Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Tips dan Cara Menghadapi Pacar Matre yang Paling Tepat

10 Tips dan Cara Menghadapi Pacar Matre yang Paling Tepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2018

“Aku cinta sama dia, tapi dia selalu minta ini itu sampai keuanganku minus..”

Cinta sih cinta, tapi kalau cintamu kepadanya justru membuat isi dompetmu semakin menipis maka kamu nggak bisa diam saja, lho. Pacar matre memang merepotkan. Di satu sisi kamu ingin membahagiakan dirinya, tapi di sisi lain kondisi keuanganmu tidak memadai untuk menuruti segala permintaannya.

Kemelut cinta antara kamu dan pacarmu yang matre ini bisa membuat hidupmu semakin kacau. Buat kamu yang bingung ketika harus berhubungan dengan pacar yang matre, Bacaterus ingin berbagi 10 cara menghadapi pacar matre. Yuk, saatnya tegas dan mengambil sikap dalam menghadapi pacarmu yang komersil.

10 Cara Menghadapi Pacar Matre

1. Lakukan Penelusuran Terhadap Kondisi Keuangannya

Lakukan Penelusuran Terhadap Kondisi Keuangannya Cara Menghadapi Pacar Matre

Meskipun kamu dan dia pacaran, tapi kamu mungkin tidak mengetahui banyak hal tentang dirinya. Kamu percaya saja dengan kata-katanya tanpa pernah membuktikan langsung kebenarannya. Sebagai contoh, ia mengatakan pengeluarannya sangat banyak sehingga ia selalu meminta kamu yang membayar kencan atau belanjaannya. Nah, saatnya kamu menyelidiki kondisi keuangan pacarmu

Cara menghadapi pacar matre memang harus dimulai dari menyelidiki kondisi keuangannya. Bisa saja keuangannya lancar tetapi dia terlalu “sayang” untuk menggunakan uangnya sendiri. Alhasil, dia jadi morotin kamu agar uangnya tidak berkurang.

Pacar sejenis ini memang harus ditindak tegas. Terlepas kamu adalah pria atau wanita, pacar yang baik tentu tidak akan terus menerus menghabiskan uangmu, apalagi untuk membayar segala keperluannya.

2. Berani Menolak Permintaannya

Berani Katakan Tidak

Coba ingat-ingat apakah selama ini kamu selalu mengiyakan setiap permintaannya? Jika ya, kamu sudah memanjakan pacarmu yang matre itu. Saatnya bertindak tegas dengan berani menolak permintaannya, terlebih jika kondisi keuanganmu tidak memadai.

Dalam menghadapi cewek yang matre, kamu tidak bisa terlalu mengikuti keinginannya. Sesekali kamu harus berani menolak, apalagi jika permintaannya tidak realistis, seperti kamu diminta untuk membayar tagihan kartu kreditnya.

3. Ajak Kencan Lebih Hemat

Ajak Kencan Lebih Hemat

Selama ini kamu selalu menghabiskan uang ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah hanya untuk sekali berkencan. Kalau kondisi keuanganmu baik sih tak masalah, tapi kalau kamu sendiri sampai harus berhemat mati-matian, itu namanya kondisi keuanganmu masih belum stabil.

Ketika kamu mencari cara menghadapi pacar matre, kamu hanya perlu mengajaknya untuk lebih berhemat lagi. Jika dulu kalian biasa berkencan di bioskop lalu berlanjut makan di restoran mewah, kini ajak ia berjalan-jalan di taman kota sambil menikmati makanan kaki lima.

Pada awalnya, pacarmu yang matre pasti akan menolak permintaanmu untuk berhemat. Namun, kalau si dia benar-benar cinta padamu maka dia akan berusaha menuruti keinginanmu.

4. Sesekali Buat Dia yang Membayar

Sesekali Buat Dia yang Membayar

Mau memberi sedikit “pelajaran” untuk pacarmu yang matre? Mudah saja! Cukup pura-pura lupa membawa dompet saat kalian sedang makan di luar atau shopping. Kalau si dia masih jaim, tentu dia akan membayar bill-nya meskipun dengan bersungut-sungut.

Cara ini bisa Anda coba jika mengingat selama ini Anda lah yang harus mengeluarkan uang ketika berkencan. Sesekali pacarmu memang harus merasakan membayar tagihan saat kencan. Akan tetapi, kamu harus siap kalau dia ngambek, ya!

5. Hindari Ajakan Shopping

Hindari Ajakan Shopping

Pacar matre selalu identik dengan belanja. Setelah ia puas berbelanja, kamu lah yang harus membayar tagihannya. Cara menghadapi pacar matre yang gemar berbelanja adalah menghindari ajakan shopping. Kalau dia sudah mulai mengajakmu shopping, carilah alasan untuk menghindarinya.

Bagaimana jika pacarmu tetap memaksa untuk shopping? Turuti saja apa maunya. Ketika sudah tiba waktunya membayar, katakan bahwa kamu lupa membawa dompet. Mau tidak mau pacarmu akan membayar belanjaannya sendiri atau justru membatalkan semua belanjaannya itu. Memang terlihat jahat, tapi cara ini bisa memberikan sedikit “pelajaran” bagi pacarmu.

6. Jadikan Motivasi

Jadikan Motivasi

Pernah mendengar istilah bahwa “Tak ada cewek matre, yang ada cewek realistis.” Memang benar bahwa wanita tentu ingin memiliki pasangan yang mapan secara finansial. Kemapanan dapat menjamin hidup wanita itu dan anak-anaknya kelak. Nah, jika kamu ingin memandang pacar matre dari segi positif, anggap saja pacarmu memang realistis untuk mencari pasangan yang mapan.

Nilai positif yang bisa kamu peroleh ketika menghadapi pacar yang matre adalah kamu jadi termotivasi untuk lebih sukses dan mapan lagi. Kalau kamu sukses, tentu saja kamu juga yang bahagia, bukan? Daripada terus menyalahkan pacar yang matre, motivasi saja dirimu sendiri biar lebih mapan.

7. Bicarakan Baik-baik Jika Keberatan

Bicarakan Baik-baik Jika Keberatan

Bila kamu tidak bisa memenuhi segala keinginan pacarmu yang matre, itu bukan sepenuhnya salahmu, lho. Kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda. Sekeras apapun usahamu bekerja, kalau memang Tuhan menakdirkanmu memiliki uang yang tidak terlalu banyak, tentu saja itu bukan kesalahanmu.

Ketika kamu sudah mulai keberatan memenuhi keinginan pacarmu, saatnya untuk jujur kepadanya dan bicarakan secara baik-baik. Cara menghadapi pacar matre secara gentleman ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang jujur dan tidak suka berpura-pura. Jika sudah jujur kepadanya, sekarang tinggal terserah dia ingin melanjutkan hubungan atau tidak.

8. Berpenampilan Biasa-biasa Saja

Berpenampilan Biasa-biasa Saja

Dewasa ini, banyak orang yang mempercayai penampilan. Orang dengan penampilan modis pasti dinilai berduit, sementara yang pakaiannya biasa-biasa saja sudah pasti dikira miskin. Nah, cara menghadapi pacar matre bisa dimulai dari mengubah penampilanmu.

Kalau biasanya kamu suka berpenampilan modis dengan barang-barang bermerk, mungkin kamu harus sedikit menurunkan standar penampilanmu di depan pacarmu yang matre. Hindari penampilan yang membuat pacarmu berpikir bahwa kamu sangat mapan dan mampu menuruti semua keinginannya.

9. Ajak Pacar Menabung

Ajak Pacar Menabung

Selama ini kamu dan pacarmu selalu menghamburkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Saatnya untuk tegas dan tidak selalu menuruti keinginan pacarmu. Ajak pacar matre untuk menabung. Tabungan bersama ini bisa dipakai untuk keperluan mendesak di kemudian hari.

Mengajak pacar matre menabung secara tidak langsung mengajarkan kepadanya untuk berhemat. Sambil mengajaknya nabung, mintalah ia untuk membatasi keinginannya dalam membeli barang-barang yang tidak perlu.

10. Tinggalkan Dia

Tinggalkan Dia

Mau putus tapi masih cinta? Come on, kamu harus jadi orang yang realitis! Kamu cinta kepadanya, tapi dia belum tentu mencintaimu. Bisa jadi selama ini dia hanya mencintai isi dompetmu saja. Setelah kamu melakukan sembilan poin yang telah kami sebutkan di atas, seharusnya kamu bisa menganalisa sikapnya kepadamu.

Jika dia berubah jadi dingin dan menjauh setelah kamu memberikan sejumlah “pelajaran” kepadanya, itu tandanya dia tidak benar-benar mencintaimu. Untuk apa buang-buang waktu dengan orang yang salah. Saatnya kamu meninggalkan dirinya dan menemukan orang yang lebih tepat mendampingimu.

10 cara menghadapi pacar matre ini hanyalah saran sederhana yang bisa kami berikan kepadamu. Keputusan untuk tetap bertahan atau meninggalkan pacarmu yang matre semua kembali lagi pada dirimu sendiri.

Selain matre, sikap pacar yang terlalu pelit juga bisa membuat frustasi, lho. Kamu bisa menemukan cara untuk deal dengan pacar yang pelit melalui artikel cara menghadapi pacar yang pelit.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment