Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 10 Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Setelah membersihkan ikan atau daging, tangan kita jadi berbau amis. Sudah dicuci dengan sabun berkali-kali tapi bau amisnya tidak kunjung hilang? Itu bisa jadi karena tangan Anda terpapar dengan ikan dan daging terlalu lama. Anda membutuhkan bahan-bahan tambahan lainnya untuk mengatasi bau ikan, udang, dan daging yang melekat pada tangan.

Mencuci tangan beberapa kali untuk menghilangkan bau daging kambing dan ikan memang diperbolehkan. Namun, bisakah Anda membayangkan berapa waktu dan sabun yang dibutuhkan untuk menghilangkan bau amis di tangan? Namun, Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus akan memberikan 10 cara menghilangkan bau amis di tangan setelah makan atau memasak.

10 Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

1. Air Jeruk

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Jeruk termasuk buah-buahan sitrus yang mengandung senyawa alami untuk menghilangkan bau tak sedap, termasuk bau amis di tangan. Senyawa tersebut adalah asam sitrat dan bisa Anda temukan di jeruk nipis, lemon, dan jeruk limau.

Cara menghilangkan bau amis di tangan dengan menggunakan jeruk adalah cuci tangan Anda dengan sabun terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan air bersih di dalam mangkok dan teteskan air jeruk. Gosokkan bagian dalam buah jeruk pada kedua tangan Anda, lalu bilas tangan dengan air jeruk yang sudah disiapkan di dalam mangkok.

2. Garam

Garam

Untuk menghilangkan bau amis pada tangan, Anda harus menggunakan garam dapur yang biasa dipakai untuk memasak, bukan garam mandi. Garam adalah bahan alami yang dipercaya mampu menghilangkan bau kaki yang membandel.

Kali ini, kita akan memanfaatkan garam untuk mengatasi bau daging sapi atau bau amis dari bahan makanan mentah lainnya yang tertinggal di tangan setelah memasak.

Setelah mencuci tangan dengan sabun, gosokkan 1 sendok makan garam dapur pada kedua tangan Anda (buat gerakan seperti mencuci tangan). Gosok garam pada tangan selama 1 menit, lalu bilas tangan dengan air bersih. Bila perlu cuci kembali tangan Anda dengan sabun sampai bersih.

3. Alkohol

Alkohol

Alkohol dikenal sebagai bahan alami untuk membersihkan luka. Namun, tahukah Anda jika alkohol juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau udang atau ikan yang terlanjur melekat di tangan? Aroma alkohol yang sangat kuat ternyata dapat menyamarkan bau amis yang tidak kunjung hilang pada kedua tangan Anda.

Cara penggunaannya cukup mudah karena Anda hanya perlu menuangkan alkohol pada tangan dan gosok-gosok tangan Anda supaya alkoholnya merata. Sesudah itu, biarkan alkohol mengering secara alami di tangan, lalu cuci tangan dengan air bersih dan sabun.

4. Cuka

Cuka

Yang satu ini adalah bahan alami yang dapat mendukung cara menghilangkan bau amis di tangan secara cepat. Namun, risikonya adalah tangan Anda akan berbau bahan alami ini. Ya, kali ini kami akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan cuka. Salah satu bahan masakan ini juga memiliki aroma yang begitu kuat sehingga dapat mengalahkan bau amis di tangan.

Siramkan cuka secukupnya pada tangan, lalu lakukan gerakan seperti mencuci tangan. Biarkan cuka mengering selama 1 menit. Setelah itu, cuci tangan dengan sabun sampai bersih. Meskipun masih ada bau cuka yang tertinggal, tapi lama kelamaan baunya akan hilang ketika Anda mencuci tangan lagi atau mandi.

5. Baking Soda

Baking Soda

Bahan alami yang satu ini memang dikenal sebagai bahan ampuh untuk membersihkan berbagai noda di pakaian maupun bau tak sedap. Bahkan, baking soda dipakai untuk menghilangkan bau di dalam kulkas. Jika menghilangkan bau di dalam kulkas saja bisa, tentu saja baking soda juga dapat dipakai untuk mengatasi bau amis di tangan.

Gosokkan baking soda di tangan selama 3 menit, lalu diamkan selama 30 detik agar baking soda dapat menyerap bau amis di tangan Anda. Setelah itu, cuci tangan dengan sabun dan keringkan dengan handuk. Dijamin, bau amis di tangan akan jauh lebih berkurang dibanding sebelumnya.

6. Daun Kemangi

Daun Kemangi

Selain dikenal sebagai sayur lalapan, daun kemangi juga memiliki aroma harum yang cukup kuat. Keharuman dari daun kemangi inilah yang membuatnya bermanfaat untuk menghilangkan bau amis di tangan setelah memasak.

Tak perlu ritual yang aneh-aneh, Anda hanya perlu mengambil beberapa tangkai daun kemangi, lalu meremasnya dengan kedua tangan Anda. Jika sudah diremas, gosokkan daun kemangi yang hampir hancur tersebut pada kedua tangan. Setelah itu, cium kedua tangan Anda, maka tangan Anda akan beraroma daun kemangi yang sangat harum.

7. Obat Kumur

Obat Kumur

Biasa berkumur dengan obat kumur antiseptik? Nah, manfaatkan obat kumur Anda sebagai cara menghilangkan bau amis di tangan. Obat kumur yang mengandung alkohol juga bisa dipakai untuk mengharumkan tangan yang bau daging kambing atau bau ikan, lho.

Pastikan Anda sudah membersihkan tangan dengan sabun setelah memegang daging atau ikan. Langkah selanjutnya adalah menuangkan satu tutup botol obat kumur ke telapak tangan, lalu gosok ke seluruh bagian tangan seperti Anda mencuci tangan dengan sabun cair.

Kemudian, bilas tangan Anda dengan air bersih, dan cobalah hirup aroma tangan Anda, pasti sudah tidak ada lagi bau amis yang mengganggu.

8. Ampas Kopi

Ampas Kopi

Sebagai minuman dengan rasa dan aroma yang cukup kuat, kopi juga bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bau amis di tangan, lho. Tak perlu memakai bubuk kopi baru, gunakan saja ampas bubuk kopi. Untuk mendapat hasil yang lebih optimal, Anda boleh mencampurkan air perasan lemon ke dalam ampas kopi.

Remas-remas ampas kopi dengan kedua tangan Anda selama 60 detik. Diamkan selama beberapa saat seperti masker, lalu cuci tangan dengan sabun dan air bersih.

9. Margarin

Margarin

Walaupun akan membuat tangan menjadi lengket, tetapi margarin bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau amis di tangan. Jika tangan berbau amis udang dan tidak kunjung hilang setelah dicuci dengan sabun, lakukan cara ini.

Ambil satu sendok teh margarin, lalu letakkan di telapak tangan Anda dan gosokkan margarin ke seluruh bagian tangan. Setelah digosok sampai merata, bilas tangan dengan air dan gunakan sabun colek atau sabun cair pencuci piring untuk menghilangkan sisa lengket margain secara cepat.

10. Daun Beluntas

Daun Beluntas

Daun beluntas memang tidak sepopuler daun kemangi. Akan tetapi, daun ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami. Kabar baiknya, daun beluntas juga dapat menjadi bahan untuk menghilangkan bau amis di tangan.

Cukup ambil beberapa lembar daun beluntas, lalu remas-remas dengan kedua tangan Anda. Setelah itu, gosokkan daun beluntas ke sela-sela jari dan kuku. Jika semua bagian tangan sudah digosok dengan daun beluntas, saatnya membilas tangan dengan air dan mencuci kembali dengan sabun.

Itulah beragam cara menghilangkan bau amis di tangan secara mudah. Anda bisa menemukan 10 bahan-bahan di atas dengan mudah dan segera bersihkan bau amis pada tangan. Sebagai tips tambahan, segera cuci tangan setelah memegang daging atau ikan agar bau amis tidak sulit dihilangkan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment