Bacaterus / Belanja Online / Cara Menghemat Uang Saat Belanja Setelah Gajian

Cara Menghemat Uang Saat Belanja Setelah Gajian

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Payday atau saat gajian mungkin merupakan saat-saat yang paling ditunggu seluruh pegawai di dunia. Ketika melihat saldo di ATM kita bertambah, kita seakan lupa bagaimana cara menghemat uang tersebut. Godaan untuk berbelanja pun langsung muncul apalagi ketika Anda mengunjungi pusat perbelanjaan.

Tak hanya para pegawai, anak kost yang dapat kiriman uang saku dari orangtua pun tak luput dari godaan berbelanja terutama para wanita. Ketika melihat saldo yang cukup banyak di ATM, kita cenderung memiliki keinginan untuk membeli barang yang kita suka. Namun masalah tiba saat uang yang kita dapatkan tiba-tiba habis hanya dalam waktu sekejap akibat berbelanja.

Rasanya kita sangat sulit untuk menahan godaan untuk tidak berbelanja. Pernah mengalami itu? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami masa-masa ini. Nah kini bacaterus.com akan mengulas beberapa tips yang bisa Anda coba agar tak kalap ketika berbelanja.

Planning

Sebelum memutuskan untuk pergi ke pusat perbelanjaan, rencanakan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi dan cobalah untuk konsisten dengan rencana Anda. Hal ini untuk menghindari kemungkinan penggunaan uang yang lebih banyak.

Survei

Jika Anda berencana membeli barang yang Anda suka/butuhkan, baiknya Anda survei harga barang tersebut terlebih dahulu. Survei ini dapat membantu Anda untuk memperkirakan pengeluaran. Misalnya, ada tas cantik yang ingin Anda beli, carilah pasaran harga tas tersebut melalui internet. Biasanya, harga yang tercantum pada online shop tak jauh berbeda dengan offline store.

Choosing Friend

cara menghemat uang

Berbelanja dengan teman memang akan sangat menyenangkan. Tapi berhati-hatilah, Anda harus memilih teman yang bisa diajak berhemat. Di bagian ini mungkin Anda akan terkesan terlalu pemilih. Tapi yakinlah, sangat penting untuk memilih teman yang bisa diajak berhemat.

Karena jika Anda berbelanja dengan teman yang sangat suka berbelanja, bisa jadi Anda akan tergoda untuk berbelanja lebih banyak lagi. Karena itu, pastikan Anda pergi belanja dengan orang yang tepat. Kalaupun tak ada, Anda bisa pergi berbelanja sendiri tanpa harus ditemani.

Selalu Bawa Uang Secukupnya

Setelah memutuskan tempat-tempat yang akan dikunjungi, batasi uang yang akan Anda bawa. Jangan pernah membawa seluruh isi tabungan ketika mengunjungi pusat perbelanjaan, kecuali jika Anda ingin berakhir dengan tangisan karena uang yang Anda punya ludes begitu saja.

Sebagai contoh, Anda sudah berencana untuk membeli sepasang sepatu dan makan siang dengan rekan Anda. Siapkan uang yang cukup untuk membeli sepatu dan untuk makan siang, contohnya 50 ribu rupiah. Apapun yang terjadi, gunakan uang 50 ribu itu untuk makan siang. Dan berusahalah untuk tak membeli yang lebih dari nominal tersebut. Batasi uang yang akan Anda bawa untuk menghindari over budget.

Kenyang Sebelum Belanja

Sebelum pergi ke pusat perbelanjaannya, sebaiknya pastikan perut Anda kenyang. Jadi ketika tiba di sana, Anda tak perlu lagi membeli makanan dan itu akan menghindarkan Anda dari ‘laper mata’. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan untuk Anda karena Anda bisa menghemat pengeluaran untuk makanan.

Remind Yourself!

tips cara menghemat uang

Ketika tiba di pusat perbelanjaan, Anda mungkin akan sulit menahan godaan barang-barang yang ditawarkan di sana. Tak perlu terlalu bersemangat. Selalu ingatkan diri Anda untuk membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan. Ketika Anda sudah kalap, ingatkan diri anda sendiri ‘Apakah saya membutuhkannya? Apakah ini perlu? Apakah ini bermanfaat?’

Selalu tanyakan pertanyaan tersebut pada diri Anda. Memang terkadang kita lupa namun sangat penting untuk megontrol diri sendiri. Jika tidak, Anda akan selalu kehilangan uang Anda untuk sesuatu yang tak Anda butuhkan dan Anda akan menyesalinya.

Take a Note

Cara menghemat uang ketika berbelanja selanjutnya adalah dengan mencatat berbagai hal. Setelah berbelanja, selalu catat semua pengeluaran Anda. Hal ini penting agar Anda tahu ke mana larinya uang Anda. Catat semuanya dari hal yang paling kecil seperti ongkos angkot atau taksi sampai harga baju yang Anda beli.

Catatan ini juga berguna bila Anda akan melakukan perbelanjaan yang berikutnya. Anda akan tahu apa yang benar-benar Anda butuhkan ketika akan berbelanja kembali. Catatan ini juga akan sangat bermanfaat untuk mengontrol pengeluaran Anda.

Window Shopping

cara menghemat uang window shopping

Siapa bilang ke pusat perbelanjaan kita harus selalu membeli barang? No. Salah besar jika Anda masih sering berpikir seperti itu. Ada kegiatan yang bisa Anda lakukan tanpa perlu menghabiskan uang. Anda masih dapat melakukan window shopping atau melihat-lihat tanpa berbelanja.

Jangan takut terkesan ‘kere’ karena rekan-rekan yang tengah bersama Anda saat itu membawa kantong belanjaan, karena kebutuhan setiap orang berbeda. Ingatkan kembali diri Anda ‘Do I really need this?’ Jika memang tidak dibutuhkan, Anda tak perlu memaksakan diri berbelanja hanya agar tak terlihat ‘kere’. Ingatlah jika uang Anda habis percuma, siapa yang akan menderita? Anda sendiri bukan?

Jangan Terhasut oleh SPG

Seorang Sales Promotion Girl alias SPG memang sangat bermanfaat karena sering memberikan informasi mengenai berbagai promosi dari produk yang ditawarkannya. Akan tetapi pada kondisi tertentu, SPG adalah seorang musuh besar yang harus dihindari.

Seperti dikutip dari Teen Advice, saat Anda sama sekali tidak berniat untuk membeli produk yang ditawarkannya, maka jangan sekali-kali membelinya. Jangan pernah terhasut oleh bujuk rayu mautnya. Semurah apapun produk yang ditawarkannya jangan terbujuk karena Anda akan menyesal di kemudian hari.

Cobalah Berbelanja Online

Jika berbelanja ke mall atau ke pusat perbelanjaan dirasa terlalu banyak mendatangkan godaan, maka cobalah untuk melakukan online shopping. Dengan berbelanja secara online maka setidaknya kita hanya akan fokus di satu online shop tanpa perlu melihat-lihat produk yang tidak ingin kita beli.

Namun berbelanja online juga tetap berbahaya jika kita tidak bisa mengontrol diri. Terlebih apabila kita berbelanja menggunakan kartu kredit, maka bisa jadi tagihan di akhir bulan akan membengkak. Maka dari itu kunci utamanya adalah tetap mengontrol diri dan tidak mudah tergoda.

Memang dibutuhkan tekad yang sangat kuat untuk melakukan tips-tips di atas. Awalnya mungkin akan sangat berat karena Anda sering kali lupa untuk mengingatkan diri anda sendiri ‘Apakah saya benar-benar membutuhkannya?’ tetapi ingat bahwa anda selalu menyesali jika uang yang Anda keluarkan tak terasa habis begitu saja.

Namun jika Anda melakukan tips-tips di atas, Anda akan bisa belajar mengontrol keuangan Anda sendiri sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. Demikianlah ulasan cara menghemat uang ketika berbelanja di saat gajian. Selamat mencoba dan Semoga berhasil!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *