Bacaterus / Lifestyle / 10 Cara Menghibur Orang Galau Agar Kembali Ceria

10 Cara Menghibur Orang Galau Agar Kembali Ceria

Ada teman yang lagi galau karena masalah pribadi? Cobalah menghibur dia agar kembali ceria seperti sedia kala. Kegalauan hati tidak bisa dianggap remeh, lho. Pasalnya, galau bisa menyebabkan depresi, sedangkan depresi bisa berujung pada hal-hal yang mengerikan, seperti bertindak nekat yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri atau orang lain.

Nah, jadilah orang yang baik dengan menghibur sahabat yang sedih dan galau. Jika Anda tidak tahu cara menghibur orang galau, coba ikuti 10 cara yang Bacaterus sarankan berikut ini.

10 Cara Menghibur Orang Galau

1. Selalu Ada Untuknya

Selalu Ada Untuknya Cara Menghibur Orang Galau

Sejatinya, cara menghibur orang galau cukup mudah kok. Mereka yang lagi galau hanya membutuhkan seseorang yang selalu ada di sisinya. Jadilah orang yang selalu ada untuk teman, kekasih, atau keluarga yang sedang galau. Jangan memaksa mereka untuk menceritakan penyebab kegalauannya. Biarkan mereka menceritakan sendiri kepada Anda apabila mereka sudah siap untuk bercerita.

Dengan menunjukkan sikap yang selalu ada, hal tersebut dapat mengurangi kegalauan di hati mereka. Setidaknya, mereka merasa ada orang yang siap membantu dan mereka tidak merasa sendirian ketika menghadapi masalahnya.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Jadilah Pendengar yang Baik

Anda memang tidak perlu memaksa orang yang galau untuk menceritakan isi hatinya. Namun, Anda harus menjadi pendengar yang baik ketika si galau ingin curhat kepada Anda. Pastikan bahwa Anda selalu siap untuk mendengarkan keluh kesahnya kapanpun ia inginkan. Kadang-kadang, orang yang galau hanya butuh didengarkan saja.

Anda tidak perlu memberikan saran atau komentar jika mereka tidak memintanya. Pasalnya, orang yang galau biasanya lebih sensitif dibanding orang yang memiliki perasaan normal. Jika memberi saran atau komentar, bisa-bisa mereka menganggap Anda sedang menggurui atau menghakimi.

3. Lakukan Hal Manis Untuknya

Lakukan Hal yang Manis

Orang yang patah hati, sedih, atau galau artinya mereka sedang memiliki suasana hati yang buruk. Anda bisa menghibur mereka dengan melakukan hal-hal manis untuknya. Hal manis tersebut bisa ditunjukkan dengan memberikan perhatian. Bawakan makanan kesukaannya, ajak mereka melakukan hal-hal yang menyenangkan, atau temani mereka setiap saat.

Perlakuan Anda yang manis akan sedikit menghibur hati mereka. Kegalauan yang sedang mereka rasakan perlahan-lahan akan berkurang ketika Anda memperlakukan mereka dengan manis.

4. Hibur dengan Hal-hal Konyol

Hibur dengan Hal-hal Konyol

Terkadang, Anda perlu bertingkah sedikit konyol agar bisa menghibur orang yang sedang galau. Cara menghibur orang galau dengan melakukan hal-hal konyol dapat membuat mereka melupakan kegalauannya. Sahabat yang sedih dan galau bisa langsung tertawa terbahak ketika Anda berusaha melucu di depannya.

Hal-hal konyol yang bisa Anda lakukan untuk menghibur orang yang galau adalah berusaha melakukan trik sulap meskipun Anda berulang kali gagal melakukannya, menari dengan gaya yang konyol, atau berusaha menirukan tingkah laku pelawak favoritnya. Usaha Anda melakukan hal-hal lucu untuk menghiburnya yang akan membuat dia yang galau jadi tersenyum kembali.

5. Berikan Pujian yang Tulus

Berikan Pujian yang Tulus

Perasaan galau bisa membuat seseorang merasa seperti tidak dihargai. Oleh karena itu, Anda harus menghibur orang yang galau dengan kata-kata pujian yang tulus. Buatlah mereka merasa dihargai dengan kata-kata pujian Anda.

Sebuah pujian yang tulus bisa membangkitkan kembali semangat orang yang galau dan putus asa. Misalnya, ada seorang sahabat yang galau karena sudah lama menjomblo sementara teman-temannya satu persatu sudah menikah.

Anda bisa memberikan pujian kepadanya: “Kamu orang yang spesial, Tuhan sedang menyiapkan jodoh yang spesial juga untukmu. Kamu hanya perlu bersabar.” Tunjukkan juga bahwa masih banyak orang-orang yang menyayangi mereka.

6. Berikan Pelukan Hangat

Berikan Pelukan Hangat

Ketika Anda mendapati ada seorang sahabat atau keluarga yang sedang sedih dan galau, Anda tidak perlu mengatakan apapun. Cukup peluk dia dengan hangat untuk menghiburnya. Sebuah pelukan akan berarti segalanya bagi orang yang sedang galau. Pelukan yang hangat akan memberi semangat dan menyalurkan energi positif dari dalam diri Anda kepada mereka.

Mungkin mereka akan menangis dan bersikap emosional ketika mendapat sebuah pelukan. Namun, emosi yang mereka keluarkan dapat mengurangi kegalauan yang ada di hati. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda dan orang yang ingin dihibur ini benar-benar dekat agar ia tidak merasa risih ketika memperoleh pelukan hangat dari Anda.

7. Bersikap Empati, Bukan Simpati

Bersikap Empati, Bukan Simpati

Tahukah Anda perbedaan antara empati dan simpati? Empati adalah sikap yang lebih emosional untuk menunjukkan bahwa Anda bukan sekedar peduli, tapi juga ingin merasakan perasaan orang lain dan tidak segan untuk membantu bila diperlukan.

Cara menghibur orang galau adalah menunjukkan sikap empati Anda. Misalnya, ketika ada teman yang galau karena putus cinta, Anda jangan berkata, “Oh, kasihan sekali kamu. Aku turut sedih mendengarnya.” Sebaiknya katakan, “Aku bisa merasakan kesedihanmu. Aku tahu betapa kamu mencintainya.” Sikap empati justru lebih menghibur dibanding sikap simpati yang terkesan basa-basi semata.

8. Ajak Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Ajak Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Tak perlu pusing mencari cara menghibur orang galau. Anda bisa langsung mengajak orang yang galau untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Pilih kegiatan yang bisa membuatnya melupakan kegalauannya, mulai dari jalan-jalan, nonton film, bermain game, sampai dengan melakukan hal-hal konyol bersama.

Jika si dia mengajak Anda untuk melakukan kegiatan yang ia sukai, temani saja dia. Namun, pastikan kegiatan tersebut positif dan tidak membahayakan dirinya atau diri Anda sendiri.

9. Berikan Kata-kata Motivasi

Berikan Kata-kata Motivasi

Seorang yang galau tentu sudah putus asa dan tidak mampu berpikir jernih. Tugas Anda sebagai penghibur adalah memberikan semangat melalui tutur kata. Selain terus mendampinginya, Anda juga harus memotivasi dirinya agar bangkit dari kegalauan tersebut.

Pertama-tama mungkin ia takkan menghiraukan Anda. Namun, Anda jangan menyerah untuk terus memotivasi dirinya. Terus berikan semangat agar dia kembali ceria dan bisa menjalani hidup seperti sedia kala.

10. Bawakan Hadiah

Lakukan Hal Manis Untuknya

Siapa yang tak suka hadiah? Setiap orang pasti menyukai hadiah, tak terkecuali orang yang sedang galau sekalipun. Anda bisa menghibur teman, pasangan, atau keluarga yang sedang galau dengan memberikan hadiah. Tak perlu barang mahal jika Anda tidak mampu, berikan hadiah sederhana seperti hewan peliharaan, kerajinan tangan buatan sendiri, sampai dengan makanan.

Hal-hal kecil seperti ini akan sangat menghibur orang yang sedang galau. Lebih bagus lagi jika Anda mengetahui benda atau hal yang sedang diinginkan oleh sahabat Anda yang sedang galau ini. Anda bisa menghadiahkan sesuatu yang memang menjadi keinginan sahabat Anda agar ia terhibur.

10 cara menghibur orang galau ini bisa Anda coba kepada teman, pasangan, atau saudara Anda yang sedang galau. Ingat, galau bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali diri Anda sendiri. Hibur lah orang lain yang sedang galau karena jika suatu saat Anda yang merasa galau, mereka lah yang akan menghibur Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment