Bacaterus / Lifestyle / Romansa / Jarang Ditraktir? Ini 10 Cara Menghadapi Pacar yang Pelit

Jarang Ditraktir? Ini 10 Cara Menghadapi Pacar yang Pelit

Ditulis oleh

Punya pacar pelit yang selalu minta diteraktir ketika kencan? Jangan keburu mengambil keputusan untuk putus. Pasalnya, kamu mungkin tidak tahu penyebab sebenarnya dari sifat pelitnya selama ini. Lakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk mengetahui alasan sifat pelit pacarmu.

Bacaterus akan memberikan 10 cara menghadapi pacar yang pelit secara bijaksana. Cara-cara ini akan membantumu mengambil sikap untuk berkompromi terhadap pacar yang pelit. Setidaknya kamu sudah mencoba mempertahankan hubunganmu dengan si dia dengan cara-cara yang akan kami berikan ini.

10 Cara Menghadapi Pacar yang Pelit

1. Carilah Penyebab Sifat Pelitnya

Carilah Penyebab Sifat Pelitnya Cara Menghadapi Pacar yang Pelit

Cara menghadapi pacar yang pelit bukan dengan langsung memutuskan hubungan. Kamu harus menyelidiki dulu penyebab di balik sifat pelitnya. Mungkin saja pacarmu pelit karena kondisi yang memang mengharuskannya untuk hidup dengan super hemat.

Bisa saja pacarmu pelit karena harus mengirimi uang untuk orang tuanya, menanggung biaya hidupnya sendiri, atau penghasilannya sedikit. Cobalah untuk menyelidiki terlebih dahulu. Jika terbukti pacarmu pelit bukan karena situasi mendesak tapi karena sifatnya yang memang pelit, baru kamu bisa mengambil langkah selanjutnya.

2. Buat Kesepakatan Traktir Secara Bergiliran

Tak adil jika saat kencan kamu terus menerus yang mengeluarkan uang, pacaran yang sehat adalah jika kedua belah pihak mau saling bergantian untuk mengeluarkan uang. Pacar yang super pelit harus diajak untuk membuat kesepakatan mentraktir secara bergiliran.

Tawarkan peraturan membayar secara bergiliran, misalnya kamu yang membayar tiket bioskop ketika ingin nonton dan dia yang membayar makan malam kalian. Traktir secara bergiliran ini dapat memberikan sedikit “pelajaran” bagi pacarmu yang terlalu pelit. Hidup kan harus seimbang, begitu pula ketika berpacaran, tidak bisa kamu terus menerus yang mentraktir dia dong!

3. To The Point Jika Kamu Menginginkan Sesuatu

To The Point Jika Kamu Menginginkan Sesuatu

Kamu tidak bisa memberikan kode-kode kepada pacarmu yang pelit. Ketika kamu menginginkan sesuatu, langsung saja bilang kepadanya. Selama hal yang kamu inginkan ini masih dalam batas wajar, harusnya dia malu dan menuruti keinginanmu.

Cara menghadapi pacar yang pelit memang harus dengan to the point. Kamu nggak bisa memberikan kode-kode yang tidak sepantasnya agar si dia sadar dan mau membelikan sesuatu yang kamu inginkan. Percayalah, kode-kode tersebut hanya akan membuang-buang waktu karena dia pun akan pasang tampang pura-pura tidak mengerti apa maksudmu.

4. Beri Pujian Ketika Dia Mau Mengeluarkan Uang

Beri Pujian Ketika Dia Mau Mengeluarkan Uang

Pacaran dengan orang yang pelit memang makan hati! Namun, ketika suatu saat dia mau mengeluarkan uangnya untuk membelikanmu sesuatu atau mengajak berkencan, tentu saja itu akan menjadi sebuah hal yang menakjubkan untukmu.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memuji pacarmu. Berikan pujian ketika dia mau mengeluarkan uangnya untukmu, seperti “Nah, gitu dong baik banget! Jadi makin sayang deh!” Siapa tahu pujian sederhana seperti ini akan membuatnya sedikit lebih royal kepadamu karena hatinya merasa senang.

5. Patungan Biar Adil

Patungan Biar Adil

Saat makan di luar kamu yang bayar, saat nonton kamu yang beli tiketnya, saat jalan-jalan kamu yang mengisi BBM kendaraannya, dan saat liburan kamu pula yang harus menanggung biaya dan akomodasinya. Please! Kamu kan bukan ATM berjalan.

Kalau kamu kesal dengan sifat pelit pacarmu yang tidak ingin mengeluarkan modal sama sekali, usulkan untuk patungan. Tegaskan bahwa jika ingin berkencan dengan mengeluarkan biaya, maka ia harus mau patungan dengan Anda. Jika dia tetap tidak mau mengeluarkan uang dengan 1001 alasan, cukup kencan di teras rumah saja atau cari jenis kencan yang tidak mengeluarkan biaya sepeser pun.

6. Tolak Ajakan Kencan yang Mengeluarkan Uang

Tolak Ajakan Kencan yang Mengeluarkan Uang

Kalau dia mengajakmu kencan berbayar, seperti makan di café atau pergi ke tempat wisata, sesekali tolaklah ajakan pacarmu. Cara menghadapi pacar yang pelit memang harus terus terang apa adanya. Katakan bahwa kamu tidak sanggup jika terus menerus membayar saat kencan.

Tetaplah konsisten untuk tidak mau bila diajak kencan yang mengeluarkan biaya. Kalau si dia mau bergantian mengeluarkan uang tak masalah kamu mengiyakan ajakan kencannya. Namun, kalau lagi-lagi kamu harus membayar saat kencan, just say no!

7. Pura-pura Bokek

Pura-pura Bokek

Pacar pelit memang harus diberi pelajaran. Kalau dia mengajakmu kencan, langsung saja katakan bahwa kamu sedang tidak ada uang. Kalau perlu sindirlah dia secara halus mengenai banyaknya pengeluaranmu ketika berkencan dengannya.

Cara ini lebih cocok dilakukan oleh cewek-cewek yang merasa cowoknya sangat pelit dan nggak modal saat kencan. Tembak langsung dengan kata-kata, “Sesekali kamu yang  bayarin, dong!” Bila perlu todong langsung dengan kalimat, “Jangan pelit sama pacar sendiri, ah!”

Kalau dia tahu diri, dia pasti akan merasa sungkan dan segera membayar untuk kebutuhan kencan berikutnya. Akan tetapi, kalau dia tidak tahu malu, dia pasti balik menyindirmu dengan kata-kata, “Kok perhitungan sama pacar sendiri?”

8. Balas Sikap Pelit dan Perhitungannya

Balas Sikap Pelit dan Perhitungannya

Punya pacar pelit dan perhitungan? Idih, ogah banget!  Tapi, kalau sekarang kamu terlanjur memacari cowok atau cewek yang pelit dan perhitungan, saatnya membalas sikapnya selama ini. Tunjukkan bahwa kamu juga bisa menjadi pacar yang pelit dan perhitungan.

Kalau dia minta dibayarin sesuatu, langsung saja bilang sedang bokek atau alasan dompet ketinggalan. Biarkan dia bingung sendiri. Bila perlu sesekali perhitungkan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk kencan kalian, apakah sebanding dengan pengeluarannya selama ini?

9. Introspeksi Diri, Apakah Anda Boros?

Introspeksi Diri, Apakah Anda Boros

Cara menghadapi pacar yang pelit tidak selalu dengan menyerangnya terus menerus. Coba pikirkan kembali apakah selama ini Anda turut andil dalam membentuk sifat pelit sang pacar. Nah, bagaimana bisa Anda turut membentuk sifat pelit pacar?

Selama pacaran, cobalah berpikir apakah kamu sering meminta dibelikan barang-barang kepada pasangan, entah itu pakaian, perhiasan, atau barang berharga lainnya. Bisa jadi jika tiba-tiba ia menjadi pelit, ia ingin membatasi pengeluarannya untukmu.

Cobalah untuk tahu diri jika memang selama ini kamu terlalu banyak meminta darinya. Ingat, kamu hanya sebatas pacar, sehingga sebaiknya kamu tidak meminta barang-barang yang keterlaluan mahal bagi dirinya.

10. Ambil Keputusan Lanjut atau Tidak

Pasangan Putus

Banyak orang yang akhirnya tidak tahan dengan sifat pelit pacarnya dan memilih untuk berpisah. Perpisahan karena pacarmu pelit bukan sepenuhnya salahmu kok. Pacaran adalah suatu hubungan yang terbentuk atas kenyamanan dari kedua belah pihak. Jika salah satu pihak (kamu) tidak nyaman karena sifat pelit pasangan, maka untuk apa bertahan terhadap sesuatu yang kamu anggap kurang nyaman?

Saatnya memutuskan untuk melanjutkan atau memutuskan hubungan. Kamu tidak pantas disebut matre jika pacarmu memang seorang yang terlalu pelit dan tidak berusaha untuk modal saat pacaran denganmu.

Yuk, lakukan 10 cara menghadapi pacar yang pelit ini untuk mengambil sikap saat menjalin kasih dengan seorang yang terlalu pelit. Selama pelitnya karena situasi yang mendesak, mungkin hal tersebut masih bisa ditolerir.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment