bacaterus web banner retina

Cara Mudah Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 29 Mei 2021

Munculnya halaman kosong pada Word sering kali dihadapi oleh para pengguna komputer dari berbagai OS. Blank page atau halaman kosong muncul dikarenakan pembagi halaman pada page break yang berlebihan. Meskipun mungkin sebagian orang menganggap hal tersebut bukanlah sebuah masalah besar.

Pasalnya halaman kosong tersebut mengganggu susunan format halaman dokumen terutama ketika halaman tersebut akan di-print. Meskipun bisa diselesaikan dengan opsi print only selected pages, akan tetapi cara tersebut kurang efektif untuk menghilangkan halaman kosong pada Word.  Ini dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus halaman kosong yang tidak diinginkan. 

Sekilas Tentang Faktor yang Menyebabkan Halaman Kosong di Word

Blank page atau halaman kosong yang ditemukan pada halaman dokumen selalu membuat orang gatal ingin menghapusnya. Sebab meskipun tidak mengganggu tampilan halaman inti tetapi halaman kosong tersebut menjadi pengacau susunan halaman dokumen.

Halaman dokumen menjadi lebih banyak karena adanya halaman kosong. Terlebih jika di-print, akan menghambur-hamburkan kertas saja karena pada kertas kosong tersebut terdapat nomor susunan halaman dokumen.

Halaman kosong tersebut muncul dikarenakan adanya page break dan section break. Pada dasarnya halaman yang kosong tersebut berisi simbol tertentu yang tidak tampil sebagai karakter pada sebuah dokumen.

Meskipun page break dan section break beresiko memunculkan halaman kosong yang mengganggu susunan halaman dokumen, sebenarnya menu ini sangat berguna dalam sebuah penyusunan karya tulis dan dokumen.

Page break berfungsi untuk mempermudah mengubah jeda pada halaman secara manual. Dengan adanya page break, memisahkan halaman bisa dilakukan secara otomatis.

Sementara itu, section break berfungsi untuk mengubah tata letak, halaman dalam dokumen dan format halaman dalam sebuah dokumen.

Fitur section break satu ini memungkinkan kita untuk memecah dokumen menjadi beberapa sesi sehingga kita bisa lebih mudah membuat format yang berbeda pada setiap sesinya.

Meksipun keduanya berguna, namun tidak bisa dipungkiri jika halaman kosong yang muncul karena dua menu tersebut cukup mengganggu. Itulah alasan kenapa halaman kosong pada Word sebaiknya dihapus saja.

Cara Paling Sederhana Menghapus Halaman Kosong di Word

Cara Mudah Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word 3Sumber: piecara.com

Kemunculan halaman kosong pada Word tentu menjadi masalah kecil tapi cukup mengganggu. Pada default view, Word menyembunyikan karakter kontrol yang sesuai sehingga sulit untuk menemukan tempat yang tepat untuk menghapus halaman kosong. Solusi dasarnya bisa kamu ikuti cara-cara di bawah ini.

  • Pilih halaman kosong yang akan kamu hapus.
  • Klik sedekat mungkin bagian bawah halaman.
  • Selanjutnya, tekan tombol backspace pada keyboard sampai halaman tersebut terhapus.    

Menghapus Halaman Kosong di Halaman Awal Word

Cara Mudah Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word 5Sumber: brianli.com

Halaman kosong pada Word sering kali muncul tanpa diduga lokasinya. Kadang ia bisa saja muncul di halaman awal Microsoft. Langkah-langkah untuk menghapus halaman kosong di awal halaman ini adalah sebagai berikut.

  • Klik pojok kanan bawah halaman kosong.
  • Tekan tombol delete atau backspace pada papan ketik sampai halaman yang ingin kamu hapus hilang.
  • Apabila halaman berada di akhir dokumen, tekan tombol CTRL+End+Backspace. Tombol kombinasi ini akan membawamu pada halaman terakhir dokumen.
  • Setelah itu, hapus halaman tersebut dengan cara menekan tombol delete pada papan ketik atau keyboard.

Menghapus Halaman Kosong di Halaman Tengah Word

Dalam beberapa kondisi, tak mustahil halaman kosong di Word muncul di halaman tengah dokumen. Ini disebabkan karena terjadinya sebuah section break yang digunakan untuk mengatur dan memformat dokumen yang isinya berkaitan dengan penomoran pada setiap halaman, marjin, orientasi, dll.

Apabila kamu menemukan halaman kosong yang posisinya di tengah halaman dokumen, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Microsoft Word, kemudian buka halaman di dokumen yang akan kamu hapus.
  • Pada menu Home, pilih ikon Show/Hide Paragraph yang ada di group paragraph. Bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+Shift+8 secara berbarengan. Ini digunakan untuk menampilkan simbol format tertentu untuk mempermudah proses penghapusan halaman kosong tersebut.
  • Setelah fitur tersebut aktif, selanjutnya akan kita menemukan simbol yang diikuti keterangan seperti section break yang terletak pada halaman kosong. 
  • Lalu, arahkan kursor ke simbol paragraph yang terletak di halaman kosong tersebut.
  • Tekan tombol delete yang ada pada keyboard. Ini akan menghapus halaman kosong tersebut.
  • Ulangi perintah tersebut apabila ada beberapa simbol di dalam satu halaman kosong sampai berhasil dihapus.
  • Jika sudah, kembalikan pengaturan Paragraph dengan menekan opsi Show/Hide Paragraph. Atau bisa juga menggunakan pintasan keyboard Ctrl+shift+8.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word

Cara Menghapus Halaman Kosong di Halaman Terakhir

Cara Mudah Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word 9Sumber: bbc.com

Selanjutnya, bagaimana jika halaman kosong tersebut muncul di akhir halaman pada sebuah dokumen? Jika kamu menemukan masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. Yuk simak baik-baik penjelasannya.

  • Buka dokumen yang halamannya akan kamu hapus.
  • Selanjutnya, buka Tab Home.
  • Pilih Group Paragraph, lalu pilih Show/Hide dengan menekan tombol Ctrl+Shift+8.
  •  Setelah tombol-tombol tersebut kita tekan, maka akan muncul simbol berfungsi untuk menampilkan halaman-halaman kosong pada sebuah dokumen.
  • Tekan Ctrl+End. Dua tombol kombinasi ini berfungsi untuk membawa kita pada halaman kosong terakhir di dokumen tersebut. 
  • Setelah itu, sorot simbol yang menunjukan blank page atau halaman kosong tadi, lalu klik Delete. Halaman selanjutnya akan terhapus.
  • Apabila terdapat lebih dari dua halaman kosong di akhir sebuah dokumen, kamu bisa tekan tombol Ctrl+Shift+End. Ini berfungsi untuk menyorot semua halaman kosong yang terletak di baris awal sampai halaman kosong paling akhir.
  • Ulangi langkah tadi, yaitu dengan meng-klik Ikon Show/Hide yang terdapat di opsi Paragraph. Agar lebih cepat, gunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Ctrl+Shift+8 secara bersamaan untuk menghilangkan simbol yang muncul tadi.  

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Sulit Dihapus

Cara Mudah Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word 11Sumber: techbout.com

Bagi komputer yang masih menggunakan Microsoft Word versi 2007, mungking berpikiran bahwa masalah blank page tidak akan terjadi di Microsoft Word versi terbaru seperti 2010 dan versi 2013. Padahal, pada kenyataannya, masalah tersebut muncul pula di Microsoft Word versi yang lebih baru.

Nah, untuk mengatasinya mari kita simak beberapa penjelasan untuk menghapus halaman kosong di Word yang membandel.

  • Tampilkan karakter tersembunyi pada dokumen dengan cara mengaktifkan Hidden Formatting Symbols. Untuk memunculkan karakter ini, tekan tombol Ctrl+Shift+* bersamaan pada papan ketik. Karakter tersebut bisa pula dimunculkan denan meng-klik Ikon Show/Hide Pada Tab Home.
  • Matikan menu Hidden Formatting Symbols dengan cara meng-klik Ikon Show/Hide.
  • Selesai.

Selain cara di atas, masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghapus halaman kosong yang sulit dihapus. Jangan dulu berhenti membaca artikelnya.

  • Pertama-tama aktifkan menu Show/Hide Symbol.
  • Setelah itu, klik kanan pada karakter yang muncul di layar. Lalu, pilih Paragraph.
  • Perhatikan opsi Spacing. Ubah opsi Before menjadi 0. Kemudian, ubah opsi After menjadi 0.
  • Atur pula bagian Line Spacing menjadi Single, dan opsi At biarkan kosong.
  • Terakhir, atur ukuran Font ke ukuran 1.

Apabila cara tersebut masih belum berhasil menghilangkan halaman kosong yang ada pada sebuah dokumen, bisa jadi itu dikarenakan adanya karakter tersembunyi yang masih belum muncul saat dokumen dibuat. Jadi, tulisan tersebut masih belum selesai saat dokumen disimpan.

Untuk mengatasinya, hal-hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Aktifkan opsi Hidden Formatting Symbol dengan meng-klik icon kecil pada menu tersebut.
  • Blok simbol unik yang terletak di bawah tabel.
  • Pada bagian Effect, centang Hidden.
  • Selesai.

Itulah beberapa cara untuk menghapus halaman kosong di word. Karena susunan sebuah halaman dokumen sangatlah penting, maka format penyusunannya haruslah berurutan. Susunan penomoran halaman yang tidak sesuai urutan hanya akan membuat pembaca bingung dan dengan isi tulisan yang diangkat pada dokumen tersebut.

Nah, karena telah kamu telah selesai membaca artikel ini, kamu bisa praktekkan cara menghapus halaman kosong di Word yang benar. Selamat mencoba.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram