Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Januari 2019

Memang benar jika hidup tak selamanya berjalan mulus sesuai dengan keinginan kita. Terkadang ada segelintir orang yang tidak suka kepada kita dan berusaha menjatuhkan kita. Di dalam dunia kerja, perbedaan pendapat atau iri hati bisa berujung pada tindakan saling menjatuhkan. Bersyukur lah jika Anda tidak memiliki rekan kerja yang berusaha menjatuhkan Anda.

Namun, kali ini Bacaterus akan memberikan tips bagi Anda yang memiliki rekan kerja “jahat” yang berusaha untuk menghancurkan karir Anda. Nah, jika Anda punya pengalaman seperti ini, cari tahu cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita di sini.

10 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Ingin Menjatuhkan Kita

1. Berusaha Lebih Peka

Berusaha Lebih Peka Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Ingin Menjatuhkan Kita

Di dalam dunia kerja, Anda harus bisa membedakan mana kawan yang benar-benar tulus dan lawan yang berusaha mencari kesalahan Anda. Oleh karena itu, Anda harus menjadi orang yang peka terhadap siapa pun staf di tempat Anda bekerja.

Cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita adalah dengan bersikap lebih peka. Jika Anda menemukan adanya teman kantor yang berusaha mencari-cari kesalahan Anda, itu tandanya Anda harus waspada. Hati-hati saja dalam bertindak karena kesalahan Anda bisa menjadi “santapan” empuk bagi rekan kerja yang sudah mengincar diri Anda.

2. Hindari Konflik

Hindari Konflik

Kami mengerti bahwa posisi Anda sangat sulit. Ketika ada rekan kerja yang benci dan berusaha menjatuhkan Anda, tentu saja emosi dalam diri Anda tersulut. Bahkan mungkin Anda juga sudah merencanakan sesuatu hal untuk balik menyerang dirinya.

Akan tetapi, sebagai staf yang profesional Anda harus berusaha menghindari konflik sebisa mungkin. Selama sikap rekan kerja Anda masih dalam batas wajar, maka cobalah untuk diam. Diam bukan berarti kalah, tetapi lebih untuk menghindari konflik demi menciptakan kenyamanan kerja diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

3. Dekati Secara Baik-baik

Dekati Secara Baik-baik

Tak dapat dipungkiri bahwa rekan kerja yang biasanya sirik atau tidak suka kepada Anda adalah staf yang sudah lama bekerja di sana. Mau tidak mau Anda harus mengakui bahwa dia adalah senior Anda. Pendekatan secara baik-baik adalah salah satu cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita, khususnya jika dia adalah senior Anda.

Coba dekati rekan kerja yang “jahat” ini secara baik-baik. Mula-mula Anda bisa pura-pura bertanya mengenai pekerjaan, seperti meminta pendapatnya. Lanjutkan pendekatan dengan berusaha membantunya ketika ia mengalami kesulitan.

Usaha pendekatan ini memang tidak selalu berhasil. Terkadang rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda justru semakin jual mahal. Namun, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mendekatinya agar hubungan kalian jadi lebih baik.

4. Berusaha Menjadi Lebih Baik

Berusaha Menjadi Lebih Baik

Bukankah rekan kerja yang sirik dan ingin menjatuhkan kita akan semakin kesal ketika prestasi kita dalam bekerja semakin menanjak? Ya, haters gonna hate. Mereka yang membenci Anda akan berusaha menjatuhkan Anda apapun yang Anda lakukan. Jadi, daripada berdiam diri lebih baik tunjukkan kualitas diri Anda dengan prestasi.

Fokuslah untuk menjadi lebih baik di tempat kerja. Dengan begitu, atasan pun jadi senang kepada Anda. Rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda akan terus berusaha mencari kesalahan Anda, tak peduli Anda adalah pekerja yang berprestasi atau tidak. Jangan jadikan mereka penghalang untuk meningkatkan karir diri sendiri.

5. Siapkan Mental yang Kuat

Siapkan Mental yang Kuat

Ketika Anda memiliki rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda, tentu saja mereka akan berbuat segala hal untuk menekan Anda. Jika Anda tidak tahan dan memilih untuk resign, maka mereka lah yang menang.

Cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita adalah dengan menyiapkan mental untuk menjadi lebih kuat. Tekanan dan bully dalam tempat kerja pasti akan menjadi santapan sehari-hari jika Anda memiliki rekan kerja yang sirik. Namun, apabila mental Anda kuat, Anda akan bersikap masa bodoh dan hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan Anda.

6. Bersikap Baik pada Siapapun

Bersikap Baik pada Siapapun

Rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda tentu akan bersikap memusuhi Anda. Bahkan, jangan heran jika ia menghasut orang lain untuk turut menjauhi Anda. Sikapnya yang seperti ini bisa membuat Anda tertekan dan depresi karena merasa dikucilkan. Salah satu jurus terjitu untuk menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita adalah bersikap baik pada siapa pun.

Buktikan kepada semua orang bahwa Anda tidak seperti yang mereka katakan. Sikap baik dan ramah akan membantu Anda memiliki banyak teman. Setidaknya, Anda tidak merasa terkucilkan meskipun rival Anda ini berusaha menjauhi Anda. Toh masih ada rekan kerja lainnya yang bersikap baik kepada Anda.

7. Selalu Mendengarkan Orang Lain

Selalu Mendengarkan Orang Lain

Meskipun Anda tidak menyukai rekan kerja yang berusaha menjatuhkan Anda, tetapi Anda harus bersikap profesional dalam bekerja. Anda harus mendengarkan pendapatnya meskipun di dalam hati ingin menolak.

Kritik yang diberikan oleh rekan kerja yang tidak menyukai kita bukan suatu hal yang aneh. Anda harus menerima kritik tersebut dan berusaha menjadi lebih baik darinya. Jangan ambil pusing dengan semua omongan rival Anda. Tetaplah bersikap mendengarkan, tapi tidak perlu dimasukkan ke hati.

8. Hindari Keinginan untuk Melapor

Hindari Keinginan untuk Melapor

Mungkin Anda berpikir bahwa cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita adalah dengan melapor kepada atasan atau pihak yang berwenang. Sadarkah Anda bahwa hal ini justru akan membawa Anda ke dalam keterpurukan?

Anda bukan anak kecil yang bisa selalu melapor kepada guru jika ada yang “jahat” kepada Anda. Bersikaplah dewasa dan profesional. Hadapi semuanya sendiri dan buktikan dengan prestasi kerja. Melapor bukan jalan yang terbaik karena rival yang licik dapat menjadikan hal tersebut sebagai peluang untuk semakin menjatuhkan Anda.

9. Berdoa dan Berserah Kepada Tuhan

Berdoa dan Berserah Kepada Tuhan

Masalah rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita dapat membuat stres dan mengacaukan pekerjaan. Mau bersikap acuh tapi karir kita di kantor serasa terancam. Jalan terbaik untuk menghadapi semua ini adalah berdoa dan berserah kepada Tuhan.

Mintalah petunjuk Yang Maha Kuasa agar Anda tidak salah dalam bersikap. Anda memang tidak boleh membalas dendam pada rekan kerja yang jahat, tetapi Anda harus mampu bersikap tegas jika tindakannya sudah mulai keterlaluan.

10. Pertimbangkan Mencari Pekerjaan Baru

Pertimbangkan Mencari Pekerjaan Baru

Sembilan cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita ini dapat membantu Anda menentukan sikap dalam menghadapi rival jahat di tempat kerja. Akan tetapi, jika Anda sudah tidak tahan dan merasa tidak ada jalan keluar terbaik, pertimbangkanlah untuk mencari pekerjaan baru.

Anda mungkin memperoleh karir dan gaji yang menarik di tempat kerja lama, tapi Anda tidak memperoleh kenyamanan dalam bekerja. So, cobalah untuk keluar dari zona Anda sekarang untuk menemukan zona baru yang lebih nyaman.

Yuk, ambil keputusan dan sikap untuk menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda. Jika hal ini membuat semangat kerja Anda surut, baca artikel cara membangkitkan semangat kerja yang mulai kendur ini.