Bacaterus / Alat Tulis / 7 Cara Menghapus Tinta Pena pada Kertas Secara Mudah

7 Cara Menghapus Tinta Pena pada Kertas Secara Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Untuk apa repot-repot mencari cara menghapus tinta pena pada kertas? Bukankah sekarang sudah ada tipe-x? Ya, keberadaan tipe-x memang sangat membantu kita dalam menutupi kesalahan saat menulis dengan pena. Namun, tipe-x hanya bersifat menutupi, tidak untuk menghapus tinta pena yang sudah tergores pada kertas.

Jika kamu ingin menghapus tinta pena di kertas tanpa meninggalkan kesan “tembelan” pada kertas, jangan gunakan tipe-x. Bacaterus akan memberikan informasi mengenai cara menghapus tinta pena pada kertas secara mudah nih. Yuk, cari tahu bahan-bahan dan cara selengkapnya di sini!

1. Jus Lemon

Jus Lemon

* sumber: www.thriftyfun.com

Bahan untuk menghilangkan tinta pena di kertas ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan kok. Jus lemon atau air perasan buah lemon juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan tinta pena pada kertas. Namun, pastikan bahwa kertasnya cukup tebal, ya!

Pertama-tama, peras buah lemon terlebih dahulu dan tempatkan air perasannya dalam sebuah wadah. Kemudian, celupkan cotton bud ke dalam air perasan lemon, lalu usapkan pada tinta pena di kertas yang ingin dihapus.

Bagaimana lemon bisa menghapus tinta pena pada kertas? Mudah saja. Kandungan asam pada lemon lah yang memberikan reaksi untuk melunturkan tinta pena. Setelah tinta penanya hilang, jemur kertas sampai benar-benar kering di tempat yang berangin.

2. Alkohol

Alkohol

Kalau menurutmu membuat jus lemon terlalu ribet, kamu bisa memakai alkohol untuk menghapus tinta pena pada kertas. Pasalnya, alkohol mengandung bahan kimia yang dapat melunturkan berbagai jenis tinta, termasuk tinta pena. Namun, kamu harus berhati-hati saat menggunakan alkohol agar tinta yang tidak ingin dihapus tidak turut luntur karena tetesan alkohol.

Untuk menghilangkan tinta pena pada kertas, celupkan cotton bud ke dalam alkohol, lalu gosok di bagian tinta yang hendak dihapus. Jika bagian tinta penanya terlalu besar, celupkan saja kertasnya ke dalam alkohol. Setelah dicelup, jemur kertas di tempat yang berangin agar cepat kering.

3. Soda Kue

Soda Kue

* sumber: www.wikihow.com

Satu lagi bahan yang bisa dengan mudah kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghilangkan tinta pena yang melekat pada kertas. Adalah soda kue, salah satu bahan pembuatan kue yang dijual dengan harga murah. Manfaatkan soda kue ini jika kamu benar-benar membutuhkan bahan yang tepat untuk menghapus tinta pena.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat pasta soda kue dari campuran soda kue dan air secukupnya. Buat pasta soda kue dengan tekstur yang tidak terlalu kental, tapi juga tidak terlalu encer. Setelah siap, gunakan kain putih untuk menggosok tinta pena pada kertas dengan memanfaatkan pasta soda kue yang sudah kamu buat.

Usai menghapus tinta pena pada kertas, kamu tidak perlu membilas kertas dengan air karena akan merusak kertas. Pasta soda kue tadi akan menguap dengan sendirinya sebelum benar-benar hilang.

4. Aseton

Aseton

Aseton alias nail remover bisa menjadi opsi lain bagi kamu yang ingin menghapus tinta pena pada kertas. Bahan sekuat cat kuku saja bisa diatasi oleh aseton, apalagi tinta pena yang seharusnya lebih mudah luntur dibanding cat kuku, kan?

Cara penggunaan aseton sama dengan bahan-bahan lainnya, yaitu dengan mencelupkan kapas ke cairan aseton, lalu gosok ke tinta pena yang ada di kertas. Jangan terlalu keras saat menggosokkan kapas ke kertas karena hal tersebut dapat merusak kertas.

Ketika kamu sudah berhasil menghilangkan tinta pena pada kertas, segera jemur kertas sampai kering  sebelum disimpan kembali. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa menghilangkan tinta pena berwarna biru jauh lebih mudah ketimbang tinta pena yang berwarna hitam.

5. Pisau Silet

Pisau Silet

* sumber: www.wikihow.com

Kalau kamu tidak ingin mengambil risiko kertas robek saat kamu menghilangkan tinta penanya dengan bahan yang bersifat cair, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memakai pisau silet. Yang dimaksud pisau silet di sini adalah kepingan yang terbuat dari bahan stainless steel dan di tengahnya berlubang. Pisau tanpa gagang ini biasa dipakai untuk bercukur.

Untuk menghapus tinta pena dengan memakai pisau silet, pastikan bahwa bagian yang ingin dihapus tidak banyak. Terlalu banyak menghapus tinta pena dengan pisau silet hanya akan membuat kertas menjadi cacat.

Pegang pisau secara vertikal di atas kertas, lalu gesekkan secara perlahan di bagian tinta pena yang hendak dihapus. Ingat, jangan menekan terlalu keras karena bisa membuat kertas jadi berlubang.

6. Ampelas

Ampelas

Ampelas adalah benda yang biasa dipakai untuk menghaluskan permukaan kayu atau benda tumpul lainnya. Bagian kasar pada ampelas lah yang bertugas untuk memperhalus bagian benda yang kasar. Nah, kali ini Bacaterus ingin mengajakmu memanfaatkan ampelas untuk menghapus tinta pena nih!

Gunakan ampelas nomor 000 untuk menghapus tinta pena pada kertas. Biasanya ketika membeli selembar ampelas, kamu akan mendapatkan satu bagian besar. Potong dulu ampelas menjadi bagian kecil agar lebih mudah dikendalikan dengan jari. Selanjutnya, gosok ampelas pada tinta pena secara perlahan.

Dalam menggunakan ampelas, kamu juga harus menggosoknya secara perlahan agar tidak merobek kertas. Yang paling penting, ampelas hanya kami sarankan untuk menghilangkan sedikit tinta pena pada kertas. Hindari penggunaan benda ini untuk menghapus tinta pena dalam bagian besar.

7. Penghapus Tinta

Penghapus Tinta

Opsi lain dalam menghilangkan tinta pena adalah dengan menggunakan penghapus khusus tinta. Penghapus ini biasanya berwarna biru atau orange dan memiliki permukaan yang terasa lebih kasar dibanding penghapus pensil.

Apakah penghapus tinta ini ampuh untuk menghilangkan tinta pena pada kertas? Cukup ampuh kok. Asalkan tintanya bukan berasal dari pena gel. Selain itu, jika tintanya tidak terlalu tebal, maka penghapus ini masih bisa menghapus tinta tersebut.

Hasil yang ditawarkan oleh penghapus tinta ini sejatinya tidak terlalu bersih. Terkadang masih ada sisa tinta yang masih menempel. Kamu juga tidak diperkenankan untuk menggosok penghapus ini terlalu keras karena bisa mengakibatkan kertasmu robek.

Nah, sudah tahu ingin menggunakan cara yang mana untuk menghapus tinta pena pada kertas? Cara-cara di atas tentu ada risikonya masing-masing, mulai dari kertas robek karena penggunaan bahan berupa cairan atau kertas menjadi cacat karena digosok dengan benda kasar atau tajam. Jadi, pikirkan dulu risikonya sebelum mengambil tindakan, ya!

Satu lagi, yang perlu kamu ingat adalah cara ini juga pasti meninggalkan “cacat”, seperti ada bekas lunturan tinta pena di kertas atau yang terburuk adalah kertas robek. Kalau mau cara yang lebih aman, kami sarankan untuk menggunakan tipe-x atau membuat ulang tulisan atau gambar di kertas baru.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *