Bacaterus / AC / 8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah agar Tidak Boros

8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah agar Tidak Boros

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Memasang AC di rumah adalah sebuah hal yang wajar. Sebagai masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis, musim kemarau di Indonesia memang mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan. Mau tidak mau kita harus memasang AC agar dapat beraktivitas lebih nyaman tanpa merasa kegerahan.

Akan tetapi, keberadaan AC di rumah membuat penggunaan listrik jadi lebih meningkat. Adakah cara menghemat listrik AC rumah yang aman dan tidak ilegal? Bacaterus punya beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan agar AC di rumah tetap hemat dan tagihan listrik pun tidak membengkak. Yuk, cari tahu cara selengkapnya di sini!

8 Cara Menghemat Listrik AC Rumah

1. Pilih AC dengan PK Terendah

Pilih AC dengan PK Terendah Cara Menghemat Listrik AC Rumah

Semakin kecil ukuran PK AC yang Anda beli, maka semakin kecil pula pemakaian listriknya. Salah satu cara menghemat listrik AC rumah adalah dengan membeli AC yang PK-nya paling rendah, yaitu ½ PK. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ruangan di bawah 10 m2.

Meskipun AC dengan PK terendah memang hemat energi dibanding AC dengan ukuran PK yang lebih besar, tapi Anda tetap harus menyesuaikan ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan Anda. AC ½ PK tidak akan berguna jika dipakai mendinginkan ruangan seluas 24 m2.

Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk menentukan ukuran PK saat hendak membeli AC, ukur dulu luas ruangan yang akan dipasangi AC. Baca artikel cara memilih AC ini untuk mengetahui ketentuan ukuran PK AC untuk setiap ruangan dengan luas yang berbeda.

2. Hindari Mengatur Suhu di Bawah 24 Derajat

Hindari Mengatur Suhu Di Bawah 24 Derajat

Maksud hati ingin mendinginkan ruangan dengan AC, tapi penggunaan listrik jadi semakin boros. Nah, hal tersebut bisa disebabkan karena pengaturan suhu yang salah. Ambil remote AC Anda dan cek pengaturan suhunya.

Mengatur suhu AC di bawah 24 derajat celcius hanya akan membuat pemakaian listrik semakin boros. Cara menghemat listrik AC rumah adalah dengan mengatur suhu AC tidak kurang dari 24 derajat celcius. Gunakan suhu 24 derajat celcius sebagai batas maksimal pengaturan suhu. Jangan mengatur suhu AC di angka 23, 22, apalagi 16 derajat celcius jika tidak ingin tagihan listrik Anda melonjak.

3. Pilih AC dengan Fitur Hemat Energi

Pilih AC dengan Fitur Hemat Energi

Ketika Anda hendak membeli AC, mintalah staf toko untuk menjelaskan setiap fitur pada AC-AC yang menjadi pilihan Anda. Beda merk dan tipe, beda pula fitur yang tersedia. Salah satu fitur yang wajib ada dalam sebuah AC adalah fitur hemat energi alias low wattage.

AC low watt dilengkapi dengan kompresor yang menggunakan daya listrik lebih kecil dibanding AC standard. Bahkan, AC hemat energi dapat menghemat konsumsi daya listrik 20-30% setiap bulannya.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa AC low watt umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain itu, proses pendinginan ruangan jadi lebih lama karena AC tersebut hanya menggunakan daya listrik yang sangat kecil. Namun, jika Anda ingin benar-benar menghemat listrik di rumah, maka AC tipe low watt adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

4. Pasang Kipas Plafon

Pasang Kipas Plafon

Sudah pasang AC kok harus pasang kipas di plafon? Ini adalah cara menghemat listrik AC rumah yang tak banyak diketahui orang tapi dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Pemasangan kipas plafon juga bukan tanpa sebab, lho. Ada alasan mengapa kipas plafon dapat membantu penghematan listrik di rumah ketika Anda menggunakan AC.

Kipas berfungsi untuk menurunkan suhu ruangan sehingga tidak terlalu panas. Saat AC dinyalakan, maka kompresor tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan yang sejuk. Nah, ketika kompresor tidak bekerja dengan keras, penggunaan daya listrik pun jadi semakin kecil.

Saat menggunakan kipas plafon bersamaan dengan AC, Anda boleh menaikkan suhu sebanyak 3-4 derajat. Penggunaan kipas plafon dengan AC juga dapat menghemat penggunaan listrik hingga 10% setiap bulannya.

5. Bersihkan AC dan Ruangan Secara Berkala

Bersihkan AC dan Ruangan Secara Berkala

Tahukah Anda bahwa cara menghemat listrik AC rumah dapat dimulai dari hal sederhana, misalnya membersihkan AC dan ruangannya secara rutin? AC yang kotor akan membuat kerja kompresor menjadi lebih keras. Kompresor yang bekerja lebih keras tentu akan menggunakan daya listrik lebih banyak. Oleh karena itu, bersihkan filter AC setiap sebulan sekali dan lakukan pembersihan secara keseluruhan setiap 3 bulan sekali.

Mengapa ruangan tempat ber-AC juga harus dibersihkan? Ruangan yang berdebu memengaruhi kebersihan filter AC. Akibatnya, filter AC jadi lebih cepat kotor dan hal tersebut berimbas pada kinerja kompresornya. Agar lebih hemat energi, tak ada salahnya membersihkan ruangan beserta perabotan di dalamnya yang berdebu.

6. Pasang Timer AC

Pasang Timer AC

AC diciptakan untuk memberikan kesejukan saat kita beraktivitas di dalam sebuah ruangan. Namun, penggunaan AC memang lebih sering ditempatkan di dalam kamar tidur. Jika Anda ingin tidur dengan nyenyak menggunakan AC tapi ingin lebih hemat listrik, Bacaterus punya satu solusinya.

Solusi agar penggunaan AC di kamar tidur tetap hemat listrik adalah memasang timer. Pasanglah timer untuk beberapa jam, misalnya 5 jam. Setelah 5 jam AC akan mati dengan sendirinya. Jadi, Anda tetap akan merasa sejuk ketika hendak tidur dan AC akan mati dengan sendirinya saat Anda sudah terlelap.

7. Tutup Tirai di Siang Hari

Tutup Tirai

Di siang hari yang panas memang paling nyaman jika berada di ruangan yang ber-AC. Akan tetapi, ruangan yang sangat terang karena paparan sinar matahari bisa membuat AC mengonsumsi daya listrik lebih banyak.

Sinar matahari akan membuat suhu di dalam ruangan semakin tinggi. Akibatnya, AC Anda harus bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan ruangan tersebut. Alangkah baiknya jika Anda menutup tirai jendela ruangan saat hendak menyalakan AC. Hal ini membuat ruangan jadi lebih sejuk dan AC tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.

8. Tutup Semua Celah Udara di Ruangan

Tutup Semua Celah Udara di Ruangan

AC lebih efektif bekerja di ruangan yang tertutup. Apabila pintu atau jendela masih terbuka sedikit, maka kompresor AC kesulitan untuk mencapai suhu yang sesuai dengan pengaturan di remote AC. Idealnya, Anda memang harus menutup semua celah di dalam ruangan ber-AC. Tujuannya agar udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC tidak keluar dari ruangan tersebut.

Sudahkah Anda menutup semua celah udara di dalam ruangan ber-AC? Cara ini akan mengurangi konsumsi daya listrik AC karena kompresornya tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Cermati 8 rahasia cara menghemat listrik AC rumah ini agar Anda tidak perlu membayar tagihan listrik yang terlalu mahal. Jika Anda belum memahami bagaimana seharusnya kita menggunakan AC dengan benar dan bijaksana, bacalah artikel cara menggunakan AC ini agar penggunaan AC di rumah bisa lebih efisien.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar