Bacaterus / Lifestyle / 6 Cara Menghibur Diri yang Paling Mudah dan Menyenangkan

6 Cara Menghibur Diri yang Paling Mudah dan Menyenangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Satu kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah mengharapkan kebahagiaan dari orang lain. Meskipun kita telah berkali-kali kecewa karena itu, kita tetap mengulang-ulang kesalahan itu, seolah-olah kita lupa kalau orang pertama yang wajib menghibur adalah diri sendiri. Kita juga lupa, berharap kepada manusia adalah awal dari segala kecewa.

Seperti hidup pada umumnya, ada waktu-waktu yang lebih sulit dari biasanya. Di waktu-waktu tersebut, kita seperti membutuhkan kekuatan yang lebih dari apa yang telah kita miliki. Kita sedang jatuh dan berharap ada orang lain yang mengangkat, mengembalikan kita kepada waktu-waktu yang biasa.

Kita terlalu sering berpikir kalau kebahagiaan itu datangnya selalu dari orang lain. Kebahagiaan itu terlalu jauh dari kita saat ini. Tanpa disadari, kita membuat kebahagiaan menjadi harapan, bukan kenyataan. Kita telah membebani diri sendiri dengan pikiran-pikiran semacam itu. Membuat kebahagiaan menjadi sesuatu yang sulit dan jauh.

Sekarang, kita perlu sedikit melonggarkan diri. Berpikir lebih dalam dan menatap lebih tajam. Mungkin ada lelah yang lebih parah dari biasanya. Mungkin ada sakit yang lebih pahit dari biasanya. Dan mungkin ada pikiran-pikiran meremehkan, kalau ini terlalu besar untuk kita hadapi sendiri. Tenang dulu, kita bisa mulai berdiri lagi dari diri sendiri.

6 Cara Menghibur Diri yang Benar

1. Menerima Semua yang Ada

Menerima Semua yang Ada

Hal pertama dan yang paling utama dalam menghibur diri adalah menerima. Kita harus menerima semuanya dengan utuh. Seburuk-buruknya, sepahit-pahitnya. Barangkali kita bingung mencari alasan kenapa hal-hal buruk itu datang, tetapi percayalah semua itu datang dengan tujuan, salah satunya untuk menguatkan. Jadi, terimalah dulu, karena menerima adalah cara terbaik mensyukuri.

Nggak perlu buru-buru, pasti akan butuh waktu. Ada banyak cara untuk menghibur diri, semuanya dimulai dengan memahami diri. Setelah kita mampu menerima, barulah kita mampu menyikapinya. Penerimaan adalah tanda kesiapan dan keberanian. Tepuk tangan untuk dirimu sendiri kalau sudah bisa menerima segala kekecewaan. Iya, kamu sekuat itu. Sudah waktunya kamu tahu kalau ternyata kamu memang sekuat itu.

2. Memberi Kesempatan

Memberi Kesempatan

* sumber: unsplash.com

Mungkin terkesan sepele, tetapi penting memberi kesempatan untuk diri sendiri. Biasanya, setelah jatuh, kepercayaan diri kita berceceran. Memberi kesempatan kepada diri sendiri berarti, mengumpulkan kepercayaan diri yang sempat hilang itu.

Nggak perlu hal-hal rumit untuk menghibur diri dengan memberi kesempatan kepada diri sendiri. Kamu bisa melalui kalimat-kalimat sederhana yang kamu ucapkan kepada diri sendiri.

‘Nggak apa-apa, kamu sudah berusaha kan?’
‘Nggak usah disesali, lebih baik diperbaiki.’
‘Kalau belum ada akhir yang baik, berarti belum berakhir.’

Kita terlalu terbiasa mendengar kata-kata itu dari orang lain. Nggak ada salahnya kita mengatakan itu untuk diri sendiri. Cara menghibur diri bisa sesederhana itu, yakni memberi kesempatan kepada diri sendiri.

3. Memberi Hadiah

* sumber: unsplash.com

Kamu mungkin sering memberi hadiah untuk orang lain, namun sekarang saatnya untuk memberi hadiah kepada diri sendiri. Cara menghibur diri yang satu ini paling besar dampaknya untuk kita dan paling ampuh juga menghapus semua gelisah yang lagi singgah.

Kamu nggak perlu barang-barang mahal untuk melakukan ini. Lakukanlah dengan hal yang sederhana, seperti mengkhususkan waktu seharian penuh untuk dirimu sendiri tanpa memikirkan yang lain.

Kamu bisa mengambil hari libur, lalu memanjakan dirimu sepanjang hari. Kamu bisa melakukan me time, misalnya menonton drama Korea yang belum selesai karena kamu terlalu sibuk, atau pesan makanan enak yang ingin kamu makan tanpa merisaukan berat badan. Kalau ada uang lebih, pergilah membeli sesuatu untuk dirimu, entah itu pakaian baru, mainan baru, atau buku baru.

Kalau kamu senang bergaul, pergilah bersama teman-teman yang menyenangkan. Nongkrong di tempat favorit sampai tutup. Nikmati semua tawa yang ada seolah-olah setiap tawa itu akan mengangkat beban kamu pelan-pelan.

4. Berterima Kasih

* sumber: unsplash.com

Kamu sering mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Tapi, pernahkah mengucapkan itu kepada diri sendiri? Berterima kasih karena nggak mudah menyerah. Berterima kasih karena sampai saat ini kamu nggak pernah buang sampah sembarangan. Berterima kasih karena kamu nggak meninggalkan dirimu yang sebenarnya.

Ini hal kecil dan karena itulah sering terlupakan. Kita boleh berterima kasih kepada diri sendiri, supaya kita sadar dan paham apa yang telah dan akan kita lakukan. Dengan melakukan ini, tanpa disadari kamu akan menjadi candu melakukan hal-hal baik. Sebab, kamu menyadari semua itu baik, untuk kamu dan orang-orang di sekitar kamu. Dengan begitu, maka akan timbul perasaan untuk melakukannya lagi dan lagi.

Kamu bisa memulai dari hal-hal paling kecil, misalnya ketika kamu berhasil bangun pagi tanpa alarm, berhasil datang tepat waktu, atau berhasil melawan malas demi mengerjakan tugas. Berterima kasihlah kepada dirimu sendiri.

Kamu boleh berbangga untuk dirimu sendiri, karena itu salah satu cara untuk menghibur diri dengan memberi apresiasi untuk diri sendiri. Ini akan membuat kamu lebih mencintai dirimu sendiri. Kalau sudah begitu, kamu nggak akan sulit dibuat bahagia, karena kamu mulai bisa berbahagia dengan cara-cara sederhana.

5. Mengerjakan Proyek Personal

* sumber: unsplash.com

Kamu suka apa? Memotret? Menggambar? Menulis? Buat sebuah proyek untuk dirimu sendiri. Sesuatu yang nggak butuh pengakuan orang lain untuk mengukur dan memuji. Sesuatu yang akan kamu simpan untuk waktu yang sangat lama, karena ini memang tentang kamu.

Kalau kamu suka fotografi, kamu bisa membuat album perubahan dirimu sendiri, seperti mengumpulkan foto-foto dirimu sendiri dari kecil sampai sekarang. Tuliskan sedikit cerita pada setiap foto-foto itu. Album ini akan menemani kamu sampai tua nanti. Kamu juga bisa mewariskan ini untuk anak-cucu.

Kalau kamu suka menulis, buatlah sebuah tulisan yang ingin kamu baca, entah itu fiksi atau non-fiksi. Jangan pedulikan apapun ketika menulisnya. Kamu cuma perlu membuat satu target, menyelesaikan apa yang telah kamu mulai. Kalau sudah jadi, terserah mau diapakan, mau kamu simpan sendiri atau kamu coba ajukan ke penerbit.

6. Mengembangkan Diri

* sumber: unsplash.com

Mempelajari sesuatu yang baru, karena kamu nggak akan pernah tahu seberapa baik kamu di sana sebelum kamu benar-benar mencobanya. Barangkali sejak dulu kamu ingin mempelajari sesuatu tetapi nggak pernah jadi, cobalah beranikan diri kali ini.

Ada banyak hal-hal yang bisa kamu pelajari di internet secara gratis. Ya, dunia ini masih punya banyak orang yang membagikan ilmunya dengan tulus. Kamu cuma perlu mengetikkan kata kunci yang tepat.

Kalau kamu ada uang lebih, nggak apa-apa berinvestasi untuk pengembangan diri, entah itu kursus atau workshop. Dengan begitu, kamu bisa mendapat wawasan baru juga akan mendapat kenalan baru di lingkungan baru. Kamu nggak akan tahu akan sebaik apa jadinya kalau kamu nggak pernah mencoba.

Itu beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghibur diri sendiri. Kalau kamu punya cara sendiri yang belum tertulis di sini, silakan tuliskan di kolom komentar. Nggak ada ukuran mutlak benar atau salah dalam hal ini. Semakin banyak referensi semakin baik. Karena referensi adalah salah satu pintu untuk inspirasi.

Tapi, kalau kamu sedang kebingungan menghadapi temanmu atau kerabat dekat yang sedang galau, coba 10 Cara Menghibur Orang Galau ini agar dia bisa lebih semangat dan dapat move on.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

I’m not a good writer, I just trying so hard to be.

Leave A Comment