Bacaterus / Inilah Cara Menghasilkan Jutaan Rupiah dari Menulis

Inilah Cara Menghasilkan Jutaan Rupiah dari Menulis

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Oktober 2019

Ada banyak kesempatan dan peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan seseorang untuk menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya tanpa harus terikat sebagai seorang karyawan. Salah satu di antaranya adalah menjadi seorang penulis, baik untuk blog atau situs pribadi maupun milik orang lain atau perusahaan.

Jika Anda menulis untuk situs pribadi, maka sumber penghasilan utamanya adalah dari iklan yang Anda pasang di situs. Setiap iklan yang diklik oleh pembaca, maka itu akan menjadi pundi-pundi rupiah untuk Anda. Sebaliknya jika Anda menulis untuk situs orang lain atau perusahaan, maka penghasilan Anda biasanya ditentukan oleh jumlah artikel yang Anda tulis.

Menulis di Blog atau Situs Pribadi

Ngeblog

* sumber: pxhere.com

Saat ini ada dua platform yang paling banyak digunakan orang-orang untuk membuat website, yaitu Blogger milik Google dan WordPress. Penulis pemula biasanya menggunakan Blogger untuk membuat tulisan mereka. Sementara yang sudah beralih profesional umumnya lebih memilih WordPress.

Blogger bisa digunakan secara gratis alias tidak berbayar (daftar dengan akun Gmail). Sedangkan untuk bisa menggunakan WordPress (dalam hal ini WordPress.org), Anda harus memiliki hosting dan domain terlebih dahulu. Keduanya bisa Anda dapatkan di perusahaan-perusahaan penyedia layanan hosting dan domain.

Jika Anda sudah memiliki blog atau situs pribadi, maka Anda bisa langsung menghasilkan tulisan. Namun, tulisan yang Anda buat tidak boleh sembarang tulisan. Anda harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu agar tulisan yang Anda posting muncul di halaman pertama (dan paling atas) mesin pencari.

Semakin banyak hasil tulisan Anda yang muncul di halaman pertama mesin pencari, maka kesempatan untuk mendatangkan pembaca akan semakin besar. Setelah blog atau situs Anda boleh menampilkan iklan (umumnya dari Google AdSense), maka kesempatan untuk meraih penghasilan dari iklan juga akan semakin besar.

Meskipun bukan hal yang mudah untuk menjadi publisher AdSense, namun selama situs Anda mematuhi semua kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak AdSense, maka Anda tidak akan mengalami kendala dalam menampilkan iklan di situs Anda.

Berikut adalah beberapa syarat agar Anda bisa menghasilkan uang dari menulis di blog atau situs pribadi (yang sudah diterima sebagai publisher AdSense atau program kerjasama periklanan lainnya).

  • Tulisan yang dibuat harus orisinil (tidak plagiat atau copy paste dari situs lain)
  • Tulisan harus berkualitas, baik dari segi konten maupun kaidah penulisan (bisa menggunakan teknik SEO yang berlaku)
  • Disarankan untuk membuat tulisan minimal 1000 kata agar memiliki kesempatan untuk tampil di halaman utama pencarian
  • Konsisten membuat tulisan dengan melakukan riset terlebih dahulu, sehingga tulisan yang Anda buat tidak sia-sia (misal: memilih keyword-keyword yang populer).
  • Website harus dibuat seringan dan secepat mungkin agar pembaca semakin betah. Tidak hanya itu, mesin pencari juga lebih mengutamakan website yang cepat dan ringan untuk tampil di halaman utama pencarian.

Menjadi Penulis Konten Freelance

Penulis Freelance

* sumber: pxhere.com

Jika Anda belum memiliki kesempatan untuk membuat website sendiri, maka opsi lainnya adalah menjadi seorang penulis freelance. Saat ini ada banyak perusahaan media yang menawarkan kesempatan untuk menjadi seorang penulis konten paruh waktu di website mereka. Jadi, Anda akan dibayar sesuai dengan jumlah tulisan atau artikel yang Anda buat.

Namun, tidak semua perusahaan menawarkan bayaran yang fixed (pasti atau tetap). Ada perusahaan yang akan membayar jika tulisan Anda masuk di halaman utama website mereka. Ada pula yang akan membayar per view atau tinjauan. Dengan kata lain, Anda harus pintar-pintar dalam memilih topik tulisan yang ingin Anda buat agar bisa menghasilkan.

Jika metode pembayaran di atas kurang menarik bagi Anda, maka Anda bisa memilih perusahaan media yang menetapkan bayaran yang fixed. Umumnya perusahaan seperti ini akan membayar Anda per tulisan atau artikel yang Anda buat. Misal, setiap artikel dihargai Rp 100rb, dan jika dalam sebulan Anda menulis 10 artikel, maka Anda akan mendapatkan bayaran Rp 1 juta!

Perusahaan-perusahaan media yang menawarkan bayaran fixed biasanya mengharuskan Anda untuk menulis sesuai dengan kebijakan-kebijakan mereka. Misal, tulisan Anda akan jadi uang jika terdiri dari 1000 kata atau lebih. Selain itu, keyword-keyword tulisan yang harus Anda buat juga biasanya telah ditentukan.

Menulis di perusahaan media yang demikian memungkinkan Anda untuk dapat mengatur keuangan dengan baik, meskipun Anda seorang pekerja paruh waktu. Namun, sekali lagi Anda harus taat dengan kebijakan-kebijakan yang mereka buat agar Anda bisa tetap bekerja lepas untuk mereka.

Berikut adalah beberapa syarat agar Anda bisa menjadi penulis konten yang baik.

  • Mencintai dunia menulis
  • Percaya diri
  • Berwawasan luas
  • Kreatif
  • Melakukan riset penulisan
  • Menguasai beberapa gaya menulis
  • Memahami topik yang akan ditulis
  • Selalu memperbaiki kemampuan menulis
  • Mampu melakukan parafrase
  • Suka membaca

Nah, itulah dua cara utama yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari menulis tanpa harus menjadi seorang karyawan. Menulis di blog atau situs pribadi memberikan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak uang, dengan syarat Anda terus melakukan pengembangan. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa membuka kesempatan bagi orang lain untuk menulis di situs Anda dan membayar mereka.

Jika ternyata menulis bukan passion Anda, maka Anda bisa melakukan banyak kesempatan mandiri lainnya yang dapat menghasilkan banyak uang tanpa perlu keluar rumah. Untuk mengetahui peluang-peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan tersebut, Anda bisa mengunjungi situs Cryptoharian yang menawarkan banyak informasi menarik mengenai dunia usaha untuk berbagai kalangan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar