Bacaterus / Lowongan Kerja / Jangan Takut! Ini Dia 10 Cara Menghadapi Psikotes yang Benar

Jangan Takut! Ini Dia 10 Cara Menghadapi Psikotes yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Melamar pekerjaan, ujian masuk universitas, bahkan ujian masuk sekolah pun terkadang ada sebuah tes yang namanya psikotes. Tes ini ditujukan untuk menguji sifat dan karakter seseorang yang mengikuti tes tersebut. Tak jarang, peserta tes justru gagal dalam menghadapi psikotes. Atas dasar itulah, kali ini Bacaterus mau berbagi mengenai tips dan cara menghadapi psikotes agar bisa lulus dengan mudah.

Psikotes bisa dikatakan “gampang-gampang susah.” Namun, jika Anda mempersiapkannya dan memiliki hati yang tenang saat mengerjakan psikotes, semua pasti bisa kok. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak 10 tips dan cara menghadapi psikotes yang sudah dirangkum oleh Bacaterus di artikel berikut ini.

10 Cara Menghadapi Psikotes

1. Percaya Diri dan Optimis

cara menghadapi psikotes

Hal pertama untuk cara menghadapi psikotes, tentunya Anda harus percaya diri dan optimis bahwa Anda bisa menghadapi psikotes dengan mudah dan lancar. Yakinilah dalam diri dan benak Anda bahwa Anda bisa lulus dalam psikotes. Bawalah energi dan pikiran positif saat Anda akan mengerjakan psikotes.

Hadirnya energi positif, justru akan membuat Anda merasa mudah mengerjakan psikotes. Berbeda jika Anda merasa loyo, pesimis, dan takut, maka akan datang energi negatif. Anda akan merasa cemas terhadap hal-hal yang tidak penting, dan pada akhirnya, Anda panik mengerjakan psikotes. Saat merasa panik, Anda tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Untuk itulah tetap percaya diri dan optimis, ya!

2. Banyak Berlatih

* sumber: www.oxfordlearning.com

Seperti halnya ujian biasa, psikotes juga harus dipersiapkan dengan cara banyak berlatih. Saat ini, sudah banyak toko buku yang menyediakan buku-buku latihan khusus untuk psikotes. Bahkan, di era digital seperti ini, Anda juga bisa memanfaatkan smartphone Anda dan download aplikasi untuk berlatih soal-soal psikotes.

Berlatihlah secara berkala, hal tersebut akan memungkinkan Anda menjadi terbiasa menghadapi soal-soal psikotes yang biasanya terkesan “memusingkan.” Dengan berlatih juga, Anda bisa mengetahui cara menyelesaikan soal-soal psikotes, pada bagian logika aritmatika misalnya. Jadi, Anda lebih banyak tahu dan pastinya lebih percaya diri saat akan menjalani psikotes.

3. Fokus dan Konsentrasi

Fokus dengan hal yang penting

Sudah dikatakan sebelumnya, saat Anda menghadapi psikotes maka Anda harus tetap berkonsentrasi. Mengapa? Jika pikiran Anda kacau dan panik, maka Anda akan kehilangan fokus dan konsentrasi saat mengerjakan soal-soal psikotes. Inilah yang harus dihindari oleh para peserta psikotes.

Jadi, Anda sangat diwajibkan untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Cobalah untuk melupakan permasalahan pribadi dan lupakan segala hal yang bikin Anda panik. Orang yang pandai dan cerdas sekalipun jika tidak fokus dan berkonsentrasi, bisa jadi gagal dalam menghadapi psikotes. Jadi, harus diusahakan tetap fokus dan berkonsentrasi pada psikotes dulu, ya!

4. Teliti

Teliti

Bukan hanya fokus dan konsentrasi saja yang harus Anda persiapkan, pasalnya cara menghadapi psikotes ini juga harus Anda miliki. Ketelitian menjadi hal yang sangat krusial pada saat menjalani psikotes. Sedikit saja Anda lengah dan tidak teliti, maka hal tersebut akan mempengaruhi pada jawaban psikotes Anda.

Pastikan Anda membaca soal dengan teliti. Jawablah sesuai dengan perintah. Jangan sampai Anda menjawab hal-hal yang tidak ditanyai dalam soal. Mengapa? Sebab, setiap jawaban yang Anda berikan akan berpengaruh pada penilaian psikotes Anda.

5. Mendengarkan Intruksi dengan Seksama

Mendengarkan Intruksi dengan Seksama

Cara menghadapi psikotes yang ini juga menjadi modal ketelitian Anda dalam menghadapi psikotes. Sebelum memulai psikotes, pasti ada seseorang yang akan menjelaskan tata cara psikotes. Anda harus menyimaknya dengan baik dan pastikan bahwa Anda mengerti dengan semua peraturan, tata cara, dan waktu yang sudah ditentukan.

Jangan sampai Anda tidak mengerti, ya. Jika Anda tidak memahami dengan semua yang sudah dijelaskan, jangan malu untuk menanyakannya pada pihak yang memberikan intruksi. Bertanyalah dan simak jawabannya dengan baik-baik. Pastikan juga untuk mengingatnya. Mengingat dan memahami intruksi juga membutuhkan fokus dan konsentrasi. Jangan sampai lengah, ya!

6. Bawa Alat Tulis Lengkap

Bawa Alat Tulis Lengkap

Selain persiapan mental, Anda juga harus mempersiapkan alat-alat kebutuhan untuk psikotes. Alat tulis menjadi salah satu cara menghadapi psikotes yang harus Anda perhatikan. Jika Anda tidak membawa alat tulis dengan lengkap, hal tersebut juga bisa jadi penilaian Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi psikotes di hadapan psikolog yang menilai Anda.

Jadi, pastikan Anda membawa alat tulis lengkap. Jangan takut tidak terpakai, setidaknya Anda sudah mempersiapkan segala kemungkinan. Maka dari itulah, kami sarankan untuk membawa pensil, penghapus, rautan pensil, bolpoin, tip-ex, penggaris, dan alat tulis lainnya yang memungkinkan untuk digunakan pada saat menjalani psikotes.

7. Isi Data yang Dibutuhkan dengan Lengkap dan Benar

Cara menghadapi ujian nasional

Di awal, sebelum mengerjakan psikotes, pasti Anda akan diminta untuk mengisi data diri, baik itu nama, alamat, nomor peserta, atau hal lainnya. Pastikan juga bahwa Anda sudah mengisinya dengan benar dan lengkap. Anda harus lebih teliti juga untuk penulisan, jangan sampai ada yang salah tulis atau terbalik. Usahakan tidak ada coretan, karena biasanya psikotes tidak memperbolehkan penggunaan tip-ex.

Jangan lupa, baca ulang dan telaah kembali semua data diri yang sudah Anda tulis. Kembali lagi, jika ada yang tidak dipahami, segeralah bertanya pada pihak yang memberikan intruksi. Jangan malu untuk bertanya, karena pepatah “malu bertanya sesat di jalan” memang ada benarnya. Jika Anda malu bertanya, maka Anda bisa saja salah mengisi dan akhirnya tidak lulus psikotes. Tidak mau kejadian, kan?

8. Selesaikan Sebelum Waktunya

Selesaikan sebelum waktunya

Yang namanya sebuah tes, pasti ada jam-jam tertentu untuk menyelesaikannya. Nah, usahakan Anda menyelesaikan soal-soal tepat waktu dan tidak kelebihan waktu. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa menyelesaikannya sebelum waktu yang sudah ditentukan.

Jika Anda sudah menyelesaikan psikotes sebelum waktunya, maka kami sangat menganjurkan untuk mengecek kembali jawaban yang sudah Anda isi. Siapa tahu Anda salah membaca intruksi atau ada jawaban yang ingin Anda tambahkan. Jadi, Anda masih punya waktu untuk memperbaikinya.

9. Jaga Stamina

Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Ini yang paling penting sebelum menghadapi psikotes, tubuh yang sehat dan stamina yang optimal akan membantu Anda untuk tetap fokus dan berkonsentrasi penuh. Jangan begadang sebelum menghadapi psikotes. Hal tersebut justru akan membuat Anda ngantuk, akhirnya Anda tidak bisa konsentrasi dan malah ingin tidur.

Jadi, pastikan Anda tidur yang cukup dan nyenyak. Kalau perlu juga, Anda bisa meminum vitamin atau penambah stamina. Dengan begitu, Anda bisa menjaga tubuh Anda tetap fit dan sehat. Konsumsi makanan yang baik sebelum menghadapi psikotes. Hindari makanan dan minuman yang berpotensi Anda ngantuk, ya.

10. Berdoa

Berdoa

Semua sudah Anda persiapkan dengan matang, kini saatnya Anda berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Berdoa juga bisa membuat jiwa Anda merasa tenang dan nyaman. Bahkan, dengan berdoa juga bisa membuat Anda lebih percaya diri lho.

Tak perlu berdoa secara lantang dengan suara yang keras, cukup memohon kelancaran pada Tuhan di dalam hati Anda. Berusaha dan berupaya secara maksimal, maka selanjutnya, serahkanlah semuanya kepada Yang Maha Esa.

Seperti itulah 10 cara untuk menghadapi psikotes agar Anda bisa lulus dengan mudah. Jangan mudah menyerah, hindari pikiran negatif dan pesimis. Yakinkan bahwa diri Anda bisa dan serahkan pada Yang Maha Esa. Semoga berhasil!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *