiamkan selama 5-10 menit, bilas ayam dengan air matang, kemudian masak ayam dengan metode apapun yang Anda inginkan.

5. Tepung Terigu

Tepung Terigu

Jika tepung maizena bisa dipakai membersihkan spring bed yang kena ompol, lain halnya dengan tepung terigu. Pasalnya, tepung terigu bisa dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Bahkan, rasa dan aroma tepung terigu tidak merusak cita rasa daging ayam sehingga mengacaukan rasa masakan Anda.

Caranya cukup mudah, lumuri ayam dengan tepung terigu sampai seluruh bagiannya tertutup. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci bersih dengan air. Setelah itu, keringkan ayam dengan menggunakan tisu dapur sebelum dimasak. Dijamin, bau amis hilang dan cita rasa daging ayam tetap original.

6. Apel

Apel

Butuh memasak ayam secara cepat dan tidak sempat menghilangkan bau amis pada ayam sebelum memasak? Tidak masalah karena ada bahan alami lainnya yang bisa menghilangkan bau amis ayam ketika dimasak. Gunakan buah apel untuk menyamarkan bau amis pada ayam. Anda bebas menggunakan apel merah atau apel hijau untuk menghilangkan bau amis ini.

Iris buah apel secara tipis-tipis, lalu masukkan irisan apel ini ke dalam air atau minyak yang dipakai untuk memasak ayam. Setelah apel sudah layu, angkat irisan apel tadi dan gunakan air atau minyak tadi untuk memasak ayam. Tak hanya bisa dipakai untuk menghilangkan bau amis ayam, apel juga bisa mengatasi bau amis pada ikan dengan cara serupa.

7. Daun Jeruk

Daun Jeruk

Sudah menjadi rahasia umum jika daun jeruk memiliki aroma yang kuat untuk menyedapkan berbagai hidangan nusantara. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa daun jeruk juga bisa menjadi cara menghilangkan bau amis pada ayam secara efektif?

Yang harus Anda lakukan adalah merebus beberapa lembar daun jeruk sampai mendidih. Setelah itu, tunggu sampai air rebusan daun jeruk tadi agak dingin dan pakai air tersebut untuk mencuci ayam yang berbau amis. Untuk menghilangkan bau amis di ayam secara optimal, masukkan 2 lembar daun jeruk yang masih segar ke dalam masakan Anda.

8. Minyak Wijen

Minyak Wijen

Bukankah minyak wijen biasa dipakai untuk memasak? Ya, minyak wijen memang biasa ditambahkan untuk menyedapkan cita rasa masakan. Namun, ternyata minyak wijen memiliki manfaat lain yakni menghilangkan bau amis pada ayam.

Tuangkan minyak wijen ke daging ayam mentah secukupnya (tidak perlu sampai ayam terendam dalam minyak wijen). Kemudian, bolak-balik ayam agar semua bagian terkena dengan minyak wijen. Diamkan selama 30 menit agar minyak wijen meresap ke dalam daging dan kulit ayam. Minyak wijen yang meresap akan membuat cita rasa daging ayam menjadi semakin sedap setelah matang.

9. Jahe

Jahe

Dari semua rempah-rempah yang ada di Indonesia, jahe adalah salah satu rempah dengan aroma dan rasa yang sangat kuat. Tak heran jika banyak orang menambahkan jahe untuk menyedapkan atau menghilangkan bau amis makanan. Penggunaan jahe sebagai penghilang bau amis pada ayam dan ikan juga populer di berbagai negara.

Parut 5 cm jahe atau secukupnya, lalu balurkan parutan jahe ini ke seluruh bagian ayam sampai merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

10. Bawang Putih

Bawang Putih

Terakhir, Anda bisa menghilangkan bau amis ayam dengan memanfaatkan bawang putih, bumbu dapur yang pasti tersedia di rumah Anda. Bawang putih bisa diparut atau uleg sampai halus, lalu gunakan untuk melumuri ayam mentah.

Bisa juga Anda memanfaatkan bawang putih yang sudah digeprek untuk merebus ayam. Tak perlu merebus sampai matang, cukup rebus ayam sampai setengah matang. Setelah itu, angkat ayam dari air rebusannya dan tiriskan sebelum dimasak.

10 cara menghilangkan bau amis pada ayam ini bisa dipakai sebelum Anda menggoreng, menumis, atau membakar daging ayam. Selain itu, jika ingin ayam yang tidak berbau amis, Bacaterus menyarankan Anda untuk membeli ayam kampung. Pasalnya, ayam kampung tidak terlalu berbau amis seperti ayam negeri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. Dian at - Reply

    Paling bagus menurut saya menggunakan tepung terigu, karena tidak akan mengubah rasa dari ayam tersebut.

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Terima kasih atas masukannya. 🙂

Leave A Comment